Kumpulan Quotes Pendidikan yang Bisa Memberimu Sudut Pandang Lain tentang Kehidupan

Pendidikan merupakan proses yang dijalani oleh setiap manusia untuk bisa memahami dan mempelajari hal baru yang belum pernah ia ketahui sebelumnya. Oleh karena itu, pendidikan menjadi salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan manusia agar bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi ke depannya. 

Melalui pendidikan, kamu bisa membentuk dan memperoleh beragam pola pikir baru yang mana dapat menciptakan struktur pemahaman yang memudahkanmu untuk belajar lebih banyak hal lagi. Pola pikir ini bisa diibaratkan sebagai lemari-lemari yang ada di dalam pikiran. 

Dalam lemari tersebut, kamu bisa menyimpan beragam ilmu pengetahuan serta informasi. Pola pikir tersebut pulalah yang akan menentukan bagaimana pengetahuan dan informasi diolah sesuai kebutuhan dan keinginan pemiliknya. Jadi, dengan tingkat pendidikan yang lebih baik, seseorang bisa menjalani hidup dengan lebih mudah serta mampu menemukan kebahagiaan.

Nah, agar kamu tidak gampang putus semangat dalam mengenyam pendidikan, mencermati kumpulan quotes tentang pendidikan dari para tokoh terkenal dunia sepertinya penting untuk dilakukan. Tak perlu repot mencari, Cermati sudah mengumpulkan 15 quotes pendidikan yang bisa memberimu sudut pandang lain mengenai cara menghadapi kehidupan. 

Kumpulan Quotes Tentang Pendidikan

loader

Quotes Tentang Pendidikan

  1. Tidak Ada yang Namanya Kegagalan

    “Saya belum gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak akan berhasil” - Thomas Alva Edison

    Tips: Bagi seorang yang gigih dan tak mengenal kata menyerah, kegagalan hanyalah mitos. Yang ada ia hanyalah menemukan cara yang tak memberikan hasil sesuai keinginan. Seseorang baru dikatakan gagal saat memutuskan untuk berhenti berusaha dan meninggalkan suatu hal yang telah diperjuangkan sepenuh hati selama ini.

  2. Jadilah Seperti Apa yang Kamu Mau

    “Kita adalah apa yang kita percayai” - C.S Lewis

    Tips: Tak sedikit orang yang menyepelekan pikiran dan segala yang ada di dalamnya. Padahal, melalui pikiran, seseorang mampu mengubah dirinya sendiri sesuai dengan apa yang dipercayainya. Maka dari itu, upayakan untuk selalu berpikir positif pada diri sendiri dan percaya bahwa tidak ada satu hal pun yang bisa menghalangimu untuk meraih cita-cita.

  3. Pendidikan Adalah Senjata Paling Mematikan di Dunia

    “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan pendidikan, kamu dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela

    Tips: Jangan pernah sekalipun meremehkan peran pendidikan bagi dunia. Melalui pendidikan, satu orang dengan sendirinya bisa mengubah dunia ke arah yang jauh lebih baik. Oleh karena itu, selalu berusaha untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi dan luas agar kamu mampu menjadikannya sebagai senjata untuk membawa perubahan yang baik kepada dunia.

  4. Pedoman yang Wajib Dibawa Seumur Hidup

    “Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya” - Mahatma Gandhi

    Tips: Semangat untuk terus belajar dan menuntut ilmu tidak akan pernah padam jika kamu tahu bahwa pendidikan tersebut bakal ada untuk selamanya. Di sisi lain, menganggap hidup akan berakhir esok hari akan membuatmu mampu lebih menikmati segala momen yang terjadi saat ini. Hanya dengan pedoman seperti inilah kamu bisa menyeimbangkan hidup dan menjalaninya dengan maksimal setiap harinya. 

  5. Kehebatan Seorang Wanita yang Berpendidikan

    “Jika kamu mendidik seorang pria, maka seorang pria akan terdidik. Tapi jika kamu mendidik seorang wanita, sebuah generasi akan terdidik” - Brigham Young

    Tips: Pendidikan bagi seorang wanita adalah sebuah kewajiban. Dengan pendidikan yang dimilikinya, seorang wanita mampu menurunkan ilmu tersebut kepada anak-anaknya sehingga memunculkan sebuah generasi yang terdidik. Itulah perbedaan peran pendidikan yang dimiliki oleh seorang pria dengan wanita. 

  6. Persiapkan Hari Esok yang Lebih Baik dengan Pendidikan

    “Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini” - Malcolm X

    Tips: Tidak ada satu hal pun yang bisa menjamin kehidupan yang lebih cerah di masa depan selain pendidikan. Karenanya, ada ungkapan bahwa hari esok hanya akan dimiliki oleh mereka yang berusaha untuk berjuang saat ini dan menyiapkan dirinya dengan ilmu yang pasti bakal dibutuhkannya di masa depan. 

  7. Jangan Takut Bermimpi Setinggi-Tingginya

    “Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang” - Ir. Soekarno

    Tips: Jangan takut untuk bermimpi setinggi-tingginya. Pasalnya, kamu tetap bisa mendapatkan banyak hal yang berguna dan bermanfaat serta tidak akan pernah menyesalinya meski belum berhasil mencapainya. 

  8. Makna Pendidikan Sebenarnya dalam Hidup

    “Pendidikan bukan persiapan untuk hidup. Pendidikan adalah hidup itu sendiri” - John Dewey

    Tips: Banyak orang yang mempersiapkan kehidupannya di masa depan dengan menuntut ilmu di masa kini. Padahal, walaupun masa depan nanti akhirnya tiba, kamu tetap harus mencari ilmu tanpa henti. Karena pada dasarnya pendidikan merupakan makna dari hidup itu sendiri yang harus dijalani.

  9. Informasi Adalah Kunci Penting Menangkan Pertarungan

    “Murid yang dipersenjatai dengan informasi akan senantiasa memenangkan pertempuran” - Meladee McCarty

    Tips: Memenangkan pertempuran tidak hanya soal siapa yang memiliki senjata atau kemampuan yang lebih hebat. Melainkan, pertempuran hanya bisa dimenangkan oleh mereka yang berilmu dan mengetahui kelebihan yang dimilikinya dan kekurangan yang dimiliki lawannya. 

  10. Tujuan Akan Pendidikan

    “Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan” - Tan Malaka

    Tips: Tujuan pendidikan tak serta-merta tentang banyaknya ilmu yang dimiliki oleh seseorang. Melalui proses pendidikan, seseorang akan menjadi lebih cerdas dalam mengatasi masalahnya sendiri, tidak mudah menyerah saat dihadang kesulitan, serta lebih tenang dalam menghadapi situasi yang sulit sekalipun.

  11. Jangan Jadikan Pendidikan Tinggi Sebagai Alasan untuk Merendahkan

    “Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali” - Tan Malaka

    Tips: Seseorang baru bisa dianggap berpendidikan jika mampu memanfaatkan pendidikan itu untuk kebaikan dirinya sendiri dan juga orang lain. Jika pendidikan yang dimiliki hanya menjadi alasan untuk merendahkan orang lain, maka pendidikan tidak seharusnya diberikan kepadanya. Jadi, jangan pernah menjadikan pendidikan tinggi sebagai alasan untuk merendahkan, namun sebagai pengingat bahwa ada banyak hal lain yang belum kamu mengerti dan perlu diraih.

  12. Rumah dan Keluarga Merupakan Sarana Pendidikan yang Paling Penting

    “Sekolah-sekolah saja tidak dapat memajukan masyarakat, tetapi juga keluarga di rumah harus turut bekerja. Lebih-lebih dari rumahlah kekuatan mendidik itu harus berasal.” - R.A Kartini

    Tips: Sekolah memang sering kali dijadikan sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Namun, pendidikan yang paling penting dalam hidup seseorang sebenarnya adalah pendidikan yang ia dapatkan dari rumah dan juga keluarga. Sebab, anak pada dasarnya cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya dan menjadikan mereka sebagai patokan dalam hidupnya. 

  13. Seimbangkan Kemampuan Berpikir dan Ilmu yang Dimiliki

    “Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!” – Ir. Soekarno

    Tips: Ilmu yang banyak jika tidak digunakan dengan semestinya pada akhirnya tidak akan menimbulkan manfaat apa pun. Sedangkan, berpikir tanpa ada ilmu yang melandasinya mampu menimbulkan berbagai masalah yang memilukan. Oleh karena itu, perlu keseimbangan antara kemampuan untuk berpikir dan pendidikan yang cukup agar mampu mendapatkan hasil atau sesuatu yang baik serta sesuai keinginan. 

  14. Guru Sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Memanglah Benar Adanya

    “Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Di Depan, Seorang Pendidik harus memberi Teladan atau Contoh Tindakan Yang Baik, Di tengah atau di antara Murid, Guru harus menciptakan prakarsa dan ide, Dari belakang Seorang Guru harus Memberikan dorongan dan Arahan” - Ki Hajar Dewantara

    Tips: Seorang guru tidak hanya bertanggung jawab untuk memberikan ilmu kepada setiap muridnya. Melainkan, guru memiliki tanggung jawab untuk menjadi teladan dan contoh yang baik di depan para muridnya, memunculkan ide dan menyemangati saat berada di antara para muridnya, serta memberi dorongan serta arahan agar muridnya tidak sampai salah melangkah. Seberat itulah tanggung jawab seorang guru terhadap muridnya hingga membuatnya pantas menyandang status pahlawan tanpa tanda jasa.

  15. Asal dan Hasil dari Pendidikan

    “Akar pendidikan itu pahit, tapi buahnya manis. - Aristoteles

    Tips: Pendidikan dapat dianalogikan seperti pohon. Jika yang dirasakan hanya akarnya saja, tentu akan pahit. Begitu pula dengan pendidikan, pada mulanya memang belajar merupakan suatu hal yang susah dan memerlukan perjuangan. Namun, ketika perjuangan itu terus dijalani, akan menghasilkan yang hasil yang memuaskan, layaknya buah di pohon.

  16. Inti dari Pendidikan Setelah Selesai Menjalani Proses Belajar

    “Pendidikan adalah apa yang tersisa setelah melupakan semua yang dia pelajari di sekolah” - Albert Einstein

    Tips: Ketika sedang berada di sekolah, seseorang pasti akan diberikan banyak ilmu yang bermanfaat. Namun, semua itu belum tentu akan menjadi pendidikan baginya. Pasalnya, pendidikan sebenarnya adalah apa yang masih tersisa dan diingat dari segala hal yang dipelajari, tidak hanya di sekolah, namun juga di kehidupannya sehari-hari.

  17. Tujuan Pendidikan

    “Salah satu tujuan pendidikan adalah mengajarkan bahwa hidup itu berharga” - Abraham H. Maslow

    Tips: Segala sesuatu dalam kehidupan memiliki makna dan nilainya masing-masing. Setiap nilai itu memberikan harga atau kualitas sehingga segala hal dalam dunia ini memiliki harga. Baik itu kemarin, sekarang, atau esok, setiap unsur kehidupan pasti berarti. Bagaimana cara mendapatkan arti kehidupan yang utuh? Melalui pendidikan, kamu bisa mempelajari apa makna kehiduan dan bagaimana hidup menjadi berharga untukmu.

  18. Waktu Tidak Menunggu

    “Anda mungkin bisa menunda, tapi waktu tidak akan menunggu.” - Benjamin Franklin

    Tips: Mungkin saja sewaktu-waktu kita menunda pekerjaan karena berbagai alasan, seperti malas, banyak pekerjaan lain, dan lainnya. Namun, selagi kita menunda pekerjaan tersebut, waktu terus berjalan. Waktu tidak akan berhenti sejenak hanya untuk menunggumu mulai mengerjakan pekerjaan yang tertunda tersebut. Oleh karena itu, pergunakanlah waktu dengan baik agar segala pekerjaa dapat selesai pada waktunya.

  19. Menunggu Hingga Siap

    “Kalau mau menunggu sampai siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu.” - Lemony Snicket

    Tips: Hidup kita tidak akan selamanya. Maka, pergunakanlah hidupmu sebaik mungkin, tidak hanya digunakan untuk menunggu hingga kesiapan datang. Dirimu akan menjadi siap jika kamu melakukan sesuatu untuk mendapatkan kesiapan tersebut. Jika tidak, yang kamu lakukan hanyalah menunggu dan siap pun tidak kunjung datang.

  20. Adil dalam Pikiran dan Perbuatan

    “Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan.” - Pramoedya Ananta Toer

    Tips: Orang yang berpendidikan dapat memisahkan mana yang adil dan mana yang tidak karena mereka telah mengetahui benar dan salah. Untuk itu, jika kamu telah mengemban ilmu sejak kecil berlakulah adil terhadap diri, orang lain, dan lingkungan. Perlakuan adil ini tidak hanya sebatas perbuatan, ya, tetapi juga dimulai dari pikiran.

  21. Takutlah dengan Impianmu

    “Kalau impianmu tak bisa membuatmu takut, mungkin karena impianmu tak cukup besar.”- Muhammad Ali

    Tips: Miliki impian yang begitu besar hingga kamu takut terhadap impianmu. Kenapa harus takut? Sebab, dengan ketakutan itu kamu akan ada dorongan untuk menanggulanginya dan akan terus berjuang untuk mendapatkannya. Perjuanganmu akan begitu besar dan kamu akan merasa sangat puas terhadap hasilnya.

  22. Mendengar Tanpa Kehilangan Kesabaran

    “Pendidikan adalah kemampuan untuk mendengarkan hampir semua hal tanpa kehilangan kesabaran atau kepercayaan diri.” - Robert Frost

    Tips: Segala perkataan dari seseorang merupakan pendidikan dan pelajaran baru bagi setiap orang. Meskipun kamu merasa telah mengetahuinya, dengarkanlah dengan sabar dan penuh kepercayaan diri. Sebab, segala hal pasti ada maksudnya dan memiliki makna yang belum tentu pernah diketahui sebelumnya. Maka, dengarkanlah segala perkataan orang secara seksaam dan penuh kesabaran.

  23. Belajar Ketika Bisa

    “Orang bijak belajar ketika mereka bisa. Orang bodoh belajar ketika mereka terpaksa.” - Arthur Wellesley

    Tips: Segala sesuatu dalam dunia ini merupakan pelajaran bagi seisinya. Maka, belajarlah selagi bisa, bukan karena terpaksa. Sebab, jika kamu terus belajar, kamu termasuk golongan orang-orang bijak. Namun, sebaliknya, jika kamu belajar karena terpaksa, sudah tentu kamu tidak dapat menjadi orang bijak.

Pendidikan Adalah Hal yang Harus Diperjuangkan untuk Kebaikanmu Sendiri

Itulah kumpulan quotes pendidikan dari para tokoh ternama dunia yang patut untuk diingat dan dijadikan sebagai pegangan dalam hidup. Ingat bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang perlu diperjuangkan demi kebaikanmu sendiri di masa sekarang dan juga masa depan. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti untuk menimba ilmu baru dan senantiasa merasa perlu terus belajar agar pendidikan bisa selalu kamu dapatkan setiap hari. 

Baca Juga Kumpulan Quotes Lainnya: