Berkenalan dengan Ratu Felisha, Pemeran Tari Daryati dalam Film Pengabdi Setan 2: Communion

Film Pengabdi Setan sekuel kedua baru-baru ini kembali menggebrak sinema seluruh Nusantara. Salah satu bintang yang ikut jadi sorotan ialah Ratu Felisha. Bukan pemain baru, Ratu Felisha Renatya telah mempunyai banyak pengalaman di ranah akting.

Pemeran Tari Daryati dalam Pengabdi Setan 2: Communion ini menjajal dunia seni peran selama lebih dari dua puluh tahun lamanya. Modeling menjadi awal dari gerbang kesuksesannya. Tercatat, Ratu Felisha meraih juara favorit saat mengikuti ajang pemilihan Wajah Femina di tahun 2001.

Sejak itu, Feli pun sukses berkarier sebagai modeling dan aktris. Namanya kian melambung semenjak ia membintangi beragam judul film, sinetron, hingga FTV. Di tahun 2022 ini, Ratu Felisha berakting sebagai Yuni Septiani dalam serial web bertajuk Kos-Kosan Influencer. Namanya juga masuk nominasi Aktris Pendukung Terpilih dalam ajang penghargaan bergengsi Piala Maya 2022.

Baca Juga: Inspiring! Dulu Sering Dirisak, Kini Tara Basro Sukses Jadi Aktris Berprestasi

Debut Akting di Ranah Sinetron

Pernah ngehits pada zamannya, Ratu Felisha ialah idola anak muda pada periode tahun 2000-an. Berbekal akting kerennya, penampilan Ratu Felisha yang menarik membuatnya sering ditawari untuk membintangi beragam sinetron, FTV, dan film, apalagi jika mengingat parasnya yang cantik rupawan. 

Sinetron perdana Ratu Felisha tayang di tahun 2002 hingga 2005, yaitu ABG. Dalam sinetron yang dulunya booming tersebut, ia berperan sebagai Gladys. Masih di tahun 2002, ia juga bermain dalam Dua Kali Aku Mencintaimu.

Selanjutnya, ia juga muncul dalam Sok Kenal Sok Dekat serta Anak Haram di tahun 2003. Sinetron berikutnya yang ia bintangi ialah Si Cecep (2004-2005), dan ia menarik perhatian pemirsa dengan aktingnya sebagai Sabrina. 

Makin terkenal, jam terbang Ratu Felisha semakin banyak. Di tahun 2005, Ratu Felisha membintangi Anak Cucu Adam, Perkawinan Sedarah, dan KaruniaMu. Demikian juga di tahun 2006, ia tampil dengan apik dalam Udin Peak, Putri yang Terbuang, serta Habibi dan Habibah.

Adapun di tahun 2006-2007, Ratu Felisha juga bermain dalam dua sinetron. Dalam Benci Bilang Cinta, ia berperan sebagai Carita. Sementara di sinetron Cowok Impian, ia berakting sebagai Melissa. 

Konsisten Tampil di Layar Kaca

Konsisten di ranah akting, setidaknya hampir setiap tahun ia selalu tampil di layar kaca. Sejumlah sinetron lain yang sukses ia bintangi ialah Janji Jaya (2007), Munajah Cinta (2008), Inayah (2009), Dewi Bintari (2012), ABG Jadi Manten (2014), dan Anak Menteng (2016).

Pada tahun 2017, ia bermain dalam tiga episode di sinetron Wanita Perindu Surga. Demikian juga di tahun 2018, Ratu Felisha tampil dalam dua episode Wanita Perindu Surga 2 serta Fatih di Kampung Jawara (sebagai Tiara).

Adapun di tahun 2019, Feli muncul dalam lima episode Menembus Mata Bathin the Series. Selain berakting sebagai Ratu Macan dalam Ali, ia juga tampil di dua episode Rahasia Hidup. Sementara dalam Firasat, ia memerankan Silvi di salah satu episodenya. 

Kemudian di tahun 2020, ia berakting dalam dua episode dari Oh Mama Oh Papa. Dengan pengalaman serta jam terbang yang panjang, maka tak heran jika skill akting sang aktris pun tampak natural dengan penjiwaan yang maksimal.

Bintangi Puluhan Judul Film Televisi

Selama lebih dari dua dasawarsa berakting, Ratu Felisha sudah melakoni puluhan judul film televisi. Di awal kariernya, ia pernah muncul dalam Pembantuku Idolaku (2007), Oh Aji (2008), Maafkan Aku Bila Menduakanmu (2010), dan Jatuh Cinta Berjuta Rasanya (2011).

Selain itu, Ratu Felisha juga melakoni beberapa judul FTV di tahun 2013. Salah satunya seperti Kecantol Janda, Aku Lupa Jadi Ibu, Suamiku Pengemis, Kenapa Mama Membenciku, dan Hidayah: Gaun Terakhir untuk Anakku. Memasuki tahun 2015, Feli berakting untuk Dusta Seorang Mantan Istri, Cintaku Selamanya, hingga Kisah Tragis Wanita Matre.

Beranjak ke tahun 2016, Ratu Felisha bermain dalam Kebaikan Berbuah Berkah, Cermin Kehidupan: Nazar yang Mengancam, serta Ramadan Jangan Dijadikan Keuntungan. Masih di tahun yang sama, ia juga melakoni Istriku Wanita Perhitungan, Istriku Sering Mengadu ke Ibunya, dan Karena Iri, Aku Dibenci Keluargaku.

Kemudian, Ratu Felisha membintangi Aku Begini Karena Ayah dan Cinta Bikin Gurih di tahun 2017. Selain itu, Feli melakoni Buruan Kawinin Gue, Pintu Berkah: Hidup Hancur Karena Pelit Sedekah, dan Kisah Nyata: Akibat Ingin Cantik, Suamiku Dikejar Hutang di tahun 2018.

Di tahun 2019, Ratu Felisha kembali bermain untuk beberapa judul FTV. Salah satunya ialah Kisah Nyata: Istriku Gila Belanja, Kisah Nyata: Aku Suami di Atas Kertas, dan Ungkap: Malam Terakhir Sang Mantan.

Sedangkan di tahun 2020, ia muncul dalam Kisah Nyata: Istri Berwatak Keras Yang Terobsesi Ingin Jadi Orang Kaya, Kisah Nyata: Kurebut Suamiku Karena Dia Sumber Kebahagiaanku, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kupas Tuntas Girls’ Generation (SNSD), Grup Legendaris Korea Selatan yang Suksesnya Sensasional

Bintangi Berbagai Film Sejak Lama

Ratu Felisha telah membintangi sejumlah judul film. Sehingga tak heran jika dari waktu ke waktu, kemampuan aktingnya kian terasah.

Buruan Cium Gue (the movie) menjadi debut film pertamanya di kancah sinema Tanah Air. Dalam film yang tayang di tahun 2004 itu, ia berakting sebagai tokoh bernama Gladys. Masih di tahun yang sama, ia juga memerankan Susan dalam film 17th – Seventeen.

Beralih ke tahun 2006, ia bermain dalam sebuah film horor berjudul Kuntilanak. Dalam film itu, ia memerankan Dinda. Memasuki tahun 2008, Feli muncul dalam tiga judul film, yakni Skandal Cinta Babi Ngepet, Cintaku Selamanya, serta Hantu Perawan Jeruk Purut. 

Pada tahun 2010, Feli kembali menunjukkan kemampuan aktingnya dalam Nakalnya Anak Muda dan Kain Kafan Perawan. Beranjak ke tahun 2013, ia sukses bermain sebagai Mitha dalam Cinta tapi Beda. Disusul kemudian dengan performanya yang menawan dalam Something in the Way (2013), Badoet (2015), dan Midnight Show (2016).

Selang ke tahun 2021, ia berperan sebagai Jelita dalam film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Dan akhirnya, penampilan Ratu Felisha dapat disaksikan di film terbarunya, Pengabdi Setan 2: Communion yang tayang tahun 2022 ini dan meraih sukses besar.

Jadi Trending Topic di Twitter

Berkat akting ciamiknya dalam film horor Pengabdi Setan sekuel kedua, Ratu Felisha menjadi trending topic nomor empat di Twitter. Pada tanggal 4 Agustus 2022, ia menduduki peringkat keempat seperti tagar Irjen Ferdy Sambo, Pengabdi Setan 2, hingga TasyaXtraFarasya. 

Bahkan belakangan tagar Ratu Felisha sempat menduduki peringkat pertama trending topic Twitter di Indonesia. Banyak pihak yang memuji penampilan Ratu Felisha yang mencuri perhatian para penikmat film horor Nusantara.

Walaupun sebenarnya ia terhitung sebagai aktris senior, namun Ratu Felisha tetap dikenal dengan pribadinya yang membumi. Menurut pengakuannya, Ratu Felisha menangis setelah terpilih untuk ikut bermain dalam film Pengabdi Setan sekuel kedua. 

Pasalnya, Ratu Felisha sudah sejak lama mengidolakan Joko Anwar, sutradara di balik suksesnya film Pengabdi Setan dan sejumlah film keren lainnya. 

Masuk Nominasi Beragam Penghargaan Film

Tahun 2013 lalu, nama Ratu Felisha dinominasikan sebagai Aktris Utama Terpilih dalam Piala Maya. Ia menjadi nominator lantaran aktingnya yang menawan dalam film Something in the Way yang tayang di tahun yang sama.

Dan berkat aktingnya dalam film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2021), namanya kembali masuk nominasi dalam dua ajang penghargaan. Yang pertama ialah Festival Film Tempo 2021 untuk kategori Aktris Pendukung Pilihan Tempo. Sementara yang kedua ialah nominasi dalam ajang Piala Maya untuk kategori Aktris Pendukung Terpilih.

Anak Ratu Felisha

Ratu Felisha memiliki seorang anak angkat bernama Dasha Godiva yang diasuhnya sejak tahun 2006 lalu. 

Wanita kelahiran 16 Oktober 1982 ini pernah menikah dengan Jules Korsten alias Franciscus Emmanuel. Namun pernikahan mereka berakhir di tahun 2012. 

Pada tahun 2016, Ratu Felisha menikah lagi untuk yang kedua kalinya. Ia menikah dengan Arie Pujianto. Sayangnya, rumah tangga mereka juga kandas di tahun 2020.

Merintis Bisnis Kecantikan Demi Masa Depan

Memasuki tahun 2021 lalu, Ratu Felisha mulai bergelut sebagai pengusaha di ranah kecantikan. Ia diketahui membuka usaha klinik kecantikan di bilangan Jakarta. Adapun usaha tersebut dirintisnya bersama seorang rekan.

Ia berpendapat, membuka bisnis bisa menjaga stabilitas pendapatannya di kemudian hari. Karena bisnis sekarang menjadi salah satu fokusnya, ia pun harus mengurangi waktu untuk syuting. Terutama jika job yang ditawarkan ialah sinetron kejar tayang. 

Kepada media Ratu Felisha menuturkan, bahwa ke depannya ia akan lebih condong memilih bermain film yang tak terlalu menyita waktu ketimbang melakoni sinetron seperti dulu.

Baca Juga: Makin Serius Tekuni Akting, Begini Perjalanan Karier Musik Bintang KKN di Desa Penari, Calvin Jeremy