Makin Serius Tekuni Akting, Begini Perjalanan Karier Musik Bintang KKN di Desa Penari, Calvin Jeremy

Calvin Jeremy Sihombing lahir di Jakarta, pada 6 Mei 1992. Namanya populer sebagai penyanyi, pencipta lagu, aktor, dan juga entrepreneur. Malang melintang sejak tahun 2009, pemeran tokoh Anton dalam KKN di Desa Penari (2022) ini telah merilis setidaknya tiga album musik. 

Sejumlah single darinya yang menjadi hits ialah Ada Untukmu, Dua Cinta Satu Hati, Nostalgia, hingga lagu Hip Hip Hura milik mendiang Chrisye yang dibawakannya kembali. Selain berkiprah sebagai musisi, Calvin juga memantapkan langkahnya sebagai aktor. 

Ia telah bermain di sejumlah film yang salah satunya ialah Terlalu Tampan (2019) hingga KKN di Desa Penari (2022) yang jadi film terlaris sepanjang masa. Meraih The Solo Singer of the Year dari Showbiz Indonesia Award 2014, kini Calvin Jeremy juga menjadi founder dan storyteller untuk AtbiC, usahanya yang bergerak di bidang creative production sejak tahun 2019.

Baca Juga: Intip Profil Teuku Rassya, Aktor dan Penyanyi Ganteng yang Sedang Sibuk Geluti Bisnis Barunya

Profil Calvin Jeremy

Calvin Jeremy adalah putra kedua dari pasangan Enthiek Saparti dan Dash Sihombing. Uniknya, Calvin mewarisi darah blasteran Batak, Surakarta, dan Filipina. Ia mempunyai seorang kakak perempuan, Cecille Christophia. 

Kiprah Calvin di ranah musik lantas dimulainya sejak tahun 2009 silam. Lulusan S2 Magister dari Asian Institute of Management di Manila, Filipina (Master in Entrepreneurship) ini memang sudah menyukai musik sedari kecil. Hingga tak heran jika ia pun memutuskan berkarier di industri musik Tanah Air. 

Calvin Jeremy Lagu

Awalnya, Calvin mengusung musik yang in di era 1980-an. Dengan genre musik ini, ia berhasil merilis album perdana Selamanya (2010) bersama Universal Music Indonesia

Kala itu, lagu Dua Cinta Satu Hati menjadi hits dan menduduki tangga lagu paling top 10 di berbagai radio besar kenamaan. Calvin pun sukses mencuri hati masyarakat dan anak muda penikmat musik Tanah Air. 

Pria yang andal menciptakan lagu ini kembali mendulang kesuksesan di tahun 2012. Ia mengeluarkan album keduanya yang bertajuk self-titled yang disusul dengan album terkini darinya, Nostalgia (2018).

Bintang Muda yang Berbakat

Lagu-lagu Calvin senantiasa bertengger di jajaran 10 besar tangga lagu radio dan mendapat sambutan hangat oleh Generasi Y dan Z. Karakter suaranya yang khas didukung dengan performa keren di atas panggung membuat nama Calvin Jeremy kian diapresiasi.

Terbukti pada tahun 2014, Calvin menyabet penghargaan The Solo Singer of the Year dalam Showbiz Indonesia Award 2014. Karena bakat dan karyanya, ia pun semakin mendapat atensi dan jadi sorotan masyarakat luas. 

Di tahun 2016, ia lantas menyanyikan ulang Hip Hip Hura, salah satu lagu dari penyanyi legendaris, Chrisye. Lagu tersebut masuk kompilasi Melody Chrisye bersama para musisi ternama lainnya.

Kini, bintang iklan Adidas Originals dan Pond’s Unilever tersebut sukses meniti kariernya di ranah entertainment Indonesia. Terlebih, eksistensi dan popularitas Calvin juga selalu didukung oleh Calvriends alias Calvin Jeremy’s Friends yang terdiri dari para penggemar setianya.

Dijuluki Sebagai The John Mayer of Asia

Calvin identik dengan karakter vokalnya yang husky serta teknik falsetto yang kerap digunakannya. Inilah yang membedakan Calvin dari para solois lainnya. Berkat keunikannya, Calvin pernah diundang oleh petinggi stasiun TV ABS-CBN Filipina untuk perform di ASAP Rocks, sebuah program musik favorit di negara tersebut. 

Selain itu, ia juga pernah berkolaborasi dengan Sabrina Orial yang dikenal sebagai Asia’s Multi-platinum Acoustic Sweetheart dari Filipina. Calvin dan Sabrina diketahui berduet untuk lagu Just The Way You Are. 

Tak pelak, Calvin pun mendapat julukan sebagai John Mayer dari Asia. Julukan tersebut pertama dilekatkan padanya oleh Channel [V] Asia dan juga negara Filipina. Mengenai ciri khasnya ini, Calvin mengakui bahwa musisi John Mayer adalah inspirasi dan panutan baginya dalam menggubah lagu dan bermain musik.

Baca Juga: Tak Hanya Lihai Berbisnis, Niko Al Hakim Kini Tekuni Dunia Musik

Piawai Memainkan Gitar dan Piano

Seperti John Mayer panutannya, Calvin memang jagonya menyanyi sambil bermain gitar. Namun tak jarang, ia pun terlihat fasih memainkan piano di atas panggung.

Sebagai pianis, Calvin mengaku terpengaruh oleh deretan musisi kenamaan dunia seperti Paul McCartney, Stevie Wonder, Jamie Cullum, dan juga pemusik Jazz dunia, Wouter Hamel. Kilas balik ke tahun 2013 lalu, Calvin pernah berkolaborasi dengan salah satu idolanya tersebut.

Calvin diketahui berduet dengan Wouter dalam gelaran Java Jazz Festival 2013 di Jakarta. Dalam kesempatan emas tersebut, mereka membawakan lagu Berdua yang diciptakan oleh Calvin.

Rupanya, Wouter pun terkesan oleh musikalitas Calvin. Hingga kemudian di tahun 2014, Calvin pun diajak untuk turut serta dalam Tur Asia perilisan album baru Wouter, Pompadour.

Terjun ke Ranah Akting

KKN di Desa Penari rupanya bukanlah film layar lebar perdana Calvin Jeremy. Sebelumnya, ia sudah berpengalaman berakting di depan kamera. 

Film pertama yang dibintanginya berjudul Hasduk Berpola (2013). Turut menghadirkan bintang senior seperti Iga Mawarni dan Idris Sardi, dalam film tersebut Calvin berperan sebagai Kak Nandi.

Menariknya, film ini berhasil memenangkan Film Favorit Pilihan Pemirsa dalam festival Apresiasi Film Indonesia 2013. Hasduk Berpola berhasil mengalahkan 5 cm, Habibie & Ainun, serta Tampan Tailor. 

Beberapa tahun setelahnya, Calvin kembali tampil melakoni film Terlalu Tampan (2019). Dalam film ini, ia memerankan tokoh bernama Kibo. Terlalu Tampan juga dibintangi oleh Rachel Amanda, Tarra Budiman, serta Nikita Willy.

Kabarnya, Calvin Jeremy juga bermain dalam sebuah serial drama podcast bertajuk 2 Doa 1 Dunia. Serial drama podcast tersebut juga menampilkan Rachel Amanda.

Calvin dan Tokoh Anton Hanya Mirip 50 Persen

Meski sempat alami dua kali penundaan penayangan, namun semua kesabaran itu akhirnya terbayarkan. KKN di Desa Penari meraih sukses besar dan menjadi film terlaris sepanjang masa di Tanah Air. Membludaknya penonton memicu beraneka fenomena sosial seperti ticket war, hingga jastip dan antre helm di halaman bioskop.

Sukses besar yang tercapai tentu tak lepas dari kerja sama seluruh tim produksi. Tak terkecuali para pemain filmnya yang menjiwai peran dengan penuh totalitas. 

Bagi Calvin, memerankan tokoh Anton memiliki tantangannya tersendiri. Pasalnya, tingkat kesamaan antara pribadi Calvin dan tokoh Anton hanya 50 persen. Sedangkan referensi seputar tokoh tersebut pun tidak banyak. 

Diketahui, referensi visual untuk Calvin hanyalah sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah mahasiswa beramai-ramai berpose di depan warung. Oleh sebab itu, Calvin berusaha lebih mendalami karakter Anton melalui penggambaran dalam skrip film. Di antaranya seperti background keluarga dari kelas menengah, mahasiswa tingkat akhir yang tak kunjung lulus, hingga beberapa panduan penting lainnya. 

Menurut Calvin, script writer dari film tersebut memberikan panduan singkat mengenai karakter Anton kepadanya. Mulai dari usia, kepribadian, karakter, tanggal lahir, preferensi seksual, hingga bagaimana tokoh bereaksi sewaktu sedang marah dan lainnya. Sehingga ia pun lebih total dalam berakting dan memerankan tokoh Anton.

Melepas Lajang Setelah Tujuh Tahun Berpacaran

Jarang mengumbar urusan percintaannya ke ranah publik, Calvin Jeremy menikahi Novia Santoso pada tahun 2021 lalu. Calvin melepas masa lajang dan resmi menikahi kekasihnya setelah berpacaran sejak 2014.

Lama berpacaran bukan berarti hubungan Calvin dan Novia berjalan tanpa hambatan. Sebelumnya, Calvin sempat dituding menjadi orang ketiga dan menyebabkan keretakan hubungan aktris cantik Nikita Willy. Namun rumor tersebut tentu ditepis dengan tegas olehnya.

Karena pandemi Covid-19, Calvin menghelat pernikahan yang hanya dihadiri oleh kerabat serta keluarga terdekatnya saja. Momen sakral yang penuh kebahagiaan tersebut juga ditayangkan dalam vlog di saluran YouTube miliknya, Calvin Jeremy.

Lebih Mengeksplor Kemampuan Diri

Sejak film KKN di Desa Penari meraup kesuksesan yang masif, Calvin pun semakin yakin untuk lebih total lagi berkiprah sebagai aktor. Dengan kesungguhannya, Calvin Jeremy tak akan tanggung-tanggung dalam memberikan totalitasnya. 

Terkait keputusannya yang makin serius menjajal akting, Calvin lantas berbagi kisah. Menurutnya, kariernya di dunia musik menjumpai lebih banyak kelokan dan manuver. Sehingga akan lebih baik bagi Calvin jika tak berkutat hanya di ranah musik saja. 

Melalui kiprahnya di ranah akting, Calvin pun belajar bagaimana agar dapat bertahan hidup sebagai seorang seniman. Selain itu, ia bertekad untuk mengeksplorasi kemampuannya agar kariernya menjadi lebih langgeng di panggung entertainment. 

Untuk saat ini, Calvin sendiri mengaku lebih nyaman menekuni industri hiburan sebagai aktor ketimbang bermusik. Kini ia tergabung dalam manajemen artis Beehave Entertainment bersama para aktris dan aktor kenamaan lainnya. Selanjutnya, Calvin dijadwalkan akan kembali berakting untuk film horor berjudul Hantu Baru garapan Keene Entertainment.

Baca Juga: Menapaki Karier Musik Kaleb Jonath, Pelantun Lagu It’s Only Me yang Ngehits