Kupas Tuntas Girls’ Generation (SNSD), Grup Legendaris Korea Selatan yang Suksesnya Sensasional

Siapa yang tak mengenal Girls’ Generation (SNSD). Mereka adalah delapan orang wanita yang sukses membuka jalan dan menggiring kesuksesan Hallyu (Korean Wave) dan K-Pop hingga terkenal ke seluruh pelosok mancanegara. Debut di tahun 2007, SNSD alias Girls’ Generation disebut sebagai grup wanita K-Pop terbaik dari Korea Selatan. 

Member SNSD (GG) terdiri dari Taeyeon, Sunny, Tiffany Young, Hyoyeon, Yuri Kwon, Choi Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Nama Jessica Jung dikenal sebagai mantan anggota SNSD yang tak lagi menjadi bagian dari grup ini sejak tahun 2014 lalu. 

Dengan lagu-lagu hits mereka yang ikonik seperti Into The New World, Gee, Run Devil Run, Genie, I Got A Boy, Flower Power, The Boys, Hoot, dan Lion Heart, SNSD telah merebut hati banyak orang. Bukan hanya karena pencapaian yang sensasional dan prestasi yang fenomenal saja yang membuat mereka disegani oleh para K-Pop fans.

Sebagai entertainer sejati, mereka juga dikenal dengan pribadi yang humble, seru, mengasyikkan bahkan kerap mengundang gelak tawa. Tahun 2022 ini, total kekayaan gabungan SNSD (GG) diperkirakan mencapai 100 juta Dollar AS (setara Rp1,4 triliun) yang didapatkan dari seluruh penghasilan mereka termasuk akting, modeling, endorsement, dan lainnya.

Baca Juga: Begini Perjalanan Karier Seohyun SNSD yang Sukses di Dunia Akting

Punya Formasi dan Posisi Paling Apik

Taeyeon diketahui berperan sebagai Leader dan vokalis utama grup. Seohyun pun didapuk sebagai vokal utama, dancer, dan maknae

Kemudian Sunny dan Tiffany sama-sama mengisi posisi vokal utama merangkap rapper. Sebelum akhirnya hengkang, Jessica pun diposisikan untuk menjadi salah satu vokalis utama.

Sementara itu, Hyoyeon berperan sebagai lead dancer, vokal, dan rapper. Adapun Yuri yang disebut sebagai member dengan tubuh terindah mengisi posisi penari utama, vokal, dan main rapper.

Sooyoung yang berbadan paling tinggi juga menjadi penari utama, vokal, dan rapper. Sedangkan Yoona dikenal sebagai visual, vokal, penari utama, dan rapper

Jadi Panutan Girlband Generasi Baru

Girls’ Generation (GG) mengandung makna “generasi dominasi perempuan telah datang”. GG sering disebut sebagai Sonyeo Shidae (SNSD) atau Soshi, yang merupakan singkatan nama girlband ini dalam bahasa Korea. 

Sedangkan di Jepang, mereka dikenal sebagai Shojo Jidai. Sementara itu, SONE (dibaca So-One) ialah sebutan untuk para penggemar setia (fandom) mereka dari seluruh dunia. 

Girls’ Generation disebut selalu menjadi standar, tak tertandingi dan tak terkalahkan jika dibanding dengan girlbands lainnya dari berbagai generasi. Komposisi apik SNSD (GG) ini juga disebut memenuhi ekspektasi publik terkait “whole packaged”, dalam hal kualitas vokal, koreografi, visual, song writing, dan kualitas lainnya secara keseluruhan.

GG tak hanya dicintai oleh SONE saja. Banyak idols dari sesama industri K-Pop yang mengidolakan SNSD baik dari segi musikalitas maupun fashion style mereka yang keren.

Sering Pecahkan Berbagai Rekor

Faktanya, SNSD (GG) menjadi girl group Asia pertama yang lima video musiknya mencapai lebih dari 100 juta penayangan di YouTube. Kelima lagu tersebut mencakup Gee, I Got A Boy, Mr. Taxi, The Boys, dan Oh!.

Di Negeri Sakura Jepang yang notabene pasar musiknya termasuk susah ditembus, SNSD (GG) menjadi girl group non-Jepang pertama yang mempunyai tiga album nomor satu di Oricon Albums Chart. Selain itu, tiga konser mereka di Jepang telah memecahkan rekor karena menarik lebih dari 550.000 orang penonton.

Girlband Terbaik Sepanjang Masa di Dunia

Kilas balik ke tahun 2013, album keempat mereka yang bertajuk I Got A Boy semakin menarik perhatian pasar musik internasional. Album ini sukses menduduki peringkat puncak berbagai chart lagu, termasuk Billboard World Album Chart. 

Di era ini, SNSD (GG) tak hanya sukses meraih “worldwide recognition”. Lagu I Got A Boy pun merajai peringkat teratas Billboard Korea K-Pop Hot 100

Selain itu, berkat lagu tersebut SNSD (GG) memenangkan Video of the Year dalam YouTube Music Awards 2013. Lagu I Got A Boy ini telah mengalahkan sejumlah penyanyi kawakan seperti Justin Bieber dan PSY (pelantun lagu Gangnam Style). 

Dan akhirnya, pada tahun 2017, Billboard menyatakan Girls’ Generation (SNSD) sebagai salah satu girlband terbaik sepanjang masa di dunia. 

Idola Musik Pop Korea Generasi Kedua

SNSD (GG) termasuk idola K-Pop generasi kedua yang kemunculannya dimulai pada periode tahun 2005-2012. Banyak pihak menganggap bahwa generasi kedua ini berperan sangat besar dan signifikan atas pesatnya pertumbuhan serta kemajuan industri K-Pop di dunia.

Generasi kedua idola K-Pop pun dinilai mempunyai interaksi yang paling aktif dan baik dengan para penggemar mereka dalam menyebarkan Korean Wave (Hallyu) secara internasional. Selain SNSD (GG), lini idols generasi kedua ini termasuk Wonder Girls, Miss A, KARA, 2NE1, Super Junior, TVXQ, BIGBANG, 2PM, SHINee, serta SS501. 

Adapun SNSD (GG) memulai debutnya di tahun 2007 dan meraih sukses besar. Sejak itulah The Big Three yang terdiri dari tiga besar perusahaan hiburan terkemuka Korea Selatan jadi semakin tak tergoyahkan. 

The Big Three meliputi YG Entertainment, JYP Entertainment, dan tak ketinggalan SM Entertainment yang tersohor. Ketiganya diketahui menjadi perusahaan konglomerat berupa record label serta agensi hiburan multinasional.

Baca Juga: Sukses Berbisnis di Dunia Fashion, Begini Kisah Jessica Jung yang Kian Bersinar Setelah Hengkang dari SNSD

Hengkangnya Jessica Jung dari Grup

Pada tahun 2014, SONE seluruh dunia dikejutkan dengan berita mengenai Jessica Jung. Ia disebut tidak lagi menjadi bagian dari SNSD (GG). Kabarnya, Jessica diberhentikan dari girlband itu karena jadwal grup serta kegiatan bisnisnya yang padat kerap menjadi konflik.

Saat itu, Sica mendirikan merek fashion-kosmetik-aksesoris miliknya yang bernama Blanc & Eclare yang berpusat di New York, AS. Selain sukses besar dengan bisnisnya, Jess sebagai penyanyi solo telah mengeluarkan sejumlah hits seperti Fly, Wonderland, hingga Love Me The Same yang laris manis sejak 2016 lalu. 

Jess yang berkebangsaan Korea-Amerika itu merilis setidaknya lima video musik, enam singles, sejumlah lagu untuk soundtrack drama/ film, empat mini album, dan duet bersama sang adik Krystal Jung, member dari girlband bernama f(x).

Selain sukses dengan debut akting, Sica juga dikabarkan akan segera debut dengan girlband China terbaru setelah menjadi juara kedua dalam reality show bertajuk Sister Who Make Waves. Adapun juara pertama jatuh kepada penyanyi Taiwan, Wan Xinling.

Tiffany, Seohyun, dan Sooyoung Pindah Agensi

Memasuki tahun 2017, Tiffany Young, Choi Sooyoung, dan Seohyun juga meninggalkan agensi yang telah membesarkan mereka sejak awal debut. Hengkangnya ketiga member tersebut dikarenakan mereka ingin lebih berfokus pada kariernya masing-masing. Walaupun begitu, mereka masih menjadi bagian dari Girls’ Generation sampai sekarang.

Pada Juni 2018, Tiff memulai debutnya di AS dengan menggandeng Paradigm Talent Agency. Tiffany juga menjalani kontrak dengan label rekaman Transparent Arts untuk merilis single perdananya di Amerika, Over My Skin.

Sementara itu, Seohyun sang maknae memulai debut aktingnya di bawah naungan agensi Namoo Actors pada tahun 2019 lalu. Sedangkan Choi Sooyoung diketahui merilis single perdananya, Winter Breath (2018) setelah bergabung dengan ECHO GLOBAL GROUP, sebelum akhirnya berpindah agensi ke Saram Entertainment.

Dicintai Penggemar dari Seluruh Dunia

Berbicara soal popularitas, tak berlebihan jika SNSD disebut punya penggemar dari seluruh dunia yang mencinta mereka. Semua personel SNSD menjadi bias dan panutan bagi banyak orang. 

Meski begitu, sejumlah survei dan pemberitaan menyebutkan Yoona adalah SNSD member yang paling populer hingga ke mancanegara di antara kedelapan personel lainnya. Namun jika ditinjau dari jumlah followers di Instagram, Taeyeon menduduki posisi tertinggi dengan pengikut sebanyak 18,8 juta. 

Sementara itu, Hyoyeon yang kerap dijuluki The Dancing Queen menjadi nama kedua terpopuler. Sosoknya disebut paling dicintai oleh SONE di Amerika dan Eropa. Publik menyebut kemampuan dance dan olah vokal Hyoyeon yang expert mengingatkan mereka kepada superstar Britney Spears. 

Meraih Kesuksesan Finansial yang Fantastis

Lantas bagaimana dengan kesuksesan finansial mereka? Melansir berbagai sumber, Yoona menjadi member SNSD terkaya dengan aset senilai 23 juta Dollar AS (setara Rp343 miliar). Menyusul kemudian Taeyeon yang mengantongi harta kekayaan senilai 15-18 juta Dollar AS (setara Rp222,5 ke 266,9 miliar). 

Setelahnya, Choi Sooyoung menjadi member ketiga terkaya dengan harta mencapai 10 juta Dollar AS (setara dengan Rp149 miliar). Berikutnya, ada Sunny dan Hyoyeon dengan jumlah kekayaan sekitar 7 juta Dollar AS (setara Rp103,9 miliar).

Selanjutnya, ada Yuri Kwon yang sukses mengumpulkan aset dan kekayaan mencapai 5 juta Dollar AS (setara Rp74,5 miliar). Diikuti oleh Seohyun, ia berhasil meraih harta kekayaan sebesar 4 juta Dollar AS (setara Rp59,4 miliar). Sementara itu, kekayaan Tiffany Young menyentuh angka 3 juta Dollar AS (setara Rp44,5 miliar). 

Sebagai perbandingan, Jessica Jung selaku ex-personel memiliki total kekayaan lebih dari 25 juta Dollar AS (setara Rp371,2 miliar) di tahun 2022 ini. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai former member dengan pencapaian tertinggi dalam hal finansial.

SNSD Comeback

Dalam komposisi dan aransemen musik mereka, SNSD (GG) yang telah meraih ratusan penghargaan dan nominasi beragam ajang musik bergengsi ini mengusung K-Pop. Namun mereka juga memadukannya dengan J-Pop, Electro Pop, dan Bubblegum Pop. Sentuhan Hip-Hop, R&B, dan sedikit Ballad juga kerap terdengar di sejumlah lagu mereka. 

Hingga kini, GG telah merilis total tujuh full album yaitu Girls’ Generation (2007), Oh! (2010), The Boys (2011), I Got A Boy (2013), Lion Heart (2015), Holiday Night (2017), dan Forever 1 di tahun 2022 ini. Adapun untuk album studio versi Jepang, GG pernah merilis Girls’ Generation (2011), Girls & Peace (2012), Love & Peace (2013), serta The Best (2014) yang menjadi album kompilasi terbaik mereka versi Jepang.

Sebelum hiatus selama lima tahun lamanya, SNSD baru saja comeback dengan lagu terbaru mereka, Forever 1 yang fenomenal. Forever 1 juga menjadi album ketujuh mereka yang rilis sebagai penanda 15 tahun kebersamaan team mereka yang kian solid.

Baca Juga: Rekomendasi Film Korea Terbaru yang Seru untuk Ditonton