10 Rekomendasi Film Will Smith, Dari Fiksi Ilmiah hingga Drama Melankolis

Hollywood selalu melahirkan aktor-aktor berbakat. Salah satunya adalah Will Smith. Aktor asal Amerika berkulit hitam yang memiliki karier gemilang di dunia perfilman.

Bakatnya terlihat saat terlibat dalam series The Fresh Prince of Bel-Air yang tayang pada 1900 hingga 1996. Series ini bahkan dinilai sebagai salah satu kebangkitan hip-hop dan “aktor kulit hitam” di televisi.

Sejak sitkom itu, Will Smith mulai memerankan sejumlah film. Independence Day menjadi film yang semakin melambungkan nama Will Smith. Dilanjutkan dengan Men In Black, dan I, Robot.

Selama kariernya, Will Smith terus menampilan kualitas akting yang patut diacungi jempol. Berbekal pengalaman itu, ia pun mendirikan rumah produksi Overbrook yang juga melahirkan banyak serial dan film, termasuk The Karate Kids dan The Pursuit of Happyness.

Selain di dunia showbiz, kehidupan pribadi Will Smith menarik perhatian banyak orang. Will Smith beberapa kali dilaporkan terlibat aktif dalam kegiatan sosial dan filantropi yang fokus pada pendidikan dan kesehatan.

Hubungannya dengan keluarga juga sering menjadi perbincangan banyak orang. Ia menikahi Jada Pinkett Smith dan dikaruniai dua orang anak, Jaden Smith dan Willow Smith. Kedua anaknya pun mulai menjajal terjun ke dunia hiburan.

Hingga saat ini, Will Smith menjadi salah satu pionir kebangkitan aktor kulit hitam di industri perfilman modern. Ia juga telah mengantongi banyak penghargaan berkat kualitas aktingnya yang selalu total.

Baca Jua: Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Cocok untuk Menemani Keseharian

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Kontroversi Will Smith di Oscar

loader

Will Smith Menerima Piala Oscar

Oscar merupakan salah satu penghargaan bergengsi dalam dunia perfilm dunia. Tak hanya soal film yang menjadi nominasi yang menarik dibahas, aksi panggung para aktor yang datang pun menarik banyak perhatian orang.

Sayangnya, momen Oscar 2022 mengalami sedikit “insiden”, tepatnya saat Chris Rock maju ke atas panggung untuk membacakan pemenang kategori Best Documentary Features. Saat di atas panggung, Rock melakukan stand up.

Pada momen itu, Chris berkata, “Jada, aku cinta kepadamu. G.I . Jane 2, (aku) tidak sabar untuk melihatnya”. Candaan Rock mengacu pada Jada Pinkett Smith, istri Will Smith, yang sedang sedang berambut botak kala itu.

Rock mengaitkan kepala Jada yang botak dengan salah satu karakter G.I. Jane 2, Letnan Jordan O'Neil yang berkepala plontos. Awalnya, beberapa penonton tertawa mendengar lelucon Rock. 

Namun, tiba-tiba Will Smith naik ke atas panggung dan memukul Rock tepat di wajahnya. Amarah Will Smith beralasan, sebab Jada sedang mengidap alopecia, penyakit autoimun yang menyebabkan rambut rontok.

Beberapa orang menganggap, candaan Rock tidak pantas dilontarkan dan wajar jika Will Smith memberikan bereaksi. Di sisi lain, tak sedikit juga yang menayangkan tindakan Will Smith karena dianggap telah merusak selebrasi Oscar. 

Meski mendapat piala sebagai Best Actor untuk film King Richard, Will Smith tidak bisa memendam kekecewaan dan kesedihannya. Ia bahkan memberikan speech sambil menangis dan meminta maaf atas tindakannya.

Baca Juga: 18 Rekomendasi Film Thailand Romantis yang Paling Seru

10 Film Rekomendasi Will Smith

Will Smith memerankan banyak film dan hampir separuhnya box office. Karakter yang dimainkan juga selalu menarik dan mampu membuat cerita menjadi lebih seru.

Dar menjadi detektif hingga ayah dengan apik diperankan oleh Will Smith. Penasaran dengan film-filmnya? Berikut 10 daftar film Will Smith yang wajib kamu tonton.

  1. Independence Day

    loader

    Film garapan Roland Emmerich ini dimainkan dengan sangat apik oleh Will Smith. Memerankan Captain Steven Hiller yang harus menyelamatkan Bumi dari serangan alien pada Hari Kemerdekaan Amerika Serikat.

    Adegan demi adegan ditayangkan dengan efek visual yang mengesankan. Namun, film ini mendapatkan kritik karena alur dan plot yang dianggap klise dan mudah ditebak.

    Meski begitu, sisi hiburan dan keunikan karakter pada Independence Day menarik banyak perhatian penonton. Fun fact, Will Smith menggantikan Ethan Hawke untuk memerankan Steven Hiller yang tidak menyukai alur ceritanya.

  2. Men In Black

    loader

    Salah satu film yang membawa nama Will Smith semakin melambung. Ia memerankan Agent J bersama Tommy Lee Jones yang berperan sebagai Agent K. Mereka harus melawan alien yang menyerang Bumi secara diam-diam.

    Setelah mendapat respons positif dari penonton, Men In Black pun dibuat sebagai film serius dengan penayangan perdana pada 1997 hingga 2012. Salah satu unsur yang membuat film ini sangat disukai adalah humor yang diselipkan dan karakter alien yang realistis.

    Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran Will Smith memberikan kontribusi besar pada film ini. Agent K yang perankan sangat melekat dengannya dan disukai banyak penonton.

  3. I Am Legend

    loader

    Kembali memerankan film fiksi ilmiah, Will Smith dipercaya memerankan Robert Neville, satu-satunya warga New York yang selamat dari serangan virus. Robert pun harus bertahan hidup di tengah situasi apokaliptik dan mencari penanggal virus.

    I am Legend berhasil menggambarkan suasana kehancuran New York dengan sangat baik dan mencekam. Efek visual dan alur yang dibawakan juga patut diacungkan jempol.

    Dikarenakan I am Legend diangkat dari novel, banyak pembaca yang kecewa dengan ending yang ditayangkan, Namun, secara keseluruhan, I am Legend menjadi salah satu film apokaliptik yang digarap dengan serius dan layak ditonton.

  4. Enemy of The State

    loader

    Mengisahkan tentang Robert Clayton Dean, seorang pengacara yang tidak sengaja menemukan sebuah bukti video pembunuhan. Namun, karena penemuannya itu, ia menjadi target pembunuh bayaran yang diduga utusan dari agen pemerintahan agar rahasia pembunuhan tidak terungkap.

    Penonton disuguhkan plot cerita yang terstruktur dengan banyak adegan yang menegangkan. Will Smith dan Gene Hackman juga membangun chemistry dengan sangat baik demi memberikan emosi dan intensitas yang kuat.

    Secara keseluruhan, Enemy of State merupakan film thriller-action yang sangat direkomendasikan untuk ditonton. Penggunaan alat-alat a la mata-mata juga dijamin akan membuat kamu kagum. 

  5. The Pursuit of Happyness

    loader

    Will Smith menunjukkan kemampuan aktingnya dengan memerankan film drama bersama anaknya sendiri, Jaden Smith. Ia memerankan Chris Gardner sebagai ayah dari Christopher. Sebagai kepala keluarga, Chris berjuang untuk mengembalikan kembali keluarga yang hancur akibat masalah ekonomi.

    Karakter Chris dan Christopher terlihat sangat natural dalam film ini. Kebersamaan ayah dan anak dalam menjalankan kehidupan yang keras di tengah isu rasis juga digambarkan dengan sangat mengharukan.

    Diangkat dari kisah nyata, penton akan terbawa dengan alur cerita melodramatis. Akting si kecil Jaden juga patut diberi apresiasi lebih karena bisa membawa karakter Christopher dengan sangat baik. 

  6. Ali

    loader

    Mengangkat kisah petinju legendaris dunia, Muhammad Ali, Will Smith memegang tanggung jawab besar. Sebagai tokoh yang kontroversial, akting Will Smith dalam menceritakan kehidupan Ali yang penuh dengan isu politik, rasial, dan agama dengan sangat realistis patut diberi apresiasi.

    Tidak hanya kehidupan Ali di atas ring tinju, tetapi juga perjalanan hidup sang Legenda bersama keluarga dan hubungan asmaranya.

    Sebagai film biografi, Will Smith dianggap berhasil memerankan karakter Ali dengan penuh karismatik. Terlepas dari kritik yang menganggap film ini kurang mendalam, penggemar Will smith dan Muhammad Ali wajib menontonnya.

  7. Bad Boys

    loader

    Menceritakan tentang Mike Lowrey bersama Marcus Burnett yang berusaha melacak dan menghentikan sindikat peredaran narkoba. Meski dengan premis yang terkesan serius, Bad Boys merupakan film aksi komedi yang menghibur.

    Memerankan Mike, Will Smith sukse membangun chemistry dengan Martin Lawyers meski dengan penggambaran karakter yang berbeda. Kombinasi antara Mike yang serius dan karismatik dengan tingkah konyol Marcus yang kocak mengisi hampir seluruh adegan.

    Pengambilan gambar yang dinamis dengan dialog komedi yang tajam juga menjadikan film ini semakin seru. Digarap oleh Michael Bay, adegan aksi tetap dibuat dengan serius dan spektakuler.

  8. Hancock

    loader

    Menceritakan tentang seorang pahlawan super Hancock yang kehilangan ketenarannya karena perilakunya yang ceroboh dan serampangan. Ia berusaha membersihkan titelnya sebagai pahlawan super setelah bertemu dengan Ray Embrey, seorang public relations

    Menggabungkan elemen aksi dan komedi dengan sangat baik, Hancock menjadi salah satu film superhero yang berbeda. Will Smith juga memerankan karakternya dengan sangat baik meski dengan kompleksitas sisi kemanusiaan dan jiwa superheronya.

  9. I, Robot

    loader

    Bagaimana ketika robot menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari di masa depan? Itulah premis yang dihadirkan I, Robot. Menceritakan Detektif Del Spooner yang harus memecahkan kasus pembunuhan yang melibatkan robot.

    Spooner tidak yang tidak menyukai integrasi robot dalam kehidupan manusia terpaksa harus menyelesaikan misinya. Dalam memerankan karakter Spooner, Will Smith tetap memberikan ciri khasnya dengan sifat yang karismatik dan humor di beberapa adegan.

    I, Robot menghadirkan aksi yang seru dan adegan action yang intens. Selain itu, film ini juga menggambarkan sisi negatif dan positif dari kehadiran robot dalam kehidupan manusia yang bisa direnungkan.

  10. Aladdin

    loader

    Will Smith juga terlibat dalam proyek live action Disney, Aladdin. Memerankan karakter Genie, Will Smith memberikan vibes yang berbeda dibandingkan dengan animasinya.

    Alur yang disajikan masih sama dengan animasinya, yaitu tentang Aladdin yang berpura-pura menjadi raja kaya raya dengan bantuan Genie agar dapat meminang Putri Jasmine. Namun, ending yang ditampilkan agak berbeda dengan memberikan cerita tambahan untuk Genie.

Kemampuan Berakting Will Smith yang Tidak Perlu Diragukan Lagi

Itulah 10 film Will Smith yang wajib kamu tonton. Dalam setiap film, Will Smith selalu menampilkan pesona yang berbeda dan tidak menghilangkan ciri khasnya sebagai aktor kulit hitam.

Terlepas dari kontroversinya di Oscar beberapa waktu lalu, kemampuan Will Smith dalam berakting tidak perlu diragukan lagi. Hingga saat ini, Will Smith juga masih aktif berakting dan terus berkontribusi pada industri perfilman Hollywood.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Serial dan Film Animasi Kartun Terbaik, Jadi Favorit Anak-anak!