Review Redmi 7, Spesifikasi Lengkap dengan Harga Satu Jutaan

Kehadiran Redmi 7 di pasar ponsel tanah air membuat persaingan jadi semakin ketat. Hadir dengan desain modis dan kekinian, seri ini hadir dengan beragam peningkatan dari Redmi 6. Jeroan yang dibekalkan pun sudah mumpuni untuk menunjang berbagai game masa kini.

Lalu, bagaimana desain, kamera, hingga performanya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Desain Redmi 7 yang Menggoreskan Gradasi Warna

Seperti kebanyakan ponsel murah lainnya, Redmi 7 juga hadir dengan bodi berbahan polikarbonat. Sebagai sentuhan akhir, Redmi menggoreskan dua gradasi warna yang menghasilkan efek berkilau pada bodi bagian belakang.

Dihadirkan dalam pilihan warna biru, hitam dan merah, seri ini memiliki bobot 180 gram. Dengan dimensi 158.7 x 75.6 x 8.5 mm, Redmi mendesain bagian tepinya membulat. Dengan begitu, saat digenggam gawai terasa lebih nyaman.

Port dan tombol yang disematkan pada perangkat ini juga cukup ramai menghiasi berbagai sisi perangkat. Pada bagian bawah hanya dihuni oleh dua buah speaker yang mengapit satu buah port micro-USB. Seperti para pendahulunya, bagian atas seri ini juga dihuni oleh sebuah port infrared. Keberadaannya bisa berfungsi sebagai remote control untuk berbagai jenis peralatan rumah tangga, misalnya AC, atau televisi. 

Bagian sisi kiri ditempati oleh slot untuk dual SIM Card dan MicroSD. Memiliki dua buah SIM Card pun tidak lagi membutuhkan dua buah ponsel. Sementara di sisi sebaliknya, ada tombol power yang berjejer dengan volume. 

Pada bagian depan, desain poni berbentuk tetesan air membuat penampilan perangkat jadi semakin stylish. Di dalamnya, ada sebuah kamera selfie yang siap digunakan untuk swafoto. Sementara di bagian belakang terdapat sebuah kamera utama, lampu flash LED dan juga fitur keamanan fingerprint.

Layar dengan Lapisan Pelindung Milik Redmi 7

Keunggulan dari ponsel ini dibanding para pesaingnya adalah keberadaan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Dengan adanya lapisan pelindung tersebut, pengguna tidak lagi perlu khawatir ketika layar tergores atau mengalami benturan ringan.

Redmi 7 sendiri mengusung layar seluas 6,26 inch dengan teknologi IPS LCD. Kualitas gambar yang dihasilkan sudah HD+ dengan kerapatan mencapai 269 ppi density. Pengalaman menonton video maupun menikmati beragam konten multimedia lain semakin menyenangkan.

Pengguna pun semakin dipuaskan dengan aspek rasio 19:9 yang digunakan untuk layar perangkat ini. Apalagi dengan desain poni yang membuat suguhan layar jadi semakin lapang.

Baca Juga: 5 Trik Pintar untuk Membeli Smartphone Baru

Performa Redmi 7

Sama seperti saat Redmi masih menjadi bagian dari Xiaomi, jeroan yang dibekalkan juga terbilang mumpuni. Chipset Qualcomm Snapdragon 632 fabrikasi 14 nm menjadi motor penggerak untuk perangkat ini.

Chipset ini mengalami perbaikan kemampuan hingga 40 persen jika dibandingkan seri sebelumnya. Selain itu ada CPU octa-core yang terdiri dari 4 x 1.8 GHz Kryo 250 Gold dan 4 x 1.8 GHz Kryo 250 silver yang turut mendukung. Urusan grafis ada GPU Adreno 506 yang siap diandalkan. Kombinasi dari jeroan tersebut menghasilkan nilai yang cukup baik dalam pengujian Benchmark. Pengguna juga bisa bebas memilih RAM sesuai dengan kebutuhannya.

Redmi 7 ini hadir dalam dua pilihan RAM dan tiga pilihan memori internal. Untuk RAM 2 GB, pengguna bisa mendapatkan penyimpanan internal hingga 16 GB. Sementara untuk RAM 3 GB, pengguna bisa memilih penyimpanan internal 16 GB dan 32 GB.

Semakin besar RAM dan memori internal yang dipilih, tentu performa yang dihasilkan gawai juga semakin apik. Penggunaan  untuk aktivitas harian secara normal juga berjalan lancar bebas dari hambatan.

Bahkan seri ini juga mampu digunakan untuk bermain PUBG dengan kualitas grafis low. Keberadaan fitur Game Booster yang dibekalkan juga mampu mengoptimalkan koneksi jaringan untuk bermain game. Agar membuatnya semakin nyaman digunakan, Redmi membenamkan antarmuka MIUI 10 berbasis Android Pie di seri ini. Fitur andalan seperti Second Space dan Dual App milik Xiaomi pun turut dibenamkan pada Redmi 7.

Di harga satu jutaan, pengguna sudah diberikan fitur keamanan biometrik yang cukup lengkap. Di bagian belakang bodi ditanamkan sensor sidik jari. Sementara di bagian depan, ada fitur face unlock yang juga cukup responsif.

Ingin Foto dengan Hasil Bokeh? Gunakan Kamera Redmi 7

Mengikuti jejak beragam ponsel kekinian lain, ada dua buah kamera utama yang dibekalkan di bagian belakang. Kamera utama 12 MP ditemani dengan kamera depth sensor 2 MP. Sebuah lampu flash LED pun dibenamkan untuk membantu memberikan cahaya buatan.

Kamera belakang ini pun sudah dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan (AI). Selain itu, fitur standar seperti Panorama dan HDR juga siap digunakan.  Hasil jepretan menggunakan kamera belakang ini terbilang cukup apik. Efek bokeh yang dihasilkan juga tidak mengecewakan.

Warna maupun detail objek mampu ditangkap kamera dengan cukup baik. Saat kondisi cahaya minim pun, kamera ini masih bisa diandalkan. Hal ini berkat ukuran piksel yang mencapai 126 mikron sehingga mampu menangkap cahaya dengan baik.

Sementara di bagian depan, ada kamera 8 MP yang tersembunyi di dalam poni. Meski hanya kamera tunggal, pengguna tetap bisa menggunakannya untuk menghasilkan efek bokeh. Hal ini berkat keberadaan AI yang siap diandalkan untuk membuat gambar lebih memukau.

Kamera yang dibenamkan pada Redmi 7 ini pun cukup bisa diandalkan untuk merekam video. Ketika digunakan untuk merekam, kualitas video yang dihasilkan dapat memiliki resolusi sampai 1080 piksel dan 60 FPS. Hanya saja, jika cahaya di lingkungan kurang, video yang dihasilkan kurang memuaskan.

Baterai Redmi 7 yang Tahan Lama

Baterai yang lumayan besar untuk kelas satu jutaan sepertinya juga menjadi salah satu nilai jual dari seri ini. Dengan harga yang cukup terjangkau, pengguna sudah dimanjakan dengan baterai berkapasitas 4000 mAh.

Besarnya daya tersebut tentu membuat perangkat dapat digunakan lebih lama untuk menemani aktivitas sehari-hari. Redmi pun membekalinya dengan fitur pengoptimalan daya yang membuatnya lebih efektif.

Baca Juga: Review Redmi Note 8

Spesifikasi Redmi 7

Tabel Spesifikasi Xiaomi Redmi 7

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

MIUI 10 (Android 9.0 (Pie))

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 Octa-core Kryo 250

Kecepatan CPU

4x 1.8GHz Kryo 250 Gold & 4x 1.8GHz Kryo 250 Silver

Storage

16 GB/32 GB/64 GB

RAM

2 GB/3 GB/4 GB

External Storage

microSD up to 512 GB

Baterai

4000 mAh

Ukuran Layar

6,26 inci

Resolusi Layar

HD+ 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~269 ppi density)

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM B2/3/5/8

3G

WCDMA B1/2/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

12MP + 2MP

Kamera Depan

8 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant

Dimensi dan Ukuran

158.73 x 75.58 x 8.47 mm

Berat

180 g


Harga Redmi 7

Harga Redmi 7 tidak akan menguras kantong Anda. Mengapa? Karena harga yang ditawarkan tidaklah tinggi. Harga Redmi 7 hanya berkisar 1,8 jutaan Rupiah.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya

Ponsel Berkelas dengan Harga Satu Jutaan

Jeroan yang ditanamkan oleh Redmi 7 di dalam perangkat ini terbilang sudah handal untuk sebuah ponsel kelas satu jutaan. Tidak hanya mampu digunakan untuk aktivitas harian standar, gawai ini bahkan mampu digunakan untuk bermain game sekelas PUBG meski dalam mode grafis low.

Kemampuan kamera yang dibekalkan juga sudah cukup apik dan dapat bersaing. Apalagi dengan adanya lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang sudah melindungi layar. Rasanya gawai ini cukup layak dibawa pulang.

Khususnya bagi para penggemar game yang memiliki kantong cekak. Atau bisa juga para vlogger yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan dan tidak selalu terhubung dengan pengisian daya.