Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y12s

Menjelang akhir tahun 2020 lalu, persaingan ponsel kelas pemula tampaknya justru semakin panas. Pasalnya, vendor-vendor asal Tiongkok berlomba-lomba mengeluarkan seri terbaru di harga Rp1 jutaan.

Salah satunya adalah Vivo Y12s yang diluncurkan pada awal November 2020 lalu. Sejumlah fitur menarik juga dibenamkan pada seri ini. Selain mengusung desain yang menawan, baterai ponsel juga cukup besar.

Kira-kira apalagi ya yang jadi kelebihan dari gawai ini? Agar tidak sampai menyesal jika memutuskan untuk membelinya, simak lebih dulu ulasan berikut.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y12i

Desain Stylish dan Terlihat Mahal

desain vivo y12s

Desain Vivo Y12s

Pengguna akan disuguhi dengan tampilan ponsel ala kelas premium saat mengeluarkan gawai ini dari dalam kardus. Meski harga yang ditawarkan hanya berkisar Rp1 jutaan, tidak terlihat kesan murah sama sekali dari penampilannya.

Sebagai penerus Vivo Y12, seri ini memang hadir dengan tampilan yang lebih stylish dan masa kini. Pemberian sentuhan akhir berupa elegan glass look design menjadikan gawai ini jadi terlihat seperti memiliki lapisan kaca.

Pemilihan warna untuk seri ini juga cocok digunakan semua kalangan. Para pengguna yang menginginkan tampilan yang lebih resmi bisa menggunakan warna phantom black. Sedangkan yang menyukai gaya santai dan atraktif dapat memilih glacier blue.

Ukuran gawai sendiri tidak terlalu besar sehingga masih cukup nyaman untuk digenggam. Secara keseluruhan dimensi perangkat ini hanya 164,41 x 76,32 x 8,41 mm. Sedangkan perangkat ini memiliki bobot 191 gram.

Soal penempatan port dan tombol, desain yang dibawa oleh seri ini terbilang cukup masa kini. Alih-alih menempatkan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang seperti kebanyakan pesaingnya, Vivo Y12s memilih menaruhnya di sisi kanan, menyatu dengan tombol daya.

Selain tombol daya, sisi kanan juga dihuni oleh tombol volume. Sementara di bagian belakang, hanya ada dua buah kamera lengkap dengan lampu flash LED. Meski hanya ada dua kamera di sisi belakang, jika dilihat dari jauh penampilan gawai ini “menipu” dan terlihat seperti memiliki tiga kamera.

Di sisi kiri, ada slot untuk microSD dan juga SIMCard. Di bagian bawah ada port micro USB, jack audio, dan juga speaker.

Layar yang Besar

layar vivo y12s

Layar Vivo Y12s

Salah satu kelebihan dari perangkat ini adalah layar yang diusung tergolong lebar. Di kelas harga yang ditawarkan, pengguna sudah disuguhi dengan layar 6,51 inci. Selain ukurannya yang lebar, penggunaan desain poni pada bagian depan gawai juga membuat sajian layar jadi lebih luas.

Desain layar yang luas ini sudah mampu mengakomodasi kebutuhan orang-orang yang haus akan hiburan di tengah situasi pandemi saat ini. Resolusi HD+ yang dibekalkan pada panel IPS di gawai ini pun sudah dapat menyajikan gambar yang memuaskan.

Sajian gambar yang dihasilkan jernih dan memiliki kecerahan tinggi. Ketika digunakan saat matahari terik pun pengguna masih bisa melihat layar dengan jelas.

Selain itu, ada juga filter yang bisa mengurangi blue light yang biasanya menyebabkan mata kelelahan. Jadi, tidak lagi perlu khawatir jika terpaksa harus menatap layar berlama-lama karena pekerjaan atau tugas sekolah.

Performa Sudah Cukup Bisa Diandalkan

performa vivo y12s

Performa Vivo Y12s

Meski hadir sebagai ponsel kelas pemula, tetapi fitur yang dibekalkan pada seri ini terbilang memiliki rasa kelas menengah ke atas. Sebab, Vivo sudah meletakkan fitur keamanan fingerprint di bagian samping yang diintegrasikan dengan tombol daya.

Keberadaan pemindai sidik jari di bagian samping ini tentu menjadi keunggulan di antara para pesaingnya yang masih banyak meletakkannya di bagian belakang. Selain itu, fitur ini juga terbilang cukup responsif.

Selain sensor pemindai sidik jari, keamanan data dari perangkat ini juga lebih terjamin berkat adanya fitur face unlock. Ketika diaktifkan, teknologi AI akan secara otomatis melakukan pemindaian wajah. Fitur ini juga tidak kalah responsif dari pemindai sidik jari.

Soal performanya, prosesor MediaTek Helio P35 octa-core sudah cukup mampu memberikan pengalaman yang memuaskan. Ini cukup disayangkan sebab di harga yang hampir sama, Redmi 9 mampu menggunakan jeroan yang lebih baik. 

Meski begitu, chipset ini mampu berjalan hingga kecepatan 2,35 GHz dan didukung dengan RAM 3GB dan ROM 32GB. Kombinasi ini sudah mampu membuat gawai berjalan lancar ketika digunakan untuk membuka aplikasi perpesanan, media sosial, dan multitasking

Untuk kelas pemula, performa saat digunakan untuk aktivitas normal memang masih bisa bersaing dengan pesaingnya. Tetapi soal urusan game, jangan terlalu berharap banyak pada ponsel ini. 

Game dengan grafis rendah masih bisa dijalankan, tetapi untuk game yang membutuhkan grafis tinggi, tidak disarankan dimainkan pada gawai ini. Keberadaan fitur Multi Turbo 3.0 memang bisa mengoptimalkan sistem tetapi tetap tidak banyak membantu.

Meski hadir di penghujung 2020, tetapi gawai ini masih hadir dengan sistem operasi Android 10 dan antarmuka Funtouch OS 11. Sejumlah fitur menarik seperti iManager yang bisa menjadi asisten pribadi dan Album AI yang dapat mengelompokkan foto juga dibekalkan.

Dual Cameras?

kamera vivo y12s

Kamera Vivo Y12s

Bekal kamera yang dibawakan Vivo untuk seri ini sebenarnya tidak mengecewakan. Hanya saja, jika dibandingkan beberapa pesaingnya yang memiliki tiga kamera di bagian belakang, dua buah kamera yang dibekalkan tampaknya jadi terlihat sebagai sebuah kekurangan.

Mengandalkan lensa utama 13MP yang ditemani dengan lensa 2MP. Meski tidak terlalu besar resolusi yang dibawakan, tetapi kamera ini sudah bisa menghasilkan foto yang berkualitas cukup baik. Efek bokeh juga sudah bisa dihasilkan dengan lumayan halus.

Kamera depan juga masih bisa diandalkan. Meski hanya ada lensa 8MP, namun kualitas gambar yang dihasilkan sudah layak untuk dibagikan di media sosial. Untuk melakukan panggilan video juga masih terlihat jelas.

Baca Juga: Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta

Kapasitas Baterai Besar

baterai vivo y12s

Baterai Vivo Y12s

Seperti kebanyakan ponsel keluaran terbaru, baterai yang diusung oleh seri ini juga cukup bongsor. Pengguna sudah bisa menggunakan gawai selama seharian berkat keberadaan baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Selain itu, berkat teknologi reverse charging, gawai ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain. Hanya sayangnya, tidak ada fitur pengisian daya cepat yang dibawakan.

Spesifikasi Vivo Y12s

Tabel Spesifikasi Vivo Y12s
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, Funtouch OS 11
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm) Octa core
Kecepatan CPU 4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53
Storage 32GB
RAM 3GB/4GB
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,51 inci
Resolusi Layar HD+ 1600 x 720 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B3/5/8
3G WCDMA B1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Dual Cameras
Dimensi dan Ukuran 164.41 x 76.32 x 8.41 mm
Berat 191 g

Harga Vivo Y12s

Harga Vivo Y12s berada pada kisaran Rp1,5 juta ke atas. Harga yang pas dan tidak begitu menguras kantong bukan?

Ponsel Pemula yang Cukup Layak Dijadikan Pilihan

Sebagai ponsel kelas pemula, jeroan dan kamera yang dibawakan pada perangkat ini tidak terlalu istimewa. Standar dan masih bisa bersaing dengan ponsel lain di kelas yang sama. Tetapi kemampuan baterai sebagai power bank dan dayanya yang besar bisa menjadi nilai jualnya.

Jika membutuhkan gawai hanya sekadar untuk berkomunikasi dan mencari hiburan melalui video streaming, perangkat ini sudah bisa diandalkan. Para guru maupun murid yang sedang mencari perangkat untuk menunjang kegiatan belajar daring juga bisa memilih seri ini.

Baca Juga: Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online