Meninjau Tradisi dan Biaya Sangjit, Begini Tips Menyimpan Biayanya Agar Lebih Menguntungkan

Sangjit adalah bagian dari adat istiadat dan budaya etnis Tionghoa. Secara harfiah, tradisi sangjit atau sang jit-thau ialah seserahan, yang merupakan bagian dari proses lamaran dari pihak keluarga calon mempelai pria bersama orang tua, saudara, dan juga kerabat yang belum menikah.

Dilakukan secara tertutup, sangjit hanya dihadiri oleh anggota keluarga terdekat saja. Dalam prosesi sangjit, calon mempelai pria membawa hantaran seserahan yang diberikan kepada pihak keluarga calon mempelai wanita. Hantaran seserahan tersebut merupakan tanda keseriusannya kepada pihak wanita.

Umumnya, sangjit ceremony dihelat antara enam bulan atau seminggu sebelum pernikahan dengan waktu pelaksanaan terbaiknya pada siang hari, sekitar pukul sepuluh pagi sampai jam satu siang.

Sangjit juga kerap diselenggarakan seusai dingqin alias tingjing (acara pertunangan). Namun, dewasa ini banyak pasangan yang menggabungkan keduanya untuk dilangsungkan pada saat yang bersamaan.

Baca Juga: Perjanjian Pra-Nikah, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Tujuan dan Makna di Balik Perhelatan Tradisi Sangjit

loader

Sangjit (Sumber: www.simplicitybride.com)

Ditujukan untuk mempertemukan kedua keluarga dari calon mempelai secara formal membuat sangjit harus dilaksanakan berdasarkan kesepakatan kedua pihak keluarga. Sangjit dilakukan sebagai syarat untuk melangsungkan sebuah pernikahan. 

Acara ini dianggap sakral dan dilakukan dengan komitmen penuh, yang juga menandakan bahwa restu kedua orang tua sudah diberikan. Tak hanya untuk mempererat hubungan kekeluargaan dari kedua belah pihak, upacara pertunangan adat Tionghoa ini merupakan simbol dari ketulusan dari calon pengantin pria untuk menikahi calon pengantin wanita.

Selain itu, sangjit pun melambangkan bahwa pihak pria akan menjamin wanitanya kelak dirawat dengan sebaik mungkin setelah menikah nanti. Adapun penentuan tanggal dan hari pelaksanaan sangjit dilakukan berdasarkan perhitungan khusus sesuai kepercayaan masyarakat Tionghoa. 

Hal tersebut dilakukan agar seluruh perencanaan acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dengan demikian, sangjit tak hanya sebatas aksi tukar hadiah ataupun serah terima antara dua keluarga dan calon mempelai. 

Sangjit dilaksanakan untuk melestarikan kearifan lokal orang Tionghoa yang sudah dipelihara selama turun temurun. Tujuannya tak lain agar generasi muda senantiasa meneruskan tradisi orang tua dan warisan leluhurnya, serta selalu mengingat asal usulnya.

Berapa Biaya untuk Sangjit?

Sebagai contoh, mari tinjau perkiraan biaya sangjit di salah satu tempat makan kenamaan, Angke Restaurant & Function Hall. Angke Restaurant memiliki cabang di beberapa lokasi, di antaranya Ketapang, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Kedoya, dan Serpong.

Restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1965 ini menyediakan Dreamy Sangjit Package mulai dari Rp11.888.000, yang meliputi backdrop, dekorasi, baki seserahan, fotografer, dan MC. 

Adapun untuk upgrade decor, harga mulai dari Rp350 ribu. Benefit mencakup:

  • Menu paket untuk 2 meja @10 orang.
  • Dekorasi sangjit ukuran 3x2,5 m.
  • 10 standing gold table.
  • 2 standing flower.
  • Angpao sebanyak 20 pieces.
  • 8 baki dan 2 keranjang.
  • Fotografer. 
  • MC sangjit.

Sementara untuk gambaran paket menu makanannya, tersedia tiga opsi yang bisa dipilih di Angke Restaurant:

Sangjit A

Sangjit B

Sangjit C

Sup Jagung Ayam

Sup Asparagus Kepiting

Sup Jagung Ayam

Ayam Garam

Ayam Rebus Minyak Jahe

Bebek Panggang

Jamur Abalone

Lindung Cah Fumak

Scallop Cah Brokoli Saus X.O

Gurame Asam Manis

Babi Hong

Ikan Kerapu Tim

Babi Hong

Udang Goreng Mayonaise

Babi Hong

Soun Goreng

Bakmi Goreng

Cingkong Kepiting

Coconut Pudding Cup

Lychee Longan

Guiling Gao

Free flow minuman & nasi putih

Free flow minuman & nasi putih

Free flow minuman & nasi putih

Total biaya Rp11.888.000,-

Total biaya Rp12.388.000,-

Total biaya Rp12.888.000,-

*Harga belum termasuk Service Charge 5% dan PB.1 10%

*Sumber: Instagram @angkerestaurant

*Ini hanyalah referensi.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Susunan Acara Lamaran Pernikahan

Apa Saja Isi Kotak Sangjit?

Serba-serbi mengenai sangjit yang penting untuk diketahui berikutnya ialah isian hantaran seserahan. Tak hanya dianggap sebagai persembahan pinangan, seserahan juga berfungsi sebagai modal untuk menikahi sang wanita impian. 

Adapun jumlah box hantaran menjadi simbol dari kemapanan atau kesiapan sang pria dalam menafkahi dan membiayai kehidupan wanitanya kelak. Biasanya, barang hantaran ini sesuai dengan permintaan keluarga wanita secara spesifik. Setiap jenis hantaran mengandung makna dan pengharapan bahwa pernikahan kelak akan sukses, lancar, dan juga langgeng.

Seserahan yang wajib ada dalam sangjit dari pihak pria untuk wanita ialah:

  • Kotak nampan/baki hantaran.
  • Angpao berisi uang pesta dan uang susu.
  • Satu set pakaian untuk wanita.
  • Perlengkapan makeup dan skincare.
  • Perhiasan.
  • Buah-buahan segar dalam jumlah genap kecuali 4 (8, 12, atau 16)
  • Lilin merah (diikat oleh pita merah).
  • Sepasang kaki babi atau makanan kaleng.
  • Beraneka macam manisan dan kue.
  • Dua botol arak/red wine/champagne.

Sementara untuk budget hantaran ini, sederhananya kurang lebih mulai dari Rp10-15 jutaan.

Makna di Balik Sebagian Hantaran Seserahan yang Dikembalikan ke Pihak Pria

Seluruh box hantaran seserahan lantas diberi pita merah, stiker, dan juga tulisan Mandarin “Shuang Xi”. Ini berarti “dua kebahagiaan”—dua aksara xi yang bermakna “suka, cinta, menikmati, hal membahagiakan”.

Menurut tradisi, apabila keluarga perempuan mengambil semua barang hantaran, maka pihak mereka menyerahkan mempelai wanita sepenuhnya. Ini berarti, mereka juga akan memutus tali hubungan keluarga setelah pernikahan. 

Dengan kata lain, pihak keluarga wanita yang mengembalikan separuh barang seserahan mengartikan bahwa mereka bersedia tetap berhubungan dengan kedua mempelai. 

Di samping itu, pengembalian sebagian hantaran mengandung makna rasa optimis. Pihak keluarga wanita optimis bahwa hoki dan rezeki yang seimbang kelak dimiliki oleh kedua calon mempelai beserta keluarga.

Berikut daftar sejumlah hantaran atau hadiah balasan yang akan dikembalikan dan diterima pihak keluarga pria:

  • Separuh isi hampers dari buah-buahan, kue, manisan, dan makanan kaleng atau kaki babi yang diberikan saat awal.
  • Sejumlah barang kebutuhan calon mempelai pria, seperti satu set pakaian (kemeja, celana panjang, ikat pinggang, sepatu, parfum, arloji, underwear, sapu tangan, perlengkapan mandi).
  • Angpao sisa dari uang pesta yang dikembalikan sebagian (bila keluarga perempuan memutuskan biaya pernikahan ditanggung total oleh pihak laki-laki).
  • Angpao berisi uang untuk dibagikan kepada pihak pembawa baki hantaran dari pihak calon mempelai pria.
  • Makanan manis seperti cokelat dan permen.
  • Sepasang lilin merah bergambar naga yang diberikan ketika seserahan awal.
  • Dua botol sirup yang berwarna merah untuk balasan dari pemberian arak/red wine.

Untuk budget hantaran ini relatif bervariasi. Namun sederhananya kurang lebih membutuhkan biaya mulai dari Rp10-15 jutaan.

Dress Code Pelaksanaan Sangjit Didominasi Merah dan Emas

Pelaksanaan sangjit umumnya didominasi warna merah dan emas. Sarat makna, kedua warna tersebut dipercaya melambangkan kegembiraan, kebahagiaan, kedamaian, kesejahteraan, dan rezeki yang berlimpah.

Tak terkecuali dengan busana yang dikenakan oleh kedua calon mempelai beserta para anggota keluarga. Umumnya, kedua calon mempelai diharapkan mengenakan busana berwarna merah dengan aksen emas yang bergaya oriental, seperti cheongsam

Demikian juga dengan dress code untuk kedua orang tua calon mempelai yang mengenakan busana senada. Sehingga untuk range biayanya bisa berkisar mulai dari Rp2,5 – 6 jutaan.

Kumpulkan Dana Persiapan Sangjit dengan Mengoptimalkan Instrumen Investasi

Sangjit memang tidak mutlak harus dilaksanakan dengan mewah. Namun tradisi ini merupakan pelengkap syarat yang penting dan wajib dilakukan bagi sebagian orang. Sehingga tak heran jika banyak pasangan yang tidak melewatkannya karena acara ini adalah bagian dari perjalanan bahagia mereka.

Tapi dapat dipastikan, biaya untuk menggelar sangjit tak bisa dibilang sedikit. Untuk menekan budget, pasangan bisa memilih vendor pernikahan yang menawarkan jasa khusus sangjit. Saat ini, sudah ada event organizer atau wedding organizer yang menyediakan paket lengkap untuk perhelatan acara sangjit

Jika ingin lebih hemat lagi, kamu dan pasangan juga bisa meminta bantuan teman dan keluarga dan mempersiapkan sendiri kebutuhan gelaran acara ini. Biaya akan lebih ringan lagi jika bebannya ditanggung oleh kedua pihak.

Tak lupa, maksimalkan keberadaan sejumlah investasi agar dana yang dikumpulkan untuk biaya sangjit bisa semakin menguntungkan. Instrumen investasi populer yang bisa dipilih ialah emas, deposito, hingga reksa dana

Sebelum berinvestasi, pastikan instrumen yang kamu pilih aman dan sudah memperoleh izin OJK, ya. Alhasil, cuan pun bisa bertambah dan biaya untuk acara sangjit pun berlimpah ruah.

Baca Juga: Tabungan Nikah Terkumpul dalam 1 Tahun, Begini Caranya!