Sebelum Beli, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Pilih Asuransi TLO untuk Mobil Baru

Secara garis besar, asuransi jenis total loss only atau TLO merupakan asuransi khusus kendaraan yang menjanjikan perlindungan ganti rugi untuk berbagai risiko kerugian secara total. Bisa juga berupa penggantian atas biaya perbaikan yang melebihi 75% dari total harga kendaraan. 

Sebenarnya, setiap mobil membutuhkan perlindungan dari asuransi apapun jenisnya. Baik itu asuransi TLO maupun all risks

Namun, tak sedikit orang yang ingin memberikan perlindungan terbaik untuk mobil yang baru saja dibeli dengan cara membeli produk asuransi TLO. Padahal, asuransi ini sangat tidak disarankan bagi para pemilik kendaraan jenis baru. 

Apa alasannya? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Alasan Asuransi TLO Tak Disarankan untuk Mobil Baru

loader
Asuransi TLO

1. Kerugian yang ditanggung minimal 75%

Sebagaimana diketahui, bahwa asuransi TLO hanya akan memberi jaminan penggantian jika mengalami masalah yang berat. Seperti kerusakan total minimal 75% hingga kehilangan unit kendaraan akibat pencurian atau aksi kriminal lainnya. 

Namun, jika kendaraan kamu tak sengaja kemasukan air akibat banjir atau mengalami baret. Nah, biaya perbaikan atas kerusakan tersebut tidak akan ditanggung oleh perusahaan asuransi TLO. Sebab, biaya yang dikeluarkan tergolong ringan dan kurang dari 75% harga mobil saat itu.

Berbeda jika mobil kamu hilang dicuri atau terperosok ke dalam jurang. Semua biaya perbaikan dan ganti rugi akan ditanggung secara penuh oleh asuransi jenis TLO ini. 

Baca Juga: Tak Punya Asuransi Mobil, Ini Risiko dan Kerugiannya Bila Terjadi Kecelakaan

2. Biaya perbaikan tinggi

Dilihat dari data yang dihimpun dari beberapa bengkel, berikut ini perkiraan biaya perbaikan kendaraan:

Risiko menabrak pembatas jalan atau trotoar

Risiko terserempet kendaraan lain

Perbaikan pintu mobil bagian depan

Rp 550.000,00

Ganti bumper

Rp 900.00,00

Perbaikan area fender

Rp 550.000,00

Ganti headlamp

Rp 900.000,00

Ganti rugi pihak ketiga

Rp 1.200.000,00

Total

Rp 1.100.000,00

Total

Rp 3.000.000,00

Dari tabel di atas bisa diketahui, ketika memilih asuransi jenis TLO kamu harus menyiapkan budget sampai jutaan rupiah ketika terjadi kerusakan pada kendaraan. Tentu saja, hal ini tidak akan terjadi jika kendaraan tersebut dilindungi oleh asuransi all risks. Dimana seluruh biaya perbaikan sampai ganti rugi pihak ketiga dibebankan pada perusahaan asuransi terkait. 

3. Premi tak jauh berbeda dari jenis asuransi All Risk

Tak sedikit orang yang memilih asuransi TLO karena melihat biaya premi yang jauh lebih terjangkau dibanding jenis All Risk. Memang benar, Namun, harga yang murah tentu sepadan dengan nilai perlindungan yang diberikan. 

Padahal, jika dilihat lebih mendalam kini ada banyak pilihan asuransi all risks dengan biaya premi yang lebih ringan. Memang jumlah premi asuransi All Risk akan tetap terasa lebih mahal dibanding asuransi TLO. 

Namun, jika dilihat lagi besar biaya perbaikan ketika terjadi kerugian, tentu besaran premi asuransi All Risk terasa lebih worth it untuk jenis mobil baru. Karena jika ada kerusakan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, sehingga biaya yang dikeluarkan jadi lebih sedikit. 

Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana Ya?

Asuransi TLO Tak Cocok untuk Mobil Baru?

loader

Pada dasarnya, asuransi TLO merupakan salah satu produk asuransi kendaraan yang memberi jaminan penggantian kerugian untuk risiko kerugian total pada kendaraan yang diasuransikan. Jika dilihat dari beberapa alasan diatas, benarkah asuransi jenis ini kurang sesuai untuk mobil baru?

Sebetulnya, anggapan jika asuransi TLO kurang menguntungkan untuk kendaraan baru tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang justru lebih menguntungkan ketika kamu memilih asuransi TLO untuk kendaraan baru. 

Bagaimana bisa begitu, apa alasannya? Pasalnya, jenis asuransi TLO dapat memberikan rasa aman pada pemilik kendaraan yang tempat tinggalnya berada di lokasi yang rawan terjadi kejahatan atau bencana alam. Karena ganti rugi penuh akan diberikan ketika terjadi kerusakan minimal 75%. 

Selain untuk kendaraan roda empat, asuransi TLO juga sangat sesuai untuk memberi proteksi pada jenis kendaraan roda dua. Salah satu alasannya, kendaraan jenis ini lebih rawan mengalami risiko pencurian dibanding mobil. 

Terlebih lagi, biaya perbaikan ketika terjadi kerusakan juga jauh lebih ringan dibandingkan mobil. Jadi, perlindungan yang diberikan asuransi TLO cukup sesuai untuk lokasi tempat tinggal dan jenis kendaraan yang tepat.

Perhatikan Baik-baik Pilih Jenis Asuransi untuk Mobil Baru

Memberikan jenis proteksi yang tepat pada mobil kesayangan akan meningkatkan rasa aman. Terlebih untuk mobil baru yang pastinya akan lebih disayang-sayang saat menggunakannya. 

Bukan berarti asuransi TLO tidak bagus untuk semua jenis kendaraan baru. Karena motor baru bisa mendapatkan perlindungan maksimal dengan asuransi tersebut. Hanya saja memang kurang menguntungkan untuk memberikan proteksi pada mobil baru. Untuk itu pahami dulu kebutuhan perlindungan yang ingin diperoleh sebelum membeli produk asuransi, ya!

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Baru agar Mendapatkan Penawaran Terbaik Dealers