Menelaah Biaya Pendidikan Sekolah Termahal di Indonesia yang Mencapai Lebih dari Ratusan Juta

Sejatinya, semua orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya, termasuk dalam ranah pendidikan. Itulah sebabnya banyak orang tua rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah termahal di Indonesia.

Karena tak bisa dipungkiri, kualitas pendidikan yang diterima seseorang dapat menentukan kesuksesannya di masa depan. Alhasil, para orang tua pun berlomba menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah berkualitas paling tinggi, hingga membiayai les atau kursus yang diperlukan.

Sekolah Internasional dan Sekolah Asrama ialah yang Termahal

loader

Tak jarang, banyak orang tua memilih memasukkan anaknya ke sekolah paling mahal. Ini dikarenakan sekolah termahal biasanya menjanjikan pendidikan terbaik untuk para anak didik mereka. 

Biaya pendidikan yang fantastis akan sebanding dengan metode pembelajaran yang diberikan, fasilitas yang tersedia, dan sarana yang ditawarkan. Semua hal itu bisa mendukung kegiatan belajar mengajar para murid dengan maksimal.

Bukan sekolah negeri ataupun swasta. Faktanya, sekolah termahal di Indonesia ialah sejumlah sekolah asrama (boarding school) dan juga sekolah internasional.

Baca Juga: Ingin Anak Jadi Dokter? Ketahui Biaya Sekolah Dokter yang Harus Dipersiapkan

Beda Kurikulum dan Program Pendidikan yang Ditawarkan

loader

Dapat dipastikan, sekolah internasional dan boarding school mempunyai program pendidikan, serta sarana yang lebih luas, lengkap, beragam dan bermutu tinggi. Sekolah internasional, misalnya, diselenggarakan agar para siswanya lebih siap bersaing secara global, dengan cara pikir yang luas dan mendunia (international mindset).

Selain itu, sekolah internasional menggunakan kurikulum berbasis internasional seperti International Baccalaureate (IB), Kurikulum Montessori, International Primary Curriculum (IPC), Kurikulum Internasional Cambridge, atau Singaporean Primary School Curriculum (SPC). Dalam keseharian belajar mengajar, Bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang digunakan.

Adapun sekolah asrama (boarding school) menawarkan keunggulan seperti lingkungan belajar mengajar yang lebih kondusif dan komprehensif, tenaga pendidik berkualitas tinggi, fasilitas dan sarana paripurna, hingga membangun karakter serta kebiasaan berdisiplin tinggi dalam keseharian anak didiknya.

Baca Juga: Ajarkan Sejak Dini, Ini Manfaat dan Kisaran Biaya Kursus Coding untuk Masa Depan Anak

Daftar Sekolah Termahal di Indonesia

Kini, semakin banyak sekolah internasional dan boarding school pilihan untuk memenuhi demand masyarakat. Tak tanggung-tanggung, biaya daftar sekolah termahal di Indonesia nyatanya setara dengan harga sebuah mobil mewah Toyota Fortuner—tepatnya sekitar Rp 500 juta. 

Bahkan ada juga sekolah internasional yang biayanya bisa tembus hingga hampir Rp 1 miliar. Berikut diantaranya beberapa sekolah termahal dan ternama di Indonesia:

Nama Sekolah Sejarah dan Kisaran Biayanya
Jakarta Intercultural School (JIS)

Berlokasi di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan, JIS menerapkan program International Baccalaureate (IB) diploma serta Advanced Placement (AP). Didukung oleh Kedutaan Besar di Jakarta, JIS sebelumnya dikenal dengan nama Jakarta International School dan sudah berdiri sejak tahun 1951. 

Berbagai fasilitas yang tersedia di JIS ialah auditorium, studio seni, perpustakaan, laboratorium komputer, ruang musik, laboratorium sains, lapangan tenis, hingga kolam renang.

Per tahunnya, diperlukan biaya sekitar Rp 496,5 – 510 juta agar dapat bersekolah di sana. Total biaya pendidikan ini sudah mencakup uang masuk Rp 22 juta per tahun, uang pengembangan sekolah Rp 54,6 juta, uang pendaftaran Rp 5 juta, dan uang sekolahnya di angka Rp 419 juta per tahun.

Ada juga biaya ekstra untuk kegiatan sekolah seperti ujian IB dan AP, instrumen musik, kelulusan, LEAD WEEK, perjalanan yang berhubungan dengan mata pelajaran tertentu international sporting and cultural trips, dan lainnya. Untuk transportasi sekolahnya, orang tua perlu merogoh biaya sebesar kurang lebih Rp 72,8 juta.
SMA Dwiwarna (Islamic Boarding School)

SMA Dwiwarna (Islamic Boarding School) yang letaknya di Bogor, Jawa Barat ini juga masuk dalam daftar sekolah termahal di Indonesia. Untuk masuk ke sekolah asrama ini, diperlukan biaya mencakup uang pangkal sekitar Rp 60 juta, uang buku paket dan seragam Rp 4,5 juta, serta SPP Rp 6,5 juta setiap bulannya. 

Dengan konsep Islamic school yang mengglobal, sekolah ini dilengkapi berbagai fasilitas dan sarana. Terdapat AC di setiap ruangan untuk suasana belajar yang nyaman, hingga lokasi sekolah yang berada di tengah alam hijau. Alhasil, para anak didik pun dapat belajar lebih tenang karena jauh dari keramaian kota.

Boarding school yang terakreditasi A ini diketahui menggunakan kurikulum nasional yang dipadukan dengan kurikulum internasional. Terdapat sejumlah fasilitas seperti sejumlah laboratorium (komputer, biologi, fisika, dll), perpustakaan, language center, laboratorium kesenian, berbagai lapangan outdoor-indoor cabang olahraga, aula, studio band, green house, ruang uks, ruang kantin, koperasi dan masih banyak lagi.
New Zealand Independent School (NZIS)

Telah berdiri sejak tahun 2002, sekolah ini dulunya bernama New Zealand Independent School, namun kini berganti menjadi New Zealand School Jakarta. Sekolah yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan ini mempunyai empat jenjang pendidikan yakni Early Years, Primary School, Secondary School dan Pre-University (TK, SD, SMP, SMA).

Menerapkan gaya belajar yang tak terpaku pada akademik dan riang, sekolah ini menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB). Kurikulumnya mengacu pada kurikulum Selandia Baru yang berpusat pada peserta didik. Salah satu penekanannya ialah kerjasama dan integrasi di antara para siswa.

Dikutip dari portal resminya, info terbaru gambaran biaya sekolah di New Zealand School Jakarta ialah:

  • Uang pendaftaran: Rp 4 juta.
  • Annual plan: Kindergarten = Rp 87,6 juta.
  • Annual plan: Kelas 1-6 = Rp 201,5 juta.
  • Half-year plan: Kelas 1-6 = Rp 209,5 juta.
  • Termly plan: Kelas 1-6 = Rp 217,5 juta.
  • Annual plan: Kelas 7-9 = Rp 205,5 juta.
  • Half-year plan: Kelas 7-9 = Rp 213,7 juta.
  • Termly plan: Kelas 7-9 = Rp 221,9 juta.

Tim guru di New Zealand School Jakarta didominasi oleh Warga Negara Asing. Sementara kelasnya berukuran tak terlalu besar dan hanya diisi oleh maksimal 20 orang murid. Setiap kelas akan melibatkan dua pengajar, yaitu Main Teacher dan Co-Teacher.

British School Jakarta

Terletak di Tangerang, anak didik yang sekolah di British School Jakarta berkesempatan untuk sekolah sepak bola yang berpartner langsung dengan Manchester City Football School, Inggris. Dalam pembelajarannya, British School Jakarta ini memang banyak bersinergi dengan kebudayaan Inggris.

Berdiri sejak tahun 1974, British School Jakarta menerapkan kurikulum English National Curriculum, IB Middle Years Programme (MYP), IB Career-Related Programme (CP) & IB Diploma Programme (DP).

Sejumlah fasilitas keren seperti sport centre, dance studio dan kolam renang bisa dinikmati anak didik di sekolah ini. Sedangkan untuk biayanya, pendidikan SD bisa mencapai Rp 308 juta, SMP di angka Rp 353 juta, serta International Baccalaureate (IB) seharga Rp 387 juta.
ACG School Jakarta

Berlokasi di Warung Jati, Jakarta Selatan, sekolah elit ini menerapkan kurikulum IB langsung dari Selandia Baru. ACG School pun menyediakan IB Primary Years Programme dengan kurikulum University of Cambridge International Examinations.

Untuk fasilitasnya, sekolah berstandar internasional ini dilengkapi dengan laboratorium, auditorium, athletic track hingga technology centre. Adapun untuk biaya sekolahnya, biaya SPP mencapai Rp 235 juta – Rp 310 juta. 

Besaran biaya tersebut belum termasuk biaya transportasi Rp 19,3 juta, biaya pembangunan Rp 37,6 juta, serta biaya English Language Support (ELS) tiap semester Rp 37 juta.

Baca Juga: Miliki Banyak Keunggulan, Ini Hitungan Biaya Les Privat yang Harus Disiapkan Orang Tua

Kumpulkan Kekayaan dengan Cara Cerdas Berikut untuk Dana Pendidikan Anak

loader

Secara garis besar, biaya pendidikan termahal menjanjikan kualitas dan kompetensi yang tinggi untuk bersaing secara global. Untuk itu, biaya yang mahalnya selangit menjadi kompensasi para orang tua demi mencetak sumber daya manusia yang terunggul di masa depan. 

Agar semakin andal dalam menghasilkan dan mengelola keuangan, intip sejumlah cara cerdas menjadi orang kaya demi masa depan si kecil yang lebih cerah:

1. Disiplin Mengatur Keuangan

Salah satu cara cerdas untuk menjadi kaya ialah disiplin dalam mengatur keuangan. Tak hanya andal menambah income, pengelolaan yang cerdas dan bijak juga memegang peranan besar. 

Selain menabung, catatlah pengeluaran dan pemasukan dengan benar. Identifikasi kebutuhan penting dan gunakan uang sesuai prioritas yang paling utama. Sisihkan uang untuk ditabung dengan rutin dan tetap tentu serta hindari pemborosan.

2. Bijaklah dalam Berhutang

Jika ada target masa depan yang jelas seperti mengumpulkan biaya sekolah anak, maka langkah dan tujuan keuanganmu akan menjadi semakin terarah. Jadikan cita-cita ini sebagai salah satu target keuangan jangka panjang keluarga. Kemudian, pandai-pandailah dalam memilih kebutuhan dan keinginan. 

Banyak orang yang terjerat hutang karena kurangnya pengendalian diri serta literasi keuangan yang belum mumpuni. Kamu ingin menghindari berhutang dan gunakan uang untuk memenuhi kebutuhan, bukan keinginan. Jadi, pastikanlah agar uang yang sudah dicari dengan susah payah itu digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dalam jangka panjang.

Baca Juga:  Moms Wajib Tahu! Ini Pentingnya Pendidikan Preschool untuk Buah Hati dan Perkiraan Biayanya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

3. Jangan Lupa Berinvestasi

Berinvestasi dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar di kemudian hari. Dengan menanamkan uangmu sekarang, Kamu akan dapat menuainya di masa depan. Maka dari itu, mulailah berinvestasi, baik itu yang jangka pendek maupun jangka panjang.

Gali lebih dalam perihal investasi dan temukan yang paling cocok untukmu. Salah satunya seperti reksa dana campuran, obligasi, reksa dana saham, deposito, peer to peer lending, emas, properti, atau juga saham.

Alokasikan Dana Masa Depan untuk Pendidikan Terbaik Anak

Menjadi orang tua ialah sebuah amanah yang seyogyanya diemban dengan sebijak mungkin. Maka dari itu, fokus dan berkomitmenlah dalam mengalokasikan dana pendidikan untuk masa depan anak sedini mungkin.

Mulailah benahi keuangan pribadi dan keluarga dengan lebih baik. Selalu prioritaskan pembentukan dana darurat, dana kesehatan dan dana pendidikan yang akan sangat berguna dan membantu dalam jangka panjang.

Baca Juga:  Selengkapnya Tentang Biaya Masuk Pesantren Modern dan Tradisional, Mana yang Lebih Baik Dipilih?