Simak Cara Daftar Lowongan Kerja BUMN dan Tips Suksesnya

Kamu lagi cari kerja? Jangan bingung, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang membuka lowongan kerja besar-besaran. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 11.000 lowongan dari lulusan SMA sampai S2, bahkan ada kuota penerimaan bagi penyandang disabilitas dan putra putri dari Kawasan Timur Indonesia (KTI). 

Namanya Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN, hasil kerja sama antara Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Jadi buat kamu yang baru lulus atau lagi nganggur, simak nih informasi 11.000 lowongan kerja BUMN.

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Sukses Dibaca oleh HRD

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Peluang Karier di 110 BUMN

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Forum Human Capital Indonesia (@forumhumancapitalindonesia) pada

Ada 11.000 posisi lowongan kerja yang ditawarkan 110 perusahaan BUMN, di antaranya Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Perum Jamkrindo, Askrindo, Jasa Raharja, ASABRI, Pegadaian, KAI, Angkasa Pura I dan II, INKA, Wijaya Karya, Adhi Karya, Waskita Karya, dan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia.

Adapula PT PP, Hutama Karya, Pelindo II, Pelindo III, Pelindo IV, Antam, Sarinah, ASDP Indonesia, Pindad, Inalum, Telkom, PGN, Pertamina, PT DI, Antara, PAL Indonesia, Indofarma, Kimia Farma, PLN, Hotel Indonesia Natour, Perum Produksi Film Negara, Perum Bulog, LEN, Krakatau Steel, Petrokimia Gresik, dan masih banyak lainnya.

Sebanyak tiga jalur pendaftaran disiapkan, yaitu:

  • Regular untuk lulusan SLTA/SMK, Vokasi, Diploma, S1 dan S2
  • Talenta Disabilitas
  • Putra atau putri dari Kawasan Timur Indonesia (Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur/NTT, dan Nusa Tenggara Barat/NTB).

“BUMN membuka 11.000 lowongan kerja. Di mana 1.000 di antaranya diperuntukkan bagi penyandang disabilitas,” kata Sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto Putro dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

Batasan usia pelamar:

Jenjang Pendidikan

Batas Usia Maksimal

 

SLTA/SMK/Sederajat

22 Tahun

 

Diploma/Sederajat

25 Tahun

 

S1

28 Tahun

 

S2

33 Tahun

 

Disabilitas (SLTA/Diploma/Sarjana)

45 Tahun

 
 

Periode Pendaftaran

loader
Periode Pendaftaran Lowongan Kerja BUMN via rekrutbersama.fhcibumn.com

Jika ingin melamar lowongan kerja BUMN tersebut, kamu harus mendaftar secara online terlebih dulu di website https://rekrutbersama.fhcibumn.com. Periode pendaftaran online Program Perekrutan Bersama BUMN sebetulnya sudah berakhir 17 Maret lalu. Namun diperpanjang hingga 24 Maret 2019. Jadi masih ada waktu enam hari lagi untuk mendaftar.

Baca Juga: Perusahaan BUMN Idaman Buat Para Pencari Kerja

Cara Daftar dan Alur Rekrutmen 

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Forum Human Capital Indonesia (@forumhumancapitalindonesia) pada

Berikut cara daftar lowongan kerja BUMN secara online:

1. Buka website https://rekrutbersama.fhcibumn.com

2. Klik “Buat Akun.” Lalu masukkan nomor KTP, alamat email, ketik ulang email, sandi atau password, dan ketik lagi sandi kamu

3. Setelah selesai, klik “Buat Akun”

4. Isi dan lengkapi data pribadi kamu

5. Pilih program rekrut yang ingin kamu ikuti, apakah Regular, Disabilitas, atau KTI

6. Setelah memilih program, kemudian isi surat keterangan sehat atau surat keterangan disabilitas

7. Bila biodata sudah terisi, maka sistem akan melakukan seleksi administrasi.

Enaknya di tahapan pendaftaran, dokumen seperti ijazah, akta lahir, dan dokumen lain yang biasa dilampirkan untuk melamar kerja tidak harus diunggah saat itu. Tapi bisa menyusul nanti setelah proses asesmen tata nilai.

Selanjutnya setelah pendaftaran selesai, peserta akan masuk ke Tahapan Rekrutmen. Ada tiga seleksi di tahapan ini yang harus dilalui pelamar.

1. Seleksi Awal

  • Seleksi Administrasi
  • Tes Nilai-nilai BUMN

2. Seleksi Kemampuan Dasar

  • Pilih tiga posisi/BUMN sesuai minat dan bakatmu
  • Tes Online (Numerical Verbal dan Spatial)
  • Setiap BUMN memiliki kuota pendaftaran. Jangan lupa untuk segera mendaftar

3. Seleksi BUMN

  • Seleksi di masing-masing BUMN (tahapan tes sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan seperti tes kemampuan sesuai posisi pilihan, interview manajemen).

4. Tunggu Pengumuman

Jika kamu menemui kendala terkait program rekrut bersama BUMN, silakan bertanya ke helpdesk channel yang disediakan: twitter: @fhcibumn, instagram: forumhumancapitalindonesia, atau helpdeskppb@fhcibumn.com.

Tips Lancar Daftar Lowongan Kerja BUMN

loader
Tips Lancar Daftar Lowongan Kerja BUMN via rekrutbersama.fhcibumn.com

Sejujurnya mengakses website https://rekrutbersama.fhcibumn.com susah-susah gampang. Tapi lebih banyak muncul pesan ­error atau hanya loading saja. Maklum sih karena saking banyaknya orang yang mendaftar dalam waktu bersamaan, sehingga bikin server error atau down. Oleh karenanya, ada tips nih supaya kamu lancar daftar online lowongan kerja BUMN:

1. Gunakan komputer PC atau laptop

2. Pastikan koneksi internetmu stabil. Jangan sampai sudah setengah jalan, tidak bisa diakses lagi karena jaringan internet turun naik

3. Gunakan browser yang mendukung (Google Chrome 48+ dan Mozilla Firefox 44+)

4. Pastikan fitur Javascript di komputermu dalam kondisi aktif

5. Pastikan alamat website yang kamu tuju benar

6. Akses atau daftar lowongan kerja di luar jam-jam sibuk, seperti pagi hari, siang menjelang sore, atau dini hari. Jam-jam sibuk biasanya siang dan malam hari

7. Jangan lupa persiapkan diri kamu untuk mengikuti tahapan atau seleksi demi seleksi, seperti pengetahuan soal BUMN, psikotes, dan lainnya

8. Percaya diri dan banyak berdoa.

Enaknya Jadi Pegawai BUMN

Selain menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), pekerjaan lain yang diincar banyak orang adalah bekerja di perusahaan pelat merah. Keuntungannya banyak kalau jadi pegawai BUMN, sebut saja dapat gaji tinggi; asuransi (kesehatan), tunjangan (gaji ke-13 dan ke-14, THR), dan bonus; menawarkan jenjang karier menjanjikan; serta jaminan masa depan, seperti uang pensiun dan beasiswa pendidikan S2 atau S3. Dengan keuntungan tersebut, jangan khawatir madesu alias masa depan suram. Selamat mencoba.

Baca Juga: 7 Cara Interview Kerja yang Baik