Sinarmas Internet Banking: Fitur, Syarat Registrasi, dan Cara Registrasi

Bank Sinarmas merupakan bank yang didirikan dengan nama PT Bank Shinta Indonesia pada tahun 1989 dan sudah berubah menjadi PT Bank Sinarmas Tbk. pada tahun 2006. Bank Sinarmas berdiri pada 18 Agustus tahun 1989 dan mendapatkan sebuah status pada tahun 1995 sebagai bank umum devisa.

Selain itu, Bank Sinarmas juga mendapatkan izin untuk mendirikan Unit Usaha Syariah (UUS) dan mendapatkan pengesahan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk melakukan kegiatan usaha Wali Amanat di tahun 2009.

Bank Sinarmas memiliki beberapa produk layanan seperti:

  • Simpanan (Tabungan Simpel, Giro Sinarmas, Tabunganku, Deposito, Simas Valas, Simas Diamond, dan lainnya)
  • Kartu kredit
  • Reksadana (Danamas Pasti, Danamas Rupiah Plus, STAR Stable Income Fund, Simas Satu, dan lainnya)
  • Bancassurance (Simas Prime Link, Simas Income Protection, Smile Medical, AsuransiKu, Smart Investa Link, Simas Insurtech Travel, dan lainnya), dan
  • Pinjaman (Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, KUR Tenaga Kerja Indonesia, Supply Chain Financing, KTA Simas Agri, dan lainnya).

Untuk melengkapi produk layanan yang berbagai macam, Bank Sinarmas mempunyai layanan internet banking untuk mempermudah nasabahnya dalam melakukan transaksi dan keperluan lainnya. Internet banking tersebut bernama i-bank Sinarmas.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Mengenal Internet Banking Sinarmas

loader

Internet Banking Bank Sinarmas adalah salah satu layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah dengan diberikan kemudahan untuk bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Fitur-fitur yang dibuat oleh Bank Sinarmas tentu disesuaikan dengan kebutuhan nasabah seperti menyediakan layanan administrasi bank bagi nasabahnya yang memiliki keperluan sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang.

Keamanan-keamanan yang tersedia dalam Internet Banking Bank Sinarmas juga sudah dijamin karena mempunyai token Simaskey atau SMS token yang selalu mengirimkan kode OTP agar bisa menjaga data yang dirahasiakan dari pemilik rekening.

Internet Banking Bank Sinarmas juga memiliki dua produk utama yaitu Personal Banking dan Business Banking. Personal Banking merupakan layanan yang diberikan oleh Bank Sinarmas bagi nasabahnya yang memiliki kebutuhan personal atau perorangan. Kebutuhan tersebut dapat berupa menyimpan pendapatan seperti gaji atau hasil usaha, pengajuan pinjaman dana, melakukan transfer dana, pengajuan kartu kredit, pembelian produk reksadana, dan tentunya bisa memilih proteksi rekening melalui Bancassurance.

Sedangkan layanan Business Banking merupakan layanan yang dikhususkan bagi perusahaan yang butuh fasilitas bank dalam memenuhi kebutuhan bisnisnya. Kebutuhan bisnis tersebut dapat berupa melakukan transaksi dana baik dalam negeri maupun luar negeri, melakukan ekspor impor, giro, valuta asing, penagihan penjualan produk, hingga mengajukan pinjaman modal usaha.

Baca Juga: Bank Sinarmas CARE: Layanan Call Center 24 Jam dari Bank Sinarmas

Keunggulan dan Fitur Internet Banking Sinarmas

Dari kedua layanan tersebut, tentu layanan Personal Banking lebih banyak digunakan oleh nasabah Bank Sinarmas. Internet Banking Bank Sinarmas sendiri memiliki banyak keunggulan yang menjadi pertimbangan utama bagi nasabahnya dalam menggunakan layanan ini. Berikut merupakan keunggulan dari Internet Banking Bank Sinarmas, yaitu:

  1. Nasabah tidak perlu ke kantor cabang untuk registrasi Sinarmas Internet Banking. Hanya perlu melakukan proses registrasi di mesin ATM Bank Sinarmas terdekat.
  2. Nasabah dapat membuat Username ID secara mandiri sehingga bisa mudah diingat.
  3. Sinarmas Internet Banking mempunyai fitur untuk mengecek informasi saldo.
  4. Sinarmas Internet Banking mempunyai fitur melihat mutasi rekening selama 10 hari terakhir.
  5. Sinarmas Internet Banking mempunyai fitur yang memudahkan nasabah dalam melakukan pembayaran tagihan seperti telepon, PAM, PLN, internet, asuransi, credit card, dan lainnya.
  6. Nasabah dapat melakukan pendaftaran Sinarmas Internet Banking melalui mesin ATM Bank Sinarmas terdekat, sehingga nasabah tidak perlu ke kantor cabang.
  7. Sistem keamanan dari Sinarmas Internet Banking sudah pasti terjamin karena setiap transaksi dilakukan harus memasukkan otentikasi token dari Simaskey atau kode OTP dari SMS token.
  8. Sinarmas Internet Banking memberikan layanan pendaftaran rekening tabungan maupun deposito secara online.
  9. Sinarmas Internet Banking mempunyai layanan administrasi untuk credit card.
  10. Informasi di Sinarmas Internet Banking cukup lengkap seperti adanya informasi produk investasi dari reksadana dan Bancassurance.
  11. Memiliki minimal transaksi transfer dana baik ke rekening sesama Bank Sinarmas dan rekening sendiri dengan nominal yang rendah yaitu Rp1.000,00.
  12. Memiliki limit transaksi yang cukup besar dengan menggunakan Otentikasi SMS OTP sebesar Rp500.000.000,00 per transaksi.

Fitur Sinarmas Internet Banking

Selain keunggulan-keunggulan yang dimiliki Sinarmas Internet Banking, tentu terdapat fitur-fitur yang melengkapi Sinarmas Internet Banking untuk menyesuaikan kebutuhan nasabahnya. Berikut merupakan fitur dari Sinarmas Internet Banking, yaitu:

  1. Terdapat fitur layanan nasabah untuk mengubah password, memasukkan daftar transfer, daftar autodebit, autodebit threshold, pembayaran tagihan, menghubungkan atau memutuskan, mendapatkan informasi cetak token PLN, diberikan layanan notifikasi SMS dan email, dan juga layanan penutupan rekening online.
  2. Sinarmas Internet Banking menyediakan layanan pembukaan rekening online baik berupa tabungan maupun deposito.
  3. Sinarmas Internet Banking menyediakan layanan pembukaan rekening online Syariah baik berupa tabungan maupun deposito.
  4. Nasabah dapat melakukan cek pada informasi saldo di Sinarmas Internet Banking.
  5. Nasabah dapat melakukan cek pada mutasi rekening di Sinarmas Internet Banking selama 10 transaksi terakhir.
  6. Sinarmas Internet Banking memiliki fitur untuk melihat riwayat transaksi.
  7. Sinarmas Internet Banking menyediakan fitur transfer dana baik ke sesama rekening Bank Sinarmas, transfer ke bank lain, dan transfer ke Uangku.
  8. Fitur transfer dana ke bank lain disediakan oleh Sinarmas Internet Banking dengan pilihan waktu SKN, RTGS, dan Real Time Online melalui jaringan ATM.
  9. Sinarmas Internet Banking memiliki informasi produk investasi yaitu reksadana dan Bancassurance.
  10. Sinarmas Internet Banking juga memiliki informasi produk kartu kredit seperti untuk memutuskan atau menghubungkan, mengubah limit dari kartu tersebut, melihat pengaturan kartu, melihat informasi kartu kredit, melakukan cek pada rincian transaksi dan tagihan, serta melakukan blokir kartu.

Bill Payment via Sinarmat Internet Banking

Terakhir, Sinarmas Internet Banking dapat melakukan pembayaran ataupun pembelian sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut merupakan pembayaran atau pembelian (Bill Payment) yang bisa kamu lakukan sebagai nasabah Bank Sinarmas melalui Sinarmas Internet Banking, yaitu:

  1. TV, Internet, dan Movie Streaming seperti Skynindo, Genflix, Kvision Prepaid, First Media, My Republic Retail, Indovision, Okevision, Top TV, Telkom Speedy, WIFI.ID, dan MNC PlayMedia.
  2. Asuransi seperti BPJS Kesehatan dan Asuransi Sinarmas.
  3. E-Money dan E-Commerce seperti ShopeePay, Ovo, Go-Pay Customer, Tokopedia, Alfacart, Paytren, dan LinkAja.
  4. Ticketing seperti Sriwijaya Air Top Up, Lion Air, Kereta Api Indonesia (KAI), dan Sriwijaya Air Tiket.
  5. Pembayaran virtual account.
  6. Melakukan charity seperti di Buddha Tzu Chi, IZI, Baznas Infaq & Shadaqah, dan Baznas Zakat.
  7. Multifinance seperti MNC Finance, Mega Finance, dan Kartu Kredit Bank Sinarmas.
  8. TELCO seperti Telkom Flexi, Indosat Ooredoo Prepaid dan Postpaid, Indosat Ooredoo Paket Data, Three Prepaid dan Postpaid, Telkom PSTN, Telkomsel Postpaid, Smartfren Postpaid, XL/AXIS Prepaid dan Postpaid, XL MDS, dan Pulsa internet Telkomsel.
  9. Pembayaran utilities seperti PLN Prepaid, Non Taglis, dan Postpaid, PAM Palyja, PBB, PDAM, Penerimaan Negara, dan PAM AETRA Jakarta.
  10. IPL seperti BSD Junction, Ocean Park BSD, IPL BSD, ITC BSD, IPL Grand Wisata, Legenda Wisata Cibubur, Kota Bunga, ITC Depok, ITC Surabaya, ITC Permata Hijau, dan PPL Kota Wisata.

Baca Juga:  Kode Bank Sinarmas - Kode Transfer Bank Sinarmas dan Kode Bank Indonesia Lainnya

Cara Registrasi dan Aktivasi Akun Internet Banking Sinarmas

loader

Untuk bisa mempunyai akun Sinarmas Internet Banking, nasabah perlu melakukan registrasi dan aktivasi akun. Sebelum melakukan registrasi, pastikan nasabah sudah memenuhi beberapa syarat seperti:

  1. Pastikan nasabah benar-benar memiliki rekening Bank Sinarmas, setidaknya satu tabungan.
  2. Nasabah mengetahui bahwa layanan Sinarmas Internet Banking hanya digunakan untuk nasabah perorangan.
  3. Nasabah harus menjalani proses registrasi dan aktivasi untuk memiliki akun Sinarmas Internet Banking.
  4. Nasabah nantinya wajib mengganti password Sinarmas Internet Banking secara berkala atau selama 90 hari sekali.
  5. Nasabah wajib menyimpan username, password, dan kode token dari Simaskey atau SMS Token demi menjaga data rahasia.

Setelah mengetahui syarat-syarat tersebut, kamu perlu menjalani proses registrasi. Berikut merupakan tahapan dari proses registrasi, yaitu:

  1. Kunjungi mesin ATM Bank Sinarmas terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM dan pilih ‘Lainnya’.
  3. Pilih ‘Registrasi Ibank’.
  4. Masukkan PIN ATM kamu.
  5. Masukkan PIN registrasi baru.
  6. Masukkan kembali PIN registrasi baru yang sudah dibuat.
  7. Layar akan memunculkan tampilan konfirmasi sukses.
  8. Setelah registrasi berhasil, jangan lupa untuk ambil bukti struk registrasi dan kartu ATM.
  9. Pastikan di struk tersebut sudah tertera kode aktivasi seperti ACT - 12345678912345678.

Setelah melewati proses registrasi, nasabah diperlukan untuk menjalani proses aktivasi. Berikut merupakan tahapan dari proses aktivasi, yaitu:

  1. Silahkan lakukan aktivasi akun melalui http://ibank.banksinarmas.com 
  2. Masukkan username yang tertera pada bukti struk registrasi.
  3. Masukkan password yang sudah dibuat di mesin ATM yaitu PIN registrasi yang baru berupa 6 digit angka.
  4. Masukkan email yang aktif dan sesuai dengan yang sudah terdaftar di Bank Sinarmas.
  5. Masukkan nomor telepon yang aktif dan sesuai dengan yang sudah terdaftar di Bank Sinarmas.
  6. Pilih ‘Kirim’.
  7. Buka email kamu dan klik link aktivasi internet banking.
  8. Masukkan SMS Token yang sudah dikirim ke nomor telepon kamu. Jika belum didapatkan, pilih ‘Resend SMS’.
  9. Silahkan buat username sebanyak 8-20 karakter yang merupakan campuran dari huruf dan angka.
  10. Setelah username, buat juga password sebanyak 8-20 karakter yang merupakan campuran dari huruf dan angka.
  11. Masukkan kembali password yang sudah kamu buat.
  12. Pilih ‘Aktifkan’.
  13. Di layar akan muncul pilihan ‘Konfirmasi’ dan silahkan di klik.
  14. Terakhir, di layar akan tertera kata sukses dan silahkan melakukan transaksi.

Siapa Disini yang Sudah Menggunakan Internet Banking Sinarmas?

Sinarmas Internet Banking memiliki banyak fitur dan keunggulan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabahnya. Apakah kamu sudah menggunakan Sinarmas Internet Banking?

Baca Juga:  Profil Sinarmas Sekuritas yang Memudahkan Investor Bertransaksi di Pasar Modal