Profil Sinarmas Sekuritas yang Memudahkan Investor Bertransaksi di Pasar Modal

Bagi kamu yang sudah cukup lama terjun di dunia investasi, istilah perusahaan sekuritas tentu sudah tidak asing terdengar di telinga. Pada dasarnya, perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang sudah mengantongi izin usaha OJK dalam menjalankan aktivitas usaha sebagai pedagang efek, perantara, penjamin emisi efek, serta kegiatan lainnya sesuai dengan aturan yang ditetapkan pengawas pasar modal.

Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak perusahaan sekuritas terdaftar yang aktif beroperasi dan membantu investor dalam melakukan aktivitas di pasar modal. Salah satu contohnya adalah Sinarmas Sekuritas yang bisa dibilang merupakan satu di antara sederet perusahaan sekuritas ternama dan terpercaya di dalam negeri. Merupakan anak perusahaan dari Sinarmas Group, perusahaan ini bergerak pada bidang perdagangan valas atau valuta asing, surat berharga, serta traveler’s check. 

Menjadi perusahaan sekuritas populer dan telah mengayomi banyak investor dan pemilik modal, tentu ada banyak hal lain seputar Sekuritas Sinarmas yang penting untuk dipahami.

Khususnya bagi kamu yang tertarik untuk memanfaatkan layanannya, simak dulu informasi lengkap mengenai profil Sinarmas Sekuritas, ragam layanan tersedia, keunggulan dan kekurangan, hingga cara daftar dan bentuk jasa yang ditawarkannya berikut ini. 

Apa Itu Sinarmas Sekuritas?

loader

Sinarmas Sekuritas, bisa juga disebut sebagai Sekuritas Sinarmas, adalah anak perusahaan dari Grup Sinarmas pada sektor pasar modal. Perusahaan ini awalnya memiliki nama Sinarmas Ekagraha Money Changer, di mana memiliki bidang usaha dalam sektor perdagangan traveler’s check, valas atau valuta asing, dan juga jenis surat berharga lain dalam valas. 

Hingga tahun 1989, perusahaan tersebut melakukan perubahan nama dan menjadi Sinarmas Ekagraha, dan mengganti namanya kembali menjadi Sinarmas Sekuritas di tahun 1995. Sebagai perusahaan yang telah lama berkecimpung dalam dunia pasar modal dan bursa efek, Sekuritas Sinarmas berhasil menyabet beragam penghargaan bergengsi.

Salah satu contohnya adalah menjadi perusahaan dengan tingkat atau nilai transaksi paling baik dari BEI atau Bursa Efek Indonesia di tahun 2017.

Misi utama dari perusahaan ini adalah untuk mengenalkan dunia investasi pasar modal pada kalangan milenial. Demi terwujudnya misi tersebut, Sinarmas Sekuritas menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat agar bisa turut serta mencoba dunia investasi dan merasakan manfaatnya. 

Keseriusan perusahaan sekuritas ini meraih misi tersebut terbukti dengan modal investasi yang terbilang terjangkau. Kamu bisa menanam saham melalui layanan sekuritas ini cukup dengan menyiapkan modal mulai dari 500 ribu Rupiah saja.

Jadi, ada lebih banyak kalangan yang mampu menjangkau aktivitas investasi ini demi tercipta kondisi keuangan yang lebih kondusif ataupun tercapai tujuan investasi di masa mendatang.

Baca Juga: Mengenal RHB Sekuritas, Ini Ulasan Layanan dan Produk untuk Berinvestasi secara Online

Cara Daftar Sinarmas Sekuritas

Sinarmas Sekuritas adalah perusahaan yang telah meluncurkan layanannya via aplikasi ataupun situs berbasis online. Hal ini membuat cara daftar Sinarmas Sekuritas terbilang mudah, praktis, dan cepat untuk bisa dilakukan. 

Berikut adalah rincian berkas dan dokumen yang menjadi syarat pengajuan layanan sekuritas dari perusahaan ini. 

  • Formulir Pengajuan Rekening Efek
  • Surat Kuasa Autokredit & Autodebet
  • Perjanjian Pengajuan Rekening Efek
  • Formulir Rekening Dana Nasabah atau RDN Bank Sinarmas
  • Tanda Terima
  • Formulir W 9 atau keterangan pajak untuk warga negara Amerika Serikat
  • Formulir Tatap Muka

Apabila kamu berencana untuk membuka RDN atau rekening dana nasabah sebagai wadah menyimpan dana untuk membeli produk saham via Bank Sinarmas, terdapat berkas dalam bentuk PDF tersendiri yang harus diunduh.

Sementara jika pembukaan RDN tersebut melalui Bank BCA ataupun layanan perbankan lain, calon nasabah harus mengunduh 1 formulir tambahan yang wajib dicetak dan ditandatangani lalu mengirimnya sekaligus dengan formulir lain yang telah disebutkan sebelumnya.

Terkait tahapan dan cara pendaftaran layanan sekuritas dari Sinarmas Sekuritas secara online pada situs resminya adalah sebagai berikut. 

  • Kunjungi situs resmi Sekuritas Sinarmas
  • Pilih platform layanan sesuai dengan yang diinginkan, apakah itu untuk sistem Android, iOS, Windows, atau MAC.
  • Pilih Submit
  • Kemudian, siapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan untuk proses pengajuan layanan sekuritas, seperti KTP serta NPWP yang mana keduanya memiliki atas nama yang sama
  • Persiapkan pula dokumen KTP serta NPWP tersebut dalam bentuk softcopy atau file.
  • Lengkapi formulir sesuai arahan 
  • Kirimkan berkas dokumen tersebut ke alamat kantor Sinarmas Sekuritas, yaitu di Sinarmas Land Plaza Tower. 3 Lt. 7, Jalan MH. Thamrin Nomor 51 Jakarta. 

Setelah itu, ada beberapa proses tambahan yang perlu dilakukan oleh calon nasabah, antara lain:

  • Menunggu proses pembuatan SID atau Sistem Informasi Debitur yang biasanya memakan waktu 2 hari kerja.
  • Apabila terdapat data pada formulir yang kurang atau tidak lengkap, proses pembuatan SID akan secara otomatis mendapat penolakan.
  • Rekening Dana Nasabah atau RDN akan diproses ketika proses pembuatan SID serta Sub Rek berhasil
  • Jika seluruh proses tersebut telah berhasil dilakukan, aktivitas investasi pada pasar modal sudah bisa langsung dilakukan oleh nasabah.  

Baca Juga: BNI Sekuritas: Cara Daftar, Cara Jual Beli Saham dan Biayanya

Keunggulan dan Kekurangan Layanan Sinarmas Sekuritas

loader

Sinarmas Sekuritas memberi jawaban atas kebutuhan para investor terhadap layanan trading secara online. Hal tersebut disediakan oleh perusahaan sekuritas ini melalui layanan Simas Equity dan juga Simas Mobile yang bisa dengan mudah diakses oleh nasabah secara gratis.

Akan tetapi, salah satu kekurangan dari layanan ini adalah proses pendaftarannya masih belum bisa sepenuhnya dilakukan secara daring atau online oleh investor. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat sejumlah dokumen yang perlu dikirimkan secara langsung dalam bentuk cetak melalui jasa kurir. Padahal, tidak sedikit perusahaan yang bergerak di sektor selaras telah mengaplikasikan sistem online sepenuhnya. 

Kendati demikian, Sinarmas Sekuritas termasuk sebagai salah satu instansi finansial dengan reputasi yang tak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan beragam penghargaan yang telah berhasil dicapainya semenjak tahun 2005. Terlebih calon investor dapat mulai mendaftar RDN yang memiliki nominal setoran terjangkau.

Layanan Trading Online Sinarmas Sekuritas

Sekuritas Sinarmas mempunyai 2 produk transaksi pasar modal online, yakni Simas Mobile dan Simas Equity. Berikut adalah penjelasan mengenai 2 layanan trading online tersebut.

Layanan Trading Online Sinarmas Sekuritas

Simas Equity

Simas Mobile

Layanan ini menyediakan aktivitas perdagangan saham online dan menjadi fitur utama yang ditawarkannya. Pengguna bisa memanfaatkan layanan ini untuk secara langsung menjual ataupun membeli saham, memantau perkembangan portofolio secara aktual, sampai update informasi terbaru yang mampu mempengaruhi nilai saham.

Data yang ditampilkan pada situs ini telah memperoleh izin dari BEI, serta seluruh informasi yang ditampilkan terintegrasi langsung dengan bursa. Dengan begitu, investor menjadi lebih mudah dalam melakukan aktivitas perdagangan saham dengan optimal.

Sementara layanan ini berbentuk aplikasi pada smartphone yang bisa diakses untuk melakukan aktivitas perdagangan saham via mobile pada jam transaksi. Layanan serta fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini lebih lengkap dan mempunyai tampilan lebih ramah pengguna ketimbang Simas Equity.

Aplikasi ini bisa dengan mudah digunakan bagi investor yang telah terdaftar pada sistem. Sama halnya dengan layanan lainnya, aplikasi ini juga memudahkan pengguna untuk memantau berita terkait fluktuasi saham unggulan, maupun emiten yang terdapat pada portofolio investor.

Jenis Layanan yang Ditawarkan Simas Sekuritas

Guna memudahkan investor untuk bertransaksi pada pasar modal, terdapat 2 layanan penting yang ditawarkan oleh Sinarmas Sekuritas, antara lain;

  • Riset

Layanan sekuritas ini juga memberi hasil riset dan analisis pasar modal dengan skala harian yang dapat diakses oleh investor. Hasil riset ini memberi berbagai pandangan dan bahan pertimbangan terkait fluktuasi harga saham serta pengambilan keputusan investasi. Dengan begitu, aktivitas keuangan ini bisa dilakukan secara optimal dan mampu memberi peluang keuntungan yang maksimal.

  • Edukasi Pasar Modal

Selaras dengan visi serta misinya, Sekuritas Sinarmas terus memberi edukasi kepada pengguna seputar pasar modal dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Tidak hanya mengulik peluang keuntungan, edukasi ini membahas pula tentang cara mengantisipasi terjadinya kerugian. 

Edukasi ini bisa diakses oleh masyarakat melalui situs resmi Sinarmas Sekuritas sehingga lebih mudah dijangkau oleh orang awam sekalipun. Beberapa materi edukasi yang bisa dibaca oleh pengunjung situs tersebut, meliputi, pengertian, keuntungan, manfaat, risiko, serta ragam instrumen investasi secara umum.

Makin Mudah Berinvestasi Saham dengan Sinarmas Sekuritas

Itulah penjelasan mengenai apa itu Sinarmas Sekuritas, cara daftar, layanan, hingga keunggulan dan kekurangannya. Menawarkan layanan yang bisa diakses secara online maupun mobile, perusahaan ini membuka kesempatan bagi masyarakat agar lebih mudah berinvestasi saham. Tujuannya tentu tidak lain agar ada lebih banyak kalangan berinvestasi sehingga tujuan keuangan bisa lekas tercapai dalam jangka panjang.  

Baca Juga: Perusahaan Efek – Definisi, Fungsi dan Daftar Perusahaan Efek di Indonesia