15 Rekomendasi Anime Studio Ghibli yang Wajib Ditonton

Studio Ghibli dikenal sebagai salah satu studio animasi terbesar di Jepang dan telah berdiri sejak tahun 1985 silam. Ghibli Studio movies selama ini kerap menghasilkan anime dengan unsur imajinatif dan emosional yang kuat, sehingga bisa memanjakan para penikmat anime dunia dengan maksimal. 

Studio Ghibli movies pada awalnya didirikan oleh sutradara berpengalaman, Hayao Miyazaki bersama rekannya Isao Takahata yang tak kalah andal di bidang animasi. Di bawah tangan keduanya, Studio Ghibli movie berhasil melahirkan sejumlah anime terkenal dan tentunya bisa meraih kesuksesan di pasaran. 

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Ada banyak Anime Populer yang Dihasilkan Studio Ghibli 

Berikut ini adalah beberapa anime ternama yang diproduksi oleh Ghibli Studio anime: 

1. Spirited Away

loader
Spirited Away via imdb.com

Anime yang satu ini merupakan salah satu karya yang dihasilkan oleh Studio Ghibli anime. Spirited Away yang tayang di Netflix ini akan menampilkan beragam jenis makhluk gaib yang berasal dari Negeri Sakura. Anime ini menceritakan keluarga Chihiro yang sedang dalam perjalanan pulang menuju kampung halaman mereka. 

Kelelahan membuat keluarga ini berhenti sejenak di sebuah kuil yang tidak terurus. Namun perilaku yang tidak sopan, akhirnya membuat orangtua Chihiro mendapat kutukan dan berubah menjadi babi. Hal ini membuat Chihiro mencoba berbagai cara untuk mengubah kembali wujud orangtuanya dan menemukan jalan pulang ke rumahnya. 

2. My Neighbor Totoro

loader
My Neighbor Totoro via imdb.com

Anime keluaran Studio Ghibli ini bercerita tentang Totoro, sosok makhluk gaib dengan wujud yang menggemaskan. Totoro tinggal di sebuah pohon yang tumbuh cukup dekat dengan sebuah rumah, di mana dua orang kakak beradik dan ibunya tinggal. Keduanya begitu suka pada Tororo, sebab makhluk yang aneh itu sangat baik hati. Pertemanan ketiganya dikemas dengan sangat apik dalam anime yang bisa disaksikan di Netflix ini.  

3. Howl’s Moving Castle

loader
Howl's Moving Castle via imdb.com

Anime yang dibuat oleh Ghibli Studio movies ini bercerita tentang Sophie Hatter yang cantik. Sophie merupakan gadis tertua dari 3 orang bersaudara, di mana ketiganya adalah pembuat kopi untuk semua orang yang ada di kota mereka. Ini merupakan kota yang dipenuhi dengan berbagai kekuatan sihir. 

Sama seperti gadis lainnya, Shopie dan ketiga saudaranya juga dilarang untuk bepergian atau keluar rumah. Hal ini disebabkan oleh Howl, penyihir jahat dan sekaligus pemilik istana berjalan. Namun secara mengejutkan, gadis itu justru memiliki untuk berpetualang bersama Howl dalam film yang tayang di Netflix ini. 

4. Ponyo

loader
Ponyo via imdb.com

Film yang dibuat oleh Ghibli Studio anime ini terbilang ringan dan bisa dinikmati dengan santai. Anime ini menceritakan seekor ikan mas ajaib yang sedang mencoba untuk melarikan diri dari kejaran ayahnya. Ikan ajaib ini berteman dengan seorang bocah, lalu berupaya untuk bisa menjalani kehidupannya di daratan. Meski terlihat sederhana, film yang tayang di Netflix ini menyuguhkan visual apik dan nyaman untuk ditonton. 

5. Kiki’s Delivery Service

loader
Kiki's Delivery Service via imdb.com

Animasi yang dibuat oleh Studio Ghibli movie ini tayang di Netflix. Animasi ini bercerita tentang Kiki, remaja penyihir yang harus mengikuti tradisi di usianya yang ke-13 tahun. Kiki harus pergi dari rumah dan melakukan petualangan untuk melatih kemampuan sihir yang dimilikinya.

Dia memilih pinggiran kita dan hidup sebagai seorang pembuat roti di tempat tersebut. Ada banyak aksi menarik yang ditunjukkan dalam film seru ini, termasuk adegan dimana Kiki menaiki sapu terbangnya untuk mengantar pesanan roti kepada pelanggannya. 

Baca Juga:  15 Anime dengan Produksi Termahal di Dunia, Tembus Triliunan!

6. Princess Mononoke

loader
Princess Monoke via imdb.com

Ini merupakan film animasi populer lainnya yang dibuat oleh Studio Ghibli movies. Film seru ini merupakan paduan genre action dan juga fantasi. Ada banyak aksi menarik yang bisa disaksikan dalam film yang menegangkan dan dipenuhi dengan pertarungan seru dan tayang di Netflix ini. 

Princess Mononoke bercerita tentang Pangeran Ashitaka, pemuda yang berjuang untuk mendapatkan kesembuhan atas kutukan di dalam dirinya. Perjalanannya yang jauh membuatnya bertemu dengan Putri Mononoke. Pertemuan ini menimbulkan peperangan di antara penghuni desa, termasuk roh-roh hewan yang menghuni hutan. 

7. Castle in the Sky

loader
Castle in The Sky via imdb.com

Studio Ghibli anime juga sukses mengeluarkan Castle in the Sky yang tayang di Netflix. Anime ini bercerita tentang Pazu yang secara tidak sengaja bertemu dengan Sheeta, seorang bocah yang jatuh dari langit dengan memakai sebuah kalung kristal ajaib. Keduanya kemudian melakukan petualangan dan mencoba menemukan istana di balik awan-awan.

Kalung ajaib inilah yang membuat Sheeta menjadi buruan pemerintah dan juga seorang bajak udara yang berasal dari kotanya. Kristal ajaib ini memiliki hubungan dengan Laputa, kota yang letaknya ada di langit. Pazu dan Sheeta melakukan petualangan untuk menghindari bajak udara dan sekaligus merupakan menemukan kota Laputa. 

8. Porco Rosso

loader
Porco Rosso via imdb.com

Film apik ini bercerita tentang Porco Rosso, seorang veteran perang Perang Dunia I yang berubah wujud jadi seekor babi dengan cara tidak masuk akal. Kemampuannya menerbangkan pesawat membawanya menjadi pilot paling diandalkan dalam perang. Kedua sahabat setianya Fio Piccolo dan Madame Gina juga banyak mendukunganya dalam menjalankan tugas. Anime seru yang diproduksi oleh Studio Ghibli anime ini bisa disaksikan di Netflix. 

9. From Up on Poppy Hill

loader
From Up on Poppy Hill via imdb.com

Film keluaran Ghibli Studio anime ini mengambil latar tahun 1963, tepatnya setahun sebelum Tokyo Olympics dimulai. Anime ini bercerita tentang Umi dan Shun, 2 orang siswa SMA yang berjuang untuk merawat dan sekaligus mempertahankan keberadaan gedung ekskul di sekolahnya. Ada banyak konflik dan rahasia yang tersimpan di antara keduanya dan membuat anime yang tayang di Netflix ini semakin menarik. 

10. Whisper of the Heart

loader
Whisper of The Heart via imdb.com

Film garapan Studio Ghibli movies yang bergenre fantasi ini bisa disaksikan di Netflix. Whisper of the Heart bercerita tentang Shizuku Tsukishima, seorang anak yang hobi membaca. Perkenalananya dengan Seiji Amasawa membulatkan tekadnya untuk menemukan jati diri. Romansa kedua anak muda tersebut yang disajikan Studio Ghibli movies dalam anime ini akan menjadi tontonan yang tepat bagi yang sedang mencari jati diri. 

Baca Juga: Daftar 10 Film Animasi Terbaru 2023, Ada yang Sekuel Lanjutannya Lebih dari 20 Tahun!

11. The Tale of the Princess Kaguya

loader
Princess Kaguya via netflix.com

The Tale of the Princess Kaguya yang tayang di Netflix menjadi salah satu film sukses yang diproduksi Ghibli Studio movies. Anime ini menceritakan seorang gadis kecil yang secara tidak sengaja ditemukan oleh pasangan suami istri berusia senja yang bekerja sebagai pemotong bambu. Bocah itu tumbuh menjadi gadis rupawan dan pada akhirnya harus menghadapi takdir hidupnya yang sulit ditebak. 

12. Arrietty

loader
Arrietty via youtube

Arrietty menjadi film keluaran Studio Ghibli anime lainnya yang bisa disaksikan di Netflix. Anime ini bercerita tentang Arrietty dan orang-orang sebangsanya yang tubuhnya hanya seukuran ibu jari saja. Arrietty dan keluarganya yang berukuran mini ini mencoba bertahan hidup dengan cara meminjam berbagai barang milik manusia dengan cara diam-diam. 

Namun suatu hari sang ibu ditangkap oleh pemilik rumah. Hal ini membuat Arrietty berupaya untuk menyelamatkannya dengan cara tak biasa, yakni dengan cara bekerjasama dengan Sho, salah satu manusia di rumah tersebut. Film garapan Ghibli Studio anime ini tentu sangat sayang jika dilewatkan. 

13. The Wind Rises

loader
The Wind Rises via imdb.com

Film yang satu ini diproduksi oleh Ghibli Studio anime dan memiliki cukup banyak peminat di Netflix. The Wind Rises dibuat berlatar Perang Dunia II dan menceritakan tentang Jiro, seorang pemuda yang memiliki mimpi untuk mendesain sebuah pesawat terbang yang andal. Film apik hasil garapan Studio Ghibli movie ini akan mengajarkan banyak hal, termasuk motivasi dalam mencapai cita-cita dan juga cinta di waktu bersamaan. 

14. The Cat Returns

loader
The Cat Returns via imdb.com

Cat Returns adalah salah satu anime populer yang diproduksi oleh Studio Ghibli movies. Anime ini bercerita tentang Haru, siswi SMA yang mencoba untuk menyelamatkan seekor kucing dari sebuah insiden kecelakaan.

Di luar dugaan, ternyata kucing tersebut adalah Lune, seorang pangeran yang berasal dari Kerajaan Kucing. Gadis itu mulai merasakan petualangan magis, saat dia ditawari untuk menjadi pengantin bagi Lune. Film menarik dari Ghibli Studio movies ini bisa disaksikan di Netflix. 

15. Only Yesterday

loader
Only Yesterday via imdb.com

Rekomendasi film terakhir yang dikeluarkan oleh Studio Ghibli movie ini ditayangkan di Netflix. Anime ini bercerita tentang Taeko, gadis desa yang sedang bekerja di Kota Tokyo. Saat mendapatkan jadwal libur, Taeko kembali ke desanya dan menikmati waktu santai dengan mengenang masa kecilnya di sana. Ghibli Studio movies mengambil latar Only Yesterday ini tahun 1982 dan juga tahun 1966, sehingga menarik untuk ditonton, terutama bersama dengan orang-orang terdekat. 

Studio Shibli Menghasilkan Banyak Anime Populer 

Nama Studio Ghibli anime tentu sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta film kartun. Didirikan beberapa dekade lalu, Studio Ghibli movie telah mengeluarkan banyak anime ternama dan populer di dunia. Pilih judul anime yang tepat dan nikmati dengan nyaman, agar momen menonton menjadi lebih maksimal dan menyenangkan.

Baca Juga:  Ost Anime Terbaik yang Wajib Didengarkan