Sukses Berbisnis di Dunia Fashion, Begini Kisah Jessica Jung yang Kian Bersinar Setelah Hengkang dari SNSD

Si cantik Jessica Jung tentu sudah tak asing lagi bagi para penggemar musik KPop. Tak hanya sukses sebagai penyanyi dan model, wanita bernama Korea Jung Soo Yeon ini juga punya karir bersinar sebagai fashion designer dan seni peran.

Sebagai public figure dengan banyak penggemar, Jessica kerap diundang ke berbagai ajang pergelaran busana kenamaan dunia seperti New York Fashion Week di Amerika Serikat. Wajah cantiknya sering muncul di sejumlah majalah fashion seperti Vogue, Marie Claire, W Korea, serta Harper's Bazaar. 

Kakak dari Krystal Jung girlband f(x) ini juga berkolaborasi dengan brand mewah, Fendi, dan ikut hadir dalam Paris Fashion Week. Selain itu, wanita kelahiran San Francisco, California, 18 April 1989 ini juga pernah menjadi speaker di ajang Fashion Asia Hong Kong.

Menjadi sorotan saat hadiri Cannes Film Festival, mantan anggota girlband Girls’ Generation/ SNSD ini menjadi brand ambassador dari brand makeup elit dari Jepang, SHISEIDO. Bahkan, brand makeup terkemuka Korea, Amuse juga menggandengnya untuk bekerjasama. Anda yang penasaran dengan perjalanan karir Jessica, simak ulasannya berikut ini.

Jessica dan SM Entertainment

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Jung (@jessica.syj) on

Awal karir Jessica di industri hiburan tak lepas dari SM Entertainment. Setelah lulus audisi, Jessica bergabung dengan perusahaan besar itu di tahun 2000. Sebelum debutnya dimulai dengan Girls’ Generation/ SNSD, Jessica harus menjalani pelatihan terlebih dahulu selama tujuh tahun lamanya.

Jessica tak hanya lahir di rumah sakit yang sama dengan personil SNSD/ GG lainnya, Tiffany. Mereka juga sama-sama lulus dari Korea Kent Foreign School di tahun 2007.

Baca Juga: Tak Hanya Tampan dan Cerdas, Suho EXO Beberkan Rahasianya Mencapai Kesuksesan

Mendulang Sukses Bersama SNSD/ Girls’ Generation

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Jung (@jessica.syj) on

Kontrak kerjasama antara Jessica dan SM Entertainment terjadi di tahun 2000. Hingga kemudian di tahun 2007, ia dipilih menjadi vokalis utama kedua di SNSD yang resmi dibentuk pada 5 Agustus 2007.

Di tahun yang sama, debut single perdana SNSD dirilis di pasaran. Lagu yang berjudul The New World tersebut menjadi awal kesuksesan bagi girlband ini. Selanjutnya, mereka terus mendulang sukses dengan berbagai single dan video klip yang hits dan laris manis.

Di antaranya seperti Gee, Genie, The Boys, Time Machine, Oh!, Run Devil Run, dan lainnya. Meraih respon yang sangat baik, SNSD semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu girlband terbaik dari Negeri Ginseng. Rata-rata lagu mereka selalu dirilis dengan beberapa versi, yakni versi Bahasa Korea, English dan Jepang.

Karena satu dan lain hal, Jessica hengkang dari SNSD/ Girls’ Generation hingga di pertengahan 2015, Jessica benar-benar meninggalkan SM Entertainment.

Bersinar Sebagai Solois

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Jung (@jessica.syj) on

Jessica kemudian melanjutkan karirnya sebagai penyanyi solo. Berbagai karya yang dirilisnya selalu sukses di pasaran. Pada tahun 2016, ia meluncurkan mini album bertajuk With Love dengan single berjudul Fly. Kemudian disusul dengan mini album Wonderland yang rilis di tahun yang sama. 

Seluruh lagu solo yang diciptakannya telah bertengger di berbagai tangga lagu dan chart bergengsi Korea. Salah satunya seperti Naver Music, Genie MelON, Soribada, Mnet dan Kakao Music. 

Memasuki 2016, album solo pertama Jessica kemudian dirilis oleh Coridel Entertainment yang merupakan label barunya. Ia lantas mengeluarkan My Decade pada tahun 2017 yang sekaligus sebagai penanda perjalanan karirnya sebagai entertainer selama 10 tahun.

Ia juga sempat melakukan berbagai duet dan kolaborasi menarik. Salah satunya dengan Tiffany dan Seohyun di lagu Oppa Nappa serta Mabinogi (It’s Fantastic!). Selain itu, Jessica juga melakukan kolaborasi dengan 8Eight dan membawakan lagu I Love You. Jessica yang bersuara sopran ini juga berduet dengan Onew SHINee dan menyanyikan One Year Later.

Transformasi Menjadi Model

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Jung (@jessica.syj) on

Sepak terjang Jessica Jung juga meluas ke ranah fashion. Maret 2011 menjadi momen perdana Jessica melangkah di catwalk pergelaran Seoul Fashion Week. Ia menjadi salah satu model yang memperagakan busana karya desainer kenamaan, Lee Juyoung. 

Ia juga mulai menjadi model iklan untuk beberapa brand seperti Banila Co., Coming Step, serta Hyundai i30. Bersama adiknya, Krystal Jung, Jessica lalu menjadi model untuk perhiasan merek Stonehenge. 

Sebagai model, Jessica juga menjalani berbagai pemotretan untuk sejumlah majalah mode. Mulai dari Vogue, ElleWCosmopolitan, serta Singles. Wajah cantiknya juga pernah menghiasi sampul majalah Beauty+, CeciMarie Claire@star1, 1st Look, dan Dazed & Confused.

Merambah ke Dunia Akting

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Jung (@jessica.syj) on

Setelah menjajal dunia tarik suara, Jessica juga ikut merambah dunia akting dan membintangi sejumlah film. Di antaranya I AM (2012), I Love That Crazy Little Thing (2016), dan Two Bellmen Three dan My Other Home di tahun 2017.

Sementara untuk acara televisi, ia tampil dalam Unstoppable Marriage (2008), Tae-hee Hye-kyo Ji-hyun! (2009), Oh! My Lady (2010), Wild Romance (2012), Jessica & Krystal (2014), hingga Beauty Bible (2016).

Baca Juga: Bersinar Sebagai Aktor dan Peragawan, Kontroversi Perceraian Ahn Jae Hyun Berakibat Buruk Terhadap Karirnya

Capai Prestasi dan Penghargaan Prestisius

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Jung (@jessica.syj) on

Ketekunan Jessica tak hanya menjadikan kekayaannya kian berlimpah. Prestasi yang dicapainya pun mendapat banyak apresiasi dan meraih penghargaan prestisius. Di tahun 2012, Jessica memenangkan penghargaan 3rd Annual Barbie & Ken Awards untuk kategori Korean Barbie. Di tahun yang sama, ia juga menjadi nominasi Best Cameo dari SBS MTV Best of the Best.

Berikutnya di tahun 2013, ia memenangkan Female Popularity Award dari 7th Musical Awards. Ia juga kembali menjadi nominasi Most Popular Drama OST dari 8th Seoul International Drama Awards.

Tahun 2014, nama Jessica masuk ke dalam nominasi Top 10 Style Icons bersama Krystal Jung dari 7th Style Icon Awards. Jessica yang dijuluki sebagai Ice Princess oleh sesama personil SNSD/ GG ini juga menyabet Popularity Award dari Mission Hills World Celebrity Pro-Am 2014.

Ia juga memenangkan Most Searched Korean Female Artist versi Yahoo Asia Buzz Awards serta Asian Fashion Icon dari Sohu Fashion Awards. Selanjutnya di tahun 2015, Jessica meraih Asian Popularity Award dari Yahoo Asia Buzz Awards.

Kemudian di tahun 2016, Jessica memboyong pulang anugerah Hot Trend Artist of Korea Award dari YinYueTai 4th V Chart Awards.

Bisnis Fashion Laris Manis

Kesuksesan Jessica semakin menjadi-jadi. Tepatnya di bulan 16 Agustus 2014, Jessica memutuskan untuk berkecimpung di dunia bisnis dan merilis brand fashion besutannya. Merek fashion garapannya sendiri yang dinamai Blanc tersebut belakangan berganti menjadi Blanc & Eclare. 

Selain menjadi desainer, ia juga merangkap sebagai Creative Director bagi line bisnis busananya ini. Dalam interview dengan Billboard (2017), ia menuturkan bahwa motivasi awal Jessica terjun ke bisnis ini ialah untuk menemukan style yang cocok bagi dirinya sendiri. Juga sekaligus bagi para penggemarnya yang tertarik untuk mengikuti taste berbusana ala Jessica.

Kini, Blanc and Eclare yang bekerjasama dengan ZALORA ini telah meluas dan semakin besar dengan lebih dari 70 cabang tersebar di Thailand, kawasan Soho, New York, Amerika Serikat, Inggris, Makau, dan juga Hong Kong.

Inspirasi Sukses ala Jessica

Sudah bukan rahasia lagi jika nama Jessica Jung termasuk ke dalam list selebritas terkaya di Korea Selatan. Bahkan ia telah sukses menyandang predikat konglomerat di rentang usia 20-30an. Tentu semua ini merupakan hasil dari ketekunan, dedikasi, kerja keras dan proses perkembangan yang terjadi secara konsisten.

Perjalanan karir seseorang seringkali berkaitan erat dengan transformasi dirinya sendiri. Setelah lepas dari agensi dan girlband yang membesarkan namanya, Jessica terus bertumbuh. Ia mengembangkan potensi dirinya sebagai model, desainer busana, dan pebisnis yang tangguh.

Saat situasi memaksa untuk melepaskan kesuksesan yang ada, keluarlah segera dari zona nyaman dan lanjutkan langkah Anda. Seperti Jessica, cepat kenali potensi lainnya yang ada dalam dirimu dan maksimalkan itu.

Baca Juga: Aslinya Pemalu, Begini Perjalanan Karir Romantic Comedy Master Park Seo Joon yang Fenomenal