Tak Hanya Tampan dan Cerdas, Suho EXO Beberkan Rahasianya Mencapai Kesuksesan

Suho alias Kim Joon Myeon dari EXO sudah tersohor di industri musik K-Pop dunia. Ia menjadi pemimpin serta vokalis utama dari boyband beken tersebut. Pria lulusan Universitas Seni Nasional Korea ini telah menjalani karir yang bersinar.

Sebagai bintang, Suho juga telah mencetak banyak prestasi di bidang musik dan akting. Suaranya yang unik dan khas didukung oleh wajah tampan, postur tubuh atletis serta kemampuan dance yang keren. Tak heran jika banyak Kaum Hawa yang jadi tergila-gila kepadanya.

Tak hanya ditunjang oleh visual yang menawan, bakat dan kepribadian Suho juga punya pesonanya sendiri. Selain ramah, tegar dan rendah hati, Suho yang kini sedang menjalani wajib militer selama dua tahun ini juga dikenal konsisten dan paling dewasa. Bagaimana kisah Suho EXO hingga berada di puncak kesuksesan seperti sekarang?

Masa-Masa Training yang Tak Sebentar

View this post on Instagram

A post shared by SUHO (@kimjuncotton) on

Sebelum setenar sekarang, pria kelahiran tahun 1991 ini cukup lama menjadi trainee di perusahaan agensi SM Entertainment. Ia diketahui bergabung di tahun 2006 lewat jalur sistem audisi. 

Suho sudah menjalani pelatihan sejak umurnya masih 16 tahun. Pria dengan tinggi tubuh 172 cm ini dulunya bersahabat dengan Jonghyun dan Taemin dari boyband Shinee. 

Pada tahun 2007, Suho juga pernah menjadi tokoh tambahan di film boyband fenomenal lainnya yaitu Super Junior. Hingga kemudian di tahun 2012, Suho bersama EXO memulai debut mereka dan merilis mini album bertajuk Mama.

Baca Juga: Fenomenal! Dari Jadi Stylist Hingga Punya Kerajaan Bisnis, Begini Kisah Kim Kardashian Meraih Puncak Ketenaran

Sosok The Guardian Angel

View this post on Instagram

😷

A post shared by SUHO (@kimjuncotton) on

Suho punya musabab yang kuat dalam memilih nama panggungnya. Rupanya Suho berarti guardian. Serupa dengan karakter dan kepribadiannya, Suho ibarat guardian angel (malaikat penjaga) bagi para personel EXO lainnya.

Sudah bukan rahasia lagi jika Suho sangat sabar dalam menjaga dan mengasihi seluruh teman-temannya di EXO. Kerap menjadi tempat curahan hati, Suho memang merupakan sosok yang paling matang dan mengayomi di antara para personel EXO lainnya.

Prestasi Akademik yang Cemerlang

View this post on Instagram

A post shared by SUHO (@kimjuncotton) on

Tak banyak yang tahu jika Suho EXO juga berotak tajam dengan prestasi akademik yang cemerlang. Tak hanya punya leadership yang baik, Suho tercatat pernah menjadi salah satu mahasiswa paling pintar dan terbaik di kampusnya. 

Universitas tempatnya menimba ilmu tersebut merupakan salah satu kampus paling baik dan punya prestige tinggi. Sehingga mahasiswa dan mahasiswinya pun cenderung unggul, cerdas, dan pintar.

Menariknya lagi, Suho juga menguasai empat bahasa. Selain Bahasa Korea, Suho EXO fasih berbicara Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan juga Bahasa Jepang.

Tajir Melintir dari Lahir

View this post on Instagram

A post shared by SUHO (@kimjuncotton) on

Banyak kabar beredar bahwa Suho berasal dari keluarga dengan latar belakang finansial yang mapan dan kaya raya. Disebut berasal dari kalangan jetset, ayah Suho diketahui berprofesi sebagai profesor. Sedangkan ibunya dulu bekerja sebagai guru.

Di samping itu, Suho punya hobi yang mahal dan eksklusif. Ia dikabarkan sudah gemar bermain golf sejak masih remaja. Di Korsel sendiri, dibutuhkan budget sekitar 800,000 Won (setara 700 Dollar AS) untuk bisa menikmati permainan tersebut.

Ia juga tinggal di kawasan elite dan masih satu lingkungan dengan Choi Siwon dari Super Junior. Itulah sebabnya terkadang member EXO lainnya sering menggoda Suho dan meminta traktiran makan kepadanya.

Baca Juga: 7 Bisnis Online yang Cocok untuk Para Kpopers

Menjajal Dunia Akting

View this post on Instagram

A post shared by SUHO (@kimjuncotton) on

Seiring dengan kesuksesan Suho yang kian fenomenal, ia pun mulai menjajal dunia akting. Kemunculan perdananya ialah film One Way Trip di tahun 2015. Resmi menjadi aktor, Suho pun memulai petualangan barunya menekuni seni peran.

Ia lalu memerankan berbagai karakter tokoh utama di sejumlah drama seri. Di samping itu, ia juga merambah drama musical di tahun 2017, yakni The Last Kiss. 

Kemampuan aktingnya belakangan mendapat apresiasi. Ia berhasil mendapat penghargaan Best Male Musical Actor dari SACA berkat aktingnya yang ciamik pada The Man Who Laughs.

Sukses jadi Penyanyi Solo

View this post on Instagram

A post shared by SUHO (@kimjuncotton) on

Sebagai penyanyi, Suho berhasil menelurkan karyanya sebagai solois. Mini album bertajuk Self-Portrait yang diluncurkan pada April 2020 ini terdiri dari enam buah lagu dan mendapat sambutan hangat dari para penggemarnya. 

Suho menjadi anggota EXO yang ketiga dalam perilisan proyek solonya. Sebelumnya, Baekhyun serta Chen telah lebih dulu meluncurkan karya solo mereka yang pengerjaannya masih di bawah naungan SM Entertainment.

Tak hanya menyanyikan sejumlah karya musik yang menarik, Suho juga punya peranan sangat besar dalam proses produksinya. Judul album Self-Portrait sendiri konon dipilih Suho karena ia terinspirasi oleh lukisan Van Gogh.

EXO Lebih Kaya dari One Direction

View this post on Instagram

A post shared by SUHO (@kimjuncotton) on

Berada di puncak ketenaran membuat EXO semakin kaya raya. Bahkan total kekayaan mereka berada di angka 858 juta Dollar AS ini mengalahkan jumlah income boyband asal Inggris, One Direction.

EXO berhasil meraup pundi-pundi uang tak hanya dari penjualan album. Mereka juga meraup banyak keuntungan dari income penjualan tiket konser, royalty, merchandise, serta commercial films.

Dan ternyata, banyak pihak yang berasumsi bahwa pendapatan Suho masih menjadi yang paling besar dibandingkan dengan member EXO lainnya. Hal itu rupanya ia dapatkan dari fee akting di sejumlah film, drama musikal dan serial drama yang angkanya memang cukup tinggi.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Buktikan Diri Sukses Berkarir Meskipun Sempat Tuai Kontroversi dan Dibully Haters

Kunci Kesuksesan Seorang Suho EXO

Saat diwawancara oleh salah satu media, Suho membeberkan rahasia kesuksesannya. Menurutnya, hal itu dikarenakan kebiasaannya yang menerapkan keteraturan di dalam hidup.

Sebagai leader di boyband EXO, ia tentu dituntut untuk memimpin member lain dengan baik. Amanah tersebut tentu tak bisa dijalankan dengan baik tanpa sikap terorganisir dan membiasakan diri untuk serba struktural dalam kegiatan sehari-hari.

Selain itu, jika dibandingkan dengan personel lainnya, reputasi Suho terbilang sangat baik. Jauh dari kata skandal, ia menjalani hidup dengan tenang tanpa sensasi. Tanpa kabar yang tak sedap, Suho justru terus mencetak prestasi.

Ia menyebutkan, dirinya cenderung tak neko-neko. Ia membiasakan diri untuk hidup lurus-lurus saja, serta senantiasa menjadi teladan yang baik di depan umum. Pasalnya, seorang idola kerap dijadikan panutan bagi para penggemarnya.

Ia melanjutkan, peranan orangtua dan pola asuh merekalah yang membuatnya mengedepankan etika, kesantunan, dan kesopanan umum. Selain itu, Suho yang pernah menjalin kedekatan dengan sejumlah personil dari girlband Blackpink, Red Velvet, hingga Twice ini mengakui lebih memilih untuk berfokus kepada karir ketimbang urusan personal. 

Anda juga bisa meniru cara Suho dalam menekuni karirnya. Meski berasal dari keluarga berada, namun Suho tetap membumi dan bekerja sama kerasnya dengan yang lain. Ia juga mampu menghindari skandal yang kerap menjadi batu sandungan para selebritas.

Sama seperti pepatah Tiongkok yang mengatakan, “butuh waktu tiga tahun untuk menjadi orang yang berintegritas, namun hanya perlu tiga hari saja untuk merusaknya.”

Anda tak perlu berusaha menyenangkan semua orang di saat yang bersamaan karena itu pasti akan sangat berat untuk dilakukan. Tapi dengan menjaga integritas, Anda akan punya reputasi yang baik di mana pun berada.