Sukses Jadi YouTuber dan Penulis, Kini Jerome Polin Garap Bisnis Minuman Kekinian

Jerome Polin Sijabat sempat menjadi trending topic di Twitter pada Agustus 2021 lalu. Melalui Instagram Story miliknya, ia menyebutkan bahwa content creator sebaiknya dapat memberikan manfaat bagi penonton, bukan cuma sekadar menjajakan konten settingan. 

Sejak tahun 2017, Jerome Polin Sijabat telah dikenal sebagai salah satu YouTuber dan influencer kawakan Tanah Air. Pria kelahiran Jakarta, 2 Mei 1998 ini telah meraup lebih dari 8.6 juta subscriber per Desember 2021. 

Di usianya yang baru menginjak 23 tahun, nama Jerome telah dimuat dalam Daftar Forbes 30 Under 30 Asia karena prestasinya dan berkat bukunya Mantappu Jiwa yang laris manis, mahasiswa Universitas Waseda ini lantas meraih IKAPI Awards kategori Rookie of the Years dalam Indonesia International Book Fair 2020.

Baca Juga: Berkenalan dengan YouTuber Fadil Jaidi, Mantan Aktor Cilik yang Tolak Alphard dari Raffi Ahmad

Berotak Cemerlang dari Kecil

Jerome adalah putra kedua dari Chrissie Rahmeinsa dan Marojahan Sintong Sijabat. Ia mempunyai seorang kakak bernama Jehian Panangian Sijabat serta adiknya, Jesferrel Porman Sijabat.

Ayahnya yang seorang Pendeta belakangan membawa keluarganya pindah ke Kota Pahlawan di tahun 2004. Waktu itu, ia baru lulus TK dan hendak melanjutkan ke SD. Jerome lantas menjajal pendidikannya di SD dan SMP Intan Permata Hati Surabaya Barat. 

Cemerlang sejak kecil, Jerome selalu berprestasi di bidang akademik. Terus berprestasi, pria yang kerap mendapatkan beasiswa itu kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 5 Surabaya.

Jatuh Cinta pada Matematika

Jatuh cinta dan tergila-gila pada matematika, ia sering diajari langsung oleh ibunya dan tak pernah sekalipun mengikuti les tambahan. Karena masalah biaya, Jerome tak pernah bisa mengecap kursus di luar jam sekolah. 

Namun di sisi lain, hal itu justru memberinya motivasi untuk berprestasi hingga akhirnya terus mendapatkan berbagai beasiswa. Demikian juga dengan cita-citanya yang ingin kuliah di luar negeri. 

Jerome Polin belakangan berhasil mendapat beasiswa dari Universitas Waseda jurusan Matematika di Negeri Sakura. Ia pun berbagi seputar kehidupan sehari-harinya di Jepang melalui vlog yang kemudian ditayangkan di YouTube

Menjadi Tren di Google Indonesia

Jerome kerap membagikan hobinya, yakni berbagai cara berhitung dan soal-soal yang bikinannya sendiri. Ia pun makin sering eksis di berbagai media sosial seperti YouTube, Instagram, hingga Twitter.

Belakangan namanya kian dikenal dan menjadi trend di Google Indonesia setelah sesi live di Instagram bersama Nadiem Makarim (Mendikbud RI). Jerome pun semakin tenar sebagai generasi muda yang sering berbagi konten tema pendidikan dan disajikan dalam format kuis hingga game yang menarik. 

Meraih Income Besar dari Media Sosial

Tak hanya berhasil menjadi terkenal di dunia maya, nama Jerome Polin pun kian diperhitungkan dengan prestasinya yang melambung. Ia kerap mengunggah beragam konten dengan muatan yang beragam. 

Adapun konten yang disajikannya terbilang variatif dan menarik untuk disimak. Mulai dari kuliner, pendidikan, soal matematika, belajar bahasa Jepang, hiburan, hingga vlog dan masih banyak lagi. Dari YouTube dan Instagram, ia pun berhasil meraih income besar. 

Menurut perkiraan, pendapatan setiap video Jerome bisa menembus ke angka Rp178,61 juta, dengan harga CPM per 1000 view antara Rp68 ribu – Rp192 ribu. Tak hanya itu, ia juga berhasil menyabet Silver Play Button di tahun 2018 lalu. Setahun kemudian, ia juga berhasil memboyong Gold Play Button dan semakin mengembangkan channel YouTube miliknya.

Sering Bikin Netizen Baper

Oleh para fans, Jerome kerap dijodohkan dengan sesama content creator lainnya. Salah satu di antaranya seperti Rintik Sedu (Nadhifa Allya Tsana), Jessica Jane, juga Gracia Caroline. 

Dengan Nadhifa Rintik Sedu, Jerome sering saling membalas komentar dan berbincang melalui Live Instagram. Alhasil para penggemar mereka pun dibuat terbawa perasaan. 

Baca Juga: Youtuber Ria Ricis Makin Kaya Raya, Yuk Intip Sumber Uangnya

Mencetak Deretan Prestasi Membanggakan

Prestasi terkini dari Jerome adalah masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021 dan Rookie of the Year 2020 dari IKAPI Awards. Namun sejak dulu, ia sudah sering mencetak berbagai prestasi yang membanggakan di ranah Matematika.

Kilas balik di tahun 2016, ia menerima beasiswa Mitsui Bussan. Sebelumnya, Jerome berhasil menjadi Juara 14 Japanese Speech Contest yang diselenggarakan Suginami Association. Ia juga meraih Juara 3 Olimpiade Matematika Universitas Wijaya Kusuma.

Berotak encer, ia juga pernah memenangkan Juara 3 Olimpiade Teknik Kimia Nasional di Universitas Widya Mandala, Juara 1 International Kangaroo Mathematic Competition, juga Juara 1 Industrial Engineering Games ITS 2016

Pria yang pernah digosipkan dekat dengan Jessica Jane ini juga menjadi Juara 1 Olimpiade Matematika Nasional di Universitas Negeri Malang dan Juara 3 Olimpiade Matematika Nasional kelas XI yang dihelat di Universitas Brawijaya. 

Masuk dalam Daftar Forbes 30 Under 30 Asia

Bersama salah satu saudaranya yang bernama Jehian, Jerome membentuk agensi Q&A Group yang pada mulanya merupakan wadah untuk diskusi matematika. Mencapai sukses, ia pun berhasil masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 20 Asia. 

Seperti diketahui, daftar tersebut memuat orang-orang berprestasi yang telah menuai sukses di berbagai bidang dan usianya masih di bawah 30 tahun. Jerome bersama sang adik kemudian berbagi kegembiraan mereka mengenai penerimaan apresiasi ini di channel YouTube Nihongo Mantappu pada Mei 2021 lalu.

Kedua orang tua dan segenap keluarga pun tampak turut mensyukuri pencapaian yang telah berhasil diraihnya.

Memulai Bisnisnya Sendiri

Kini Jerome tengah menggarap bisnis bersama Jehian. Bisnis teh buah yang viral itu dikenal dengan nama Menantea. Terinspirasi dari drama Korea yang ngehits, Itaewon Class, Jerome sengaja memanfaatkan peluang franchise minuman kekinian yang tengah tren. 

Pria yang tengah diidolakan anak muda ini menyadari bahwa kiprahnya sebagai content creator belum tentu langgeng. Itu sebabnya ia tergerak untuk memulai usaha minuman teh buah. Ia berharap, pemasukan dari bisnis dapat menjaga stabilitas keuangannya. 

Bisnis minuman kekinian Menantea garapannya pun maju pesat. Meski baru dibuka sejak April 2021, namun ia sudah mempunyai sekitar 68 toko yang tersebar di 16 provinsi seluruh Nusantara. Kabarnya, banyak pihak yang terus berdatangan untuk bekerja sama dengan franchise yang digarap Jerome.

Dengan menu baru Pidis Jiwi serta Kiteawi yang dikeluarkannya, Jerome pun menjadikan bisnis kulinernya tersebut sebagai aset bagi masa depan. Ia pun memasang target akan menggelar 100 outlet dengan beragam inovasi. Tujuannya adalah menjadi yang terdepan dalam pangsa pasar modern fusion tea di Indonesia.

Jerome dengan tekunnya terus mencari ide dan membagikannya kepada tim kerja yang ada di Indonesia. Selanjutnya, tim kerjanyalah yang menjalankan dan mewujudkan ide-idenya tersebut.

Menawarkan Investasi Franchise

Untuk membuka sebuah gerai Menantea, modal yang diperlukan ialah Rp125 juta. Namun Jerome memberikan diskon khusus untuk 10 cabang pertama dengan dua tipe bisnis, yakni standar dan autopilot (berbagi hasil sebesar 50%). 

Sementara untuk omzet setiap bulannya, bisa menembus sekira Rp35 – 49 juta. Dengan perhitungan balik modal, untuk tipe standarnya diperkirakan bisa lebih cepat, yaitu kurang lebih setelah 5-10 bulan. Adapun untuk tipe autopilot akan memakan waktu sekitar 10-20 bulan agar modalnya bisa kembali.

Sukses terus untuk Jerome Polin terkait kanal YouTube dan bisnis Menantea yang digarapnya. Semoga selalu menjadi teladan dan inspirasi bagi anak muda Indonesia.

Baca Juga: 7 Cara Sukses Menjadi Youtuber