Sukses Menjadi Model, Ternyata Hailey Baldwin Pernah Gagal Jadi Penari Ballet

Siapa yang tak mengenal sosok Hailey Rhode Baldwin Bieber. Istri Justin Bieber ini berprofesi sebagai supermodel asal Negeri Paman Sam. Bersama Kendall Jenner dan Gigi Hadid, Hailey Baldwin Bieber saat ini merupakan model kenamaan yang sukses di bawah naungan IMG Models.

Wanita kelahiran Arizona (Tucson), 22 November 1996 ini ialah putri dari aktor kawakan, Stephen Baldwin. Menjadi sosok muda belia dan kaya raya, Hailey Baldwin mempunyai total aset dan harta menembus 22 juta Dollar AS (Rp324 triliun) per tahun 2020.

Pada tahun 2017 lalu, majalah Maxim pernah menobatkannya sebagai Hottest Woman of the Year. Wanita yang pernah mengencani Drake, Shawn Mendes, dan Cameron Dallas ini juga semakin sering tampil di berbagai acara TV. Namun tak banyak yang tahu jika di balik kesuksesannya, ada kisah sedih yang jarang terekspos publik. 

Baca Juga: Pernah Minder dan Alami Anxiety, Begini Kisah Kendall Jenner Merintis Karirnya yang Bersinar

Profesi Model Bukan Impiannya

Bisa dibilang, Hailey berasal dari keluarga selebritis. Ayahnya, Stephen Baldwin dikenal sebagai aktor profesional Amerika. Demikian juga dengan pamannya, Alec Baldwin yang berprofesi sebagai produser dan aktor.

Dari garis keturunan ayahnya, Hailey mewarisi darah Jerman, Perancis, Inggris, Skotlandia, dan Irlandia. Sedangkan dari ibunya, Kennya Deodato Baldwin, ia mewarisi gen campuran Italia, Brasil dan Portugis.

Tak seperti ayah dan pamannya, Hailey tak begitu tertarik pada dunia akting. Wanita berambut pirang dengan warna mata hazel ini malah jatuh cinta pada ballet. 

Sejak kecil ia telah menekuni seni tari yang satu ini. Menurutnya, ballet dan musical theater merupakan salah satu pelarian yang membuatnya sanggup melewati berbagai perundungan yang pernah dialaminya. 

Bercita-cita menjadi seorang ballerina, Hailey tekun melatih diri di Sekolah Teater Balet Amerika. Sayangnya, impian tersebut harus hancur akibat cedera di pergelangan kaki. Kondisi tersebut membuat Hailey tak mungkin lagi untuk menari.

Menemukan Kesuksesan Baru dalam Modeling

Tak ingin berlarut sedih karena impiannya yang pupus, Hailey mencoba terjun ke dunia modeling. Berakhirnya kisah sebagai ballerina belakangan tergantikan dengan kesuksesan baru sebagai model.

Di pengujung tahun 2014, ia memutuskan untuk bergabung dengan Ford Models dan mulai berlenggak-lenggok di atas catwalk. Saat itu, ia memeragakan busana dari Sonia Rykiel serta Topshop.

Selain itu, wanita dengan tinggi tubuh mencapai 171 cm ini juga laris menjadi photomodel di berbagai cover majalah ternama. Salah satunya yakni V, i-D, Tatler, hingga LOVE. Setahun berikutnya, ia semakin menjadi sorotan setelah wajah cantiknya terpampang di cover Teen Vogue dan American Vogue magazine. 

Seiring popularitasnya yang kian menanjak, Hailey Baldwin pun semakin dipercaya untuk menjadi brand ambassador dari beraneka produk fashion, termasuk kampanye dengan Ralph Lauren.

Hingga memasuki awal 2016, Hailey berhasil terikat kontrak dengan IMG Models. Sejak saat itu, kariernya sebagai supermodel pun jadi semakin moncer.

Sering Muncul di Layar Kaca

Popularitas telah membawanya tampil di layar kaca. Ia pernah bermain dalam sebuah film dokumenter berjudul Livin It: Unusual Suspects di tahun 2005. Kemudian di tahun 2009, ia muncul di acara Saturday Night Live Episode bersama pamannya, Alec Baldwin, serta Jonas Brothers.

Memasuki tahun 2015, ia juga tampil dalam film dokumenter Secrets of New York Fashion Week serta menjadi co-host dalam MTV Europe Music Awards. Tahun 2016, Hailey sukses menjadi presenter dalam acara iHeartRadio Much Music Video Awards. Sedangkan di tahun berikutnya, ia menjadi MC untuk acara Drop the Mic dan iHeartRadio Music Awards (2018).

Semakin sering tampil di TV dan berkarier sebagai model membuat nama Hailey Baldwin wara-wiri masuk berbagai nominasi ajang bergengsi. Di tahun 2016, ia menjadi nominator Choice Model dan Choice Female Hottie dalam Teen Choice Award. 

Selang setahun setelahnya, ia kembali masuk nominasi Choice Model di ajang yang sama. Kemudian di tahun 2018, namanya menjadi nominasi Choice TV Personality dalam ajang Teen Choice Award.

Baca Juga: 10 Model Bayaran Termahal di Dunia versi Forbes

Percintaan dengan Justin Bieber

Perjalanan cinta Hailey dan Justin terbilang cukup lama dan diwarnai on and off. Sebelum akhirnya mantap menikah di tahun 2018, keduanya sudah berteman sejak 2009. Bahkan, ayah Hailey sendiri yang memperkenalkan putrinya kepada Justin.

Sebelum menikah dengan Bieber, Hailey hanya mempunyai kekayaan mencapai 3 juta Dollar AS. Angka ini langsung meningkat dan melambung setelah ia menjadi istri dari superstar terkaya di dunia.

Hailey dan Justin tak hanya menjalani keseharian hidup yang serba nyaman. Mereka tinggal di hunian sangat mewah yang berlokasi di Beverly Hills seharga 8,5 juta Dollar AS, serta perkebunan di kawasan Ontario yang harganya juga tak kalah mahal.

Sebelum menempati hunian-hunian terbarunya, pasangan Hailey-Justin sempat mengontrak sebuah rumah dengan arsitektur Spanyol. Konon, rumah sewaan nan megah tersebut harganya mencapai 100 ribu Dollar AS per bulan. 

Kekayaan pasangan populer ini disebutkan mencapai hingga 268 juta Dollar AS, yang artinya mereka dapat hidup sangat mewah dan nyaman untuk waktu yang lama. Bahkan meskipun keduanya memutuskan untuk tak lagi bekerja.

Berjuang Melawan Rasa Rendah Diri

Meski tak berhasil menjadi ballerina, namun Hailey berlapang dada menjalani profesinya yang sekarang. Ia tak hanya menikmatinya, namun juga berusaha untuk senantiasa memberikan yang terbaik. 

Kendati sering dilanda rasa kurang percaya diri karena tinggi badannya yang tak terlalu menjulang tinggi, namun ia masih menargetkan untuk menjadi model dari Victoria's Secret. Di sekian wawancara, ia pernah menyebutkan rasa rendah dirinya mengingat teman supermodel yang lain memiliki tubuh yang lebih tinggi darinya.

Kendati demikian, Hailey masih terus produktif dengan menjadi model untuk perhiasan mewah Daniel Wellington, Bare Minerals, hingga Levi’s. Tak hanya itu saja, ia terus melebarkan sayapnya di dunia entrepreneur dengan membuka bisnis kosmetik.

Lini make-up yang diberi nama Bieber Beauty itu menyediakan berbagai produk riasan wajah seperti bronzer, lip kits, blush on, serta eyeshadow pallet. Namun sejak tahun lalu, label tersebut ditolak oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika. 

Pasalnya, nama merek dagang tersebut terbilang terlalu mirip dengan Justin Bieber (brand milik suaminya) yang juga menjual produk kosmetik dan perawatan kecantikan.

Ada Hikmah di Balik Kegagalan

Jika hendak berpikir positif, akan ada hikmah pembelajaran di balik terjadinya setiap kegagalan. Segala hal terjadi karena sebuah alasan. Demikian juga dengan cedera kaki yang dialami Hailey.

Tanpa terjadinya peristiwa tersebut, ia tak mungkin terjun ke dunia modeling dan meraih sukses di sana. Terbukti, bagi Hailey, ada banyak manfaat yang ia dapatkan dari belajar ballet untuk diterapkan di catwalk. Menurutnya, pengalamannya sebagai ballerina membuatnya lebih mudah menerjemahkan setiap gerakan dalam photoshoot yang kerap dilakoninya. 

Ada hikmah di balik setiap kegagalan. Saat rencana Anda tak berjalan sesuai ekspektasi, hadapilah dengan legawa dan besar hati. Jangan biarkan kegagalan membuat Anda berhenti. 

Sebaliknya, bangkitlah dan berupaya lagi di bidang lainnya. Ubah ending cerita dan coba lagi peruntungan Anda. Siapa tahu kali ini hidup akan menghadiahkan Anda sebuah kesuksesan yang tak terduga. 

Baca Juga: Perjalanan Karier Supermodel Bella Hadid, Rela Kerja Keras Demi Mandiri Finansial