Menilik Profil Sunny SNSD, Keponakan Pendiri SM Entertainment

Sebagai salah satu anggota Girls’ Generation (SNSD), Sunny; the real aegyo dikenali dari warna vokal serta wajahnya yang imut. Secara profesional, wanita berkebangsaan Korea-Amerika ini bekerja sebagai penyanyi, aktris, presenter TV, dan juga DJ radio sejak tahun 2007.

Hingga tahun 2022 ini, kekayaan bersih Sunny SNSD telah menyentuh angka 7 juta Dollar AS (setara Rp104,1 miliar).

Baca Juga: Mengintip Profil Choi Sooyoung SNSD

Biodata Sunny SNSD

Bernama lengkap Susan Soonkyu Lee, Sunny lahir di Orange County, California, AS, pada tanggal 15 Mei 1989.

Ia merupakan putri dari Lee Soo-young dan mempunyai dua orang saudara kandung yang bernama Lee Eun-kyu serta Lee Jin-kyu. Sejak masih sangat belia, Sunny telah dipersiapkan untuk menjadi seorang bintang.

Fakta Sunny SNSD

Ayah Sunny ialah penyuka musik dan anak band sewaktu masih kuliah. Ayahnya juga yang lantas mendukung Sunny untuk berkarier secara profesional di bidang musik. Di tahun 1998, Sunny lantas mengikuti audisi SM Entertainment dan lulus.

Sunny kemudian menjadi trainee sekitar lima tahun lamanya. Namun tak banyak yang tahu jika setelahnya, Sunny sempat dipindahkan ke Starworld Entertainment. Ia dipersiapkan untuk debut dalam grup bernama Sugar dengan formasi duo namun rencana itu gagal terwujud.

Iconiq merekomendasikan Sunny untuk kembali ke SM Entertainment di tahun 2007. Setelah itu, ia kembali menjalani training kurang lebih sembilan bulan hingga resmi menjadi bagian dari Girls’ Generation (SNSD) dan debut. 

Semua kerja keras Sunny belakangan berbuah manis, SNSD sukses masif dengan segudang prestasinya di ranah K-Pop Industry. Pada bulan Agustus 2022 lalu, Sunny bersama SNSD baru saja comeback dengan lagu terbaru mereka yang ciamik, Forever 1.

Kiprah Sebagai Pemandu Acara

Sunny SNSD memulai debut presenter di acara The M dan Invincible Youth yang tayang tahun 2009-2010. Setelahnya, ia pun jadi semakin sering tampil di layar kaca sebagai pembawa acara. Di tahun 2011-2012, ia menjadi host dalam Invincible Youth 2 bersama Hyoyeon.

Selanjutnya, Sunny menjadi pemandu acara Music Island dan 1 vs 100 di tahun 2012. Di tahun 2013, ia ditunjuk menjadi narator Real Men dan juri tamu di beberapa episode Grandpa Over Flowers 2. 

Memasuki 2014-2015, Sunny kembali muncul dalam Roommate musim kedua. Kemudian ia hadir sebagai pembawa acara Serial Shopping Family (2015).

Laris Manis Sebagai Presenter

Waktu terus berlalu namun karier Sunny kian meroket. Tak kunjung surut, ia malah semakin laris manis sebagai presenter. Di tahun 2016, ia muncul dalam deretan acara televisi. Selain menjadi juri selebriti dalam Vocal War: God’s Voice, Sunny juga muncul dalam Star Advent yang tayang di Shandong TV. 

Di tahun itu, Sunny kemudian tampil sebagai bintang tamu dalam Knowing Bros dan menjadi MC spesial dalam acara Weekly Idol. Sejumlah acara berikutnya yang pernah dipandu Sunny ialah Snowball Project, Hyena on the Keyboard: Pilot, serta A Man Who Feeds The Dog musim kedua di tahun 2017. 

Tak hanya itu, ia pun pernah menjadi regular cast untuk acara To You, From Me (2017-2018). Lalu pada tahun 2018, ia kembali hadir dalam Love Translation, Real Life Men and Women, serta menjadi performance mentor di Supermodel 2018 Survival

Kemudian ia pernah menjadi host dalam Video Star Season 2 (2018-2019), Shall We Chicken? (2019), Beauty and Luxury 6 (2021-kini). Tak ketinggalan, wanita yang kerap disebut fake maknae saking tetap awet muda dan imutnya ini pernah menjadi host untuk Spicy Girls di 2021. 

Di tahun yang sama, ia juga hadir sebagai host dalam Idea Panda dan Legendary Trainee. Adapun di tahun 2022 ini, ia bersama sejumlah anggota Girls’ Generation lainnya membawakan acara Soshi TamTam.

Baca Juga: Simak Profil Yuri SNSD, Si Cantik yang juga Andal dalam Seni Peran

Sunny SNSD Drama & Film

Sunny pernah tampil membintangi sejumlah serial drama seperti Unstoppable Marriage (2008) dan Tae-Hee, Hye-Kyo Ji-Hyun! di tahun 2009. Kemudian di tahun 2012, Sunny menjadi pengisi suara Miranda versi Korea untuk film The Outback

Di tahun itu, ia juga hadir dalam film dokumenter mengenai anggota SM Town, berjudul I AM. – SM Town Live World Tour in Madison Square Garden. Memasuki tahun 2014, Sunny kembali menjadi pengisi suara karakter Jewel versi Korea dalam Rio 2. Di tahun 2015, ia hadir lagi dalam film dokumenter SM Town lainnya yang bertajuk SMTown The Stage.

Adapun untuk panggung theater, Sunny pernah bermain sebagai Kathy Selden dalam Singin’ in the Rain (2014). Ia juga melakoni tokoh utama dalam drama musikal Jepang yang berjudul Cafe-in ~Mr Sommelier Miss Barista (2016-2017).

Solo Karier, Kolaborasi, dan Penampilan dalam Video Musik

Sebagai solois, Sunny kerap didapuk untuk membawakan sejumlah lagu tema berbagai serial drama. Salah satunya ialah Your Doll (2010), soundtrack dari Oh! My Lady yang dibintangi Siwon Super Junior

Kilas balik ke tahun 2008, ia pernah menyanyikan You Don’t Know About Love untuk lagu tema Working Mom yang ditayangkan SBS. Di tahun 2008, ia hadir dalam video klip Cooking? Cooking! yang dibawakan Super Junior-Happy. Kemudian ia juga tampil dalam video musik S.E.O.U.L.—kolaborasi Super Junior dan Girls’ Generation (SNSD).

Di tahun 2009, ia merilis lagu Finally Now yang menjadi lagu tema drama Story of Wine (tayang di IPTV). Selain itu, dalam lagu Sarangingulyo, It’s Love, dan Motion yang merupakan OST drama Heading to Head, Sunny berduet dengan Taeyeon di tahun itu. 

Kemudian Sunny ikut berkontribusi dalam lagu Seoul Song yang dibuat untuk mempromosikan pariwisata ibu kota Korea Selatan tersebut. Sedangkan di tahun 2011, Sunny hadir dalam video musik Saranghae Saranghae yang dibawakan Miryo B.A.G. 

Di tahun 2012, ia membawakan lagu It’s Me dalam format duet dengan Luna untuk soundtrack To the Beautiful You yang tayang di SBS. Sementara di tahun 2013, Sunny menyanyikan lagu tema drama The Queen’s Classroom yang tayang di MBC. Soundtrack tersebut berjudul The 2nd Drawer. 

Sering merilis single, ia juga mengeluarkan lagu Odd Imagination (2018), Collar dan Your Bright Smile Is on the Clouds in the Sky di 2021. Rata-rata, beragam single andalan Sunny kerap dijadikan lagu tema berbagai serial drama.

Apresiasi dan Penghargaan Terhormat Lainnya

Berkat kiprahnya yang konsisten sebagai entertainer serba bisa, Sunny pun menjadi nominator di beberapa ajang penghargaan. Ia merintis kariernya yang diakui secara mandiri, terlepas dari bayang-bayang sang Paman yang merupakan tokoh tersohor. 

Kilas balik ke tahun 2010, ia dinominasikan sebagai Hot Female Multitainer dalam Mnet 20’s Choice Awards. Memasuki 2012, nama Sunny menjadi nominator Best New Actress dalam The 6th Musical Awards. 

Adapun di tahun 2013, Sunny masuk nominasi Best New Actress di ajang The 19th Korean Musical Awards. Nama Sunny kian diperhitungkan sebagai aktris setelah ia berperan sebagai Brenda Strong dalam drama theater musikal berjudul Catch Me If You Can (2012-2013).

Selain itu, sepak terjangnya sebagai DJ radio membuat Sunny dianugerahi Rookie Radio DJ Award oleh MBC Entertainment Awards 2014. Sebelumnya, Sunny diketahui merupakan Disk Jockey dari acara radio yang tersohor dengan tajuk Reckless Radio (2008). Bersama Sungmin Super Junior, Sunny juga pernah menjadi co-DJ di acara radio Chunji.

Keponakan Pemilik SM Entertainment (Pencetus K-Pop)

Sunny adalah keponakan dari Lee Soo-man, pendiri SM Entertainment yang terkemuka. Kendati demikian, ia tak pernah memanggilnya dengan sebutan “Paman”. Paman dari Sunny ini disebut sebagai President of Culture karena dialah yang mempelopori Hallyu/Korean Wave melalui industri musik.

Lee Soo-man dulunya berprofesi sebagai penyanyi di tahun 1971. Ia kemudian mulai merintis cikal bakal pembentukan SM Entertainment di tahun 1989. Saat itu ia telah berkiprah sebagai produser rekaman eksekutif.

SM Entertainment sendiri resmi berdiri di 1995. Hingga kini, agensi besar tersebut menjadi salah satu perusahaan tersukses dalam industri hiburan Korea Selatan. Bersama YG Entertainment (berdiri tahun 1996) dan JYP Entertainment (dibentuk pada 1997), SM Entertainment disebut sebagai The Big 3 dan menjadi agensi yang merajai dunia K-Pop

Tak hanya sukses melahirkan Girls Generation (SNSD), SM Entertainment juga menghadirkan Red Velvet, Super Junior, Exo, hingga NCT. Adapun YG Entertainment telah mempersembahkan idols besar lainnya seperti Blackpink, Big Bang, serta Treasure. Sementara itu, dari JYP Entertainment, publik mengenal grup tersohor lainnya yaitu Twice, Stray Kids, dan tak ketinggalan GOT7.

SM, YG, dan JYP Entertainment menjadi trinitas yang tak tergoyahkan selama beberapa waktu belakangan ini. Namun, seiring dengan kesuksesan fenomenal yang dicapai BTS, Big Hit Entertainment/Hybe Corporations yang berdiri tahun 2005 disebut-sebut telah menjadi ancaman baru bagi The Big 3. 

Terlepas dari ketatnya persaingan di industri hiburan Korea Selatan serta sosok sang Pamannya yang tersohor, Sunny SNSD terbukti mampu mempertahankan kesuksesannya sebagai artis cantik papan atas kenamaan. Dengan usaha serta bakatnya sendiri, ia pun terus bersinar sebagai bintang sampai sekarang.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Yoona SNSD Sebelum Sukses, Pernah Gagal Casting Lebih dari 100 Kali!