Cerita Perjuangan Yoona SNSD Sebelum Sukses, Pernah Gagal Casting Lebih dari 100 Kali!

Yoona alias Im Yoon-ah adalah salah satu member dari girlband Korea Selatan, Sonyeo Shidae/Girls’ Generation (SNSD/GG). Ia adalah personel SNSD (GG) yang memulai karier di industri hiburan pada tahun 2007. Di tahun itu, ia tak hanya debut bersama SNSD (GG) tapi juga berakting dalam serial drama Two Outs in the Ninth Inning. Selain berkarier sebagai penyanyi, ia juga aktif sebagai penari, aktris, pembawa acara, dan model. 

Di tahun 2022 ini, harta dan kekayaan Yoona SNSD diperkirakan telah mencapai 23 juta Dollar AS (setara Rp343 triliun). Total kekayaan tersebut juga ia dapatkan dari royalti aktivitasnya sebagai penyanyi solo.

Baca Juga: Kupas Tuntas Girls’ Generation (SNSD), Grup Legendaris Korea Selatan yang Suksesnya Sensasional

Sukses Besar Bersama SNSD (GG)

View this post on Instagram

A post shared by @yoona__lim

Seusai mendapatkan pelatihan selama lima tahun, wanita yang memiliki tinggi badan 168 cm ini berhasil melakukan debutnya bersama Sonyeo Shidae/Girls’ Generation (SNSD/GG). Sebelumnya, Yoona sudah pernah menjadi model dalam sejumlah iklan (Commercial Film) serta Music Video (MV). 

SNSD/GG diketahui bernaung di bawah SM Entertainment. Dalam grup ini, wanita yang merupakan member ketujuh ini menjadi center, visual, vokalis, lead dancer, dan juga rapper utama. Setelah meraih kesuksesan yang masif bersama SNSD (GG), Yoona juga tergabung dalam sub-unit yang bernama Oh!GG hingga proyek bersama SM Town

Fakta Yoona SNSD

Tak hanya dikenal karena SNSD (GG), Yoona pun digemari sebagai solois berbakat. Ia pernah merilis sejumlah single serta album rekaman Haptic Motion yang dibawakan bersama Jessica, Tiffany, dan TVXQ di tahun 2008, serta Innisfree Day (2010).

Yoona SNSD kemudian berkolaborasi dengan 10 cm untuk lagu Deoksugung Stonewall Walkway di tahun 2016. Di tahun itu, Amazing Grace juga dirilisnya sebagai soundtrack dari The K2 yang ia lakoni. Adapun karya musik Yoona lainnya antara lain When The Wind Blows (2017), To You (2018), Summer Night, serta Promise yang juga rilis di tahun 2019.

Acara Televisi dan Film Yoona SNSD

View this post on Instagram

A post shared by @yoona__lim

Di sepanjang karier Yoona berakting, ia sudah membintangi beragam film, serial drama dan juga serial web. Selain itu, Yoona pun sering tampil di sejumlah TV shows dan menjadi presenter di beberapa acara. Pada tahun 2015 lalu, wanita kelahiran Daerim-dong, Seoul, 30 Mei 1990 ini juga tampil dalam web series bertajuk Innisfree Summer Free

Untuk acara televisi, ia pernah muncul dalam Family Outing 2 (2010), Hyori’s Homestay (2018), serta Soshi Tam Tam (2022). Sementara di ranah film, Yoona hadir dalam film biografi dan dokumenter SM Town seperti I AM (2012) dan SMTown The Stage (2015).

Adapun di tahun 2017, Yoona menunjukkan bakat aktingnya dengan membintangi film Confidential Assignment. Kemudian di tahun 2019, ia berakting sebagai Jung Eui-joo dalam film Exit. Sementara di tahun 2021, ia bermain dalam Miracle: Letters to the President, House of Hummingbird, serta A Year-End Medley.

Selanjutnya di tahun 2022 ini Yoona kembali memerankan Park Min-young dalam Confidential Assignment 2: International. Rencananya, Yoona akan membintangi 2 O’Clock Date dan memerankan tokoh Jeong Seon-ji.

Bintangi Serial Drama yang Digandrungi Publik

Setelah kemunculan perdananya sebagai Shin Joo-young dalam Two Outs in the Ninth Inning (2007), karier akting Yoona SNSD kian melejit. Ia bermain dalam Unstoppable Marriage dan Woman of Matchless Beauty, Park Jung-geum (2008). 

Kemudian selama setahun lamanya, Yoona berperan sebagai Jang Sae-byuk dalam serial drama You Are My Destiny (2008-2009). Sering wara-wiri di layar kaca, wanita cantik dan serba bisa ini pernah membintangi Cinderella Man (2009), Love Rain (2012), Prime Minister & I (2013-2014), dan My First Time (2015). 

Sementara itu, ia juga bermain dalam God of War, Zhao Yun, dan The K2 di tahun 2016. Kemudian di tahun 2017, ia hadir dalam The King in Love (2017) dan Hush (2020-2021). Hingga di tahun 2022 ini, ia tampil dalam Big Mouth serta King the Land.

Aktif Berkiprah Sebagai Presenter

View this post on Instagram

A post shared by @yoona__lim

Pada tahun 2009, Yoona terjun ke ranah presenter dan memandu acara KBS Entertainment Awards bersama Lee Ji-ae serta Lee Kyung-kyu. Selanjutnya, ia juga tampil sebagai host di Sharing Love Concert dan World Cup Festival tahun 2010.

Beralih ke tahun 2011, Yoona kembali memandu KBS Entertainment Awards serta SBS Gayo Daejeon. Kemudian di tahun 2012, ia juga menjadi MC untuk KBS Song Festival. Pada tahun berikutnya, ia memandu KBS Drama Awards 2013 dan Korea-China Friendship Concert 2013 yang dihelat di Beijing, China. 

Memasuki tahun 2014, Yoona membawakan acara KBS Song Festival dan didampingi oleh Ok Taec-yeon serta Lee Hwi-jae. Sementara di tahun 2015, ia menjadi host untuk MBC Gayo Daejejeon dan DMZ Peace Concert. 

Beranjak ke tahun 2016, Yoona membawakan acara Women in Film Awards dan MBC Gayo Daejejeon. Adapun di tahun 2017, Yoona diketahui menjadi MC untuk 22nd Busan International Film Festival dan Pyeongchang Winter Olympics G-100 K-POP Concert

Selain itu, ia juga berturut-turut membawakan acara MBC Gayo Daejejeon di tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021. Tahun ini, ia didampingi Jun Hyun-moo menjadi presenter dalam helatan 1st Blue Dragon Series Awards.

Baca Juga: Begini Perjalanan Karier Seohyun SNSD yang Sukses di Dunia Akting

Menangkan Puluhan Penghargaan Bergengsi

Kemampuan aktingnya yang spektakuler membuat Yoona SNSD memenangkan kurang lebih empat puluh penghargaan. Selain itu, namanya juga masuk nominasi kenamaan sebanyak lima puluh empat kali. 

Terbaru, ia memenangkan Best Actress dari Asan Chungmugong International Action Film Festival 2022. Sebelumnya, dari Asia Artist Awards, sejumlah penghargaan telah dikantonginya seperti Asia Star Award 2016, Popularity Award (2016, 2017), Best Artist Award (2017, 2019), Trend Award (2018), dan Best Social Artist (Actress) di tahun 2019.

Pada tahun 2017, ia meraih Best Popular Asian Actress dari Marianas International Film Festival serta Newcomer Award: Best New Actress dari Korean Film Shining Star Awards. Ia juga memenangkan Actress of the Year dari Soompi Awards 2018 serta Female Movie Actress dari Korea First Brand Awards 2019 dan masih banyak lagi.

Masuk Daftar 30 Under 30 Forbes Asia dan Korea Power Celebrity 40

View this post on Instagram

A post shared by @yoona__lim

Yoona lulus dari SMA Daeyoung di tahun 2009. Ia lantas mengambil kuliah jurusan Studi Theater dan lulus dari Universitas Dongguk di awal 2015—yang mana Seohyun, maknae SNSD (GG) juga kuliah di kampus yang sama. 

Saat itu, Yoona yang penyuka musim salju ini bahkan menerima penghargaan Lifetime Achievement di upacara kelulusannya. Dan berkat sejumlah prestasi dan pencapaiannya, ia pun dipercaya untuk menjadi duta kampusnya pada tahun 2014 lalu. Selain Yoona, kampus tersohor itu juga menunjuk aktris Park Ha-sun dan Naeun Apink sebagai duta mereka.

Namun tak hanya itu saja. Pada tahun 2016, nama Yoona masuk daftar 30 Under 30 versi Majalah Forbes Asia sebagai selebritas yang paling berpengaruh untuk kategori hiburan dan olahraga. Forbes Asia juga menilai Yoona adalah member dari SNSD (GG) yang paling populer di antara yang lainnya.

Menariknya lagi, di tahun 2018 Yoona kembali masuk daftar Korea Power Celebrity 40 dan menduduki peringkat 30. Prestasi ini ia dapatkan berkat pencapaian profesionalnya yang luas biasa.

Jadi Brand Ambassador Merek Fashion Mewah Internasional

Selama bertahun-tahun lamanya, Yoona telah membuktikan dirinya ialah ratu duta merek mewah internasional. Dengan citranya yang elegan, tak heran jika SNSD Yoona belakangan dijuluki sebagai Human Luxury Brands. Selain itu, publik juga menganggap sosok Yoona merupakan salah satu top trendsetter di ranah mode dan kecantikan Negeri Ginseng.

Sudah lebih dari empat puluh merek mancanegara kenamaan telah menunjuk Yoona untuk menjadi dutanya. Dan ini termasuk kontraknya dengan Innisfree yang sempat berlangsung hingga lebih dari satu dekade. Fakta tersebut membuat nama Yoona masuk dalam daftar selebritas dengan masa terpanjang sebagai Brand Ambassador.

Sejauh ini ia telah menjadi Brand Ambassador untuk Michael Kors, Eider, Pandora, Elle, dan masih banyak lagi. Sedangkan di tahun 2020, Estee Lauder mempercayakan Yoona untuk menjadi duta dari produk kecantikannya yang terkenal, yakni serum wajah. Di tahun 2021, Yoona kembali menjadi duta merek mode kenamaan asal Italia, Miu Miu.

Namun terlepas dari daftar panjang prestasi dan pencapaiannya tersebut, rupanya Yoona pernah gagal casting dan audisi untuk iklan dan film berulang kali. Tak tanggung-tanggung, kegagalan pernah dialaminya hingga 200 kali. Meski begitu, kini ia telah menuai buah yang manis dan sepadan berkat perjuangannya yang tanpa henti.

Baca Juga: Sukses Berbisnis di Dunia Fashion, Begini Kisah Jessica Jung yang Kian Bersinar Setelah Hengkang dari SNSD