Sunscreen: Kegunaan, Tips Memilih, dan Cara Memakainya yang Benar

Penggunaan sunscreen dianggap sebagai hal yang penting. Kalau mengutip dari perkataan dan slogan para beauty vlogger, “percuma pakai skincare kalau tidak pakai sunscreen”. 

Nah, sebenarnya apa itu sunscreen? Apa kegunaan dan bagaimana cara memakainya? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Kulit Sehat dan Cantik, Ketahui 9 Hal Penggunaan Vitamin C dalam Perawatan Wajah

Apa itu Sunscreen

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Mengapa kulit perlu dilindungi dari paparan sinar matahari? Karena sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit dalam jangka panjang. 

Sering disamakan dengan sunblock, ternyata sunscreen dan sunblock memiliki perbedaan yang signifikan, lho! Perbedaan ini terletak pada cara kerja, tekstur, dan kandungan di dalamnya. 

 

Sunscreen

Sunblock

Kandungan

Mengandung senyawa kimia yang bersifat menyerap sinar matahari seperti oxybenzone dan avobenzone.

Umumnya mengandung senyawa titanium oksida dan seng oksida.

Tekstur

Ringan sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan secara merata. 

Lebih pekat sehingga terkadang sulit untuk diaplikasikan secara merata pada seluruh permukaan kulit. 

Cara Kerja

Melapisi kulit sebelum terpapar oleh sinar ultraviolet.

Menghalau dan memantulkan sinar ultraviolet.

Kegunaan Sunscreen

loader

Kegunaan Sunscreen

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, fungsi sunscreen yang paling utama adalah melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Namun selain fungsi tersebut, rupanya masih ada fungsi dan kegunaan sunscreen yang lain, seperti:

1. Mencegah Sunburn pada Kulit 

  1. Kamu tentu pernah merasakan teriknya sinar matahari yang sampai membuat kulit terasa terbakar, bukan? 

    Sensasi seperti terbakar itu dikenal dengan istilah sunburn, dan salah satunya disebabkan oleh paparan sinar radiasi yang mengenai kulit. Selain memberikan sensasi terbakar pada kulit, sunburn juga dapat memicu tubuh merasa tidak nyaman dan kelelahan. 

    Beberapa upaya mencegah sunburn dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi air dalam jumlah cukup serta mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

2. Menjaga Kerataan Warna Kulit 

  1. Terlalu lama terkena paparan sinar matahari bisa menyebabkan warna kulit menjadi tidak rata. Warna kulit tidak merata merupakan kondisi yang sering dialami oleh sebagian orang. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk bekas noda jerawat atau bahkan flek yang muncul pada beberapa bagian wajah yang disebabkan oleh sinar UV.

    Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka para ahli dermatologi menyarankan agar selalu mengaplikasikan sunscreen pada wajah dan tubuh sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

3. Mencegah Kanker Kulit 

  1. Paparan sinar matahari di pagi hari memang kaya akan vitamin D yang sangat baik bagi tubuh, namun tidak dengan paparan sinar matahari di siang hari. Sebab dalam jangka panjang, hal ini dapat menjadi penyebab penyakit kanker kulit. 

    Menurut ahli dermatologi, kandungan dalam sunscreen dapat melapisi kulit agar tidak terpapar sinar UV (salah satu faktor penyebab kanker kulit). Oleh sebab itu, penting untuk mengaplikasikan sunscreen wajah dan kulit secara berkala.

4. Mengurangi Risiko Penuaan Dini 

  1. Warna kulit tidak merata hanyalah salah satu dari tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Tanda-tanda lainnya seperti kulit kering, munculnya garis halus pada wajah, dan munculnya flek, juga dipicu oleh paparan sinar matahari saat sedang beraktivitas di luar ruangan. 

  2. Ada banyak tanda munculnya penuaan dini pada kulit, antara lain: flek hitam, keriput, kulit yang mengendur, kulit kering, kulit kasar, dan yang lainnya. Semua ini tentu akan membuat penampilan kulit wajah menjadi buruk. 

    Pemilihan sunscreen dengan kandungan bahan aktif yang tepat seharusnya dapat mencegah paparan sinar ultraviolet hingga 98% dan mengurangi risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

5. Memberikan Perlindungan Pada Kulit Terhadap Sinar UV

  1. Pada dasarnya, sinar matahari memiliki banyak manfaat baik bagi kulit manusia. Namun di saat bersamaan, sinar matahari juga memancarkan sinar UV yang bisa memberi dampak buruk bagi kulit. Manfaat sunscreen yang pertama adalah melindungi kulit dari berbagai sinar UV tersebut.

    Ada 3 jenis sinar UV yang bisa memberikan dampak yang buruk pada kulit, antara lain: 

    • Sinar UVA

    Ini merupakan sinar UV dengan gelombang paling panjang, yakni berkisar 315-400 nm, sehingga bisa menembus berbagai lapisan. Sinar UVA dapat menimbulkan berbagai efek jangka panjang di kulit, seperti: menimbulkan keriput, mengurangi kekenyalan kulit, memperbesar risiko terjadinya penuaan diri, termasuk risiko kanker kulit. 

    • Sinar UVB

    Ini merupakan sinar UV dengan panjang gelombang sekitar 280-315 nm, dan tidak bisa menembus lapisan awal. Namun meski begitu, sinar UVB bisa memberi dampak buruk pada kesehatan kulit, seperti: membuat warna kulit lebih gelap, meningkatkan sensitivitas kulit, memicu inflamasi dan menimbulkan jerawat. 

    • Sinar UVC

    Ini adalah sinar UV dengan gelombang yang paling pendek, yakni sekitar 180-280 nm, dan sinar UV ini tidak berbahaya bagi kulit.  

6. Menjaga Kelembapan Kulit

Sunscreen pada umumnya dikombinasikan dengan berbagai bahan aktif seperti hyaluronic acid (HA), ascorbyl glucoside, dan airlicium. Hyaluronic acid memiliki sifat menarik cairan dengan kuat dibanding berat molekulnya, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit. 

Sementara itu ascorbyl glucoside atau asam askorbat merupakan turunan dari vitamin C yang tak hanya berfungsi menjaga kelembapan kulit melainkan juga dapat memberi efek cerah pada kulit. 

7. Meminimalisir Risiko Kanker Kulit

Paparan sinar matahari secara langsung yang berlebihan bisa saja menimbulkan sunburn. Ini merupakan masalah kulit yang timbul karena paparan sinar matahari yang terlalu sering terjadi. Kondisi ini sekaligus bisa menjadi petunjuk adanya kerusakan pada DNA.

Jika kerusakan pada DNA kulit ini terjadi secara konsisten dan terus-menerus, maka bisa saja berisiko menimbulkan berbagai masalah pada kulit, termasuk risiko kanker kulit. Namun kondisi kerusakan ini tentu dapat dicegah dengan penggunaan sunscreen secara rutin.

Baca Juga: Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari

Tips Memilih Sunscreen Wajah 

Agar dapat merasakan manfaat sunscreen tersebut, ada baiknya jika kamu memilih produk sunscreen yang cocok dengan kebutuhan kulit, terutama apabila hendak diaplikasikan pada wajah. Pasalnya, beberapa produk sunscreen wajah menggunakan bahan senyawa aktif yang sebenarnya berbahaya apabila digunakan dalam jangka panjang.

Nah, berikut ini merupakan beberapa tips memilih sunscreen wajah yang tepat.

1. Pastikan untuk Memeriksa Label 

  1. Pertama, pastikan untuk selalu mengecek dan membaca label. Hal tersebut penting untuk dilakukan guna memastikan bahwa bahan yang terkandung dalam produk sunscreen aman untuk diaplikasikan pada wajah. Pasalnya, kulit wajah bisa dikatakan jauh lebih sensitif ketimbang kulit badan. 

    Selain itu, memeriksa label juga penting untuk dilakukan lantaran beberapa produk sunscreen wajah terkadang mengandung pewangi (fragrance) dan alkohol yang sangat berbahaya, serta dapat memicu timbulnya jerawat dan berbagai permasalahan kulit lainnya. 

2. Kenali Istilah pada Kemasan 

  1. Kedua, hal yang wajib diperhatikan adalah penggunaan istilah pada kemasan sunscreen. Misalnya, UV-A, UV-B, dan SPF. 

    • Huruf A pada UV-A memiliki makna aging. Hal ini berarti sunscreen akan melindungi kulit dari sinar UV-A untuk mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini. 
    • Sementara huruf B pada UV-B memiliki makna burning, berarti produk sunscreen tersebut memberikan perlindungan pada kulit dari sinar UV-B yang dapat menyebabkan kulit terbakar. 
    • Terakhir, ada SPF (Sun Protection Factor) yang memberitahu berapa lama sunscreen dapat memberikan perlindungan pada kulit.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan 

  1. Terakhir, pastikan untuk selalu menyesuaikan sunscreen dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu. Misalnya, jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak, maka pastikan untuk memilih sunscreen wajah yang ringan agar memberi kesan finishing yang matte

    Sebaliknya, jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung kering maka pilihlah jenis sunscreen wajah yang mengandung bahan aktif untuk menjaga kelembapan kulit, seperti hyaluronic acid.

Bagaimana Cara Pakai Sunscreen yang Benar? 

loader

Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Nah, jika kamu sudah menemukan produk sunscreen yang tepat maka hal berikutnya yang harus dilakukan ialah memastikan bahwa kamu sudah memakai sunscreen dengan benar. 

Berikut ini adalah cara pakai sunscreen yang benar dan bisa memberikan manfaat maksimal pada kulit:

  • Cara pakai sunscreen yang benar adalah dengan menggunakan produk ini sebagai langkah terakhir dari skincare
  • Gunakan sunscreen setiap hari, meskipun sedang berada di dalam ruangan dan tidak terpapar sinar matahari langsung di siang hari. 
  • Saat pukul 10 pagi hingga 3 sore adalah waktu di mana sinar UV sedang kuat, pastikan untuk menggunakan sunscreen di jam-jam tersebut. 
  • Gunakan sunscreen pada kondisi yang berisiko terpapar sinar matahari lebih banyak, seperti: saat berenang, berada di kawasan gurun, pantai, dan yang lainnya. 
  • Pakailah sunscreen sekitar 20-30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Saat beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk memakai kembali sunscreen setiap 2 jam sekali. 
  • Jika memiliki kondisi kulit yang cenderung kering, gunakan sunscreen minimal 15 menit saat akan melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Kocoklah terlebih dahulu sunscreen sebelum dipakai, sehingga tidak ada partikel yang menggumpal.
  • Gunakan sunscreen dalam jumlah yang tepat, setidaknya sebanyak 2 ujung jari. Oleskan dengan mengikuti arah jarum jam, sambil dipijat perlahan pada kulit wajah. 

Sunscreen biasanya bisa ditemukan dalam beberapa kandungan SPF yang berbeda, yakni mulai dari SPF 15 hingga SPF 100. SPF merupakan singkatan dari Sun Protector Factor, ini merupakan ukuran standar perlindungan sunscreen pada kulit terhadap paparan sinar matahari. Setidaknya, gunakan sunscreen dengan SPF 30 untuk melindungi kulit. 

Perbedaan Sunscreen dengan Sunblock

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara sunscreen dengan sunblock yang perlu dipahami dengan baik:  

1. Sistem Kerja 

Sunscreen akan mengurangi serta menyerap sinar UV, lalu mengubah sinar UV tersebut menjadi energi panas. Sedangkan sunblock akan memantulkan sinar UV dari kulit, sehingga tidak sampai menembus kulit. 

2. Cara Pakai 

Sunscreen harus dioleskan dan meresap dengan baik pada kulit, sehingga bisa terserap dan bekerja dengan baik. Sedangkan sunblock harus dioleskan cukup tebal, agar bisa melindungi kulit secara fisik. 

3. Kandungan Bahannya

Sunscreen memiliki satu atau beberapa kandungan bahan aktif yang terjadi dari reaksi kimia, sehingga bisa menyerap sinar UV dan tidak meninggalkan residu pada kulit. Sedangkan sunblock memiliki kandungan bahan mineral yang akan menjadi penghambat sinar UV secara fisik, di mana kondisinya lebih kental dan sulit diterapkan pada kulit.

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Rekomendasi Produk Sunscreen Terbaik 

1. Azarine Hydra Soothe Sunscreen Gel SPF 45 c++

Produk ini memiliki kandungan SPF45++++ dan bertekstur gel, sehingga tidak meninggalkan whitecast pada permukaan kulit. Azarine memiliki banyak kandungan baik, seperti: green tea, royal jelly, aloe vera, dan yang lainnya. Selain bebas silikon, produk ini juga tidak memiliki kandungan alkohol dan juga parfum.

2. Wardah UV Shield SPF 50 PA ++++

Produk yang satu ini mengandung SPF50+/PA++++ dan mengandung bahan aktif bisabolol yang bisa menenangkan kulit saat terpapar sinar matahari. Selain tahan air dan juga keringat, produk ini diklaim menjadi yang paling sesuai untuk kulit Indonesia. Sunscreen keluaran wardah ini akan membuat aktivitas di luar ruangan menjadi lebih aman dan nyaman. 

3. Emina Sun Protection SPF 30

Ini salah satu sunscreen khusus remaja yang dijual dengan harga terjangkau di pasaran. Produk ini mengandung SPF 30 yang bisa memberikan perlindungan pada sinar UV. Kandungan aloe vera di dalamnya akan meremajakan kulit dan melindunginya saat terpapar sinar matahari.

4. Whitelab UV Shield Tank Sunscreen Gel SPF 50++ PA++++

Sunscreen yang memiliki kandungan SPF50++ PA ++++ ini cocok untuk kulit wajah yang sensitif. Produk ini mengandung banyak bahan baik, seperti: mugword, niacinamide, dan juga hyaluronic. Teksturnya yang berbentuk gel akan mudah meresap dan bisa melindungi wajah dari sinar UV dengan baik. 

5. Avoskin The Great Shield Sunscreen

Sunscreen yang satu ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa memberi perlindungan terhadap sinar UV. Produk ini juga memiliki kandungan niacinamide dan juga pegagan yang dapat memberikan nutrisi baik pada kulit. Selain itu, produk keluaran Avoskin ini juga bisa mengontrol minyak dengan baik, sehingga aman untuk kulit yang berjerawat. 

Pilih Sunscreen yang Tepat dan Gunakan Secara Teratur

Sunscreen merupakan produk skincare yang bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Saat ini, produk ini cukup banyak dijual di pasaran, tentunya lengkap dengan berbagai kelebihan. Pastikan untuk selalu memilih sunscreen yang tepat dan menggunakannya dengan teratur, agar kulit wajah bisa mendapatkan manfaat maksimalnya.

Baca Juga: Mau Kulit Lebih Sehat? Lakukan Tips Perawatan Berikut!