Sunscreen: Kegunaan, Tips Memilih, dan Cara Memakainya yang Benar

Penggunaan sunscreen dianggap sebagai hal yang penting. Kalau mengutip dari perkataan dan slogan para beauty vlogger, “percuma pakai skincare kalau tidak pakai sunscreen”. 

Nah, sebenarnya apa itu sunscreen? Apa kegunaan dan bagaimana cara memakainya? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Kulit Sehat dan Cantik, Ketahui 9 Hal Penggunaan Vitamin C dalam Perawatan Wajah

Apa itu Sunscreen

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Mengapa kulit perlu dilindungi dari paparan sinar matahari? Karena sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit dalam jangka panjang. 

Sering disamakan dengan sunblock, ternyata sunscreen dan sunblock memiliki perbedaan yang signifikan, lho! Perbedaan ini terletak pada cara kerja, tekstur, dan kandungan di dalamnya. 

 

Sunscreen

Sunblock

Kandungan

Mengandung senyawa kimia yang bersifat menyerap sinar matahari seperti oxybenzone dan avobenzone.

Umumnya mengandung senyawa titanium oksida dan seng oksida.

Tekstur

Ringan sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan secara merata. 

Lebih pekat sehingga terkadang sulit untuk diaplikasikan secara merata pada seluruh permukaan kulit. 

Cara Kerja

Melapisi kulit sebelum terpapar oleh sinar ultraviolet.

Menghalau dan memantulkan sinar ultraviolet.

Kegunaan Sunscreen

loader

Kegunaan Sunscreen

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, fungsi sunscreen yang paling utama adalah melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Namun selain fungsi tersebut, rupanya masih ada fungsi dan kegunaan sunscreen yang lain, seperti:

  1. Mencegah Sunburn pada Kulit 

    Kamu tentu pernah merasakan teriknya sinar matahari yang sampai membuat kulit terasa terbakar, bukan? 

    Sensasi seperti terbakar itu dikenal dengan istilah sunburn, dan salah satunya disebabkan oleh paparan sinar radiasi yang mengenai kulit. Selain memberikan sensasi terbakar pada kulit, sunburn juga dapat memicu tubuh merasa tidak nyaman dan kelelahan. 

    Beberapa upaya mencegah sunburn dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi air dalam jumlah cukup serta mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

  2. Menjaga Kerataan Warna Kulit 

    Terlalu lama terkena paparan sinar matahari bisa menyebabkan warna kulit menjadi tidak rata. 

    Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka para ahli dermatologi menyarankan agar selalu mengaplikasikan sunscreen pada wajah dan tubuh sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

  3. Mencegah Kanker Kulit 

    Paparan sinar matahari di pagi hari memang kaya akan vitamin D yang sangat baik bagi tubuh, namun tidak dengan paparan sinar matahari di siang hari. Sebab dalam jangka panjang, hal ini dapat menjadi penyebab penyakit kanker kulit. 

    Menurut ahli dermatologi, kandungan dalam sunscreen dapat melapisi kulit agar tidak terpapar sinar UV (salah satu faktor penyebab kanker kulit). Oleh sebab itu, penting untuk mengaplikasikan sunscreen wajah dan kulit secara berkala.

  4. Mengurangi Risiko Penuaan Dini 

    Warna kulit tidak merata hanyalah salah satu dari tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Tanda-tanda lainnya seperti kulit kering, munculnya garis halus pada wajah, dan munculnya flek, juga dipicu oleh paparan sinar matahari saat sedang beraktivitas di luar ruangan. 

    Pemilihan sunscreen dengan kandungan bahan aktif yang tepat seharusnya dapat mencegah paparan sinar ultraviolet hingga 98% dan mengurangi risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. 

  5. Menjaga Kelembapan Kulit

    Sunscreen pada umumnya dikombinasikan dengan berbagai bahan aktif seperti hyaluronic acid (HA), ascorbyl glucoside, dan airlicium. Hyaluronic acid memiliki sifat menarik cairan dengan kuat dibanding berat molekulnya, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit. 

    Sementara itu ascorbyl glucoside atau asam askorbat merupakan turunan dari vitamin C yang tak hanya berfungsi menjaga kelembapan kulit melainkan juga dapat memberi efek cerah pada kulit. 

Baca Juga: Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari

Tips Memilih Sunscreen Wajah 

Agar dapat merasakan manfaat sunscreen tersebut, ada baiknya jika kamu memilih produk sunscreen yang cocok dengan kebutuhan kulit, terutama apabila hendak diaplikasikan pada wajah. Pasalnya, beberapa produk sunscreen wajah menggunakan bahan senyawa aktif yang sebenarnya berbahaya apabila digunakan dalam jangka panjang.

Nah, berikut ini merupakan beberapa tips memilih sunscreen wajah yang tepat.

  1. Pastikan untuk Memeriksa Label 

    Pertama, pastikan untuk selalu mengecek dan membaca label. Hal tersebut penting untuk dilakukan guna memastikan bahwa bahan yang terkandung dalam produk sunscreen aman untuk diaplikasikan pada wajah. Pasalnya, kulit wajah bisa dikatakan jauh lebih sensitif ketimbang kulit badan. 

    Selain itu, memeriksa label juga penting untuk dilakukan lantaran beberapa produk sunscreen wajah terkadang mengandung pewangi (fragrance) dan alkohol yang sangat berbahaya, serta dapat memicu timbulnya jerawat dan berbagai permasalahan kulit lainnya. 

  2. Kenali Istilah pada Kemasan 

    Kedua, hal yang wajib diperhatikan adalah penggunaan istilah pada kemasan sunscreen. Misalnya, UV-A, UV-B, dan SPF. 

    • Huruf A pada UV-A memiliki makna aging. Hal ini berarti sunscreen akan melindungi kulit dari sinar UV-A untuk mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini. 
    • Sementara huruf B pada UV-B memiliki makna burning, berarti produk sunscreen tersebut memberikan perlindungan pada kulit dari sinar UV-B yang dapat menyebabkan kulit terbakar. 
    • Terakhir, ada SPF (Sun Protection Factor) yang memberitahu berapa lama sunscreen dapat memberikan perlindungan pada kulit.
  3. Sesuaikan dengan Kebutuhan 

    Terakhir, pastikan untuk selalu menyesuaikan sunscreen dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu. Misalnya, jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak, maka pastikan untuk memilih sunscreen wajah yang ringan agar memberi kesan finishing yang matte

    Sebaliknya, jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung kering maka pilihlah jenis sunscreen wajah yang mengandung bahan aktif untuk menjaga kelembapan kulit, seperti hyaluronic acid.

Cara Memakai Sunscreen yang Benar

loader

Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Nah, jika kamu sudah menemukan produk sunscreen yang tepat maka hal berikutnya yang harus dilakukan ialah memastikan bahwa kamu sudah memakai sunscreen dengan benar. 

Berikut ini merupakan beberapa cara memakai sunscreen yang benar dan perlu untuk diperhatikan.

  1. Pakai Secukupnya 

    Idealnya, banyaknya sunscreen wajah yang harus diaplikasikan adalah sebanyak 2 ruas jari. 

    Pemakaian sunscreen sebaiknya tidak diaplikasikan terlalu tipis karena hal ini akan menyebabkan perlindungan pada kulit menjadi kurang efektif. Namun penggunaan sunscreen wajah yang terlalu banyak juga tidak dianjurkan lantaran dapat menutup pori-pori kulit. 

  2. Aplikasikan secara Merata

    Kedua, pastikan agar selalu mengaplikasikan produk sunscreen secara merata pada seluruh permukaan wajah, dagu, leher, hingga bagian belakang leher. 

    Jika perlu, kamu juga dapat mengaplikasikan pada beberapa bagian tubuh lainnya yang mungkin terpapar oleh sinar matahari. Jangan khawatir, beberapa produk sunscreen wajah juga diformulasikan agar dapat digunakan di seluruh tubuh. 

  3. Reapply secara Berkala 

    Telah dijelaskan sebelumnya, kalau produk sunscreen memiliki SPF yang tertera pada kemasan dan melambangkan berapa lama waktu perlindungan yang dapat diberikan oleh produk tersebut. 

    1 SPF setara dengan perlindungan selama 15 menit, jadi kalau suatu produk sunscreen mengandung SPF 20 maka waktu perlindungan yang diberikan ialah selama 300 menit atau 5 jam. 

    Artinya, jika kamu beraktivitas di luar ruangan selama lebih dari 5 jam maka kamu harus melakukan reapply atau pengaplikasian kembali. Reapply produk sunscreen secara berkala akan memberikan perlindungan yang maksimal pada kulit.

  4. Beri Jeda Waktu 

    Sunscreen adalah produk yang bekerja dengan cara melapisi kulit sebelum terpapar oleh sinar matahari. Proses “melapisi kulit” ini tidak terjadi secara instan, melainkan membutuhkan waktu selama beberapa menit.

    Oleh sebab itu, jangan keburu keluar ruangan setelah menggunakan sunscreen. Pastikan untuk menunggu sekitar 15 hingga 30 menit agar sunscreen dapat bekerja secara maksimal dan melapisi kulit sebelum terpapar oleh sinar matahari. 

  5. Pastikan untuk Double Cleansing 

    Meskipun produk sunscreen wajah memiliki tekstur yang lebih ringan dibanding sunblock, namun sunscreen tetap memiliki tekstur yang lebih pekat bila dibandingkan dengan berbagai macam produk perawatan kulit lainnya. Seperti, toner. 

    Oleh sebab itu, penting untuk selalu melakukan double cleansing setiap hari dengan menggunakan cleansing oil maupun cleansing balm guna mencegah pori-pori tersumbat oleh sisa-sisa produk sunscreen

Baca Juga: Mau Kulit Lebih Sehat? Lakukan Tips Perawatan Berikut!