Super Tetra: Deskripsi, Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

Berbeda dengan masalah kesehatan pada umumnya, infeksi bakteri perlu ditangani dengan pemberian obat khusus agar bisa disembuhkan. Jika sampai salah penanganan, penyakit yang disebabkan oleh infeksi tersebut bisa membahayakan nyawa penderitanya. Di samping itu, saat pemberian obat dihentikan padahal infeksi belum sepenuhnya hilang, bakteri bisa mendapatkan resistensi terhadap obat dan semakin sulit ditangani. 

Jenis obat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan akibat infeksi bakteri pun cukup beragam. Salah satu contohnya adalah Super Tetra, obat jenis antibiotik yang memiliki manfaat mengobati beragam penyakit karena infeksi bakteri. 

Hanya saja, penggunaan obat ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter karena termasuk sebagai obat resep. Selain itu, Super Tetra juga diketahui mampu memicu interaksi antar obat dan efek samping sehingga penggunaannya harus diperhatikan dengan baik. Nah, agar mampu mendapatkan manfaat Super Tetra dengan optimal tanpa takut mengalami risiko efek samping, simak penjelasan tentang deskripsi, aturan pakai dan dosis, hingga interaksi antar obat dan efek sampingnya berikut ini.

Baca Juga: Antibiotik: Pengertian, Jenis, Manfaat, serta Efek Sampingnya bagi Tubuh

Deskripsi Obat Super Tetra

loader

Obat Super Tetra

Termasuk dalam golongan antibiotik, Super Tetra adalah jenis obat yang berguna untuk mengatasi beragam penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Beberapa contoh masalah kesehatan yang bisa ditangani oleh obat ini adalah brucellosis, jerawat tingkat berat, sifilis, gonore, infeksi pada saluran kemih, hingga klamidia. Namun, pahami jika obat ini hanya boleh digunakan untuk menangani infeksi bakteri, bukan virus. 

Super Tetra memiliki kandungan bahan aktif berupa tetracycline. Antibiotik tersebut memiliki cara kerja menghambat dan menghentikan pertumbuhan dari bakteri. Dengan begitu, sistem imun tubuh lebih mampu untuk menangani infeksi. 

Obat ini tersedia dengan bentuk kapsul yang lunak dan dikemas pada box isi 20 strip. Pada setiap 1 kapsul obat Super Tetra, terdapat kandungan 250mg tetracycline, dan boleh dikonsumsi oleh pasien orang dewasa saja.

Terkait penggunaannya pada ibu hamil serta menyusui, obat ini termasuk ke dalam kategori D. Artinya, terdapat bukti jika kandungan di dalam obat tersebut berisiko pada janin manusia. Hanya saja, penggunaannya tetap boleh dilakukan asalkan manfaat yang diberikan jauh lebih besar ketimbang risikonya, seperti, untuk menangani situasi darurat yang bisa mengancam nyawa pasien. 

Sementara pada ibu menyusui, kandungan dari Super Tetra mampu terserap pada ASI. Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini guna mengetahui dampaknya terhadap ASI dan bayi. 

Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Menggunakan Super Tetra

Super Tetra adalah jenis obat yang ampuh digunakan untuk menangani masalah kesehatan akibat infeksi bakteri. Namun, pemakaian obat tersebut harus diperhatikan dengan baik karena bisa memicu efek samping dan risiko lainnya bagi penggunanya. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, simak beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat tersebut berikut ini. 

  • Hindari menggunakan obat ini jika kamu mempunyai riwayat alergi pada kandungan dari Super Tetra ataupun obat dari jenis tetracycline lain, misalnya, doxycycline. 
  • Jangan memberikan obat ini kepada anak dengan usia kurang dari 12 tahun.
  • Informasikan pada dokter jika kamu sedang menderita penyakit liver, penyakit ginjal, myasthenia gravis, lupus, hernia hiatus, asam lambung, maupun kesulitan menelan atau disfagia.
  • Informasikan pada dokter jika berencana untuk menjalani vaksinasi menggunakan vaksin hidup, misalnya, vaksin tifoid, ketika sedang menjalani pengobatan menggunakan Super Tetra. Hal ini dikarenakan penggunaan obat ini mampu menurunkan efektivitas dari vaksin tersebut. 
  • Penggunaan obat ini mampu memicu peningkatan sensitivitas kulit terhadap cahaya. Karenanya, hindari terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari selama melakukan pengobatan menggunakan obat ini, dan gunakan tabir surya ketika berkegiatan di luar rumah. 
  • Jangan berkendara, mengoperasikan mesin berat, atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi pasca menggunakan obat ini karena mampu menyebabkan pusing. 
  • Informasikan pada dokter jika mengonsumsi obat ini ketika akan melakukan tindakan operasi, baik itu operasi gigi sekalipun.
  • Informasikan pada dokter jika kamu sedang menyusui, hamil, ataupun tengah berencana mengambil program kehamilan sebelum menggunakan obat ini. Hal ini dikarenakan penggunaan Super Tetra berisiko membahayakan janin serta menimbulkan perubahan pada warna gigi bayi secara permanen.
  • Minta anjuran dokter terkait alat kontrasepsi yang ampuh digunakan untuk mencegah kehamilan selama menggunakan obat ini.
  • Informasikan pada dokter jika kamu tengah aktif menggunakan obat jenis lain sebelum mengonsumsi Super Tetra, termasuk produk herbal dan suplemen, guna meminimalkan risiko interaksi antar obat yang berbahaya.

Baca Juga: Gunakan Obat Cendo Xitrol dengan Tepat untuk Mengatasi Infeksi Mata Akibat Bakteri

Aturan Pakai dan Dosis Super Tetra

loader

Dosis Super Tetra

Dosis penggunaan obat ini untuk menangani penyakit akibat infeksi bakteri pada pasien dewasa ialah 1 kapsul dan diminum sebanyak 3 sampai 4 kali per hari. Dosis tersebut diresepkan dokter dan bisa diubah dengan menyesuaikan usia, jenis penyakit, dan kondisi kesehatan pasien. 

Cara Tepat Menggunakan Super Tetra

  • Selalu ikuti anjuran dokter dan aturan pemakaian yang tertera pada kemasan sebelum menggunakan obat ini. 
  • Jangan pernah mengubah waktu atau dosis penggunaan, maupun menghentikan pemakaian obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tak berisiko memicu penyakit kembali kambuh atau meningkatkan resistensi bakteri. 
  • Obat ini dianjurkan untuk dikonsumsi ketika perut sedang kosong. Idealnya, obat Super Tetra diminum satu jam sebelum makan atau 1 hingga 2 jam sesudah makan. Pastikan untuk mengonsumsi kapsul obat ini secara utuh dengan segelas air. 
  • Sesudah mengonsumsi obat ini, jangan berbaring atau terlentang paling tidak 10 menit. Apabila perut terasa tak nyaman pasca meminum obat ini, pengguna bisa mengonsumsinya dengan makanan. 
  • Selain itu, tetap gunakan obat ini hingga habis sesuai ketentuan dari dokter walaupun keluhan telah mereda atau tidak terasa sekalipun. Tujuannya agar infeksi bakteri tidak kambuh dan mampu sembuh dengan sempurna. 
  • Simpan obat ini di tempat kering serta terhindar dari cahaya matahari langsung. Tempatkan pula obat ini di lokasi yang tidak bisa dijangkau oleh hewan peliharaan ataupun anak-anak. 

Interaksi Super Tetra saat Dikonsumsi Bersama Obat Lain

Super Tetra adalah obat dengan kandungan utama tetracycline. Hal ini membuat produk tersebut mampu menyebabkan sejumlah interaksi saat dikonsumsi bersama dengan jenis obat lain, seperti:

  • Meningkatkan risiko kenaikan tekanan pada rongga kepala atau tekanan intrakranial saat digunakan bersama retinoid sistemik, misalnya isotretinoin.
  • Meningkatkan risiko perdarahan saat digunakan bersama obat pengencer darah atau anti koagulan.
  • Meningkatkan risiko hipoglikemia saat digunakan bersama obat anti diabetes.
  • Meningkatkan risiko kerusakan ginjal saat digunakan bersama obat diuretik.
  • Menurunkan efektivitas dari pil KB.
  • Menurunkan efektivitas dari Super Tetra saat digunakan dengan obat anti konvulsan atau rifampicin. 

Tidak hanya itu, agar penyerapan tetracycline tidak terganggu, minum Super Tetra paling tidak 2 hingga 3 jam menjelang maupun setelah menggunakan obat atau produk dengan kandungan aluminium, kalsium, magnesium, zat besi, zinc. Hal ini termasuk juga saat kamu mengonsumsi produk susu, antasida, sukralfat, bismuth, atau subsalicylate. 

Efek Samping Super Tetra

Penggunaan obat ini mampu memicu beberapa efek samping ringan, antara lain:

  • Meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.
  • Pusing atau sakit kepala.
  • Muntah dan mual.
  • Diare.
  • Lidah terlihat menghitam dan berbulu.
  • Sakit perut, khususnya di bagian ulu hati.
  • Pembengkakan di bagian genital atau dubur.
  • Gatal di bagian vagina serta keputihan.

Segera periksakan diri dengan dokter saat gejala efek samping tersebut tak kunjung hilang atau bertambah parah. Lakukan hal serupa jika muncul gejala alergi obat maupun efek samping yang lebih serius, seperti:

  • Warna gigi dan kuku berubah.
  • Terasa nyeri dan sulit ketika menelan.
  • Gejala infeksi lain, misalnya, demam, menggigil, dan radang tenggorokan.
  • Mudah memar atau mengalami perdarahan.
  • Jumlah urine menurun.
  • Nyeri hebat pada perut.
  • Penyakit kuning.

Atasi Infeksi Bakteri Hingga Tuntas dengan Super Tetra

Itulah penjelasan mengenai khasiat Super Tetra, dosis, dan efek sampingnya. Berguna untuk mengatasi penyakit tertentu akibat infeksi bakteri, penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter. Dengan begitu, infeksi bakteri bisa diatasi hingga tuntas dan tak berisiko memicu kambuh atau resistensi terhadap obat tersebut. 

Baca Juga: Amoxicillin, Obat Jenis Antibiotik untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Akibat Infeksi Bakteri