Tableau: Fungsi, Keunggulan, dan Pilihan Produknya

Tableau menjadi tools yang terbilang sangat populer di kalangan pekerja yang menangani berbagai data di dalam pekerjaannya. Perangkat yang satu ini bahkan dianggap sebagai salah satu yang paling bisa diandalkan dalam pengolahan data, sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat.

Pada dasarnya, memahami data seringkali menjadi pekerjaan yang sulit bagi kebanyakan orang. Jumlah data yang begitu banyak juga kerap mempersulit pekerjaan dan membuat penyelesaiannya menjadi lebih lambat. Tableau adalah perangkat yang bisa diandalkan untuk mengatasi hal-hal tersebut dengan baik. 

Tableau dashboard in merupakan perangkat yang akan membuat pengolahan data menjadi lebih sederhana. Hal ini akan membuat orang-orang lebih mudah untuk memahami, terutama mereka yang berkepentingan dengan data tersebut. Manfaatnya yang besar membuat Tableau online menjadi begitu populer.

Dalam urusan pengolahan data ini, Google Data Studio vs Tableau bahkan kerap dibandingkan antara satu dengan yang lainnya. selain itu, Power BI vs Tableau juga sering dibandingkan kinerjanya oleh para pengguna perangkat jenis ini ketika bekerja. 

Baca Juga: Sistem ERP dalam Bisnis: Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Mengenal lebih dekat Tableau

loader

Logo Tableau

Tableau adalah satu diantara banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah dan menyederhanakan data. Sama seperti jenis aplikasi lainnya, kinerja aplikasi yang satu ini juga kerap dibandingkan dengan yang lainnya, seperti Power BI vs Tableau atau bahkan Google Data Studio vs Tableau .

Jika merujuk pada Interworks, Tableau merupakan perangkat yang bisa membuat proses analisis visual interaktif menjadi lebih mudah dengan bentuk dashboard

Sedangkan dari Techtarget, Tableau merupakan perangkat yang bisa mendukung proses visualisasi data dengan cara kolaboratif untuk pekerja yang melakukan analisis terhadap informasi bisnis. 

Berdasarkan kedua penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa Tableau adalah perangkat yang dapat mengolah data menjadi bentuk visual yang menarik, sehingga data-data tersebut bisa menjadi lebih mudah untuk dipahami. 

Pada umumnya, pekerja akan menggunakan Tableau online untuk membuat visualisasi data dan membuat pola analisis menjadi lebih sederhana. Jadi tidak mengherankan jika pada akhirnya perangkat yang satu ini cukup banyak dimanfaatkan dan sekaligus menjadi andalan para Business Intelligence. 

Namun selain Tableau , sejumlah perangkat lainnya juga muncul dan cukup diminati oleh para pekerja, sebut saja Power BI dan juga Google Data Studio yang cukup populer. Para pekerja kerap membandingkan Power BI vs Tableau dan juga Google Data Studio vs Tableau untuk mendapatkan aplikasi yang paling handal. 

Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, Tableau online kerap dianggap lebih mumpuni, sebab aplikasi ini memiliki fitur yang memadai, antara lain: Tableau dashboard in , ad hoc analysis and queries, pencarian BI, pemrosesan analitik online, dan yang lainnya. 

Tableau dashboard in dan juga worksheet akan memungkinkan para pengguna berkolaborasi dengan tim, di mana semua anggota tim bisa melihat dashboard tersebut secara online. Hal ini tentu akan mempermudah dan mempercepat penanganan tugas atau proyek yang sedang dikerjakan. 

Visualisasi data yang mudah dipahami akan membuat semua anggota tim dan orang-orang yang berkepentingan dengan data tersebut menjadi lebih cepat paham dan menyelesaikan pekerjaan mereka. 

Mengambil kesimpulan analisis bisnis juga menjadi lebih mudah dengan Tableau , sehingga pengambilan keputusan di dalam bisnis juga menjadi lebih cepat dan akurat ketika bekerja menggunakan Tableau dashboard in.

Baca Juga: Active Fund dan Passive Fund, Apa Perbedaannya?

Fungsi Tableau

Tableau adalah aplikasi yang mumpuni dan cukup banyak digunakan oleh para pekerja yang berhubungan dengan data. Aplikasi ini memang memiliki banyak fungsi sekaligus, sehingga pekerjaan bisa lebih mudah untuk diselesaikan. 

Berikut ini adalah beberapa fungsi Tableau yang bisa dimanfaatkan oleh para pekerja yang menggunakannya: 

  • Menerjemahkan data ke dalam bentuk visual yang mudah dipahami.
  • Mengelola metadata .
  • Mengimpor data dalam berbagai ukuran.
  • Membuat visualisasi data yang simpel tanpa menggunakan coding .

Di dalam prakteknya, Tableau online memang cukup mudah unuk dipahami. Hal ini membuat aplikasi ini tidak hanya populer dan digunakan oleh para pebisnis saja, namun bisa digunakan oleh siapapun yang membutuhkannya. 

Kenyataan tersebutlah yang pada akhirnya membuat aplikasi ini lebih unggul jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya. Meski sebagian orang kerap membandingkan Power BI vs Tableau dan juga Google Data Studio vs Tableau , namun Tableau masih dianggap sebagai yang paling praktis untuk digunakan dan dipahami. 

Keunggulan Tableau

Tableau adalah aplikasi populer yang bisa diandalkan untuk membuat visualisasi data menjadi lebih sederhana. Jika dibandingkan Power BI vs Tableau atau Google Data Studio vs Tableau , maka Tableau memang memiliki lebih banyak kelebihan, jadi wajar saja jika aplikasi ini memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan Tableau yang bisa dimanfaatkan saat bekerja: 

  1. Pilihan Visualnya Interaktif

    Keunggulan pertama dari aplikasi ini adalah berbagai pilihan visualnya begitu menarik dan cukup interaktif bagi pengguna. Jika aplikasi lainnya hanya bisa dimanfaatkan untuk desain grafik maupun visualisasi statis saja, maka Tableau justru sebaliknya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat grafik yang bergerak sekalipun. 

  2. Mudah digunakan 

    Tidak masalah jika pengguna aplikasi ini tidak menguasai bahasa pemrograman sekalipun. Tableau online adalah aplikasi yang user friendly dan begitu mudah untuk digunakan. Pekerja ataupun pebisnis yang tidak menguasai coding sekalipun bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah dan cepat. 

  3. Mampu Mengolah Banyak Sumber Data Sekaligus 

    Tableau dashboard in didesain dengan sedemikian rupa, sehingga mampu mengolah banyak sumber data sekaligus di waktu bersamaan. Ini akan menjadi aplikasi yang tepat bagi pekerja yang membutuhkan penggabungan banyak data dari berbagai sumber yang berbeda, seperti: cloud, big data, spreadsheet , dan yang lainnya. 

  4. Dashboard mobile yang mudah digunakan 

    Melakukan pengolahan data dengan menggunakan perangkat komputer maupun laptop tentu sudah menjadi hal yang biasa. Namun ketika menggunakan Tableau , pengguna bisa melakukan pengolahan data dengan menggunakan perangkat mobile yang lebih praktis, seperti smartphone dan juga tablet. Hal ini akan mempermudah menyelesaikan pekerjaan. 

  5. Terintegrasi Pada Bahasa Skrip 

    Pengolahan data yang rumit juga tidak menjadi masalah jika menggunakan Tableua , sebab aplikasi ini bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Tableau memungkinkan pengguna mengintegrasikan data pada R dan juga Phyton , sehingga pengolahan data bisa berjalan dengan lancar. 

Produk-Produk Tableau

Tableau menawarkan beberapa produk yang bisa digunakan untuk analisis dan juga visualisasi data, antara lain: 

  1. Tableau Desktop

    Produk ini memiliki beberapa fungsi yang berbeda sekaligus, antara lain: mengeksplor, menghubungkan dan juga menganalisis data. Bukan hanya itu saja, pengguna juga bisa memanfaatkan produk yang satu ini untuk menyusun laporan, dashboard, maupun storyboard.

  2. Tableau Online

    Produk yang satu ini merupakan software as a service (SaaS) yang pada umumnya sering dipakai oleh perusahaan, sebab dianggap mempermudah proses kolaborasi ketika digunakan. 

  3. Tableau Server

    Produk ini memungkinkan perusahaan untuk membagikan berbagai laporan, dashboard , dan juga berbagai sumber data kepada seluruh karyawan. Bukan hanya itu saja, produk ini juga akan mempermudah perusahaan skala besar dalam berbagai urusan, seperti: penyediaan sistem keamanan, tata kelola data, skalabilitas pekerjaan, dan yang lainnya. 

  4. Tableau Mobile

    Ini merupakan produk tableau yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh para pengguna melalui smartphone , iPhone, dan berbagai perangkat mobile lainnya. Produk ini akan mempermudah pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan, bahkan ketika tidak sedang terhubung dengan perangkat komputer maupun laptop. 

  5. Tableau Public

    Ini merupakan produk gratis yang dikeluarkan oleh Tableau dan menjadi salah satu yang paling populer. Produk ini biasanya digunakan oleh para jurnalis maupun blogger yang memiliki kepentingan untuk melakukan analisis data publik maupun data pribadi. 

  6. Vizable

    Ini merupakan aplikasi gratis yang bisa diakses melalui iPad dan dapat digunakan untuk menganalisis berbagai data, baik itu untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan bisnis. 

Tableau Mempermudah Visualisasi Data 

Menggunakan perangkat online dalam mengolah merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para pekerja. Di antara banyak perangkat, Tableau merupakan salah satu yang paling banyak digunakan. Bukan hanya mudah dan simpel, aplikasi yang satu ini juga akan membuat visualisasi data bisa berjalan dengan cepat, sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah diselesaikan.

Baca Juga: Facebook Business Manager: Fungsi, Keunggulan, Cara Membuat dan Mengelolanya