Tak Perlu Takut Telat, Sekarang Bayar BPJS Kesehatan Bisa Lewat Online, Lho

Seiring dengan perkembangan zaman, manusia telah dimudahkan dengan kehadiran teknologi yang semakin pesat kemajuannya. Di berbagai sektor kehidupan, teknologi pun telah menjadi pilar utama yang bisa dijadikan acuan untuk beraktivitas. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita menjadi ‘melek’ teknologi agar tak tertinggal. 

Nah, salah satu inovasi teknologi modern yang perlu diapresiasi kehadirannya adalah ketersediaan transaksi digital. Tak hanya soal transfer atau menyimpan uang, inovasi ini juga memudahkan kita melakukan transaksi pembayaran tagihan secara praktis dan anti ribet. Tak terkecuali dengan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan.

Sesuai dengan namanya, BPJS Kesehatan adalah salah satu program pemerintah yang bergerak di bidang kesehatan. Kehadirannya dirasa mampu memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat. Dengan menggunakan jaminan kesehatan ini, akan ada bantuan yang diberikan pemerintah. Baik dari segi penanganan maupun perawatan bagi yang sakit. 

Seperti asuransi pada umumnya, selaku penjamin kesehatan, BPJS pun mewajibkan para penggunanya untuk membayar iuran setiap bulannya. Besar nominal yang harus dibayar pun bervariasi, bergantung pada kelas yang dipilih. Mulai dari kelas 1 sebesar Rp150.000, kelas 2 sebesar Rp100.000, dan kelas 3 sebesar Rp42.000.

Namun, mulai 1 Januari 2021, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp7.000 untuk pelayanan kelas 3. Sehingga iuran yang perlu dibayarkan hanya Rp35.000 saja.

Perbedaan Fasilitas BPJS Kelas 1-3

loader

Faskes BPJS

Masing-masing kelas dibedakan berdasarkan jenis kamar rawat inap dan fasilitasnya. Meskipun begitu, kualitas pelayanan yang diberikan dipastikan sama baiknya. 

Jika masih ragu, mungkin kamu perlu mengetahui tips memilih faskes dan berbagai manfaat BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Ingin Pindah Fasilitas Kesehatan di BPJS Kesehatan? Ini Caranya

Manfaat BPJS Kesehatan

Ketika berbicara mengenai kesehatan, tentu kita akan setuju bahwa itu merupakan hal yang sangat serius. Bahkan, pepatah mengatakan bahwa kesehatan itu mahal harganya. Untuk itu, banyak orang berlomba-lomba menyiapkan berbagai hal yang bisa menolong mereka saat sedang memiliki masalah di bidang kesehatan. Salah satunya dengan menyiapkan asuransi. 

 Untuk itu, pemerintah telah menawarkan pada masyarakat sebuah program bertajuk BPJS Kesehatan yang bisa digunakan sebagai pengganti asuransi kesehatan. Kehadirannya dipercaya memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Pembayaran Premi yang Murah

    Ketika jatuh sakit, seseorang pasti memerlukan biaya yang tak sedikit untuk berobat. Namun, dengan menggunakan BPJS Kesehatan, akan ada kemudahan dan biaya yang cukup ringan, lho.

    Dengan membayar iuran setiap bulan, kamu sudah bisa menikmati pelayanan kesehatan yang ditawarkan rumah sakit. Apalagi premi yang dibayar setiap bulan bisa dikatakan cukup murah. Coba saja bandingkan dengan asuransi kesehatan lain, tentu perbedaan nominalnya sangat jauh, bukan?

  • Berlaku Seumur Hidup

    Keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan para peserta BPJS Kesehatan adalah jaminan kesehatan yang berlaku seumur hidup. Artinya, layanan kesehatan bisa didapatkan sejak mendaftar hingga akhir hayat (selama masih dinyatakan aktif sebagai peserta). 

  • Meng-Cover Banyak Penyakit

    Nah, keuntungan yang satu ini sangat perlu dijadikan alasan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS. Pasalnya, hampir semua penyakit ter-cover oleh BPJS. Apalagi penyakit yang bersifat kronis seperti hipertensi, diabetes melitus, kardiovaskular, stroke, dan lain sebagainya. Hal ini tentu sangat menguntungkan. 

    Namun, yang perlu diingat adalah BPJS Kesehatan tak akan meng-cover biaya perawatan serta penanganan kesehatan yang bertujuan untuk estetika, kecantikan, alternatif, serta komplementer. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, kamu bisa membaca Peraturan Menteri Kesehatan no. 28 tahun 2014. 

  • Akses Pelayanan yang Mudah

    Sebagai salah satu program yang dicanangkan pemerintah, pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan pun bersifat nasional. Artinya, seluruh Indonesia dapat merasakan kemudahan yang diberikan oleh jaminan kesehatan yang satu ini. 

    Sebagai peserta BPJS Kesehatan, kamu bisa memilih penyedia layanan kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal, tentunya yang bekerjasama dan terdaftar sebagai faskes BPJS Kesehatan, ya. 

    Hal ini akan sangat memudahkanmu jika sewaktu-waktu jatuh sakit dan memerlukan penanganan kesehatan yang cepat. 

    Jika memerlukan pelayanan lanjutan yang lebih lengkap dan memadai, pihak faskes 1 akan memberikan surat rujukan yang ditujukan untuk rumah sakit pilihanmu. Mudah, kan?

Keuntungan Membayar BPJS Secara Online

Nah, melihat banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, sudah sepantasnya kamu harus rutin dan tepat waktu dalam membayar iurannya. Hal ini perlu dilakukan agar bisa menjamin kelancaran dan keberlangsungan program ini. Apalagi saat ini pembayaran tagihan BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online. 

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak membayar iuran, kan? Apalagi ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika membayar iuran BPJS secara online, seperti:

  • Efisiensi Waktu

    Dengan tersedianya layanan pembayaran secara online, kamu bisa menghemat waktu karena bisa melakukan pembayaran kapanpun dan di manapun. Sehingga kamu tetap bisa melakukan pekerjaan atau aktivitas lain tanpa takut telat atau terlambat membayar iuran. Apalagi di era pandemi seperti ini, sangat dianjurkan untuk mengurangi mobilitas, kan?

  • Rincian Tagihan Tercatat Rapi

    Ketika melakukan pembayaran secara online, laporan pembayaran secara rinci bisa didapatkan melalui gawai yang kamu gunakan. Jadi, banyaknya pengeluaran bisa dicatat di buku keuangan pribadi. Ini tentu bisa membuat perasaan menjadi lega karena semua terekam dan tercatat dengan jelas. 

Baca Juga: Sanksi Bagi Penunggak Iuran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, Catat Nih