Mengenal Teh Daun Jati Cina Beserta Manfaatnya

Teh daun jati cina atau dikenal juga dengan nama teh jati cina adalah jenis teh yang berasal dari daun tanaman jati cina (Senna alexandrina). Teh ini memiliki keunikan dan manfaat yang berbeda dari jenis teh lainnya. Bahkan, manfaat yang dimiliki teh jati cina ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Nah, agar mengetahui manfaat dari teh jati cina lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: 15 Daftar Makanan Diet Murah dan Ramah di Kantong

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Mengenal Teh Daun Jati Cina

loader

Teh Jati Cina

Teh Daun Jati cina atau biasa dikenal dengan teh jati cina adalah tanaman yang mengeluarkan bunga dan termasuk dalam kelompok tanaman kacang-kacangan. Tanaman yang mempunyai bagian lengkap mulai dari bunga, daun, hingga buah merupakan tanaman yang bisa hidup dengan baik dan subur di negara beriklim tropis. Biasanya, teh jati cina dikenal dapat melancarkan sembelit maupun digunakan untuk diet.

Lalu, bagaimana teh jati cina bisa dijadikan obat untuk diet maupun manfaat kesehatan lainnya? Caranya adalah dengan mengambil ekstrak dari teh jati cina atau mengeringkan daun teh jati cina untuk bisa diseduh sama seperti kita membuat teh pada umumnya.

Sekarang ini, teh jati cina sudah mudah ditemukan baik dalam bentuk bubuk atau serbuk maupun teh celup. Umumnya, masyarakat percaya bahwa ekstrak maupun daun dari teh jati cina yang dijadikan teh dipercaya untuk digunakan sebagai obat herbal secara tradisional dan tentunya bermanfaat untuk obat pencahar maupun stimulan.

Manfaat Teh Daun Jati Cina Bagi Kesehatan

loader

Teh Daun Jati Cina

Teh jati cina memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan tentunya banyak masyarakat yang mencari tanaman ini. Berikut merupakan beberapa manfaat dari teh jati cina yang berguna untuk kesehatan tubuh.

  1. Menurunkan Berat Badan

    Salah satu kegunaan teh jati cina yang paling terkenal adalah mengatasi diet atau bisa untuk menurunkan berat badan. teh jati cina dapat menurunkan berat badan tubuh karena mempunyai kandungan serat yang bisa menyerap lemak maupun kolesterol di dalam tubuh kita. Namun, ada baiknya kamu menggunakan teh jati cina sesuai dengan anjuran dokter untuk diet untuk mencegah adanya efek samping atau bahkan fatal bagi tubuh. Jangan juga menggunakan teh jati cina disaat kamu sedang diet ketat. Di samping itu, tetap lebih baik jika kamu melakukan diet dengan olahraga teratur dan memiliki pola makan yang sehat.

  2. Mengatasi Sembelit

    Teh jati cina dapat mengatasi sembelit. Sembelit merupakan kejadian ketika kita merasa kesulitan saat membuang air besar. Mengapa teh jati cina bisa membantu mengatasi sembelit? Karena teh jati cina mengandung senyawa senosida yang bisa melancarkan buang air besar (BAB) dan memancing gerakan usus supaya feses bisa bergerak keluar dengan murah. Tidak hanya memperlancar, teh jati cina bisa meningkatkan kadar air di feses dan bisa menjadi obat pencahar alami.

  3. Mengatasi Perut Kembung

    Selain mengatasi sembelit, teh jati cina juga dikenal untuk mengatasi perut kembung maupun kram perut. Bagaimana bisa? Hal ini terjadi dikarenakan teh jati cina mempunyai kandungan asam yang bisa membuat gas yang tertahan di dalam perut bisa keluar dan membuat perut menjadi lebih lega.

  4. Mengurangi Gejala Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)

    teh jati cina merupakan tanaman yang bersifat laksatif. Salah satu cara untuk mengurangi gejala IBS atau Iritasi Usus Besar ini dengan mengkonsumsi teh jati cina karena dipercaya dapat membantu memperlancar buang air besar (BAB) dan mengurangi gejala susah buang air besar (BAB) yang biasanya menjadi gejala utama dari Iritasi Usus Besar (IBS).

  5. Mengobati Penyakit Asam Urat

    Teh jati cina juga bisa menjadi obat dari penyakit asam urat apabila dikonsumsi bersamaan dengan daun jati belanda, teh hijau, dan daun tempuyung. Dengan mengkonsumsi 4 macam tersebut maka dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh. Mengapa bisa? Hal ini dikarenakan teh jati cina mempunyai kandungan senyawa polifenol yang bisa menghambat enzim xanthine oxidase di mana enzim ini berperan di dalam pembentukan asam urat di dalam tubuh.

  6. Sumber Antioksidan

    Teh jati cina dapat memberikan asupan antioksidan ke dalam tubuh. Antioksidan sendiri berguna untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Efek radikal bebas ini berbahaya bagi tubuh karena bisa menimbulkan beberapa penyakit. Selain itu, antioksidan juga membantu tubuh bisa lebih sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit.

  7. Mencegah Penyakit Wasir

    Wasir merupakan penyakit yang terjadi karena kita kesulitan saat membuang air besar dan bisa menyebabkan bengkak di pembuluh darah sekitar anus. Maka dari itu, orang-orang yang mengalami penyakit wasir biasanya merasakan nyeri dan tidak nyaman di area anus. Biasanya, orang yang terkena penyakit wasir akan mengkonsumsi teh jati cina untuk mengencerkan feses dan membantu orang tersebut untuk melancarkan buang air besarnya (BAB). Selain itu, dengan mengkonsumsi teh jati cina bisa membuat orang untuk tidak mengejan terlalu keras dan mengurangi resiko penyakit wasir.

  8. Membantu Persiapan Kolonoskopi

    Kolonoskopi adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk cek kesehatan dari usus besar maupun rektum. Biasanya sebelum tindakan dokter akan memastikan kalau usus besar sudah terbebas dari feses maupun kotoran lainnya. Lalu, apa kegunaan teh jati cina? teh jati cina berguna untuk membantu membersihkan usus dari kotoran-kotoran yang ada karena teh jati cina mempunyai sifat laksatif. Tentu, dengan adanya teh jati cina akan membantu tindakan kolonoskopi ini menjadi lancar.

  9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Teh jati cina dikenal juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh melalui meningkatkan produksi sel darah putih pada tubuh kita. Nantinya, sel darah putih ini dapat berguna untuk melawan segala macam bakteri maupun virus yang bisa menyebabkan fisik kita menjadi terkena penyakit. Selain itu, teh jati cina bisa memberhentikan perkembangan bakteri jahat karena memiliki sifat antibakteri. Tentu, dengan meminum teh jati cina dapat membuat perlindungan tubuh yang kuat.

  10. Mengobati Penyakit Diabetes

    Diabetes merupakan penyakit yang timbul karena tingginya kadar gula di dalam darah. Teh jati cina bisa menjadi obat herbal alami untuk mengontrol kadar gula di dalam darah serta mengobati penyakit diabetes.

  11. Mengobati Hipertensi

    Teh jati cina juga bisa mengobati penyakit hipertensi yang merupakan tingginya tekanan darah. Teh jati cina memiliki kandungan senyawa yang dipercaya bisa menormalkan kembali tekanan darah yang sudah naik.

  12. Dapat Merawat Kulit

    Biasanya, masyarakat tidak hanya menggunakan teh jati cina untuk kesehatan tubuh saja melainkan juga untuk merawat kulit. Mengapa? Karena teh jati cina mempunyai kandungan minyak esensial yang berguna melindungi kulit kita dari sinar UV, paparan radikal bebas, bahkan dari polusi. Tidak hanya itu, teh jati cina juga bisa mengurangi timbulnya jerawat karena memiliki antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Baca juga: Apa Itu Superfood dan 10 Contoh Makanan Super yang Patut Dikonsumsi

Efek Samping Dari Mengkonsumsi Teh Daun Jati cina

Dari banyaknya manfaat teh jati cina, tumbuhan yang dijadikan obat herbal alami ini juga memiliki efek samping jika dikonsumsi dengan dosis yang tidak tepat. Berikut merupakan beberapa efek samping dari teh jati cina.

  • Walaupun teh jati cina bisa menjadi obat dari diabetes, tetapi teh jati cina bisa membuat diabetes meningkat di dalam tubuh kita karena mengkonsumsi teh jati cina bersamaan dengan gula. Maka dari itu, gula yang menumpuk di jangka panjang tentu bisa berdampak buruk bagi tubuh.
  • Kamu bisa mengalami gangguan nafsu makan dan sulit dikendalikan apabila diminum dengan dosis yang tidak tepat.
  • Kamu juga bisa mengalami diare jika tubuh kamu menolak teh jati cina untuk bereaksi. Hal ini diakibatkan adanya reaksi negatif maupun penolakan sehingga tubuh tersebut tidak cocok mengkonsumsi teh jati cina.
  • Berikutnya, kamu juga bisa mengalami iritasi lambung karena teh jati cina mengandung zat kimia dan berbahaya jika dikonsumsi dengan jangka waktu lama. Contohnya alkaloid, tannin, flavonoid, karotenoid, dan lain-lain.
  • Terakhir, kamu bisa sering buang air kecil (BAK) karena daun teh jati cina bersifat diuretik dan bisa membuat orang yang mengkonsumsinya lebih sering buang air kecil (BAK).

Baca juga: Punya Masalah Paha Besar? Inilah Cara Mengecilkan Paha yang Ampuh

Jadi, Tertarikkah Kamu Mengkonsumsi Teh Daun Jati cina?

Wah menarik banget ya keuntungan dari konsumsi teh jati cina! Tapi teman-teman harus hati-hati dalam mengkonsumsi teh jati cina, ya. Pastikan kamu sudah menanyai dokter untuk menemui dosisnya yang tepat.