Apa Itu Superfood dan 10 Contoh Makanan Super yang Patut Dikonsumsi

Tak sedikit dari kamu mungkin pernah mendengar istilah superfood. Ya, istilah tersebut memang tengah populer di dunia kesehatan dan kalangan pemilik gaya hidup sehat. Bahkan, tak sedikit berita atau iklan tentang makanan sehat yang tengah menggembar-gemborkan istilah superfood tersebut ke masyarakat.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah yang dimaksud dengan superfood ini? Jika melihat penjelasan dari beberapa sumber, istilah tersebut mengacu pada jenis makanan yang digadang-gadang memiliki begitu banyak kandungan nutrisi sehingga mampu memberikan segudang manfaat menyehatkan bagi tubuh. 

Namun, benarkah demikian? Nah, bagi kamu yang penasaran dan ingin memahami lebih lanjut tentang apa itu superfood, manfaat, dan beragam contoh makanan yang termasuk sebagai superfood, simak penjelasannya berikut ini. 

Apa Sih Superfood Itu?

Pada dasarnya, yang dimaksud dengan superfood adalah kategori atau kelompok makanan yang dianggap mempunyai kekayaan nutrisi sangat padat sehingga mampu memberi banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Kebanyakan superfood berasal dari sumber makanan nabati, walaupun ada pula yang berupa produk susu atau ikan-ikanan. Beberapa contoh makanan yang termasuk sebagai kategori ini adalah salmon, acai berry, dan blueberry. 

Kendati demikian, sebenarnya tidak ada kriteria atau karakteristik khusus yang menjelaskan apakah suatu makanan tertentu termasuk sebagai makanan super atau tidak, seperti yang dijelaskan oleh American Heart Association. Bahkan, menurut salah seorang ahli diet yang terdaftar pada asosiasi tersebut, superfood lebih mengarah ke istilah pemasaran pada makanan yang mempunyai manfaat menyehatkan.

Baca Juga: Ingin Diet dan Tetap Bisa Menikmati Makanan? Pilih Diet DEBM, Begini Polanya

Hal yang Perlu Diperhatikan Seputar Superfood

Tren dari superfood sebenarnya memanfaatkan fakta jika kebiasaan hidup sehat, tak terkecuali diet, mampu menekan resiko seseorang mengalami penyakit kronis, misalnya, penyakit jantung, kanker, dan juga stroke. Industri makanan berniat untuk meyakinkan masyarakat jika cukup dengan mengonsumsi sejumlah makanan tersebut, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, mulai dari menghambat proses penuaan, meningkatkan kemampuan fisik dan kecerdasan, sampai menghilangkan depresi. 

Akan tetapi, imbasnya pada dunia nyata, tak sedikit orang malah hanya memfokuskan dirinya untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan super tertentu guna menutupi pola konsumsi yang buruk. Ekspektasinya terhadap makanan super tersebut tentu tidak realistis, seperti, mendapatkan perlindungan yang pasti dari penyakit kronis maupun risiko masalah kesehatan tertentu.

Padahal, membatasi makanan yang boleh dikonsumsi, apalagi hanya 1 atau 2 jenis saja hingga mengkonsumsinya secara berlebihan mampu membuat tubuh kekurangan nutrisi penting. Di samping itu, mayoritas penelitian terhadap superfood yang menguji kandungan senyawa kimiawi serta ekstraksi konsentrasi di dalamnya tak ditemukan secara alami. 

Sebagai contoh, bawang putih yang termasuk sebagai makanan super memiliki kandungan nutrisi yang diyakini mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Namun, pada kenyataannya, kamu perlu mengonsumsi sampai 28 siung bawang putih sehari agar mampu mendapatkan khasiat tersebut. Tidak hanya itu, beragam penelitian terhadap superfood tidak menunjukkan hasil studi yang konklusif dan dianggap masih meragukan. 

Baca Juga: 8 Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Tubuh yang Sehat Masih Bisa Dicapai Tanpa Superfood

Label superfood pada sejumlah makanan mampu memberi kesan jika makanan lainnya pada program diet seseorang kurang sehat. Padahal, pada hampir semua jenis makanan, tingkat nutrisi dan manfaat yang terkandung sama pentingnya dibutuhkan tubuh. Misalnya, pada bawang, apel, dan wortel, semuanya memiliki kandungan serat, beta-karoten, serta varietas quercetin yang telah terbukti berperan penting menjaga kesehatan tubuh. 

Walaupun merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan gizi yang memang penting dibutuhkan tubuh, superfood bukanlah kunci utama pada program diet seseorang. Melainkan, seseorang perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan gizi yang berimbang dan tepat agar bisa menyukseskan program dietnya. 

Namun, superfood tetap layak untuk dimasukkan pada pola makan yang seimbang karena mampu memberikan manfaat menyehatkan pada jantung serta tubuh secara umum. Beberapa contohnya adalah mendapatkan porsi protein tanpa lemak, buah, sayur, biji-bijian yang utuh, susu serta produk susu dengan kandungan lemak yang rendah. 

10 Contoh Superfood yang Layak untuk Dikonsumsi 

loader

Salah satu cara yang ampuh untuk menjalani gaya hidup sehat dan menjaga pola makan adalah memasukkan beberapa jenis superfood pada menu makanan sehari-hari. Ada banyak jenis makanan super yang bisa dengan mudah kamu temui untuk dikonsumsi secara rutin agar mampu memberikan manfaat menyehatkan jangka panjang dan saling berkesinambungan. 

Nah, bagi kamu yang penasaran jenis makanan super apa saja yang layak untuk dikonsumsi, simak beberapa contohnya berikut ini:

Jenis Makanan

Keterangan

Brokoli

Brokoli mempunyai kandungan vitamin C dan magnesium yang melimpah serta mampu meningkatkan imunitas tubuh dalam memerangi infeksi virus dan bakteri. Vitamin C juga mampu mendorong produksi interferon, yaitu antibodi yang menghadang infeksi virus untuk tak terlalu mendekat pada inti sel tubuh.   

Quinoa

Kerap dijadikan sebagai alternatif nasi, quinoa sempurna dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari karena bisa disiapkan dengan menggunakan susu sesuai selera. Dibuat dari benih tumbuhan yang berkaitan dengan bayam, quinoa banyak dikenal sebagai salah satu superfood dengan kandungan protein lengkap, sedikit karbohidrat, vitamin, dan beragam nutrisi penting lainnya.

Ikan Berminyak

Beberapa contoh ikan berminyak adalah tuna, sarden, dan salmon liar yang menjadi sumber protein serta omega 3, termasuk mineral seperti kalium, zinc, iodium, dan selenium. Salmon liar juga memiliki kandungan vitamin D yang melimpah dan selenium yang mampu menyehatkan rambut, kuku, kulit, dan tulang. Untuk mengoptimalkan manfaatnya, usahakan rutin mengonsumsi makanan super ini sebanyak 3 kali seminggu.

Kale

Merupakan sepupu dari bayam, kale memiliki daun berwarna hijau gelap dan memiliki kandungan serat yang tinggi serta mineral dan vitamin. Vitamin C dan A yang terdapat pada kale berguna untuk melambatkan proses penuaan dini. Dengan mengonsumsi seporsi kale yang telah dimasak, kamu telah mampu mencukupi paling tidak setengah kebutuhan harian tubuh akan vitamin C yang direkomendasikan.

Telur

Semua orang pasti pernah mengonsumsi telur. Namun, karena dirasa sebagai makanan yang mudah ditemui dan dikonsumsi, sedikit orang yang tak menyadari bahwa telur bisa disebut sebagai superfood. Hal ini dikarenakan telur memiliki sederet kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya, vitamin B12, vitamin K, serta asam folat.

Rumput Laut

Rumput laut sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu makanan dengan banyak kandungan nutrisi penting di dalamnya. Menjadi sumber yodium, kalsium, antioksidan, dan beragam zat gizi lainnya, rumput layak untuk dijadikan sebagai salah satu daftar makanan yang rutin dikonsumsi. Di samping itu, varian dari rumput laut juga beragam dan bisa disesuaikan dengan selera.

Chia Seed

Chia seed atau biji chia mempunyai kandungan omega 3 lebih banyak dibanding salmon dan membuatnya diyakini sebagai salah satu superfood yang penting untuk dikonsumsi. Selain itu, makanan ini juga diyakini mampu membantu tubuh terhidrasi sehingga ideal untuk dikonsumsi orang yang sering beraktivitas fisik. Biji chia juga mempunyai kandungan protein tinggi dan semua jenis asam amino.

Kunyit

Kandungan curcumin pada kunyit kerap dikaitkan dengan banyak sekali manfaat kesehatan. Bahkan, tidak sedikit penyakit kronis dipercaya mampu diatasi oleh kandungan kunyit tersebut, seperti, kanker, penyakit jantung, osteoartritis, sampai kondisi neurodegeneratif Alzheimer dan semacamnya.

Kiwi

Ada pula kiwi yang dilabeli sebagai makanan super karena memiliki jangkauan kandungan nutrisi yang lebih luas dibanding sejumlah jenis buah lainnya. Menurut sebuah penelitian pula, mengkonsumsi kiwi mampu membantu seseorang mendapatkan istirahat yang lebih baik saat tidur dan mengatasi gangguan tidur.

Blueberry

Terakhir, blueberry juga tidak jarang disebut sebagai superfood karena kaya akan serat larut, fitokimia, dan vitamin. Meski begitu, nutrisi pada makanan ini juga bisa ditemui pada jenis buah lain, seperti cranberry dan stroberi. Dengan rutin mengkonsumsi blueberry, kamu bisa menekan risiko masalah jantung tertentu.

Jadi, Tertarik Rutin Mengkonsumsi Superfood?

Terlepas dari segala manfaat atau potensi merugikannya, superfood selalu layak untuk dijadikan sebagai salah satu makanan yang rutin untuk dikonsumsi. Meski begitu, tetap seimbangkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi jenis makanan lainnya secara tepat. Barulah dengan begitu niat untuk menjaga kesehatan tubuh dapat terwujud dengan optimal. 

Baca Juga: Bikin Mood Kembali Tinggi, 12 Snack Sehat Ini Juga Mampu Jaga Kesehatanmu, Lho!