Pemula Jangan Takut, Ini Teknik Mengemudi Mobil dengan Tenang dan Bebas Takut

Keahlian mengemudi kendaraan roda empat atau mobil kini menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Mobil menjadi kendaraan yang menunjang mobilitas sehari-hari, seperti bekerja. Namun, bagi pemula mungkin membutuhkan teknik mengemudi mobil agar bisa berkendara dengan tetap takut.

Sebelum belajar teknik mengemudi, biasanya kamu akan dikenalkan dengan komponen-komponen pada mobil. Baik komponen interior maupun eksterior, semua punya fungsi yang tidak kalah penting. Kemudian, pengemudi juga perlu memahami bahwa mobil terdiri dari dua jenis yaitu manual dan matic.

Pada mobil manual, ada komponen-komponen yang lebih rumit untuk digunakan dibandingkan mobil matic. Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa informasi seputar teknik mengemudi, mulai dari komponen penting mobil, cara mengemudi mobil manual, hingga teknik mengemudi dengan tenang.

Baca juga: Pahami Dasar Keterampilan Mengemudi Mobil hingga Pada Kondisi Tertentu

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Mengenal Komponen dalam Mobil

loader

Teknik Menyetir Mobil

Sebelum jauh membahas teknik mengemudi mobil manual, kamu mungkin perlu mengenal beberapa komponen dalam mobil. Simak beberapa komponen penting dalam mobil manual yang perlu diketahui.

  • Setir

    Setir merupakan kemudi yang digunakan pengemudi untuk mengendalikan arah mobil saat melaju. Benda dengan bentuk lingkaran ini terletak pada kursi pengemudi. Biasanya, di sebelah kanan dan sebelah kiri pada mobil-mobil keluaran Eropa.

  • Pedal Gas

    Pada mobil manual maupun matic, terdapat pedal gas di bagian kaki kursi pengemudi. Fungsi tentu untuk menggerakan dan menjalankan mobil.

  • Pedal Rem

    Kemudian, ada pula pedal rem yang posisinya sejajar dengan pedal gas. Pedal rem ini berfungsi untuk menghambat atau menghentikan laju mobil.

  • Pedal Kopling

    Nah, pedal kopling hanya terdapat pada mobil manual. Fungsi pedal kopling sendiri adalah melancarkan pergerakan persneling. Pedal ini wajib diinjak saat pengemudi hendak mengoper atau memindahkan gigi.

  • Rem Tangan

    Selain pedal rem yang terdapat pada bagian kaki pengemudi, setiap mobil juga dilengkapi rem tangan yang digunakan untuk berhenti dalam waktu lama. Misalnya, saat parkir dan berhenti di jalan yang tidak rata.

  • Tuas Persneling

    Selanjutnya, ada tuas persneling yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan gigi kecepatan. Lagi-lagi, komponen ini hanya terdapat pada mobil manual saja, ya!

  • Tuas Lampu Sein

    Komponen lain adalah tuas lampu sein yang berada pada sekitar atau leher setir. Tuas lampu sein ini digunakan saat kamu hendak memberi tanda darurat, seperti berbelok, putar arah, mendahului kendaraan di depan, serta menepi ke bahu jalan.

Itulah beberapa komponen pada mobil yang perlu kamu ketahui sebelum mempelajari teknik mengemudi mobil manual.

Baca juga: Ingin Buka Usaha Kursus Stir Mobil? Ini Tipsnya!

Teknik Mengemudi Mobil Manual

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan saat belajar teknik mengemudi mobil manual. Contohnya, menghidupkan mesin, serta menggunakan setiap komponen yang telah disebutkan. Berikut adalah teknik mengemudi manual yang bisa kamu pelajari.

  1. Menghidupkan Mesin

    Untuk menghidupkan mesin mobil manual, ada beberapa yang perlu kamu lakukan. Pertama-tama cek tuas persneling dan pastikan sudah dalam kondisi netral (N). Pastikan rem tangan terpasang dengan benar, lalu putar kunci kontak pada posisi on hingga suara mesin mobil menyala.

  2. Menjalankan Mobil

    Setelah mesin dihidupkan, kamu sudah siap melajukan mobil. Pegang setir dengan rileks dan injak pedal rem menggunakan kaki kanan, serta pedal kopling dengan kaki kiri. Kemudian, gerakan persneling ke posisi gigi satu, angkat kaki dari pedal kopling secara perlahan dan pindahkan kaki ke pedal gas untuk menginjak secara perlahan.

    Jika sudah stabil, tambah injak pedal gas lebih dalam untuk menambah kecepatan. Saat ingin memindahkan gigi maka jangan lupa untuk sambil menginjak pedal kopling.

  3. Berhenti dan Mengurangi Kecepatan

    Setelah paham cara melajukan mobil, selanjutnya adalah mempelajari cara mengurangi kecepatan dan menghentikan mobil. Caranya, injak pedal rem secara perlahan dengan kaki kanan dan kopling dengan kaki kiri. Jika sudah berhenti, pindahkan persneling ke arah (N) dan lepas kopling perlahan.

  4. Gerak Mundur

    Selanjutnya, cara mengemudi mobil manual yang harus dipelajari adalah menggerakkan mundur. Kamu harus menginjak kopling dan rem lalu mengarahkan tuas persneling ke R untuk menggerakkan mobil mundur. Kemudian, lepas kopling dan rem secara perlahan, perhatikan pergerakan mundur melalui spion dan kamera parkir.

Gimana nih, sudah paham dasar teknik mengemudi mobil manual? Jika sudah, kamu mungkin membutuhkan tips untuk menghilangkan rasa takut saat menyetir dan berkendara dengan tenang.

Baca juga: 15 Istilah Otomotif Penting yang Harus Diketahui Setiap Pemilik Kendaraan

Teknik Mengemudi Bebas Rasa Takut dan Tenang

Rasa grogi dan takut saat mengemudi pada pemula tentu sering terjadi. Hal ini merupakan wajar mengingat keandalan teknik mengemudi memang akan terus bertambah seiring waktu dengan terus melakukannya. Ada beberapa cara menghilangkan rasa takut saat mengemudi sebagai berikut.

  1. Memahami Setiap Komponen Mobil

    Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, mobil memiliki komponen-komponen penting yang perlu diketahui dan dipahami sebelum belajar teknik mengemudi. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah diarahkan saat berlatih dan paham akan fungsi setiap komponen penting tersebut.

    Terutama, komponen pada bagian kaki mobil manual yang terdiri dari tiga pedal. Ketiganya punya fungsi utama untuk menggerakan serta menghentikan laju mobil. Pahami ketiga fungsi pedal dan jangan panik saat salah menginjak.

    Kemudian, pahami fungsi-fungsi pada setiap tuas yang ada di mobil, seperti urutan gigi persneling, rem tangan, lampu sein, dan lain sebagainya. Tak boleh ketinggalan, bagian pada dashboard juga perlu dipelajari, seperti speedometer yang menunjukkan kecepatan serta jumlah bahan bakar yang tersedia.

  2. Mengatur Posisi Duduk

    Teknik mengemudi dengan tenang selanjutnya adalah mengatur posisi duduk yang nyaman sebelum perjalanan. Kamu bisa mengatur posisi duduk dengan menyesuaikan jok. Hal ini akan sangat penting karena kamu perlu menentukan posisi yang pas agar kaki sampai pada pedal serta memiliki pandangan ke depan yang lebih luas. Perhatikan juga sandaran pada jok agar posisi duduk lebih nyaman dan lebih santai saat mengemudi.

  3. Mengemudi dengan Perlahan

    Ketika kamu baru bisa mengendarai mobil, maka sebaiknya kemudi secara perlahan atau pelan. Teknik mengemudi ini bisa membantu kamu agar lebih tenang dan tidak takut akan risiko kecelakaan. Sebab, mengemudi dengan kecepatan tinggi bisa memicu adrenalin yang membuat kamu merasa panik bahkan menimbulkan kecelakaan.

  4. Sering Berlatih

    Untuk bisa mengemudi mobil dengan tenang, kamu juga perlu sering berlatih. Dengan demikian, kamu akan terbiasa mengemudi dan semakin paham teknik mengemudi sehingga tidak merasa takut dan grogi. Biasanya, dibutuhkan waktu berkali-kali untuk bisa mengemudi dengan tenang.

  5. Mengemudi dengan Konsentrasi

    Konsentrasi jadi kunci utama dalam berbagai hal, termasuk mengemudi. Hindari melakukan beberapa hal sekaligus saat mengemudi, seperti bermain ponsel. Dengan konsentrasi penuh, kamu akan berkendara lebih nyaman dan aman. Tentu juga akan merasa tenang dan bebas rasa takut.

  6. Putar Musik agar Lebih Santai

    Beberapa orang biasanya akan lebih rileks dan santai saat mendengarkan musik. Jika kamu demikian, maka tidak ada salahnya kamu memutar musik di mobil saat mengemudi. Beberapa studi pun menyebut bahwa teknik mengemudi dengan memutar musik dapat menjaga suasana hati tetap tenang. Tidak hanya itu, musik juga bisa menghindari rasa kantuk.

  7. Minta Bantuan Seseorang Saat Parkir

    Agar mengemudi mobil tetap tenang, tidak ada salah jika kamu meminta bantan seseorang ketika hendak parkir. Meski telah memahami teknik mengemudi dengan baik, seperti memindahkan persneling untuk mundur dan lainnya. Namun, parkir dengan bantuan seseorang akan lebih mudah diarahkan daripada hanya mengandalkan spion dan kamera parkir.

    Terlebih bagi kamu yang baru lancar mengemudi mobil, arahan juru parkir, teman, atau keluarga, sangat membantu proses parkiri lebih mulus sehingga tidak merasa takut akan menabrak sesuatu di bagian belakang atau samping.

Baca juga: Cara Membuat SIM dan Biaya Pengurusannya

Pahami Teknik Mengemudi agar Berkendara Lebih Nyaman dan Tenang

Demikianlah beberapa informasi seputar teknik mengemudi yang perlu dipelajari dan dipahami. Untuk kamu yang ingin belajar atau baru bisa mengemudi mobil, informasi di atas bisa membantu kamu agar bisa mengemudi lebih tenang dan nyaman.

Jangan khawatir dan takut ya, teruslah berlatih agar bisa mengemudi dengan lancar. Kamu juga bisa meminta bantuan seseorang yang profesional saat belajar mengemudi. Kemudian, patuhi aturan lalu lintas dan etika berkendara saat mengemudi mobil. Semoga informasi yang diberikan pada artikel ini bermanfaat, ya!

Baca juga: Syarat Perpanjang SIM, Biaya dan juga Cara Perpanjangannya