Pahami Dasar Keterampilan Mengemudi Mobil hingga Pada Kondisi Tertentu

Mengemudi kendaraan bermotor, seperti motor maupun mobil membutuhkan keterampilan yang baik untuk menghindari berbagai risiko di jalan. Sebagian orang mungkin menganggap mengemudi mobil lebih mudah daripada motor. Namun, ternyata tidak semudah yang dibayangkan karena keterampilan mengemudi mobil harus lebih spesifik.

Pasalnya, pada kendaraan roda empat tersebut banyak komponen yang dimiliki dan harus dipahami agar bisa berkendara dengan lancar dan aman. Jika pengemudi mobil tidak paham dan konsentrasi, serta tidak mematuhi aturan lalu lintas akan berakibat fatal kepada diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dibahas keterampilan mengemudi mobil yang harus dimiliki, mulai dari keterampilan dasar hingga pada kondisi tertentu. Yuk, simak informasi penting terkait mengemudi di artikel ini.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Dasar Keterampilan Mengemudi Mobil

loader

Mengemudi mobil memang minim risiko cedera saat terjadi kecelakaan ringan. Akan tetapi, untuk bisa mengemudi mobil kamu perlu memahami hal-hal dasar seperti komponen dalam mobil yang melancarkan berkendara. Jika sudah berhasil, ada beberapa hal-hal dasar dalam keterampilan mengemudi mobil yang perlu kamu pahami sebagai berikut.

1. Mengenal dan Menguasai Teknik Mengemudi Mobil

Teknik mengemudi mobil adalah hal dasar sebelum belajar. Kamu bisa belajar mengetahui teknik ini dari ahlinya melalui lembaga kursus mengemudi. Pengetahuan ini membantu kamu berkendara dengan baik dan merespons situasi dengan cepat saat mengemudi. 

Teknik mengemudi yang pertama adalah memahami komponen mobil, seperti pedal gas, rem, dan kopling, tuas persneling, rem tangan, lampu sein, dan lainnya. Kemudian, teknik lain yang harus dikuasai adalah menjalankan mobil, memundurkan, parkir, menggunakan lampu sein, dan lainnya.

2. Mematuhi Aturan Lalu Lintas

Aturan lalu lintas menjadi dasar yang harus dipahami dan dipatuhi seluruh pengguna jalan, termasuk pengemudi. Mematuhi aturan lalu lintas menjadi dasar keterampilan mengemudi mobil. Dengan demikian, kamu akan mengendarai mobil dengan aman dan nyaman.

Beberapa aturan lalu lintas yang harus dipatuhi, di antaranya menggunakan lampu sein saat berbelok dan putar arah, menggunakan bahu jalan untuk berhenti, mengurangi kecepatan pada jalan licin dan berbelok sesuai rambu yang diberikan, serta tidak berhenti dan parkir di tempat-tempat yang memiliki rambu larangan.

3. Menjaga Kondisi Kendaraan

Memastikan kondisi kendaraan tetap aman juga menjadi keterampilan mengemudi mobil yang perlu diperhatikan. Pasalnya, keandalan kondisi mobil sangat menunjang perjalanan lancar dan aman. Sebab, pengemudi profesional sekalipun akan sulit mengendalikan mobil yang memiliki kondisi bermasalah.

Contohnya, rem yang kurang pakem, kopling yang kurang berfungsi, kondisi ban, aki, dan lainnya yang tidak kalah penting.

4. Mengendalikan Emosi

Keterampilan mengemudi mobil lain adalah mengendalikan emosi saat berkendaraan. Hal ini sangat bermanfaat agar pengemudi bijak dalam menghadapi berbagai situasi saat mengemudi. Dengan begitu, kamu akan menciptakan kondisi mengemudi yang aman bagi diri sendiri dan pengemudi lain.

Itulah beberapa dasar keterampilan mengemudi mobil yang perlu dipahami. Nah, jika kamu sudah paham dan menguasai keterampilan dasar itu. Selanjutnya adalah meningkatkan keterampilan mengemudi tersebut dengan beberapa hal.

Baca Juga: Rekomendasi Bengkel Mobil Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Meningkatkan Keterampilan Mengemudi Mobil

Untuk bisa mahir mengemudi mobil, kamu mungkin perlu meningkatkan keterampilan mengemudi tersebut. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan mengemudi mobil yang bisa dipelajari.

1. Sering Berlatih

Untuk bisa mahir berkendara diperlukan latihan yang terus menerus. Sebab keterampilan mengemudi mobil yang baik memang tidak bisa didapatkan dengan instan. Oleh karena itu, lakukan mengemudi secara rutin.

2. Fokus

Meningkatkan keterampilan mengemudi mobil  juga bisa didapatkan dengan menjaga fokus. Hal ini mendukung keamanan dalam berkendara. Salah satu cara menjaga fokus adalah tidak menggunakan ponsel selama mengemudi. Sebab, banyak risiko yang terjadi akibat bermain ponsel saat mengemudi.

3. Menggunakan Insting dan Perasaan

Dalam mengemudi membutuhkan insting dan perasaan agar bisa lebih hati-hati dan mengurangi risiko kecelakaan. Insting tersebut juga membantu pengemudi menghindari bahaya, memerhatikan luas jalan, dan menjaga kecepatan kendaraan.

Sebab, berbagai keunggulan teknologi yang dilengkapi pada mobil sekalipun tidak bisa mengganti insting manusia sebagai pengemudi. Oleh karena itu, mulai latih insting dan perasaan saat mengemudi agar lebih aman dan nyaman berkendara.

4. Menghindari Gangguan

Gangguan selama berkendara kerap terjadi dan menjadi risiko kecelakaan. Maka hindari gangguan selama mengemudi, seperti menggunakan ponsel. Kamu juga perlu menghindari mengemudi dengan bayi atau anak-anak tanpa menggunakan kursi khusus.

Pilih opsi menepi ke bahu jalan dan matikan mobil jika dalam keadaan darurat, yakni mengangkat telefon atau merespons anak yang menangis. Dengan demikian hal ini menjadi keterampilan mengemudi mobil tambahan untuk kamu.

5. Keamanan

Saat sudah berada di belakang kemudi kamu mungkin akan mengalami beberapa hal yang perlu direspons dengan cepat. Misalnya, menjaga emosi saat macet dan didahului kendaraan lain yang membahayakan. Kemudian, memperhatikan etika berkendara dan aturan lalu lintas. Dengan demikian, kamu bisa menjaga keamanan diri dan pengendara lain dari risiko kecelakaan.

Itulah beberapa cara meningkatkan keterampilan mengemudi mobil yang bisa kamu terapkan agar semakin mahir. Namun, kemahiran mengemudi pun seringkali membutuhkan beberapa kesiapan dalam menghadapi kondisi tertentu, seperti berkabut, hujan lebat, dan angin kencang.

Baca Juga: Mobil Hybrid, Kendaraan Ramah Lingkungan yang Kian Diminati

Keterampilan Mengemudi Mobil dalam Kondisi Tertentu

loader

Ada beberapa kondisi tertentu yang terkadang di luar prediksi dan menyebabkan hambatan serta risiko saat mengemudi. Contohnya, saat berkabut, hujan lebat, dan angin kencang, kamu mungkin perlu mengetahui beberapa keterampilan mengemudi agar meminimalisasi risiko kecelakaan. Berikut keterampilan mengemudi mobil dalam kondisi tertentu yang bisa kamu pelajari.

1. Keterampilan Mengemudi saat Berkabut

Kabut adalah kondisi yang wajib diwaspadai saat mengemudi. Pasalnya, tumpukan awan ini dapat mengganggu pandangan saat mengemudi bahkan hingga menimbulkan risiko kecelakaan. Umumnya, cuaca berkabut hanya terjadi pada beberapa daerah. Namun, tidak menutup kemungkinan kabut juga terjadi di jalan raya pada kondisi tertentu.

Saat kabut seperti asap putih mengepul akan menutup pandangan selama perjalanan. Maka dari itu, kamu perlu menerapkan beberapa hal saat mengemudi di kondisi ini. Simak beberapa cara mengatasi kondisi berkabut saat mengemudi!

  1. Gunakan Lampu Dekat
  2. Beri Jarak dengan Kendaraan Lain
  3. Gunakan Ujung Jalan sebagai Panduan
  4. Menepi Saat Kesulitan Melihat Jalan
  5. Hati-hati dengan Kabut Beku

2. Keterampilan Mengemudi Saat Hujan Lebat

Hujan lebat menjadi salah satu cuaca buruk yang mengganggu kondisi mengemudi. Pasalnya, hujan lebat dapat mengganggu jarak pandang dan ban yang tergelincir karena jalan licin. Cuaca ini sangat berisiko menimbulkan petir serta angin kencang.

Namun, bagi sebagian orang mungkin memiliki mobilitas tinggi dan diharuskan tetap mengemudi saat hujan lebat. Nah, kamu harus memperhatikan beberapa hal tertentu yang bisa membantu mengemudi dengan aman saat hujan lebat. Berikut beberapa keterampilan mengemudi saat hujan lebat yang bisa diterapkan.

  1. Mengurangi Kecepatan
  2. Jaga Jarak Aman
  3. Hindari Genangan Air
  4. Atur Suhu AC Mobil
  5. Hindari Rem Mendadak
  6. Jangan Gunakan Lampu Hazard

3. Keterampilan Mengemudi Saat Angin Kencang

Cuaca buruk, seperti angin kencang juga kerap melanda Indonesia sebagai negara tropis. Kondisi ini pun perlu diperhatikan ketika tengah mengemudi agar tidak menimbulkan risiko kecelakaan. Pasalnya, angin kencang bisa menyebabkan terjadinya pohon tumbang, reklame jatuh, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kamu sangat tidak dianjurkan untuk mengemudi pada kondisi tersebut. Akan tetapi, jika dalam keadaan mendesak harus tetap mengemudi mobil saat angin kencang, kamu bisa menerapkan beberapa keterampilan berikut.

  1. Bawa Mobil dengan Kecepatan Stabil
  2. Hindari Pohon Besar
  3. Pastikan Fitur Mobil Berfungsi dengan Baik
  4. Fokus dan Waspada

Kuasai Keterampilan Mengemudi Mobil untuk Mencegah Risiko Kecelakaan

Demikianlah beberapa informasi seputar keterampilan mengemudi mobil yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari keterampilan dasar, cara meningkatkan keterampilan, serta keterampilan mengemudi mobil dalam kondisi tertentu yang perlu diwaspadai.

Kamu perlu menguasai semua keterampilan mengemudi mobil sehingga bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Sering berlatih dan memperhatikan hal-hal yang dijelaskan pada artikel ini, akan membantu kamu akan menguasai keterampilan mengemudi. Kamu juga turut menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain dari bahaya kecelakaan. Semoga informasi pada artikel ini dapat menambah pengetahuan seputar mengemudi, ya!

Baca Juga: Mengenal Blind Spot, Salah Satu Penyebab Kecelakaan di Jalan yang Harus Dipahami