Tetap Low Profile Meski Sudah Tenar, Begini Perjuangan Lesti Andryani Mewujudkan Impiannya

Sebagai salah satu penyanyi genre Dangdut tanah air, kualitas vokal Lesti Andryani sudah tak perlu diragukan lagi. Dengan cengkok dan warna vokal yang khas, Lesti mampu menghipnotis para pecinta musik melalui suara emasnya nan spektakuler.

Di usianya yang terbilang muda, wanita kelahiran Cianjur pada 5 Agustus 1999 ini mampu menjuarai kompetisi D'Academy Indosiar season pertama pada tahun 2014. Saat itu, usianya masih belasan tahun. Penampilannya yang ciamik selalu menarik untuk disimak, terutama setelah dirilisnya single perdana yang berjudul Kejora pada tahun 2014. 

Menandatangani kontrak kerjasama dengan management Stream Entertainment serta Trinity Optima Production, Lesti telah menjelma menjadi bintang Dangdut terkini nan legendaris. Apalagi setelah di tahun 2015, ia berhasil menyabet runner up D'Academy Asia.

Dengan kariernya yang kian memuncak, Lesti berhasil memenangkan penghargaan bergengsi Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia. Bahkan, ia telah melebarkan sayapnya dengan turut berkecimpung di dunia akting.

Baca Juga: Nella Kharisma, Dari Pantura hingga Jadi Biduan Dangdut Kaya Raya

Berjuang Demi Wujudkan Kesuksesan

View this post on Instagram

A post shared by Lestikejora (@lestykejora)

Kesuksesan yang diraihnya tentu tidak didapatkan secara instan. Ada banyak perjuangan berat di baliknya. Sejak kecil, putri dari pasangan Sukartini dan Endang Mulyana ini memang berbakat dan gemar bernyanyi. Namun, sukses besar yang ia raih saat ini didapatkannya berkat kerja keras tiada henti.

Di usianya yang belum genap 16 tahun, Lesti berhasil memenangkan kontes pencarian bakat di Indosiar, D'Academy. Tak banyak yang tahu jika setelahnya, iai sempat berkeliling ibukota demi mendapatkan tempat tinggal.

Setelah akhirnya berhasil menemukan indekos pun, ia masih harus rela berjalan kaki beberapa kilometer dari lokasi syuting ke tempat tinggalnya. Saat masih merintis awal kariernya sebagai penyanyi, Lesti tinggal di sana bersama ayahnya. 

Meski perjuangan tersebut terbilang tidak mudah, namun Lesti mengaku menikmati saja prosesnya. Baginya, pengalaman tersebut telah merupakan hal luar biasa yang menjadi bagian dari kisah suksesnya.

Menangkan D’Academy 1 dan Juara Kedua Dangdut Academy Asia

Dengan kualitas vokal yang cemerlang, Lesti berhasil mengantongi juara pertama Dangdut Academy di tahun 2014 lalu. Sejak saat itu, karier Lesti kian menanjak sebagai penyanyi Dangdut di Indonesia.

Ia bahkan menjadi perwakilan RI dan mengikuti Dangdut Academy Asia. Dalam ajang kompetisi tersebut, ia berhasil keluar sebagai juara kedua. 

Mendapat sambutan hangat, sejumlah lagu Lesti pun jadi laris manis di pasaran. Wanita yang terdaftar sebagai mahasiswi Universitas Mercu Buana ini juga turut serta dalam Album 3 Artis Top Hits D'Academy.

Seperti diketahui sebelumnya, Lesti telah menekuni tarik suara sejak dirinya masih kecil. Kerap menyanyi lagu-lagu sinden di sejumlah panggung, ia akhirnya mendaftarkan diri dalam audisi D’Academy di Bandung. Mendapat golden ticket, ia berhasil menjadi kontestan dan bersaing di ibukota dengan talent yang lainnya.

Berhasil Wujudkan Impian dan Raih Penghargaan

View this post on Instagram

A post shared by Lestikejora (@lestykejora)

Memberikan yang terbaik di setiap performanya, Lesti pun berhasil mewujudkan impiannya dan memenangkan kontes pencarian bakat. Tak hanya mengantongi uang senilai Rp100 juta dan mobil, hadiah tersebut digunakannya untuk keperluan pengobatan ayah tercinta. 

Ia juga menunjukkan baktinya kepada orang tua, dengan mempersembahkan hasil kerja kerasnya tersebut kepada keluarga tersayang. Termasuk membangunkan rumah yang layak bagi mereka. 

Berkat lagu Kejora yang meledak di pasaran, kariernya pun semakin meroket. Ia bahkan berhasil memenangkan trofi dari SCTV Awards untuk kategori Lagu Paling Ngetop dan Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Terbaik.

Ia juga berkesempatan membawakan single keduanya, Zapin Melayu (2016), yang merupakan gubahan dari juri D'Academy Asia dari Malaysia bernama Pak Ngah. Di tahun 2017, ia meraih penghargaan Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik dari AMI Awards berkat lagunya—Egois.

Selain itu, ia juga berhasil meraih penghargaan Lagu Dangdut Terpopuler dari Indonesia Dangdut Awards. Adapun lagu Lebih Dari Selamanya yang ia bawakan duet bersama Fildan Rahayu meraih penghargaan Duo/Grup/Kolaborasi Dangdut/Dangdut Kontemporer Terbaik dari AMI Awards 2019.

Baca Juga: Fantastis, Ini Penyanyi Dangdut dengan Honor Termahal

Merambah Dunia Akting Hingga Peduli Kemanusiaan

Melebarkan sayap di industri hiburan, Lesti belakangan menjajal seni peran. Sejumlah film televisi telah ia bintangi. Di tahun 2015, ia menunjukkan kemampuan aktingnya dalam Munajat Cinta Sang Gadis Desa dan Anak Tukang Sapu Jadi Dokter. 

Kemudian di tahun 2016, ia kembali bermain dalam Kekuatan Doa Seorang Biduan hingga sinema Kejora 2: Mencari Bintang dan Kakek Izinkan Aku Jadi Penyanyi.

Setelah berjaya di belantika musik Dangdut, Lesti Andryani terus memaksimalkan kiprahnya sebagai penyanyi dengan ikut serta dalam aksi peduli kemanusiaan. Seperti ketika ia bersama 37 musisi Indonesia lainnya tampil dalam konser amal bertajuk #KonserSatuCara.

Konser yang dihelat pada bulan April 2020 ini turut diramaikan oleh Titi DJ hingga Raisa. Dalam konser tersebut, Lesti membawakan theme song dari Asian Para Games 2018. Song of Victory demikian judul lagu tersebut, didedikasikan untuk mereka yang menyandang disabilitas. 

Dari Kontestan Hingga Menjadi Juri

View this post on Instagram

A post shared by Lestikejora (@lestykejora)

Menyandang sukses, wanita yang juga akrab disebut Lesti Kejora ini juga makin sering tampil bernyanyi di layar kaca. Beraneka ragam acara kerap mengundangnya sebagai bintang tamu di berbagai stasiun TV. Meski ia bercita-cita menjadi dokter, namun tampaknya ia tetap total melakoni karier sebagai penyanyi.

Terbukti, dirinya semakin diperhitungkan di industri musik Dangdut Indonesia. Dulunya menjadi kontestan, kini ia didapuk menjadi juri dalam LIDA (Liga Dangdut Indonesia) 2020. Lesti duduk sebagai juri bersama para pesohor lainnya seperti Soimah, Nita Thalia, Inul Daratista, Rita Sugiarto, Zaskia Gotik, Nassar, hingga Dewi Perssik dan lainnya.

Grogi Bernyanyi di Hadapan Presiden

Selain diundang bernyanyi di televisi dan sejumlah acara on air, Lesti Kejora juga kerap tampil dalam berbagai acara off air. Salah satu pengalaman perform yang teristimewa ialah ketika bernyanyi di depan Presiden RI, Ir. Joko Widodo. 

Saat itu, Lesti serta Danang dari D’Academy menjadi talent yang diundang dalam acara temu kangen antara mahasiswa dan pekerja Indonesia di Singapura. Beruntungnya, acara yang diselenggarakan di Embassy RI tersebut berlangsung lancar dan berkesan. 

Sukses Berkat Dukungan Keluarga

View this post on Instagram

A post shared by Lestikejora (@lestykejora)

Banyak fans yang merespek Lesti Kejora karena dirinya tetap ramah dan membumi. Meski kini sudah tenar dengan segudang prestasi dan penggemar, namun wanita yang baru merilis lagu terbarunya (Tirani) ini tetap berpenampilan sederhana dan rendah hati. Itulah sebabnya ia disukai banyak orang.

Sewaktu disinggung mengenai sukses besarnya, kekasih Rizky Billar ini mengaku semua itu tak dapat ia capai tanpa support dari keluarga dan orang tua. Berkat dukungan orang-orang tercinta, wanita yang kabarnya memasang tarif hingga Rp300 juta untuk sekali perform ini pun akhirnya berhasil mewujudkan impiannya.

Berkat dukungan keluarga, ia menjadi tetap semangat dan termotivasi untuk terus bekerja keras melanjutkan perjuangannya. Seperti halnya cerita Lesti Andryani, setiap kesuksesan selalu memiliki pengorbanan di balik layar yang tidak diketahui orang lain. 

Akan ada saja pihak yang mengomentari negatif serta menyepelekan perjuangan kita. Tak apa, abaikan saja. Sebaliknya, berfokuslah pada orang-orang tulus yang dapat menjadi support system sehat untuk terus memotivasi langkah kita mewujudkan cita-cita. 

Baca Juga: Sempat Kena Tipu Rekaman Rp100 juta, Kini Siti Badriah Sukses jadi Penyanyi Dangdut Terkenal