Menilik Profil dan Pencapaian Tiffany SNSD yang Kini Sukses Bersolo Karier dan Jadi Host Kenamaan

Tiffany Young tak hanya dikenal sebagai member cantik dari grup legend Korea Selatan, Girls’ Generation (SNSD). Memiliki nama asli Stephanie Hwang, Tiff merupakan Lead Vocal di SNSD (GG) yang selama ini dikenal secara profesional sebagai penyanyi, TV Host, dan aktris.

Wanita berdarah Korea-Amerika ini lahir di California, San Francisco, AS, 1 Agustus 1989 dan menyelesaikan pendidikannya di Korea Kent Foreign School di Seoul, Korea Selatan. Selain mendulang sukses masif bersama SNSD (GG) dan aktif bersolo karier, nama Tiffany juga dikenal berkaitan dengan suksesnya sub-unit TaeTiSeo (TTS) hingga SM Town

Tiff berakting sebagai Carmen Diaz dalam Fame (2011-2012) serta berperan menjadi Roxie Hart di Chicago (2021-2022). Keduanya merupakan pertunjukan drama musikal teater tersohor. 

Bersama Leeteuk, Tiff menjadi host dalam Ontact 2021 Yeongdong-daero K-Pop Concert pada tahun lalu. Ia juga dikenal sebagai host dalam web show bertajuk Breakfast With Tiffany (2021) besutan SBS Mobidic Channel. Per tahun 2022 ini, total kekayaan bersih Tiffany Young ditaksir mencapai Rp44,5 miliar, yang senilai dengan 3 juta Dollar AS.

Baca Juga: Simak Profil Yuri SNSD, Si Cantik yang juga Andal dalam Seni Peran

Fakta Tiffany SNSD

Tiff ditemukan SM Entertainment sewaktu berumur 15 tahun. Ia lantas pindah ke Seoul untuk berlatih dan persiapan debutnya. Ia lahir di rumah sakit yang sama dengan Jessica Jung, mantan anggota SNSD (GG). Tiffany juga menyelesaikan pendidikannya di sekolah yang sama dengan Jessica. 

Dengan tinggi tubuh mencapai 163 cm, visual yang menawan serta keterampilan menari yang energik, Tiffany pun sukses bersama SNSD (GG). Dalam girlband legendaris itu, ia didapuk menjadi Lead Vocalist

Pada tahun 2012, Tiffany tergabung dalam TaeTiSeo bersama Taeyeon dan Seohyun. Trio ini merilis mini album bertajuk TTS di tahun 2012. Single mereka yang berjudul Twinkle sukses menjadi sorotan serta menduduki berbagai peringkat chart lagu kenamaan Korea Selatan dan mancanegara, termasuk Billboard

Pada tahun 2017, ia memilih keluar dari SM Entertainment namun masih menjadi bagian dari SNSD (GG). Di tahun itu, ia juga pindah kembali ke Los Angeles, Amerika Serikat, selagi karier solonya tengah meroket. 

Karier Solo yang Bersinar

Tiffany SNSD memulai debut sebagai penyanyi solo di tahun 2016 dan merilis I Just Wanna Dance dan mendulang sukses. Di tahun 2019, Lips on Lips juga diluncurkan ke pasaran dan laris manis (angka penjualan platinum).

Beragam single andalan Tiffany kemudian wara-wiri di berbagai chart lagu kenamaan Korea Selatan dan juga mancanegara. Beberapa di antaranya yaitu Fool, Talk, What Do I Do, Once in A Lifetime, Yellow Light, I Just Wanna Dance, dan Heartbreak Hotel featuring Simon Dominic yang dikenal sejak tahun 2016. 

Single lainnya dari Tiffany mencakup Peppermint (2018), Teach You, Over My Skin, Born Again, Magnetic Moon, Lips on Lips, serta Run For Your Life yang seluruhnya rilis di tahun 2019. Secara keseluruhan, Tiffany telah merilis banyak lagu sebagai solois. Sekurang-kurangnya, ia telah mengeluarkan sepuluh video musik, dua mini album, sepuluh lagu single, hingga dua belas soundtrack appearances

Kerap Berkolaborasi dengan Artis Keren Lainnya

Tiff mengeluarkan beragam karya yang dibawakan bersama artis dan musisi lainnya, seperti dalam The Secret bersama Kim Dong-wan di tahun 2008. Tahun itu, ia menjadi artis featuring dalam A Girl, Meets Love milik K. Will.

Kilas balik, sebagai solois Tiff pernah berduet dengan Seohyun dan Jessica dalam lagu Love Hate dan Mabinogi di tahun 2008. Di tahun itu, Tiff bersama Jessica juga merilis GMPer Song dan Picnic Song.

Kemudian pada tahun 2010, Tiff kembali menggandeng Jessica dalam lagu Talk to Me (2010). Di tahun itu, ia juga menyanyikan Cabi Song bersama Jessica, Taeyeon, Yuri, Sunny, Seohyun, Jun. K, Chansung, serta Taecyeon. 

Lantas di tahun 2013, Tiff membawakan lagu Lost in Love secara duet bersama Taeyeon. Di tahun itu, Tiff bersama various artists merilis You Are a Miracle. Setahun kemudian, Tiff kembali dengan Talk About Love (with various artists). Ia lantas merilis lagu Shut Up (2016) sebagai bagian dari Unnies, untuk reality show bertajuk Sister’s Slam Dunk.

Sementara itu, beberapa lagunya pun banyak yang dijadikan original soundtrack untuk serial drama dan film layar lebar. Di antaranya ialah By Myself sebagai OST. Ja Myung Go (2009), Because It’s You untuk OST. Love Rain (2012), One Step Closer—All About My Romance (2013), Only One—OST. Blood (2015), dan lainnya.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Yoona SNSD Sebelum Sukses, Pernah Gagal Casting Lebih dari 100 Kali!

Menggelar Berbagai Konser Tunggal

Dengan kariernya sebagai penyanyi solo kenamaan, Tiffany pun sukses menggelar sejumlah konser tunggalnya. Di tahun 2016, The Agit: Tiffany’s Weekend sukses dihelat. 

Pada tahun 2019, setidaknya Tiffany terlibat dalam konser Open Hearts Eve, Magnetic Moon North American Tour, dan juga Lips On Lips North American Mini Showcase Tour. Disusul kemudian dengan Open Hearts Eve Part Two di tahun 2020. 

Berkiprah Sebagai Pembawa Acara Terkemuka

Kerap didapuk menjadi presenter, Tiffany Young telah membawakan beragam acara televisi dan web show kenamaan. Awalnya, ia menjadi co-host dalam Boys & Girls Music Countdown bersama Kim Hye-seong (2007-2008). Di era itu, ia juga menjadi salah satu pembawa acara Champagne. 

Di tahun 2008, Tiff kemudian menjadi regular cast dalam Kko Kko Tours Single Single: Season 1. Kemudian bersama Yuri, Tiff menjadi presenter Show! Music Core di tahun 2009-2012. Dari tahun 2012-2013, Tiff lanjut membawakan acara tersebut bersama Seohyun dan Taeyeon.

Selanjutnya, Tiff menjadi regular cast dalam Fashion King Korea (2013). Di tahun 2015, ia bersama Lee Cheol-woo membawakan acara Heart A Tag. Memasuki tahun 2016, ia juga menjadi regular cast untuk Sister’s Slam Dunk: Season 1.

Di tahun 2019, Tiff kembali hadir dalam acara King of Mask Singer. Beralih ke tahun 2020, Tiff didapuk menjadi regular cast dalam The Dog I Encountered

Hingga pada tahun 2021, ia menjadi pemandu acara Girls Planet 999 dan Pet Vitamin. Tahun ini, Tiff hadir bersama para anggota Girls’ Generation (SNSD) lainnya di acara Soshi Tamtam.

Penampilan di Ranah Akting dan Film

Tiff pernah muncul dalam film biografi SMTOWN bertajuk I Am (2012). Ia kemudian hadir sebagai cameo dalam My Brilliant Life (2014). Di tahun 2015, ia kembali muncul dalam film dokumentasi SMTOWN, SMTown The Stage.

Adapun di ranah layar kaca, Tiffany Young pernah muncul dalam Unstoppable Marriage (2008), The Producers (2015), serta The Youngest Son of a Conglomerate (2022).

Di drama musikal, ia pernah memerankan Carmen Diaz dalam Fame (2011-2012). Lama berselang, ia kembali terlibat dalam pertunjukan drama musikal Chicago (2021-2022) dan berakting sebagai Roxie Hart.

Menangkan Beragam Apresiasi dan Penghargaan

Di sepanjang kiprahnya di industri hiburan, Tiff telah memenangkan beragam apresiasi dan penghargaan. Keterampilannya yang ciamik sebagai presenter membuat Tiff menyabet Special Award: MC Division dari MBC Entertainment Awards 2011

Kemudian nama Tiffany menjadi nominator di sejumlah ajang penghargaan yang bergengsi. Pada tahun 2008 misalnya, namanya dinominasikan dalam Mnet 20’s Choice Awards kategori Hot School Girl. Di tahun 2009, ia masuk nominasi Best OST Mnet Asian Awards

Beranjak ke tahun 2016, ia masuk nominasi Song of the Year dan Best Dance Performance Solo dari ajang Mnet Asian Awards. Tiffany lantas memenangkan penghargaan K-Pop Female Artist dalam BreakTudo Awards kategori 2018.

Di tahun 2019, ia menerima penghargaan Best Solo Breakout dari iHeartRadio Music Awards. Selain itu, Tiff kembali menjadi nominator K-Pop Solo Artist dalam BreakTudo Awards 2019.

Selanjutnya, lagu Magnetic Moon yang ia bawakan berhasil dinominasikan di kategori Anthem of the Year ajang BreakTudo Awards 2020. Dan pada tahun 2021, ia dianugerahi penghargaan Musical Division dari Korea Arts and Culture Awards. 

Tetap Cantik di Usia Kepala Tiga

Tiffany Young kini telah menginjak usia 33 tahun. Meski begitu, ia tetap cantik menawan walaupun punya segudang kegiatan. 

Ketika ditanya mengenai resep awet muda kecantikannya, Unnie yang satu ini kemudian menyebutkan rahasianya. Rupanya, ia sering minum air putih dan air elektrolit.

Baca Juga: Begini Perjalanan Karier Seohyun SNSD yang Sukses di Dunia Akting