Lakukan Hal Ini Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Mengemudi di Malam Hari

Mengemudi merupakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Tidak diperbolehkan mengemudi dalam keadaan lelah, mengantuk, atau dalam pengaruh obat-obatan. Pasalnya bukan hanya keselamatan diri sendiri yang terancam, melainkan juga pengendara lain yang ada di sekitar. 

Itulah mengapa sebelum mengemudi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti kondisi badan yang fit, kendaraan dalam keadaan prima, pun persiapan tambahan seperti peralatan untuk perbaikan kendaraan. Jika semuanya sudah ready, mengemudi bisa berjalan lebih nyaman dan aman. 

Lalu, bagaimana jika mengemudi dilakukan di malam hari? Apakah ada persiapan ekstra yang harus dilakukan? Pasalnya, di malam hari ada lebih banyak rintangan untuk mengemudi, seperti pencahayaan yang gelap, jarak pandang terbatas, pun kondisi badan yang kurang fit karena lelah beraktivitas di siang hari. 

Nah, agar mengemudi di malam hari bisa tetap aman dan nyaman, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Apa saja itu? Simak baik-baik, ya!

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Tips Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Mengemudi di Malam Hari

loader

Berkendara di malam hari

Bagi sebagian orang, mengemudi di malam hari menjadi hal yang kurang disukai karena risikonya yang cukup besar. Beberapa data mengungkapkan bahwa angka kecelakaan di jalan raya jauh lebih banyak terjadi di malam hari. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, satu yang paling umum tentu saja karena di malam hari kondisi jalanan cukup gelap karena minimnya penerangan. 

Lantas, bagaimana cara agar mengemudi di malam hari tetap aman dan nyaman? Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan. 

  1. Periksa Headlight atau Lampu Depan

    Sebelum mengemudi, terlebih di malam hari, memeriksa kendaraan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pengemudi. Pastikan memeriksa kondisi mobil, baik interior maupun eksterior secara detail dan menyeluruh. Jangan abai pada kerusakan sekecil apapun, karena bisa berdampak buruk dan menimbulkan kerusakan yang lebih besar yang membahayakan. 

    Cek fungsi masing-masing bagian mobil, salah satunya lampu depan atau headlight. Pasalnya, saat mengemudi di malam hari, headlight menjadi penerangan utama yang membantu kamu melihat jalanan. Pastikan lampunya berfungsi dengan baik pun bersih dari debu yang bisa menggangu penerangan.

  2. Periksa Posisi Kaca Spion

    Tak bisa dipungkiri bahwa kaca spion memiliki peran yang sangat penting saat mengemudi. Melalui kaca spion, kamu akan terbantu melihat kondisi sekitar, baik di samping kiri-kanan maupun di belakang kendaraan. 

    Di malam hari, kaca spion bisa membantu melebarkan jarak pandang, sehingga kamu bisa lebih leluasa dalam mengemudikan kendaraan. Untuk itu, posisikan kaca spion sebaik mungkin agar lebih nyaman saat berkendara di malam hari. Posisi spion yang baik juga dapat mengurangi blind spot saat berkendara.

  3. Ikuti Prinsip Berkendara

    Saat belajar mengemudi, kamu pasti mendapatkan banyak ilmu mengenai prinsip berkendara yang benar dan aman. Hal ini juga bisa kamu terapkan saat mengemudi di malam hari, lho. Bedanya, kamu harus meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. 

    Jika di siang hari kamu bisa melakukan pindah jalur dengan cepat dan lebih leluasa, hal ini tak bisa diterapkan saat mengemudi di malam hari. Kamu harus lebih penuh perhitungan dan berhati-hati karena jarak pandang yang terbatas. Kamu juga tak bisa melihat apakah ada lubang atau galian di tengah jalan yang bisa mengganggu kelancaran dalam mengemudi. 

    Hal yang tak kalah penting adalah meningkatkan penglihatan saat berkendara di malam hari. Ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mengurangi kecepatan atau dengan menggunakan lampu sorot jauh. Tapi, pastikan saat menggunakan lampu sorot jauh tidak mengganggu penglihatan kendaraan yang lain, ya. 

  4. Beristirahat

    Mengemudi di malam hari memang cenderung lebih melelahkan. Ini karena energi dalam tubuh sudah habis digunakan untuk beraktivitas di siang hari. Apalagi kondisi penerangan yang minim serta suasana sekitar di malam hari bisa meningkatkan rasa kantuk saat berkendara.

    Itulah sebabnya saat merasa lelah, sangat dianjurkan untuk beristirahat. Ini sangat penting untuk menjaga performa saat berkendara. Dengan beristirahat sebentar, tubuh akan kembali bugar dan mudah untuk berkonsentrasi lagi.

  5. Berhenti di Tempat Aman

    Saat mengemudi di malam hari dan mobil tiba-tiba mengalami masalah, carilah tempat yang aman untuk berhenti. Jika memungkinkan, berhentilah di tempat yang terang atau ramai. Namun, jika tak memungkinkan, maka pilihlah bahu jalan untuk berhenti. 

    Jangan berhenti di tempat di mana bisa mengganggu lajur kendaraan yang lain, ya. Ingat untuk menghidupkan lampu hazard sebagai tanda bahwa kendaraan sedang berhenti. Dengan begitu, pengendara lain akan menyadari keberadaan kendaraan kamu.

  6. Bersiap untuk Kondisi Darurat

    Sebaik apapun persiapan dilakukan, tak ada yang tahu apa yang akan terjadi di tengah perjalanan. Bisa saja tiba-tiba ban mobil bocor, kehabisan bahan bakar, terjebak kemacetan panjang, dan lain sebagainya. 

    Untuk itu, tak ada salahnya jika bersiap untuk kondisi darurat. Apalagi di malam hari, tentu akan lebih sulit mendapatkan bantuan. Jadi, pastikan membawa peralatan darurat seperti kotak P3K, alat dongkrak, ban serep, payung, makanan atau minuman, kabel jumper, dan lain sebagainya. 

Bekali Diri dengan Asuransi untuk Proteksi yang Aman saat Berkendara

loader

Selain hal-hal di atas, satu yang tak boleh terlewat sebelum mengemudi di malam hari adalah membekali diri dengan asuransi kendaraan atau kecelakaan diri. Ini penting untuk perlindungan diri dari risiko kecelakaan yang mungkin saja terjadi. Dengan adanya asuransi ini, kamu akan terhindar dari besarnya kerugian, baik untuk perbaikan kendaraan maupun biaya pengobatan. 

Namun, asuransi hanyalah upaya antisipasi, selebihnya kamu tetap harus bersikap hati-hati selama mengemudi agar terhindar dari kecelakaan atau hal buruk lain yang tak diinginkan.