Tips Kelola Keuangan saat Beli Rumah dengan KPR

Jika tidak mampu membeli rumah secara tunai, maka pengajuan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bisa menjadi pilihan yang tepat. Layanan perbankan yang satu ini akan mendanai pembelian rumah Anda, sehingga Anda bisa mencicilnya. 

Mengingat cicilan KPR ini menjadi pengeluaran tetap Anda selama belasan tahun ke depan, maka Anda perlu mengelola keuangan dengan tepat guna menghindari adanya masalah keuangan

Simak beberapa tips keuangan yang bisa Anda terapkan berikut ini, agar KPR Anda berjalan lancar dan lunas tepat waktu.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Stop utang yang konsumtif

belanja
Stop utang yang konsumtif

Selalu ada banyak alasan untuk utang, bahkan tanpa direncanakan sama sekali. Namun saat Anda sudah memiliki KPR, kebiasaan utangseperti ini harus dihentikan, apalagi untuk utang yang bersifat konsumtif semata. Cobalah untuk segera melihat kondisi keuangan Anda dan juga cara Anda mengelola keuangan selama ini. Cek kembali pemakaian kartu kredit Anda, agar Anda bisa melihat apa saja yang Anda beli dengan menggunakan fasilitas tersebut. Biasakan untuk membeli berbagai kebutuhan yang penting saja dan abaikan berbagai pembelanjaan yang hanya bersifat keinginan semata. 

Baca Juga: Jokowi Ringankan Cicilan Motor dan KPR Subsidi Demi Usir Dampak Corona

Jangan gunakan utang untuk bayar utang

Cicilan KPR merupakan kewajiban (utang) di dalam keuangan Anda, maka Anda harus bayar secara rutin. Namun pastikan Anda tidak membayar cicilan KPR ini dengan menggunakan utang lainnya, seperti dana kartu kredit atau bahkan dana pinjaman lainnya. Hal ini sangat beresiko dan bisa saja membuat keuangan Anda justru berantakan di masa yang akan datang. Jika Anda ingin cicilan KPR lancar, maka pastikan Anda bisa mengalokasikan sebagian penghasilan bulanan Anda untuk membayarnya setiap bulan.

Manfaatkan layanan Auto Debit

Sebagai pengguna KPR, Anda tentu memiliki kewajiban untuk membayar cicilan Anda tepat waktu setiap bulannya. Jika tidak, maka pihak bank akan menerapkan sanksi berupa bunga dan biaya denda keterlambatan bagi Anda. Meski pada awalnya tampak kecil, biaya-biaya ini tentu akan membuat utang Anda semakin besar, apalagi jika Anda sering telat melakukan pembayaran. Hindari berbagai masalah dan biaya ini, Anda bisa memanfaatkan layanan Auto Debet dari rekening pribadi Anda, sehingga cicilan KPR Anda selalu terbayar tepat waktu.

Jangan lupakan dana darurat

rupiah
Jangan lupa dana darurat

Tak ada orang yang ingin mengalami masalah keuangan, tentunya termasuk Anda juga. Namun di dalam prakteknya, resiko di dalam keuangan selalu ada, bahkan bisa terjadi kapan saja. Kelola resiko ini dengan baik sejak awal, agar Anda tidak sampai mengalami masalah di dalam keuangan. Meski memiliki cicilan KPR, pastikan Anda tetap menyisihkan dana darurat di dalam keuangan Anda. Selain untuk menghindari masalah keuangan di masa yang akan datang, dana ini juga akan membantu Anda menghindari gagal bayar di dalam cicilan KPR tersebut.

Kelola keuangan dengan baik bersama pasangan

Jangan lupa untuk selalu mengelola keuangan Anda dengan tepat dan ketat. Hal ini bisa Anda terapkan di dalam rumah tangga, termasuk dengan melibatkan pasangan Anda juga. Susunlah anggaran pengeluaran yang tepat, agar seluruh uang Anda bisa ditempatkan pada pos yang juga tepat. Hal ini akan sangat membantu dan mencegah Anda mengalami masalah keuangan di masa yang akan datang.

Baca Juga: Tips Pilih KPR Anti Ribet Buat Milenial Biar Cicilan Nggak Seret

Berlibur di waktu terbaik

Meski memiliki cicilan KPR, Anda dan keluarga tentu tetap membutuhkan liburan. Anda tetap bisa menikmati momen menyenangkan ini dengan maksimal, jika Anda dapat merencanakan dan mengatur dananya dengan tepat. Jangan berlibur di akhir tahun atau di musim liburan sekolah, agar Anda bisa menekan biaya. Selain itu, manfaatkan juga berbagai keuntungan yang bisa menghemat pengeluaran liburan Anda, seperti penawaran kartu kredit dan yang lainnya.

Kelola keuangan dengan baik saat punya cicilan KPR

Mengajukan KPR kerap menjadi pilihan mudah untuk segera memiliki rumah. Namun sebelum memiliki cicilan seperti ini, pastikan Anda sudah mempersiapkan kondisi keuangan dengan baik. Selain itu, selalu kelola keuangan Anda dengan baik selama mencicil, agar KPR Anda bisa berjalan lancar dan lunas tepat waktu di masa yang akan datang.

Baca Juga: Beli Rumah dengan KPR, Ini Langkah-Langkahnya