Siapkan Keuangan Biar Mampu, Begini Cara dan Tips Tepat Kumpulkan Tabungan Kurban

Idul Adha adalah salah satu hari besar yang dirayakan oleh umat muslim setiap tahunnya. Perayaan hari besar tersebut memiliki ciri khas kegiatan berkurban, alias menyembelih hewan ternak seperti sapi, kambing, atau unta. Tentunya, bagi umat muslim, berkurban menjadi salah satu bentuk ibadah yang dapat memberikan banyak kebaikan dan dianjurkan untuk dilakukan jika mampu. 

Hanya saja, bagi kebanyakan orang, berkurban menjadi ibadah yang sulit untuk dilakukan karena perkara finansial. Tanpa menabung dulu, bisa jadi niat untuk berkurban ini tidak akan terwujud. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki niat untuk menjalankan ibadah ini di hari Raya Idul Adha berikutnya, pastikan mampu menyiapkan keuangan dengan sebaik mungkin dengan menyusun tabungan kurban.

Lalu, apa saja tips dan trik yang bisa dilakukan agar mampu mengumpulkan tabungan kurban secara optimal sesuai rencana? Nah, jika kamu ingin tahu informasinya lebih lanjut, simak penjelasan tentang perhitungan tabungan kurban dan sederet tips mengumpulkannya berikut ini. 

Baca Juga: 11 Tabungan Pilihan Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Kisaran Perhitungan Jumlah Tabungan Kurban

loader

Kambing Merupakan Hewan yang Sering Dikurbankan

Ketika berniat untuk berkurban, ada beragam jenis hewan ternak yang bisa dipilih. Tergantung dari jenis hewan ternak yang dipilih, perhitungan nominal tabungan kurban yang perlu dikumpulkan juga pasti akan berbeda. 

Melihat informasi mengenai harga hewan ternak saat Idul Adha 2023, rerata harga dari 1 ekor kambing berbobot 21 sampai 25 kilogram sekitar 2,8 juta rupiah. Sementara untuk seekor sapi utuh berbobot sekitar 250 sampai 300 kilogram, harganya sekitar 18 juta hingga 20 juta rupiah. Biaya tersebut tentu tergolong besar bagi kondisi finansial mayoritas masyarakat.

Namun, jika ingin lebih mudah menyesuaikan kondisi keuangan, kamu juga bisa berkurban sapi dengan patungan orang lain secara bersamaan. Menurut ketentuan syariah, setiap orang bisa berkurban sapi dengan membeli 1 per 7 sapi yang memiliki bobot 250 sampai 300 kilogram. Sehingga, dana yang perlu dikeluarkan berkisar antara 2,7 juta sampai 2,9 juta saja jika memutuskan untuk berkurban sapi secara patungan.

Tentunya, perkiraan jumlah tabungan kurban tersebut bisa saja berbeda dengan kenyataan di pasaran. Tapi, secara umum, kisaran dana yang harus dikumpulkan untuk niat tabungan tersebut tentu tidak akan jauh berbeda dengan harga hewan kurban di tahun mendatang. Yang terpenting, kamu sudah memiliki acuan tentang berapa nominal tabungan qurban yang harus dikumpulkan nantinya.   

Tips dan Cara Mengumpulkan Tabungan Kurban

loader

Menabung untuk Kurban Sapi

Dengan biaya yang bisa dibilang cukup besar, sebagian orang mungkin akan kesulitan untuk bisa mengumpulkan tabungan kurban. Nah, agar rencana tersebut mampu berjalan sesuai rencana, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mengumpulkan tabungan kurban. 

  1. Jadikan Tabungan Kurban Sebagai Tujuan Finansial

    Agar bisa mencapai tabungan kurban sesuai rencana, kamu tentu perlu menjadikannya sebagai tujuan keuangan. Ketika sudah dijadikan sebagai tujuan, niat untuk terus mengumpulkannya akan selalu ada hingga tercapai. Utamanya, sesuaikan jenis hewan yang dipilih dan harganya dengan kondisi keuangan agar menjadi tujuan finansial yang realistis untuk bisa diraih.  

  2. Tetapkan Alokasi Dana Khusus 

    Setelah menjadikannya sebagai tujuan finansial, jangan lupa untuk mengalokasikan dana khusus agar bisa mencapainya sesuai rencana. Ketahui kondisi keuangan dan hitung berapa dana yang bisa disisihkan untuk kebutuhan ini, misalnya 10 persen dari gaji. Jika dengan nominal tersebut ternyata belum cukup untuk mencapainya, tak ada salahnya untuk menunda rencana berkurban di tahun depan demi menjaga kondisi keuangan. 

  3. Gunakan Uang THR dan Bonus Tahunan

    Lalu, bagaimana jika ternyata dengan kondisi keuangan saat ini kamu belum bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan kurban tanpa membuatnya berantakan? Solusinya bisa dengan mengalokasikan uang THR maupun bonus tahunan yang didapatkan. 

    Alih-alih menggunakannya untuk hal yang tidak perlu, tentu akan lebih bijak jika dialokasikan untuk tabungan berkurban, bukan? Yang penting pastikan kondisi keuangan prima terlebih dulu dan tak ada tanggungan lebih penting yang masih menunggak untuk dipenuhi, misalnya utang atau cicilan. Jika masih memiliki tanggungan tersebut, usahakan untuk memenuhinya terlebih dulu menggunakan bonus tahunan agar kondisi keuangan terjaga. 

  4. Tanam di Instrumen Investasi

    Jika menyimpan tabungan kurban di rekening bank biasa, nilai dananya akan stagnan dan tak memiliki peluang untuk berkembang selain dari uang yang disetorkan secara rutin. Selain itu, karena mudah untuk dicairkan, risiko dana tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak penting atau tak sesuai fungsinya akan menjadi lebih tinggi. 

    Karenanya, akan lebih aman dan menguntungkan jika menanam dana berkurban tersebut di instrumen investasi. Mengapa investasi? Karena dana yang tersimpan di dalamnya berpeluang untuk terus bertambah seiring waktu. 

    Tentunya, pilih instrumen investasi berbasis syariah dengan tingkat risiko menyesuaikan tujuan. Sebagai contoh, jika rencana berkurban dilakukan di tahun depan, usahakan untuk memilih instrumen investasi syariah berisiko rendah, misalnya reksa dana pendapatan tetap atau deposito. 

  5. Ajukan Patungan Kurban

    Saat dana yang terkumpul belum cukup untuk bisa berkurban secara mandiri, memilih cara patungan bisa menjadi solusinya. Karena ditanggung secara patungan, dana yang dikeluarkan untuk ibadah kurban akan menjadi jauh lebih ringan. Yang terpenting, ketahui aturan mengenai patungan kurban ini agar mampu mendapatkan berkahnya.  

  6. Buat Rekening Tabungan Kurban

    Selain itu, tips menabung untuk dana kurban adalah dengan menyimpannya di rekening khusus yang sulit untuk bisa dicairkan. Contohnya adalah ajukan rekening bank yang tak menyediakan layanan ATM. Dengan begitu, dananya akan lebih aman tersimpan dan kamu tetap mampu memantau perkembangannya seiring waktu. 

  7. Pilih Jenis Hewan Kurban Sesuai Kemampuan Bayar

    Tips yang terakhir, sesuaikan jenis hewan kurban yang dipilih dengan kemampuan bayar. Jangan sampai karena terlalu memaksakan diri berkurban sapi dengan harga terlampau mahal, kondisi keuanganmu menjadi berantakan hingga tak mampu memenuhi kebutuhan pokok. 

    Ingat jika hukum dari berkurban adalah sunnah dan hanya dianjurkan jika benar-benar mampu secara finansial. Sehingga, pastikan untuk memilih jenis hewan kurban dan harganya dengan menyesuaikan kemampuan bayar serta menabung dananya secara realistis. 

  8. Kumpulkan Tabungan Kurban dengan Reksa Dana

    Sebagai perayaan tahunan, seseorang biasanya memiliki waktu beberapa bulan untuk bisa mengumpulkan tabungan kurban. Dengan waktu yang terbatas dan besarnya jumlah dana yang harus dikumpulkan, tidak sedikit orang merasa kesulitan mewujudkan tabungan qurban dengan nominal sesuai yang direncanakan.

    Tapi tenang saja, kamu bisa memanfaatkan instrumen investasi reksa dana agar lebih mudah dan optimal mengumpulkan tabungan tersebut. Praktis, berikut adalah cara mengumpulkan tabungan kurban via reksa dana. 

  9. Tentukan Tujuan dan Batas Waktu

    Tergantung dari jenis hewan kurban yang akan dipilih, kamu bisa mengetahui berapa nominal dana yang harus dikumpulkan. Selain itu, dengan menetapkan jangka waktunya, nominal dana yang perlu disisihkan tiap bulan secara rutin juga bisa diketahui. Misalnya, jika ingin kurban kambing seharga 2,5 juta dengan batas waktu 10 bulan, artinya tiap bulan kamu perlu menyisihkan uang paling tidak sebesar 250 ribu. 

  10. Gunakan Metode Menabung yang Menarik

    Jika menabung secara rutin dengan nominal yang tetap dirasa kurang menggugah, kamu bisa menggunakan cara lain untuk mengumpulkan tabungan kurban. Sebagai contoh, ada metode menabung mingguan unik dengan nominal bervariasi tiap minggunya yang dapat kamu tiru. Berikut adalah contoh menabung mingguan secara lebih menarik selama 10 bulan atau 40 minggu. 

    50

    30

    100

    70

    20

    30

    80

    70

    20

    40

    40

    30

    50

    10

    90

    20

    80

    20

    50

    30

    80

    50

    70

    40

    70

    60

    80

    20

    50

    70

    20

    50

    30

    40

    40

    70

    50

    60

    30

    90

     Catatan: Tiap Kolom Merupakan Tabungan Mingguan

    Tiap nominal yang sudah ditabung, kamu bisa mencoretnya hingga seluruh kotak terpenuhi. Cukup menarik, bukan?

  11. Pilih Jenis Produk Reksa Dana yang Tepat

    Kemudian, simpan dana untuk berkurban ini di produk reksa dana yang tepat. Jika rencana berkurban akan dilakukan di tahun depan, idealnya simpan uang tersebut di produk berisiko rendah, misalnya reksa dana pasar uang. Dengan begitu, risiko kerugian bisa diminimalkan dan mampu memberi potensi imbal hasil yang stabil seiring waktu. 

    Baca Juga: Tips Mudah Investasi Reksa Dana dengan Gaji UMR

Tak Lagi Bingung Jalankan Ibadah Kurban dengan Tips Menabung yang Tepat

Sebagai salah satu ibadah yang hanya dilakukan setahun sekali, tidak sedikit orang ingin berkurban. Tentunya, keinginan tersebut perlu direalisasikan dengan menyesuaikan kondisi keuangan. Nah, agar lebih mudah mengumpulkan dananya, pastikan untuk mengikuti tips menyiapkan tabungan kurban sesuai penjelasan di atas, ya!

Baca Juga: 75 Kata-kata Lucu Banget yang Dijamin Bisa Bikin Hidup Lebih Menyenangkan