Tips Memilih Ikan Salmon Segar dan Sehat untuk Dikonsumsi

salmon

Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang populer dan banyak disukai. Selain rasanya yang lezat saat dikonsumsi, ikan yang satu ini juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya untuk orang dewasa saja, salmon juga sering dipilih para orangtua sebagai menu makanan bagi anak-anak mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan. 

Ikan salmon dipercaya memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat baik untuk masa pertumbuhan, sehingga terbilang sangat populer di kalangan orangtua yang memiliki balita.

Pada dasarnya, proses perkembangangbiakan salmon memang terbilang begitu unik. Salmon termasuk salah satu jenis ikan yang mengalami migrasi di dalam perkembangbiakannya. Salmon akan bermigrasi dan bertelur di parairan air tawar, hingga menetaskan telurnya di sana. 

Setelah telur-telur ini menetas dan menjadi anak-anak ikan, salmon kecil ini akan bermigrasi ke laut. Jika sudah dewasa dan mendekati masa reproduksi, salmon akan kembali ke perairan air tawar dan bertelur hingga menetas di sana. 

Jika Anda dan keluarga termasuk orang yang suka mengkonsumsi salmon, maka pastikan memilih salmon yang berkualitas baik, agar seluruh anggota keluarga bisa menikmati manfaat maksimal dari sajian ikan lezat ini. 

Simak beberapa tips berikut ini, yang bisa Anda cermati untuk memilih salmon segar dan berkualitas baik di pasaran:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Pilih Salmon Liar atau Salmon Ternak?

Saat membeli salmon, maka Anda bisa menemukan dua jenis salmon yang berbeda di pasaran. Ikan ini juga sudah banyak dibudidayakan, sehingga bisa menemukannya dalam bentuk salmon ternak (hasil budidaya). 

Namun selain salmon ternak, Anda juga masih bisa menemukan salmon liar yang merupakan ikan salmon hasil tangkapan dari laut dan bukan hasil budidaya. Perbedaan kedua jenis salmon ini bisa dikenali dengan lebih mudah melalui warnanya. 

Jika daging salmon liar cenderung lebih berwarna orange, maka sebaliknya daging salmon ternak akan terlihat lebih pucat. Bukan hanya itu saja, harga salmon liar di pasaran juga akan lebih mahal, jika dibandingkan dengan salmon ternak ini.

2. Pilih Salmon yang Matanya Masih Bening

Cara ini hanya bisa kamu lakukan jika kamu membeli ikan salmon secara utuh, termasuk bagian kepalanya. Sama dengan jenis ikan lainnya, kesegaran ikan salmon juga bisa dilihat dari kondisi matanya. Jika ikan masih dalam kondisi segar dan baru, maka matanya tentu akan tampak bening dan masih bersih. 

Sebaliknya, jika kondisi matanya sudah tampak berubah warna atau bahkan terlihat buram, maka kondisi ikan salmon tersebut tentu sudah tidak lagi segar. Hindari membeli ikan salmon dengan kondisi mata yang sudah tidak bening seperti ini.

3. Masih Beraroma Segar Khas Laut

Aroma khas pada ikan tentu bisa menjadi salah satu tanda segar atau tidaknya ikan tersebut. Ikan salmon yang segar pada umumnya akan beraroma asin khas laut, sebagaimana aroma ikan laut segar pada umumnya. 

Sedangkan ikan yang sudah berbau anyir atau bahkan cenderung berbau busuk tentu sudah tidak baru dan tak layak untuk dikonsumsi lagi. Jangan membeli ikan yang sudah tidak beraroma segar laut seperti ini, sebab ikan seperti ini pada umumnya sudah lama dan tidak segar lagi.

Baca Juga:  Mengonsumsi Buah Apel Setiap Hari Dapat Menghindarkan Diri dari Bertemu Dokter!

4. Masih Kenyal dan Lembut

Anda juga bisa menyentuh ikan salmon untuk memastikan kesegaran ikan tersebut. Biasanya ikan salmon yang masih segar akan bertekstur kenyal dan masih lembut. Meski kenyal, ikan salmon pada umumnya tetap bertekstur lembut dan tidak kaku ketika ditekan. 

Namun meski lembut, ikan ini akan mudah kembali ke bentuk awal ketika menekannya. Hindari untuk membeli ikan salmon yang lembek dan sudah terlihat tidak kenyal, sebab ini menandakan jika ikan tersebut sudah tidak lagi segar.  

Jangan Pilih Ikan dengan Permukaan Berlendir

Lendir pada permukaan ikan salmon juga menjadi hal penting lainnya yang tidak bisa Anda abaikan. Ikan yang segar tentu akan bersih dan tidak berlendir pada permukaannya. Anda perlu mengecek permukaan ikan salmon dengan teliti dan pastikan tidak terdapat lendir di sana. 

Pada umumnya, ikan salmon yang sudah berlendir seperti ini menandakan kualitasnya yang sudah tidak begitu baik dan segar. Jangan memilih ikan salmon yang permukannya sudah berlendir dan tidak tampak segar seperti ini.

Baca Juga: Fakta Penting Virus Corona, Gejala dan Tindakan Pencegahannya

Pilih Salmon Segar Berkualitas Baik

Bagi yang terbiasa mengkonsumsi ikan salmon segar, pastikan memahami dengan baik bagaimana cara memilih salmon yang berkualitas di pasaran. Hal ini penting, mengingat ikan yang lezat ini memang pada umumnya dibawa dari luar negeri. Pastikan selalu jeli dalam memilih ikan salmon yang segar, sehingga Anda dan seluruh keluarga bisa mendapatkan manfaat maksimal ketika mengkonsumsinya.

Baca Juga: 10 Manfaat Jahe Merah yang Mujarab Redakan Penyakit