Tips Menghadiri Acara Networking

Dalam dunia bisnis, membangun dan mengembangkan koneksi (networking) adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Ini bertujuan agar bisnis lebih maju. Bukan hanya bermanfaat untuk kemajuan bisnis, mengembangkan koneksi juga dapat mengembangkan diri dan karir. 

Karena ketika relasi semakin banyak, tak akan menutup kemungkinan untuk berbagi pengalaman yang akan membawa dampak baik untuk diri sendiri. 

Hadir dalam acara networking menjadi salah satu alternatif untuk mengembangkan koneksi. Saat menghadiri acara networking akan banyak menjumpai sosok yang berpengaruh dari berbagai kalangan dan berbagai perusahaan. 

Dengan menghadiri acara networking, akan membuka peluang untuk berkenalan dan bertukar informasi dengan orang lain. Dalam dunia bisnis, ini akan membawa manfaat tersendiri sebagai ajang pengenalan usaha atau promosi. Oleh karena itu, sangat disayangkan ketika tidak menghadiri acara networking.

Jadi, ketika mendapatkan undangan networking, jangan segan untuk menghadirinya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menghadiri acara networking:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jangan Melupakan Kartu Nama

kartu nama

Di jaman yang semakin modern ini, hampir semua orang pasti mempunyai kartu nama. Dengan memiliki kartu nama, akan memudahkan ketika bertukar identitas diri. 

Tak perlu mengetikkan nomor telepon beserta informasi tambahannya di ponsel atau di buku agenda, bertukar kartu nama akan lebih praktis. Selain itu, dengan adanya kartu nama akan terlihat lebih profesional. Karena di kartu nama bukan hanya mencantumkan nama dan nomor telepon saja, melainkan juga tempat kerja serta jabatan. 

Demikian pula saat menghadiri acara networking, menyiapkan kartu nama untuk orang lain bukanlah hal yang aneh. Mungkin telah menjadi hal yang lumrah. Tak masalah seusai acara mengantongi berpuluh-puluh kartu nama dari orang lain. Siapa yang akan tahu jika di masa depan mereka adalah salah satu ladang rejeki dan keberuntunganmu.

2. Berpenampilan Rapi

berpakaian rapi

First impression yang baik adalah salah satu hal yang penting ketika menghadiri acara, tak terkecuali networking. Salah satu cara untuk menciptakan kesan tersebut adalah dengan berpenampilan rapi. 

Jika dalam keseharian untuk outfit kerja cenderung kasual, maka tak ada salahnya untuk berpenampilan beda saat menghadiri acara networking. Selain untuk memberikan kesan sopan, dengan berpenampilan rapi akan menimbulkan kewibawaan tersendiri. 

Lain halnya jika menghadiri acara networking dengan mengenakan rebel jeans dan kaos lusuh, orang lain akan menganggap salah kostum atau bahkan tidak sopan. Wah, jangan sampai ya!

Baca Juga: Menekuni Bidang Manajemen Keuangan, Jangan Takut Nganggur. Ini Peluang Karier dan Gajinya

3. Menjadi Pendengar yang Baik

  pendengar

Selain kesan dari penampilan, sikap saat berada di acara networking biasanya akan menjadi poin tersendiri. Banyaknya tamu undangan yang berasal dari berbagai kalangan akan berlomba-lomba untuk menyampaikan apa yang ingin disampaikan, seperti identitasnya dan jenis usahanya. 

Saat hal ini terjadi, mencoba untuk mendengarkan tanpa memotong pembicaraan adalah pilihan yang tepat.

Lain halnya ketika orang lain sedang memperkenalkan diri, sedang yang lain menginterupsinya tentunya akan menimbulkan kesan yang tidak sopan. Biasanya, kesan seperti inilah yang akan melekat hingga seterusnya. Jadi hindari untuk memotong seseorang ketika sedang berbicara.

Namun, mendengarkan bukan berarti tak memiliki kesempatan. Berikan informasi yang memang perlu disampaikan ketika diberi kesempatan. Dengan hal ini, tentunya akan lebih efisien dan efektif. 

4. Fokus Pada Tujuan Menghadiri Acara 

  fokus pada tujuan menghadiri acara

Menghadiri acara yang dihadiri orang-orang penting tentunya harus mempunyai tujuan tersendiri. Jangan pernah membayangkan untuk menghadiri acara networking dengan niat kosong. Namun, hadiri acara tersebut untuk tujuan tertentu. 

Misalnya saja dengan menghadiri acara networking dengan tujuan mencari calon investor untuk bisnis, atau mencari donatur untuk acara charity. Tak masalah ‘menembak’ mangsa di acara networking.

Baca Juga: Lakukan Ini Biar Email Lamaran Kerja Langsung Dilirik HRD Perusahaan Incaran  

5. Follow Up

  follow up

Berkenalan dengan banyak orang dan bertukar kartu nama tanpa ada tindakan lanjutan (follow up) merupakan hal yang sangat disayangkan. Walaupun telah bertukar kartu nama, karena adanya kesibukan maka akan segera terlupakan. 

Melakukan kontak lanjutan dengan relasi yang dikenal saat acara networking adalah pilihan yang tepat. Anggap saja sebagai upaya untuk tetap menjaga komunikasi. 

Hal ini bisa dilakukan melalui surat elektronik ataupun melalui LinkedIn. Dengan melakukan hal ini, tak menutup kemungkinan akan menjadi partner jangka panjang. 

Misalnya saat menghadiri acara networking dengan tujuan mencari donatur, maka seusai acara tak masalah untuk menghubungi salah satu pihak yang sebelumnya telah tertarik untuk menjadi donatur. Memastikan apakah berjalan seperti rencana sebelumnya ataukah tidak.

Yang perlu diingat, dalam follow up harus memperhatikan etika dan sopan santun saat berkirim pesan. 

Jangan Ragu untuk Menghadiri Acara Networking

Dengan menghadiri acara networking, banyak sekali keuntungannya. Dari yang mendapat teman baru hingga mungkin mendapat rekan kerja baru. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk keberlangsungan bisnis maupun untuk pengembangan diri sendiri. Maka dari itu, jangan pernah sungkan untuk menghadiri acara networking. 

Baca Juga:  Tips ‘Menjual Diri’ Lewat Personal Branding