Tips Menghindari Bunga Kartu Kredit

Kartu kredit adalah cara pembayaran yang memberikan kemudahan dalam transaksi keuangan. Menggunakan kartu kredit berarti kamu akan dikenakan bunga berjalan.

Bunga ini akan dikenakan bila kamu membayar tagihan melewati tanggal jatuh tempo. Selain itu, juga ada denda keterlambatan yang harus dibayar.

Bunga kartu kredit pun bakal dikenakan kalau kamu tidak membayar penuh tagihan kartu kredit. Bank penerbit akan mengenakan bunga majemuk dari nilai sisa tagihan yang tidak dibayar pada saat jatuh tempo.

Sebenarnya, kamu bisa menghindari bunga kartu kredit. Artinya, kamu bisa bebas dari bunga kartu kredit dengan cara berikut ini:

Baca Juga: 5 Tanda Pengajuan Kartu Kredit Bakal Approved

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

loader
Menghindari bunga kartu kredit

1. Perhatikan kapan tagihan jatuh tempo

Sama seperti tagihan pada umumnya, kartu kredit juga memiliki tenggat pembayaran tagihan dengan waktu yang bervariasi. Namun, kebanyakan bank menetapkan setiap tanggal 10 sebagai tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit.  

Apabila pembayaran melewati tanggal yang ditentukan, maka beban bunga yang ditagihkan pada bulan ini lebih besar daripada bulan sebelumnya. Dan bila bunga tidak dibayar, maka jumlahnya akan diakumulasi dan harus dibayar pada bulan mendatang.

Jadi, perhatikan kapan tagihan kartu kredit kamu jatuh tempo. Membayar tepat waktu tidak hanya membantu kamu terhindar dari bunga yang cukup besar, tetapi juga memperbaiki riwayat kredit kamu.

2. Tidak fokus pada tagihan besar saja

Jika dibandingkan dengan tagihan bernominal kecil, kamu pasti lebih fokus dengan yang jumlahnya lebih besar. Sangat manusiawi karena kamu selalu berasumsi kalau tagihan besar inilah yang menjadi beban keuangan. 

Padahal kalau diamati lagi, tagihan kecil pun memberikan pengaruh besar pada keuangan pribadimu. Jika tidak dibayarkan, tagihan kecil akan menumpuk dan nominalnya semakin membesar setiap bulan. 

Sebaiknya tetap perhatikan tagihan kartu kredit nominal besar dan kecil. Cara mengaturnya, lunasi kartu kredit yang memiliki tagihan terkecil untuk meminimalisir pembayaran bunga dan biaya. Baru kemudian membayar tagihan yang besar.

Baca Juga: Survei: Kartu Kredit dan Paylater Jadi Andalan Anak Muda Belanja Cicilan

3. Bayar tagihan secara penuh

Dalam pembayaran tagihan kartu kredit, kamu bisa membayar jumlah minimum atau 10% dari total tagihan. Jadi, bila tagihan sebesar Rp 3 juta, maka jumlah minimum yang dapat dibayarkan sebesar Rp 300 ribu.

Namun cara pembayaran ini akan seperti yang sudah disampaikan di atas, akan dikenakan bunga majemuk dari nilai sisa tagihan yang tidak dibayar pada saat jatuh tempo. Total tagihan kartu kredit kamu akan bertambah pada bulan berikutnya akibat bunga tersebut.

Lebih disarankan untuk membayar penuh atau semua tagihan yang tercetak pada lembar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo. Karena dengan begitu, kamu tidak akan dikenakan bunga.

loader
Kartu Kredit

4. Hindari bunga cicilan reguler

Seperti yang kamu tahu, kartu kredit menawarkan fitur cicilan 0% installment yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan kredit tanpa bayar bunga. Namun, ketika metode cicilannya diubah menjadi cicilan regular, maka kamu harus membayar bunga cicilan sebesar yang ditetapkan oleh bank penerbit.

Sejatinya, bunga cicilan tidak seberapa dibandingkan dengan nilai pokok cicilan yang dibayarkan setiap bulan. Namun, kalau persentasenya dihitung dan diakumulasikan sebanyak tenor pembayaran cicilan baru, maka jumlahnya bisa dikatakan material.

Cobalah untuk konsisten terhadap jenis cicilan yang dipilih di awal. Jika awalnya memang 0 installment, maka lanjutkan sampai cicilan lunas. Dengan demikian, kamu bisa terbebas dari bunga cicilan reguler. 

Baca Juga: 4 Manfaat Kartu Kredit, Bantu Kelola Keuangan Kamu

5. Gunakan pembayaran sistem autodebet

Jika tidak ingin membayar bunga kartu kredit, hindari terlambat bayar cicilan. Bayarkan cicilan sebelum tanggal jatuh tempo. Antisipasi 5-7 hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Agar tidak ada kata lupa, pakai sistem autodebet dari rekening pribadi. Untuk mengaktifkan fitur autodebet, hubungi bank penerbit untuk mengintegrasikan pembayaran dengan kartu kredit.

Setelah sistem terintegrasi, maka cicilan kartu kredit di bulan berikutnya akan dibayar secara otomatis sebelum jatuh tempo.

Alokasikan Dana untuk Membayar Tagihan Setiap Bulan 

Jika membayar tagihan kartu kredit dalam jumlah minimum setiap bulan, kamu harus membayar bunga cukup besar. Selain itu, butuh waktu lama untuk melunasi tagihan kartu kredit, baik tagihan lama maupun tagihan baru.

Sebaiknya buat rencana pembayaran kartu kredit melebihi jumlah minimum pembayaran atau secara penuh, alokasikan dana khusus dari gaji, sehingga dapat segera melunasi tagihan kartu kredit kamu dan terbebas dari bunga.

Baca Juga: 8 Tips Manfaatkan Layanan Kartu Kredit agar Keuangan Tetap Terjaga