Wajib Tahu! Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja di Era New Normal

interview online

Memasuki era new normal berbagai perubahan pun terjadi di berbagai hal. Mulai dari tata cara makan, berada di tempat umum atau kerumunan, bekerja, belajar hingga berkendara pun mengalami perubahan. Tidak terkecuali untuk setiap perusahaan dalam menyaring dan merekrut para calon karyawan baru.

Yep, selain cara interview kerja yang juga banyak berubah, hal lain seperti contoh-contoh pertanyaan untuk interview kerja pun mengalami perubahan atau lebih tepatnya beberap penambahan baru untuk menyesuaikan cara kerja baru yang tercipta di era new normal ini. Seperti bekerja dari rumah (work from home) atau bekerja dari mana saja (remote work).

Untuk kamu yang akan melamar kerja, terutama bagi para fresh graduate yang belum punya pengalaman apa-apa untuk interview kerja. Selain tips mempersiapkan diri seperti penampilan, sikap dan cara menjawab pertanyaan. Ada tambahan baru yang perlu ditambah dalam persiapan kamu.

Tambahan itu adalah mempelajari dan memahami berbagai pertanyaan interview kerja yang baru karena new normal. Nah, Cermati.com sudah mengumpulkan berbagai pertanyaan baru yang akan sering muncul ketika kamu melakukan interview kerja karena pandemi dan new normal.

Apa saja? Berikut contoh beberapa pertanyaannya dan tips cara menjawabnya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bagaimana cara untuk tetap termotivasi untuk bekerja secara produktif selama bekerja secara mandiri?

Tips menjawab: Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus bisa memberikan beberapa contoh nyata yang menurut kamu bisa menjadi cara terbaik untuk menjaga motivasi bekerja.

Kamu bisa mencoba menjawab dengan cara yang paling umum seperti mendengarkan musik klasik atau akustik yang dipercaya untuk bisa menenangkan pikirian dan meningkatkan produktivitas.

Kamu juga bisa menjawab dengan tetap menjaga komunikasi yang baik dengan tim kerja atau menyiapkan laporan setiap hari atau seminggu sekali sebagai bukti kamu tetap bisa mengerjakan pekerjaan yang diberikan secara baik.

Baca Juga: Mulus Lolos Wawancara Kerja dengan Tips Berikut Ini

2. Apa yang kamu lakukan untuk menangani stress yang terkait dengan virus corona dan musim pandemi ini?

Tips menjawab: Pertanyaan ini disiapkan karena perusahaan ingin mengetahui apakah calon karyawan akan menggunakan logikanya dengan baik dan kebijaksaaan ketika menangani situasi penuh tekanan.

Dalam menjawab pertanyaan ini kamu harus tenang terlebih dahulu dan jangan lansung menjawab dengan asal. Karena pertanyaan ini penting bagi perusahaan dalam menilai tingkat emosional kamu atau EQ (emotional intelligence).

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan hal yang paling sederhana seperti mengalihkan stress dan tekanan dengan melakukan hobi, olahraga yang bisa menenangkan pikiran seperti yoga atau jogging, meminta cuti/break jika sangat dibutuhkan agar tidak merusak kualitas dari hasil kerja yang diinginkan.

Intinya, jawab saja dengan jujur tapi berikan juga alasan yang kuat kenapa kamu memilih cara tersebut. Sebutkan manfaat dan dampaknya dengan lugas dan jelas yah agar tidak salah paham.

3. Apakah kamu bisa menjelaskan bagaimana cara mentransfer pengetahuan teknologi yang kamu miliki untuk mendukung/bisa dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai bentuk pengembangan sistem kerja di era new normal ini?

Tips menjawab: Karena banyaknya fleksibilitas kerja baru yang mulai diterapkan, kebutuhan akan pengetahuan teknologi dalam mendukung pekerjaan pun sangat dibutuhkan.

Seperti bekerja dari rumah, perusahaan perlu tau bagaimana caranya kamu tetap bisa bekerja secara baik dengan fasilitas seadanya yang ada dirumah tapi hasil kerja tetap bagus dan sesuai ekspetasi. Apa saja yang harus dibutuhkan mulai dari peralatan hingga kelengkapan lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus menyiapkan jawabannya benar-benar dari jauh hari. Misalnya melamar posisi sebagai Content Writer, maka kamu harus memberitahu secara detail bagaimana alur kerjanya mulai dari proses awal hingga proses akhir pengerjaan dengan teknologi yang kamu gunakan.

Contoh: menulis dengan gdocs, mendownload zoom untuk kebutuhan meeting, menyiapkan google kalender untuk setiap deadline project yang bisa dilihat oleh seluruh tim, membuat google sheet untuk laporan harian, dan sebagainya. Kalau perlu kamu juga mempersiapkan alternatif lain jika salah satu aplikasi atau website tidak berfungsi seperti menggunakan WhatsApp sebagai pengganti zoom untuk video call meeting.

4. Bagaimana cara kamu menghabiskan waktu selama masa karantina di rumah?

Tips menjawab: Mungkin ini salah satu cara perusahaan untuk menanyakan apa yang biasa kamu lakukan di waktu luang atau ketika sedang menganggur. Kamu memang harus menjawab pertanyaan ini dengan jujur, tapi pilih-pilih dulu yah kegiatan apa yang akan kamu sebutkan.

Pilihlah kegiatan yang bisa menggambarkan bahwa kamu melakukan kegiatan secara produktif selama lockdown, seperti belajar memasak, berolahraga santai dirumah, belajar atau kursus online.

Hobi streaming drakor sama netflixnya disimpan buat sendiri aja yah.

Baca Juga: Tips Menjawab 10 Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja

5. Apa yang kamu lakukan dalam mencari penghasilan tambahan sejak tidak lagi bekerja di perusahaan sebelumnya?

Tips menjawab: Pertanyaan ini sudah jelas ditunjukkan untuk mereka yang sudah memiliki pengalaman dan di berhentikan bekerja karena pandemic. Perusahaan biasanya memberikan pertanyaan ini untuk mengetahui kualitas mental para calon karyawan dalam menghadapi situasi yang benar-benar penuh tekanan.

Bagi yang memang memiliki alternatif sumber penghasilan karena diberhentikan bisa menjawab sejujurnya apa yang dikerjakan baik itu menjadi ojol atau berdagang. Bagi yang tidak ada atau karena masih fresh graduate bisa menjawab tidak ada tpai jelaskan alasannya kenapa dengan jelas dan baik.

Jangan Lupa Tetap Berpakaian Rapih Walaupun Interview Dilakukan secara Virtual

Walaupun interview kerja dilakukan secara online, tapi itu bukan alasan untuk kamu untuk tidak berpenampilan rapi. Ingat penampilan juga bisa menjadi faktor penting dalam penilaian untuk diterima bekerja atau tidak.

Selain itu jangan lupa jaga sikap, jawab pertanyaan dengan jujur, jangan terlalu gugup, dan jaga tempo bicara untuk jangan terlalu cepat atau terlalu lambat. Dan karena virtual alias via video call, jangan lupa untuk pastikan koneksi internet aman yah biar tidak buffering dan interview berjalan dengan baik. 

Baca Juga:  Rahasia Penilaian Saat Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui