Profil Wulan Guritno, Aktris yang Masih Tampak Aduhai di Usia Kepala Empat

Nama Wulan Guritno telah dikenal malang melintang sebagai selebritas cantik nan awet muda. Wanita bernama lengkap Sri Wulandari Lorraine Joko Guritno ini populer sebagai aktris, model, pengusaha, produser, dan juga presenter kenamaan.

Lahir di London, Inggris, 14 April 1980, Wulan memulai kariernya sebagai aktris di tahun 1995 silam. Artis cantik blasteran Jawa-Inggris ini mengawali kariernya sebagai pemain sinetron dan presenter acara olahraga televisi.

Baca Juga: Mengintip Profil Thariq Halilintar, Putra Keempat Gen Halilintar yang Sukses di Usia Muda

Konsisten Berakting di Layar Kaca

Sepak terjang Wulan di dunia akting sudah berlangsung begitu lama. Di tahun 1995, ia pernah bermain dalam sinetron Pondok Indah yang disusul dengan Tutur Tinular (1997).

Selanjutnya ia juga membintangi Di Antara Dua Sisi (1998), Misteri Gunung Merapi (1998-1999). Di tahun 1999, ia berperan sebagai Joya dalam sinetron Terpikat yang semakin melambungkan namanya. Masih di tahun yang sama, ia juga bermain dalam Elegi Dua Cinta dan Mama.

Di tahun 2000-2001, Wulan berperan sebagai Udhyani dalam Borobudur. Selanjutnya ia tampil memikat dalam Mencintaimu, Dilarang Jatuh Cinta, dan Maha Pengasih di tahun 2001. Performanya yang keren juga dapat dinikmati dalam Dua Hati Menyatu (2002), Apa Kata Hatiku (2003), dan Dari Temen Jadi Demen (2004).

Wulan pun tercatat sempat membintangi Kusebut Nama-Mu (2005), Sayangi Aisyah (2005-2006), dan Dunia Tanpa Koma (2006). Beralih ke tahun 2007, ia kembali hadir dalam Cinta Tanpa Logika, Pangeran Betawi, dan Gara-Gara Kucing Garong

Sementara itu, Wulan juga bermain dalam Cinta yang Sama (2013), Stereo (2015), The East (2015), dan Dunia Terbalik (2017). Selain itu, sejumlah judul FTV pun pernah dilakoninya. Di antaranya seperti Bila Esok Tiba, Makhluk Tengah Malam (2001), Di Mana Aku di Sini (2007), Misteri Sepasang Hati, dan juga Preman Pensiun: Manusia Merdeka (2021).

Berkiprah Sebagai Presenter Kenamaan

Kiprah Wulan sebagai presenter dimulai di tahun 2001. Saat itu ia menjadi pembawa acara untuk Lega Calcio dan Highlight Liga Italia (RCTI) serta Gebyar BCA yang tayang di Indosiar.

Wulan juga pernah membawakan World Cup-tainment (2002), Euro 2004 (2004), dan Highlight Formula 1 (2005). Memasuki 2007, Wulan membawakan Empat Mata Sahur (Trans 7) dan Ligina 2007 yang tayang di Lativi

Pada tahun 2010 lalu, Wulan Guritno pernah menjadi model video klip Cari Pacar Lagi yang dibawakan oleh ST12. Sepak terjangnya sebagai presenter juga terlihat dari kepiawaiannya dalam memandu Plot Big Brother Indonesia (2011) di Trans TV.

Sementara di tahun 2012-2013, ia menjadi presenter untuk Maharaja Lawak Mega di Astro Warna & Astro Mustika HD.

Film Wulan Guritno

Sejumlah film layar lebar telah dilakoni Wulan selama ia malang melintang di dunia akting. Ia pernah membintangi Gie (2004), serta Janji Joni dan Kejar Jakarta di tahun 2005. 

Di tahun 2007, Wulan hadir dalam Nagabonar Jadi 2 dan Suster N: Dendam Suster Ngesot. Pada tahun 2008, Wulan membintangi Love, Otomatis Romantis, serta Ikhsan, Mama I Love You. Sedangkan di tahun 2009, Wulan tampil dalam film Rasa, King, dan Ruma Maida.

Memasuki 2010, Wulan bermain dalam 18+: True Love Never Dies, I Know What You Did on Facebook, Heart 2 Heart, dan Demi Dewi. Dalam Demi Dewi, Wulan juga diketahui bertindak sebagai Co-Producer

Karier Akting yang Tak Lekang Dimakan Zaman

Hoki Wulan Guritno sebagai aktris terus bertahan dan langgeng seiring dengan berjalannya waktu. Beralih ke 2011, wanita dengan tinggi tubuh mencapai 168cm ini tampil dalam Masih Bukan Cinta Biasa dan Pelukan Janda Hantu Gerondong. 

Hingga memasuki 2012, ia membintangi Dilema. Dalam film itu, Wulan merangkap sebagai penulis cerita dan produser. Sementara di tahun 2014, Wulan bermain untuk film 7 Misi Rahasia Sophie, Street Society, Tania, dan 3600 Detik. Ia juga melakoni Nada untuk Asa, Cinta Selamanya, serta Lily, Bunga Terakhirku (2015).

Memasuki 2016, Wulan hadir dalam Ketika Mas Gagah Pergi, Iseng, dan Ada Cinta di SMA. Tahun itu, ia juga memproduseri film I Am Hope. Selanjutnya Wulan bermain dalam Perfect Dream, Jailangkung, Duka Sedalam Cinta di tahun 2017. Pada tahun yang sama, ia juga memproduseri Mobil Bekas dan Kisah-Kisah dalam Putaran.

Kemudian Wulan tampil dalam Silam dan Bunda, Kisah Cinta 2 Kodi di tahun 2018. Ia juga membintangi After Met You (2019). 

Di tahun 2021, Wulan melakoni Ghostbuster: Misteri Desa Penari, Surga yang Tak Dirindukan 3, Kau & Dia, serta Everyday is a Lullaby. Sementara di tahun 2022, Wulan bermain dalam Naga Naga Naga, The Other Side, serta Jakarta vs Everybody. 

Dalam Serial Web, akting Wulan Guritno telah mewarnai Pretty Little Liars di tahun 2020 dan 2022 selama dua musim. Selain itu, ia juga berperan sebagai Magda dalam Serigala Terakhir 2 musim kedua (2022). Selanjutnya, Wulan Guritno akan berperan sebagai Alya dalam My Mom My Rival.

Kabarnya, Wulan akan membintangi film layar lebar berjudul Tumbal Musyrik, Keluarga Slamet dan Bukannya Aku Tidak Mau Nikah.

Baca Juga: Berkenalan dengan Ratu Felisha, Pemeran Tari Daryati dalam Film Pengabdi Setan 2: Communion

Langganan Beragam Penghargaan Prestisius

Nama Wulan masuk nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2005 untuk aktingnya dalam Gie. Di tahun 2007, ia memenangkan Most Favourite Supporting Actress dari MTV Indonesia Movie Awards (Nagabonar Jadi 2).

Beranjak ke tahun 2010, Wulan menjadi nominator Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Film Bioskop dari Festival Film Bandung untuk film Bukan Cinta Biasa.

Di tahun 2011, ia menjadi nominator Pemeran Utama Wanita Terbaik Indonesian Movie Actors Awards. Tahun itu, Wulan pun meraih penghargaan Pemeran Utama Wanita Terfavorit dalam ajang yang sama untuk film Demi Dewi. 

Ia juga masuk nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2011 berkat aktingnya dalam Masih Bukan Cinta Biasa.

Kemudian di tahun 2012, putri dari pasangan Deanna Battams dan Joko Guritno ini memenangkan Pemeran Utama Wanita Terfavorit dari Indonesian Movie Actors Awards. Namanya juga dinominasikan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dari ajang yang sama.

Berkat akting kerennya dalam film Dilema, ia juga masuk nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Festival Film Indonesia dan Aktris Pendukung Terpilih Piala Maya 2012.

Adapun di tahun 2015, Wulan menjadi nominator Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Festival Film Indonesia. Karena kepiawaiannya berakting dalam Nada untuk Asa, ia pun meraih Piala Maya untuk kategori Penampilan Singkat nan Berkesan.

Di tahun 2021, Wulan masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam Festival Film Indonesia untuk aktingnya di Jakarta vs Everybody. 

Anak Wulan Guritno

Wulan Guritno pernah menikah dengan Attila Arius Syach di tahun 1998. Saat itu ia baru berumur 17 tahun. Dari pernikahan tersebut, Wulan dan Attila dikaruniai seorang putri bernama Shalom Razade Syach. Sayangnya, pernikahan mereka berakhir di tahun 2000.

Kemudian di tahun 2009, Wulan menikah dengan sutradara bernama Adilla Dimitri Hardjanto. Keduanya lantas dianugerahi dua orang anak, yaitu London Abigail Dimitri dan Jeremiah Alric Dimitri. Pada tahun 2021 lalu, mereka bercerai. 

Kini, Wulan Guritno dikabarkan berpacaran dengan Sabda Yagra Ahessa. Pebasket ganteng ini ialah putra dari almarhum Sys NS. Sang ayah dulunya dikenal sebagai aktor, sutradara, dan pendiri partai politik Demokrat. Kisah kasih Wulan-Sabda kerap menjadi sorotan publik lantaran keduanya memiliki perbedaan usia yang mencapai 15 tahun.

Pengusaha Beraneka Macam Bisnis

Sebagai pebisnis, Wulan yang kini telah menginjak usia kepala empat itu punya banyak sumber cuan yang menguntungkan. 

Seperti, Spiky Smooth, perusahaan es krim yang didirikannya bersama adiknya. Usaha kedai kopi bernama Cultivar Coffeehouse. Bisnis yang digalangnya bersama Danar adiknya, Ario Bayu sepupunya, dan juga Tarra Budiman.

Bisnis lainnya ialah Lucy in The Sky, sebuah klub malam di bilangan SCBD dan Rooftop Floor, Senayan Park dan Poetre Wax and Spa yang bergelut di ranah perawatan tubuh.

Terlepas dari sejumlah usaha dan bisnisnya, Wulan pun kerap digaet banyak pihak untuk menjadi Brand Ambassador (BA) di media sosial. Ia kerap menjadi BA untuk berbagai produk termasuk minuman dan makanan sehat. 

Kabarnya, per tahun 2022 ini ia memiliki jumlah kekayaan mencapai 1,7 juta Dollar AS yang setara dengan Rp29,8 miliar. Demikianlah profil Wulan Guritno yang bisa menjadi sumber inspirasi banyak orang.

Baca Juga: Resmi Pacaran dengan Fadly Faisal, Begini Perjalanan Karier Aktris Cantik Rebecca Klopper