X1 Dibubarkan, Han Seungwoo Kembali Berjaya Bersama Victon

Salah satu idola tampan dari Korea Selatan, Han Seungwoo, tak hanya dikenal berbakat sebagai penyanyi dan penulis lagu. Pria kelahiran tahun 1994 ini juga jago rap, dance, dan tentunya punya banyak penggemar.

Nama Han Seungwoo tak lepas dari debutnya bersama X1 dan Victon. Sebagai leader dari kedua boyband tersebut, Han Seungwoo pernah mencapai ranking ketiga dalam program acara Produce X 101, hingga akhirnya ia terpilih menjadi member X1.

Bersama Plan M Entertainment (dulu bernama Plan A Entertainment), Seungwoo memulai debutnya bersama X1. Meski hanya seumur jagung (2019-2020) dan kemudian dibubarkan setelah terseret skandal manipulasi voting, namun bukan berarti eksistensi Han Seungwoo tak berlanjut setelahnya. Berikut kabar terbaru dan fakta seputar perjalanan karirnya.

Sosok Pemimpin

View this post on Instagram

A post shared by Han Seung Woo (@w_o_o_y_a) on

Han Seung Woo dipercaya menjadi pemimpin dari boyband yang beranggotakan sebelas orang tersebut. Ia tak hanya mempunyai leadership yang baik tetapi juga mampu mengorganisir dirinya sendiri. Karena pembawaannya yang lebih bertanggung jawab, Han Seung Woo dipercaya memimpin keseluruhan boyband.

Belakangan, ia mendapat julukan Nation Leader karena mempunyai sikap mengayomi layaknya seorang ayah. Konon, bakat kepemimpinannya ini sudah tampak sejak dini. Sedari dulu, Seungwoo kecil tampak sudah mandiri dalam berkegiatan sendirian sehingga terbilang luwes dalam mendireksi dirinya sendiri.

Selain itu, ia juga dipilih menjadi leader lantaran usianya merupakan yang paling tua dari semua member yang ada. Secara otomatis, para personel yang lain menghormati sosok Han Seung Woo yang terbilang tangguh dan berwibawa ini.

Baca Juga: Lika-Liku Karir Si Tampan Kim Yo Han: Dari Atlet Taekwondo Hingga Main Serial Drama

Menyukai Tattoo

View this post on Instagram

A post shared by Han Seung Woo (@w_o_o_y_a) on

Di X1 sendiri, Seungwoo termasuk salah satu personel yang memperindah tubuhnya dengan seni tato. Tak hanya Hangyul dan Seungyoun, Seungwoo diketahui mempunyai tiga buah tattoo di badannya.

Seni rajah ini membuat sang idola jadi tampak lebih manly di mata para One It (penggemar X1) dan Alice—singkatan dari Always We Love The Voice (penggemar Victon).

Hobi Olahraga

View this post on Instagram

A post shared by Han Seung Woo (@w_o_o_y_a) on

Dengan tinggi tubuhnya yang menjulang hingga 182 cm, postur atletis Seungwoo juga menjadi visual menarik bagi para penggemarnya. Bahkan sebutan The Sexy Man kerap melekat pada putra bungsu dari tiga bersaudara ini.

Usut punya usut, penyuka warna hitam dan merah ini juga gemar berolahraga. Malahan, dulu ia bercita-cita untuk menjadi seorang pemain bola. Sudah bisa ditebak, Han Seungwoo juga menjadi kapten sewaktu dirinya masih aktif bermain sepak bola.

Sukses Sekejap Bersama X1

View this post on Instagram

A post shared by Han Seung Woo (@w_o_o_y_a) on

Meski tak bertahan lama karena kemudian dibubarkan, namun X1 sempat meluncurkan sebuah mini album bertajuk Emergency: Quantum Leap. Terdiri dari tujuh lagu, Han Seung Woo bersama para member lainnya membawakan lagu-lagu seperti Stand Up, Flash, You’re The Prettiest When You Smile, It’s Okay, dan lainnya.

Yang menarik, nama X1 sudah berhasil menembus tangga lagu Billboard sewaktu perilisan album mereka masih dipersiapkan. Nama X1 berhasil memasuki chart peringkat ke-6 dalam Social 50 dan ke-11 dalam Emerging Artists.

Boyband X1 sendiri digawangi oleh sebelas orang personel, yakni Han Seung Woo, 

Nam Do Hyeon, Cho Seung Youn, Song Hyeong Jun, Kim Wooseok, Lee Eun Sang, Kim Yo Han, Kang Min Hee, Lee Han Gyul, Son Dong Pyo, dan Cha Jun Ho.

Dengan aktif, mereka terlibat promosi kurang lebih selama lima bulan di dunia entertainment. Sayangnya, X1 terpaksa dibubarkan akibat skandal manipulasi voting dalam program acara Produce X 101. Manipulasi pemungutan suara tersebut diketahui direkayasa oleh PD Ahn Joon Young yang merupakan produser dari acara terkait.

Tak pelak, pembubaran boyband yang memulai debut di akhir 27 Agustus 2019 ini tak hanya mengejutkan banyak pihak. Melalui manajemennya, Han Seung Woo pun lalu berpamitan secara langsung sedangkan member lainnya lebih memilih pernyataan secara tertulis.

Para penggemar bahkan ikut merasa sedih dan kecewa, mengingat seharusnya X1 dijadwalkan eksis menjalani kontrak selama setidaknya lima tahun. Kendati demikian, the show must go on dan fans setia Han Seungwoo terus memberikan dukungan tanpa henti kepada sang idola.

Baca Juga: Belum Lama Berkarir, Aktris Kim Da Mi Sudah Kantongi Segudang Prestasi

Berjaya dengan Victon

View this post on Instagram

A post shared by Han Seung Woo (@w_o_o_y_a) on

Sebelum akhirnya debut bersama X1, Han Seungwoo diketahui sudah sejak 2016 bergabung dengan boyband Victon. Barulah setelahnya ia mengikuti Produce X 101 dan bekerja bersama X1.

Di Victon, Han Seungwoo juga terpilih sebagai leader untuk personel lainnya. Mereka ialah Jung Su Bin, Kang Seung Sik, Do Han Se, Heo Chan, Im Se Jun, dan Choi Byung Chan.

Dengan racikan genre musik K-Pop, Hip Hop dan Dance Pop, debut Victon dimulai dengan peluncuran mini album mereka, Voice to New World. Voice to New World sendiri ialah akronim dari nama Victon.

Voice to New World tersebut mendapat sambutan baik dari khalayak. Laris manis, Voice to New World bertengger di urutan ke-11 chart lagu Gaon. Mereka berjaya menembus angka penjualan lebih dari 14 ribu kopi.

Selanjutnya, Victon kembali merilis Ready yang lagi-lagi meledak di pasaran pada tahun 2017. Di pertengahan 2017, mini album bertajuk Identity juga ikut dirilis.

Lagu Unbelievable yang ditulis dan dikomposisikan oleh Han Seungwoo diketahui menjadi single andalan dari album yang menembus lebih dari 21 ribu kopi untuk penjualannya. Identity juga menduduki posisi ke-6 chart Gaon.

Mini album keempat Victon, From, kembali meluncur di akhir tahun 2017. Album tersebut berisi enam track dan tak kalah sukses dari yang sebelumnya.

Secara keseluruhan, Han Seungwoo sering berpartisipasi dalam penulisan lirik-lirik lagu Victon sekaligus merangkap composer.

Hiatus Hingga Eksis Kembali

View this post on Instagram

A post shared by Han Seung Woo (@w_o_o_y_a) on

Setelah sempat mengambil hiatus, Seungwoo kini kembali aktif bersama Victon. Comeback tersebut ditandai melalui rilisnya single mereka, Howling. Meski banyak yang sempat beranggapan bahwa rebranding akan cukup menyulitkan, namun nyatanya para penggemar setia menyambut kembalinya sang idola bersama boyband terdahulunya itu dengan hangat.

Mini album terbaru yang berjudul Continuous ini terdiri dari enam buah track. Han Seungwoo pun kembali memeriahkan Victon dengan lagu-lagu terbaru mereka seperti Nightmare, White Night, Petal, dan All I Know.

Sebelumnya, Victon juga sempat meluncurkan mini album mereka yang kelima. Album yang berjudul Nostalgia yang rilis akhir tahun 2019 tersebut dikerjakan tanpa keterlibatan Seungwoo.

Buktikan Kualitas Meski Terkendala

View this post on Instagram

A post shared by Han Seung Woo (@w_o_o_y_a) on

Kontroversi disbanding boyband X1 mau tak mau juga berimbas tak baik kepada nama baik Han Seungwoo dan Victon. Ada banyak cercaan, hujatan, serta komentar negatif yang dilontarkan para haters

Untungnya, agensi Seungwoo tak tinggal diam dalam merespon hal ini. Dengan tegas, mereka menyatakan akan menindak secara hukum bagi oknum tak bertanggung jawab yang mencemarkan nama baik, menyerang dengan ujaran kebencian serta melakukan penyebaran rumor negatif terkait sang artis.

Han Seungwoo sendiri memilih untuk maju terus dan tetap unjuk gigi dalam berkarya. Penuh totalitas, suaranya yang khas dan lembut itu telah kembali bersama Victon dalam video klip Howling yang rilis pada 8 Maret lalu di YouTube

Ada lebih dari 200 ribu likes didapatkan untuk video musik tersebut. Sedangkan video klip Mayday yang diluncurkan pada 2 Juni lalu juga langsung mendapat sambutan hangat dari para fans Han Seungwoo di dunia, termasuk dari Indonesia. 

Saat Rencana Tidak Sesuai Ekspektasi

Seperti kendala yang dialami Han Seungwoo, seringkali rencana dan jadwal yang kita buat berjalan tak sesuai ekspektasi dan harapan. Berbagai masalah dan hal tak terduga bisa saja muncul dan menjadi penghalang untuk mendulang kesuksesan.

Namun jangan biarkan langkah kita berhenti hanya sampai di situ. Alih-alih menyerah, pandanglah kendala itu sebagai tantangan. Kitalah yang menjadi penentu, apakah kisah perjuangan kita akan berakhir sampai di sini, atau berlanjut ke babak berikutnya.

Kendala apa yang saat ini sedang menghalangi Anda dari kesuksesan? Daripada menghindar, Anda bisa menghadapinya dengan bersikap tidak kaku, adaptif, dan fleksibel. Kalahkan tantangan itu dengan tenang serta lentur, seperti sosok Seungwoo yang terbukti luwes dan tak mengenal kata surut dalam karirnya.

Baca Juga: Daebak! Sempat Gagal Audisi JKT48, Dita Karang Kini Sukses Jadi K-Pop Idol Pertama dari Indonesia