Lika-Liku Karir Si Tampan Kim Yo Han: Dari Atlet Taekwondo Hingga Main Serial Drama

Bintang film dan idol dari Korea Selatan memang selalu menarik untuk disimak. Perjalanan karir, prestasi, hingga kehidupan pribadi mereka kerap jadi sorotan. Salah satunya ialah kehidupan Kim Yo Han X1.

Oppa yang satu ini tak hanya tampan dan mempesona. Ia juga diberkahi dengan bakat yang menawan. Visualnya yang menarik akan langsung menarik perhatian setiap mata yang memandangnya.

Berhidung mancung dengan tubuh menjulang mencapai 181 cm, Kim Yo Han juga jago rap, bernyanyi dan menari. Kemunculan pertamanya di acara Produce X 101 yang fenomenal membuat Kim Yo Han menjadi juara. Ia pun lantas dijadikan center boyband X1.

Namun tak banyak yang tahu jika dulunya ia pernah menjadi atlet Taekwondo. Bagaimana sepak terjang perjalanan karir sang bintang hingga meraih puncak kesuksesannya seperti sekarang? Yuk intip dulu ceritanya.

Dari Atlet Taekwondo Menjadi Idol K-Pop

View this post on Instagram

A post shared by 김요한 (@y_haa.n) on

Yohan, nama panggung dari Kim Yo Han, lahir di Jungnang-gu, Negeri Ginseng. Ia merupakan putra pertama dengan dua orang adik perempuan. Mengenyam pendidikan di Seoul Physical Education High School, Yohan ahli dalam seni bela diri Taekwondo.

Selama lebih dari 10 tahun berlatih Taekwondo, Yohan berhasil menjuarai sejumlah sayembara. Hal ini tak mengherankan mengingat sang ayah ialah guru Taekwondo yang cukup punya nama di sana. Itulah sebabnya Yohan pun menggeluti seni bela diri yang satu ini.

Meski begitu, Yohan sejatinya punya impian lain. Sejak lama, ia ingin menjadi seorang Idol dan menekuni industri entertainment. Belakangan Yohan sempat mendapat beasiswa karena keahliannya dalam Taekwondo

Namun hidup adalah sebuah pilihan. Tak ingin impiannya musnah begitu saja, ia pun memilih untuk meninggalkan Taekwondo dan mengejar cita-citanya. Sempat berseteru dengan sang ayah, Yohan harus merelakan beasiswa yang didapatkan berkat keunggulannya sebagai atlet.

Dengan gigih, ia berusaha memperjuangkan impiannya untuk menjadi penyanyi di mata sang ayah. Melihat kesungguhan putranya, lambat laun sang master Taekwondo tersebut pun merestui keinginan putranya untuk menjadi idol. Padahal saat itu Yohan pun sudah hampir berhasil mengikuti Olimpiade.

Baca Juga: Sukses Jadi Idol dan Fashion Icon Begini Perjalanan Karir Si Tampan Sehun EXO

Tampilkan Performa yang Menakjubkan

View this post on Instagram

A post shared by 김요한 (@y_haa.n) on

Menjemput impian, Yohan kemudian bergabung dengan sebuah agensi yang belum begitu besar, yakni OUI Entertainment. Yang menarik, Yohan hanya memerlukan waktu tiga bulan saja untuk berlatih. Ia pun lantas menjadi trainee sebelum akhirnya tampil sebagai peserta di program acara tersohor, Produce X 101.

Uniknya lagi, Yohan langsung merebut hati banyak orang dalam penampilan pertamanya. Bahkan para trainer pun mengakui jika performa Yohan membuat mereka terpukau. Meski simple, namun kreativitas dan potensi Yohan sudah tampak jelas.

Itulah sebabnya banyak pihak yang menyebut Yohan yang pribadinya riang, ceria dan membumi ini memang layak mendapat kelas A.

Digariskan Menjadi Center

View this post on Instagram

A post shared by 김요한 (@y_haa.n) on

Sebelum menjadi idola, Yohan sudah bersinar sebagai atlet Taekwondo. Selalu menjadi pusat perhatian, ia bahkan kerap memenangkan sejumlah juara nasional beberapa kali. 

Terbiasa menjadi center di bidang seni bela diri, rupanya takdir serupa kembali mengikutinya di bidang musik dan entertainment. Buktinya, Yohan selalu berada di posisi lima besar selama proses eliminasi Produce X 101.

Uniknya lagi, ia memang tak pernah masuk ke dalam center team namun justru berhasil terpilih sebagai center group saat final tiba. Berbekal potensi yang dimilikinya, Yohan mampu membuktikan bahwa ia pun pantas menduduki peringkat paling atas.

Dengan penguasaan panggung yang apik serta kemampuan olah vokal, dance dan rap nan ciamik, Yohan pun lepas landas untuk menjadi seorang bintang.

Kiprah yang Tak Lama Bersama X1

View this post on Instagram

A post shared by 김요한 (@y_haa.n) on

Sayangnya, boyband X1 yang beranggotakan 11 orang member ini hanya bertahan seumur jagung. Mereka harus dibubarkan akibat kasus manipulasi suara voting yang menjadi skandal di acara Produce X 101. Setelah digantung tanpa kejelasan status selama beberapa waktu, akhirnya boyband X1 resmi dibubarkan. 

Padahal, tadinya Mnet telah berjanji bahwa grup yang menang di Produce X 101 akan dikontrak eksklusif selama lima tahun. Perjanjian ini juga berbeda jika dibandingkan dengan musim sebelumnya yang kontrak eksklusifnya hanya berkisar satu sampai dua tahun saja.

Sebelumnya, X1 ini diketahui terdiri dari Kim Yo Han, Lee Eun-sang, Kim Woo-seok, Song Hyeong-jun, Han Seung-woo, Son Dong-pyo, Kang Min-hee, Cho Seung-youn, Nam Do-hyon, Lee Han-gyul, dan Cha Jun-ho. Kesebelasan ini semuanya datang dari berbagai agensi yang berbeda.

Bersama-sama, mereka berhasil mencetak prestasi sebelum debut dengan bertengger di sejumlah tangga lagu bergengsi seperti Billboard, Social, 50 dan tak ketinggalan Emerging Artists. Pencapaian tersebut menjadikan X1 sebagai K-Pop Idol pertama yang menduduki Social 50 bahkan sebelum debut mereka dimulai.

Di samping itu, mini album (EP) X1 juga langsung terjual habis dalam waktu singkat. Di satu minggu pertama setelah dirilis, total sudah lebih dari 500.000 kopi yang habis terjual.

Pencapaian ini lagi-lagi menciptakan rekor paling tinggi untuk prestasi album yang melakukan debut. X1 mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Kang Daniel, artis solo yang merilis album Color On Me.

Baca Juga: Bersinar Sebagai Aktor dan Peragawan, Kontroversi Perceraian Ahn Jae Hyun Berakibat Buruk Terhadap Karirnya

Masa Sulit yang Menempa

View this post on Instagram

A post shared by 김요한 (@y_haa.n) on

Lantas bagaimana nasib Yohan yang sampai rela melepas impiannya sebagai atlet Taekwondo demi meraih cita-cita menjadi idol? Bersyukur, keberuntungan tampaknya masih bersikap adil terhadap perjuangan Yohan.

Enggan padam, Kim Yo Han lalu ditawari untuk memerankan tokoh utama sebuah serial drama di stasiun televisi KBS. Serial tersebut bertajuk School 2020.

Yohan telah mengupayakan begitu banyak pengorbanan saat ia memilih untuk banting setir dari atlet jadi artis. Dalam salah satu wawancara dengan media, ia mengungkapkan curahan hatinya. 

Menurutnya, ia sudah menginvestasikan hidupnya di dunia olahraga. Perjalanan karirnya sebagai atlet pun sudah cukup jauh dan sungguh-sungguh. Terbukti ia pernah berhasil jadi pemain cadangan untuk tim Taekwondo nasional Korea Selatan.

Demi impiannya menjadi idola, Yohan rela meninggalkan semua itu dan mengganti haluannya. Perubahan yang drastis dan signifikan itu tak pelak membuatnya dilanda kecemasan berlebih. Ketakutannya sempat padam setelah ia berhasil keluar sebagai pemenang di acara Produce X 101.

Mengambil Kesempatan yang Ada

Kini setelah semuanya runtuh, Yohan mau tak mau harus bangkit dan melanjutkan hidup. Ia pun kembali menyesuaikan diri dan menjalani apa yang harus dilakukannya. Rencananya, drama seri School 2020 sendiri akan ditayangkan mulai pertengahan tahun ini. 

Dalam drama bergenre Romantic Comedy ini, ia akan berperan sebagai seorang mantan atlet ilmu bela diri Taekwondo yang baru saja pindah sekolah.

Seringkali, manusia telah merencanakan banyak untuk hidup dan masa depannya. Namun dalam hidup, akan ada beberapa hal di luar dugaan yang bisa terjadi. 

Ada pepatah mengatakan, saat hidup memberimu lemon, Anda bisa membuatnya menjadi jus untuk dinikmati bersama orang kesayangan. Lebih kreatif lagi, Anda bisa menjualnya agar hal yang tadinya dianggap buruk tersebut berbalik mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri

Kemampuan Yohan yang cepat beradaptasi bisa Anda tiru. Alih-alih menggerutu saat keadaan berjalan tak sesuai dengan rencana, manfaatkan saja manuver tersebut untuk melanjutkan hidup dan meraih mimpi yang baru. 

Baca Juga: Berkenalan dengan Istri Chef Arnold, Tiffany Soetanto Si Cantik Pemilik Bebini Gelati di Surabaya