Daebak! Sempat Gagal Audisi JKT48, Dita Karang Kini Sukses Jadi K-Pop Idol Pertama dari Indonesia

Nama Dita Karang kini viral dan menjadi perbincangan hangat. Sedang naik daun, popularitas Dita Karang tengah meroket terutama di mata para penggemar musik K-Pop. Pasalnya, ia kini telah menjadi idola K-Pop pertama dari Indonesia.

Ikut mengharumkan nama bangsa, rupanya si imut yang jago menari ini telah tergabung dalam girlband besutan Vine Entertainment, Secret Number. Setelah debut perdananya dengan grup beranggotakan lima orang member tersebut, nama Dita pun sempat menjadi trending topic di Twitter.

Bagaimana ceritanya hingga Dita sukses menembus pasar K-Pop yang terbilang sangat ketat persaingannya itu? Simak perjalanan karir Dita sejak kecil hingga berhasil go international sampai sekarang.

Penyuka Dance Sejak Kecil

Dita Karang Secret Number

Sumber: scmp.com

Dita ialah putri bungsu dari pengusaha, salah satunya yakni pabrik Tegel Kunci. Ayahnya yang asal Bali bernama Chandra Karang. Sedangkan ibunya juga seorang entrepreneur berdarah Tionghoa yang berasal dari Yogyakarta, Mega Puspa Arifin.

Kakaknya Dita, Puspa Kirana Karang juga seorang dancer yang sempat menimba ilmu di Amerika Serikat. Sejak kecil, bakat Dita di dunia tari sudah menonjol. Usianya baru menginjak lima tahun ketika ia mulai belajar tari Bali. 

Memasuki usia sekolah dasar, Dita yang kelahiran tahun 1996 ini mulai belajar menari balet di Yogyakarta, tepatnya di Bailamos Dance School (Demangan). Minat dan bakat Dita dalam seni tari jugalah yang membuatnya senang tampil di depan umum. Bidang ini pun terus ia tekuni hingga dirinya beranjak dewasa.

Baca Juga: Dari Korban Bully Hingga Jadi Trending YouTube, Begini Lika-liku Perjalanan Karir Kekeyi Cantikka

Berprestasi dalam Menari

Tak hanya sekadar berbakat menari saja. Dita Karang juga punya segudang prestasi sebagai performer tari. Semasa SMA, Dita aktif menari bersama beberapa tim. 

Alumni SMA Stella Duce 1 Yogyakarta ini dikenal sebagai salah satu anggota grup Dance Stece, Razzle Evanore. Dita juga dikenal rajin mengikuti berbagai kompetisi dan perlombaan menari, salah satunya ialah Dance Competition DBL Jogja di tahun 2014.

Tak hanya sering mengikuti kejuaraan tari di dalam dan luar kota, Dita juga aktif berkompetisi hingga skala luar negeri. Pada tahun 2012, Dita menjadi juara 3 pre-amateur dalam 4th Malaysia Open Dance Festival.

Masih di tahun yang sama, ia kembali meraih juara 5 pre-amateur di ajang 10th Crystal Dancesport Championship

Meski dulunya tak pernah terpikir untuk menjadi idol di musik K-Pop, hal ini berubah setelah Dita menyukai girlband 2NE1. Merasa terinspirasi, ia pun mulai termotivasi untuk menjadi penyanyi dan idol

Keluarga Sempat Meragukan

Awalnya, keputusan Dita untuk berkiprah di industri hiburan sempat tak direstui orang tua. Selain sebagai dance performer, Dita juga punya berbagai keahlian lainnya yang tak kalah menonjol.

Dita yang gemar menggambar ini diketahui jago bermain basket dan punya bakat mumpuni di bidang kepenulisan. Namun rupanya, Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang, demikian nama lengkapnya, telah mantap untuk berprofesi sebagai performer.

Saat menari, Dita merasa bahagia. Sehingga akan menyenangkan sekali jika dance perform ini dapat menjadi profesi dan pekerjaan tetapnya.

Kuliah Modern Dance di Amerika

Dita Karang

Sumber: sosok.grid.id

Keseriusan Dita di seni tari membuatnya memutuskan untuk menambah keilmuannya di bidang modern dance di Negeri Paman Sam. Dita pun lantas mendaftar ke American Musical and Dramatic Academy (AMDA College) yang bertempat di New York, Amerika Serikat.

Seperti dikisahkannya kepada aktris Dian Sastrowardoyo, Dita berhasil mendapatkan beasiswa hingga menimba ilmu di Amerika. Di sana ia pun mengambil conservatory program demi menindaklanjuti impian dan cita-citanya.

Menjadi lulusan AMDA College and Conservatory of the Performing Arts belumlah cukup bagi Dita. Untuk menambah pondasi, ia juga mengikuti pelatihan di Born Star Training Center yang masih berada di Kota New York.

Gagal Audisi Berkali-Kali, Termasuk JKT48

Perjalanan karir Dita masih terus berlanjut. Belakangan, penyuka warna pink tersebut hijrah ke Korea Selatan.

Berfokus untuk training, Dita di Korea Selatan lantas bergabung dan terus berlatih di 1Million Dance Studio. Seperti diketahui, 1Million Dance Studio merupakan komunitas dancer besar yang berlokasi di Gangnam, Seoul.

Tahap demi tahap dilakoni Dita. Ia mulai sering mengikuti berbagai audisi termasuk seleksi untuk JKT48. Namun sayangnya Dita masih belum juga menemui keberhasilan. 

Kendati demikian, Dita pantang menyerah. Sebaliknya, ia terus gigih berjuang mewujudkan cita-citanya hingga dipertemukan dengan Vine Entertainment yang berujung pada debut perdananya dengan Secret Number.

Baca Juga: Inspiring! Dulu Sering Dirisak, Kini Tara Basro Sukses Jadi Aktris Berprestasi

Idola K-Pop Pertama dari Indonesia

Perjuangan panjang Dita akhirnya berbuah manis. Setelah dua tahun menjalani training bersama agensinya, Dita yang penyuka anjing ini berhasil melakukan debut perdananya bersama girlband Secret Number.

Dalam grupnya itu, Dita tampil dengan lincahnya bersama Lea, Jinny, Soodam, dan Denise. Dita berhasil menjadi anak bangsa yang ikut mengharumkan nama Indonesia di kancah musik internasional, karena ia merupakan idola K-Pop pertama yang berasal dari Tanah Air. 

Ia dipercaya menjadi Main Dancer, Rapper, dan Lead Vocalist. Dengan skill menari yang dimilikinya, tentu tidak heran jika Dita dijagokan sebagai penari utama dalam girlband terbarunya tersebut.

Sukses Debut Bersama Secret Number

Dita Karang

Sumber: makestar.co

Uniknya lagi, tak hanya berbekal skill saja. Keberagaman tampaknya menjadi salah satu nilai yang ditonjolkan Secret Number.

Selain Dita yang dari Indonesia, Lea diketahui berkebangsaan Jepang dan berasal dari Tokyo. Ada pun Jinny yang blasteran Korea-Amerika diketahui berasal dari Los Angeles, California.

Demikian juga dengan Denise yang berdarah blasteran dan berasal dari Texas. Sementara itu, Soodam menjadi satu-satunya personil yang asli berasal dari Negeri Ginseng tersebut.

Menariknya lagi, hanya dalam jangka waktu enam jam setelah diluncurkan, single Who Dis milik mereka telah disaksikan oleh lebih dari sejuta penonton. Bahkan, video klip itu telah berhasil menduduki peringkat nomor 2 dalam trafik YouTube K-Pop World.

Selain Who Dis, Secret Number juga telah memperkenalkan single kedua mereka yang berjudul Holiday yang langsung digemari anak muda sedunia.

Punya Banyak Penggemar

Sukses berkarir dengan Secret Number membuat nama Dita langsung jadi sorota. Penyuka es krim dan kopi ini menarik simpati masyarakat dan meraup banyak penggemar, baik dari Indonesia maupun internasional.

Banyak yang mengaku salut atas perjuangan dan upaya panjang Dita hingga mencapai posisinya saat ini. Dan belakangan, tagar dengan namanya pun menjadi trending topic di Twitter.

Masyarakat semakin penasaran dengan paras cantiknya yang kini makin tenar. Tak hanya itu saja, Dispatch Korea bahkan menyebut Dita sebagai the new crush dan idola yang menjadi hits saat ini. Daebak!

Jalan Sukses Dita Karang

Kini Dita disibukkan dengan kegiatannya sebagai seorang idola dan performer. Mulai jam tiga pagi, ia seringkali sudah harus berada di salon untuk menata rambut dan merias wajahnya. Meski begitu, Dita menikmati seluruh prosesnya.

Dari kisah kesuksesan Dita Karang, bisa disimpulkan bahwa tak ada yang namanya kemenangan instan. Seringnya, serangkaian tahapan panjang perlu dilakukan demi mencapai dan mempertahankan kesuksesan.

Tak hanya dengan gigih melakoni semua tahapannya, Dita juga terus berambisi, bergerak maju dan pantang menyerah. Bahkan meskipun kenyataannya tidaklah semudah itu.

Selain punya keteguhan hati dan mempercayai prosesnya, Dita pun berusaha melakukan upayanya dengan mandiri. Kendati berasal dari keluarga yang berkecukupan, ia bersiteguh mencari beasiswa kuliah dan mengandalkan kemampuannya sendiri. 

Anda juga bisa mencontoh kerja keras Dita untuk mewujudkan cita-citanya. Selama Anda terus bertumbuh dengan ketekunan, yakinlah kesuksesan itu cepat atau lambat pasti akan datang.

Baca Juga: Keren! Sukses di Usia Muda dan Go International, Begini Kisah Cinta Laura Menggapai Impiannya