10 Tips Bebenah dan Mengatur Barang untuk Pindahan Rumah

Berniat pindah ke rumah baru? Tentunya kamu perlu mempersiapkan segalanya agar rencana tersebut dapat berjalan lancar.

Apalagi jika perabotan rumah tangga cukup banyak. Kamu harus mencicilnya sedikit demi sedikit supaya tidak keteteran begitu hari H.

Pastinya juga agar memudahkanmu untuk membuka dan menata kembali barang tersebut di rumah baru. Sehingga perlu diatur sedari sekarang.

Ini tips yang dapat membantumu pindah rumah dengan nyaman:

Baca Juga: Tips Renovasi Rumah Biar Makin Betah dan Bahagia di Rumah Aja

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

loader
Ilustrasi mengatur barang untuk pindahan rumah

  • Susun daftar barang terlebih dahulu

Hindari memberantakkan barang-barang selama proses pindah rumah. Ini akan menghemat banyak tenaga dan waktu. Mulai proses ini dengan membuat daftar barang yang akan kamu bawa ke rumah baru.

Tentukan barang apa saja yang menggunakan kardus terpisah dan yang dapat disatukan di kardus yang sama. Misalnya kardus buku-buku, hiasan dinding, peralatan dapur, barang pecah belah, dan lainnya.

Print kertas bertuliskan nama barang untuk ditempel pada setiap kardus. Jadi, kamu mudah untuk mencari barang tersebut untuk ditata di rumah baru.

  • Pisahkan barang yang penting dan sering digunakan

Kamu mungkin akan membutuhkan beberapa hari untuk mengemas barang-barang. Hindari kerepotan dalam mencari berbagai barang penting selama atau setelah berkemas, seperti dompet, gadget, kunci, atau lainnya.

Pisahkan barang-barang penting ini di dalam satu tas atau box yang mudah kamu buka kapan saja. Pastikan barang penting tersebut kamu bawa atau pegang sendiri agar lebih aman.  

  • Manfaatkan perabotan besar sebagai wadah

Untuk menyimpan dan mengemas berbagai barang, kamu bisa memanfaatkan perabotan berukuran besar sebagai wadahnya. Gunakan lemari untuk menyimpan pakaian yang harus digantung, bantal atau selimut.

Selain itu, kamu dapat menggunakan box atau kontainer plastik untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti pernak pernik maupun kebutuhan dapur, misalnya tempat garam, gula, dan sembako.

Namun pastikan masing-masing box tersebut masih bisa diangkat. Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran mobil digunakan nanti dengan berbagai perabotan yang berukuran besar ini.

  • Cicil kemas barang jauh-jauh hari

Semakin banyak barang, semakin banyak waktu yang kamu butuhkan untuk mengemasnya. Sebaiknya pindahan tidak mendadak atau terburu-buru agar tidak merepotkanmu juga.

Luangkan waktu untuk mencicil pekerjaan tersebut. Kamu bisa mengemas barang-barang secara bertahap.

Lakukan hal ini sejak jauh-jauh hari, setidaknya seminggu sebelum hari H. Selain lebih santai, juga memungkinkanmu menata segala sesuatunya lebih rapi.

loader
Ilustrasi mengatur barang untuk pindahan rumah

  • Pisahkan barang yang sudah tak terpakai

Pindah rumah juga bisa menjadi momen tepat untuk memilah barang-barang di rumah. Apakah barang tersebut masih dipakai atau justru sudah tidak terpakai.

Jika masih layak, tetapi tidak dipakai lagi, jangan dibuang. Kamu bisa memberikannya kepada orang yang membutuhkan atau bahkan menjualnya. Apabila sudah tidak layak, lebih baik dibuang supaya tidak menumpuk sampah.

Baca Juga: Biar Jadi Tempat Tinggal Idaman, Ini 6 Biaya Kepemilikan Rumah yang Perlu Disiapkan

  • Kumpulkan kardus

Saat kamu sudah berencana pindah rumah, mulai kumpulkan atau cari kardus untuk wadah. Kamu bisa membeli atau minta ke warung terdekat. Pakai kardus yang agak kokoh, tebal, kuat untuk menyimpan perabotanmu.

  • Habiskan sisa bahan pangan di kulkas

Sepekan sebelum pindah rumah, ada baiknya kamu tidak belanja kebutuhan bahan makanan. Habiskan sisa bahan pangan yang ada di kulkas.

Terlebih bahan pangan yang tidak awet, seperti sayur-sayuran. Jadi, kamu tidak repot lagi membawa bahan pangan, kecuali sembako atau bahan pangan tahan lama.

  • Rencanakan pindah rumah di waktu yang tepat

Pindah rumah akan menyita banyak energi dan waktu, sehingga kamu perlu fokus untuk urusan yang satu ini. Pilih hari yang tepat sejak awal, di mana kamu dan seluruh anggota keluarga memang tidak dalam kondisi sibuk. Pindah rumah lancar tanpa mengganggu aktivitas penting lainnya.

loader
Ilustrasi mengatur barang untuk pindahan rumah

  • Tempel nama barang di setiap kardus

Agar lebih mudah untuk menata dan membuka kembali setiap kotak, pastikan kamu menempel tulisan nama barang dan angka pada setiap kotak tersebut. Selain itu, gabungkan juga kotak ini berdasarkan ruangan di rumahmu, agar lebih mudah untuk meletakkan dan membukanya di rumah yang baru. Ini akan menghemat banyak waktumu.

Baca Juga: Dekorasi Kamar Tidur? Berikut 10 Cara Membuat Desain Kreatifnya Tanpa Bikin Dompet Jebol

  • Beri pelindung khusus untuk barang pecah belah

Jangan lupa untuk mengemas berbagai barang kecil secara terpisah, agar tidak sampai ketinggalan, seperti charger, headset, remote, dan lainnya. Barang yang rapuh dan mudah rusak juga harus menjadi perhatian khusus.

Kamu perlu mengemasnya dengan lebih hati-hati. Kalau perlu menggunakan bubble wrap atau pelindung lainnya. Hal ini akan membuat berbagai barang kecil dan pecah belah tetap terjaga dan tidak mengalami kerusakan selama proses pindah rumah.

Pindah Rumah Lebih Mudah dan Menyenangkan

Pindah rumah tidak selalu merepotkan. Kamu juga bisa menikmati momen ini dengan lebih nyaman dan tenang. Mulai kemas dan tata setiap barang secara bertahap, agar bisa mengaturnya dengan lebih maksimal.

Baca Juga: 7 Tips Tinggal di Kontrakan Terasa Seperti Rumah Sendiri