12 Tes Kesehatan Penting Buat Wanita, Yuk Sayangi Dirimu!

Menjadi seorang wanita tentunya banyak yang harus diperhatikan. Bukan persoalan kecantikan saja, tapi wanita juga harus memperhatikan kesehatannya luar dan dalam, bahkan dari ujung rambut hingga kaki.

Menjaga pola hidup sehat, menggunakan skincare atau perawatan tubuh hingga mengonsumsi suplemen vitamin menjadi cara yang dilakukan kebanyakan wanita untuk menjaga kesehatan.

Namun, merasa sehat saja belum cukup untuk memastikan bahwa diri ini benar-benar sehat dan tak ada penyakit yang bersarang dalam tubuh. Pasalnya, tak sedikit wanita yang akhirnya memiliki penyakit meskipun tidak menimbulkan gejala apapun terkait penyakitnya sejak awal.

Untuk itu, melakukan deteksi dini sengan tes kesehatan sangat penting dilakukan agar kamu bisa mengetahui penyakit lebih awal sehingga bisa segera diatasi dan mendapat penanganan yang tepat.

Lantas, tes kesehatan apa saja yang wajib dilakukan para wanita untuk mengetahui kondisi kesehatan secara keseluruhan?

Simak ulasannya berikut ini!

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Tes Kesehatan Gigi

loader
Tes Kesehatan Wanita

Selain untuk mengunyah makanan, gigi juga memiliki fungsi untuk mempercantik wajahmu ketika senyum. Dengan gigi yang bersih dan sehat, tentunya penampilanmu akan lebih menarik.

Selain rajin menyikat gigi setiap pagi dan malam hari, kamu juga dianjurkan untuk mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali. Dokter gigi akan membersihkan gigi kamu dari karang gigi atau bakteri dan tindakan pengobatan gigi lainnya.

Dengan begitu, gigi dan mulut akan terjaga kesehatannya dan terhindari dari adanya gejala kanker mulut dan tenggorokan.

Biaya tes kesehatan gigi:

  • Konsultasi: Rp100 ribu – Rp200 ribu
  • Pembersihan karang gigi: Rp250 ribu – Rp500 ribu
  • Pemasangan behel (kawat gigi): mulai dari Rp2 juta
  • Perawatan kawat gigi: mulai dari Rp300 ribu
  • Perawatan gigi berlubang: Rp300 ribu
  • Pencabutan gigi: Rp300 ribu

2. Tes Kesehatan Mata

Kamu sebagai wanita harus memperhatikan kesehatan mata. Namun, makan wortel dan minum vitamin mata saja tak cukup mengingat sekarang ini kamu sangat aktif menggunakan smartphone dan laptop untuk beraktivitas atau bekerja.

Untuk memastikan penghlihatanmu masih dalam kondisi yang bagus lakukan pemeriksaan mata setiap dua tahun sekali di dokter mata yang berkualitas. Dokter akan mendeteksi berbagai gangguan penglihatan, seperti apakah rabun, perlu pakai kacamata dan sebagainya.

Biaya tes kesehatan mata:

  • Konsultasi dokter mata: Rp200 ribu
  • Tindakan mata: mulai dari Rp600 ribu

3. Tes Kesehatan Panggul dan Pap Smear

Tak harus sudah berstatus menikah atau belum, wanita berusia 21 tahun ke atas diwajibkan untuk melakukan tes kesehatan panggul atau pap smear. Dengan tes pap smear ini, kamu bisa mengetahui apakah ada tanda-tanda kanker serviks.

Umumnya, dokter akan menganjurkan tes pap smear sebanyak tiga kali pemeriksaan dengan rentang waktu yang telah ditentukan oleh dokter.

Biaya tes pap smear:

  • Biaya konsultasi: Rp200 ribu
  • Biaya pemeriksaan: Rp300 ribu hingga jutaan tergantung dari pemeriksaan lanjut

4. Tes Kesehatan Kanker Payudara (Mamografi)

Berdasarkan data yang diperoleh dari situs Kementerian Kesehatan, kanker payudara menjadi penyakit kanker terbanyak di Indonesia dan penyumbang kematian pertama.

Jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia. Sementara itu, untuk jumlah kematiannya mencapai lebih dari 22 ribu jiwa kasus. Untuk itu, kamu tetap harus waspada dengan melakukan pendeteksian dini terhadap kanker payudara.

Kamu bisa melakukan tes kesehatan kanker payudara dengan mamografi. Dengan tes tersebut, kamu bisa mengetahui apakah ada sel-sel yang memicu kanker atau tidak sehingga kamu mendapatkan penanganan lebih cepat dan kemungkinan sembuh tentunya bisa tercapai.

Lakukan tes mamografi ini sebanyak sekali dalam satu atau dua tahun. Atau kamu juga bisa lakukan SADARI (periksa payudara sendiri) pada saat seminggu setelah menstruasi.

Biaya tes mamografi: mulai dari Rp350 ribu hingga lebih dari Rp1 juta tergantung dari tindakan

5. Tes Kesehatan Usus (Kolonoskopi)

Apa yang kamu makan akan berdampak pada kesehatan ususmu. Untuk memastikan kondisi ususmu baik, tak ada salahnya lakukan tes kesehatan usus atau kolonoskopi. Selain itu, dengan tes kesehatan usus juga bisa mendeteksi adanya kanker usus besar atau tidak.

Biaya tes kesehatan kolonoskopi: Rp2 juta hingga lebih dari Rp6 juta

Baca Juga: Asuransi Kesehatan: Pengertian, Jenis, hingga Cara Klaimnya

6. Tes Kesehatan Jantung

Tak pandang usia ataupun gender, penyakit jantung bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Untuk itu, kamu sebagai wanita usia berapapun wajib melakukan tes kesehatan jantung. Umumnya, dokter akan melakukan berbagai rangkaian tes untuk mengetahui kondisi jantung, seperti:

  • Tekanan Darah
  • Tes Darah (kolesterol)
  • Elektrokardiogram (EKG)
  • Ekokardiografi
  • Uji tekanan
  • Holter monitoring
  • Tilt-table test
  • Pemindaian jantung
  • Angiografi coroner
  • Elektrofisiologi jantung

Biaya tes kesehatan jantung: Mulai dari Rp200 ribu – Rp8 juta lebih tergantung dari rangkaian pemeriksaan yang dianjurkan dokter.

7. Tes Kesehatan Diabetes

loader
Tes Kesehatan Wanita

Kaum wanita yang suka makanan dan minuman manis, sudah tahu kadar gula dalam tubuhmu normal atau tidak? Apabila kadar gula lebih dari batas normal dan berlangsung dalam waktu lama, maka kamu perlu hati-hati sebab bisa menimbulkan penyakit diabetes.

Sebelum terlambat, sebaiknya segera lakukan tes kesehatan diabetes ini di rumah sakit terdekat. Dengan mengetahui kadar gula, dokter akan memberikan kamu obat-obatan dan treatment pola hidup yang baik agar kadar gula bisa kembali normal.

Biaya tes kesehatan diabetes: Rp100 ribu – Rp4 juta

8. Tes Kesehatan Tulang

Posisi tubuh wanita yang bagus tentunya juga akan menarik penampilanmu. Selain memperhatikan posisi tubuh saat duduk dan berjalan, penting juga untuk melakukan tes kepadatan tulang. Apalagi jika kamu memiliki aktivitas yang padat dan banyak bergarak yang akan mempengaruhi tulang.

Lakukan tes kepadatan tulang ini 5 tahun sekali untuk mengetahui adanya risiko osteoporosis atau tidak. Dengan begitu, dokter bisa menangani lebih awal jika memang adanya gangguan pada tulangmu.

Biaya tes kesehatan tulang: Rp200 ribu – Rp300 ribu keatas

9. Tes Kesehatan Tiroid

Menurut penelitian, risiko adanya gangguan pada kelenjar lebih tinggi pada wanita daripada pria. Maka dari itu, wanita perlu melakukan tes kesehatan kelenjar atau tiroid. Dari hasil pemeriksaan, dokter akan memberitahu kelenjar tiroid normal, aktif atau kurang aktif.

Biaya tes kesehatan tiroid: Rp300 ribu – Rp1 juta keatas

Baca Juga: Pengertian Asuransi Komersial, Manfaat dan Jenisnya

10. Tes Kesehatan Audiogram (Pendengaran)

Gangguan pada telinga ini bukan hanya sekedar menurunnya tingkat pendengaran karena faktor usia. Jika kamu merasa adanya rasa yang kurang baik pada telinga seperti rasa nyeri ketika mendengar dan lainnya, segera lakukan tes kesehatan pengedengaran atau audiogram.

Tes kesehatan audiogram ini akan memberikan informasi kepadamu apakah adanya infeksi atau penyakit telinga lainnya. Umumnya, pemeriksaan pendengaran ini dilakukan 2-5 tahun sekali.

Biaya tes kesehatan audiogram:

  • Biaya konsultasi dan pemeriksaan awal: Rp150 ribu – Rp300 ribu
  • Biaya pemeriksaan lanjut dan tindakan: Rp400 ribu – jutaan rupiah

11. Tes Kesehatan HIV

HIV atau (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika HIV ini tidak diobati, maka kondisi wanita bisa menjadi lebih buruk dan berlanjut menjadi AIDS.

Wanita perlu berhati-hati, penularan HIV ini bukan hanya karena berhubungan saja, tapi juga bisa dari jarum suntik, hingga tranfusi darah. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan tes kesehatan HIV, agar dokter bisa menangani sejak dini jika hasilnya positif.

Biaya tes kesehatan HIV: Rp200 ribu – Rp2 juta

12. Tes Kesehatan Kulit

loader
Tes Kesehatan Wanita

Sebagai wanita pastinya akan melakukan yang terbaik untuk memiliki kulit yang cantik, bersih dan sehat. Namun, kamu juga jangan sembarangan dalam membeli rangkaian produk perawatan kulit mengingat setiap kulit memiliki jenis dan masalah yang berbeda.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti, kamu bisa melakukan tes kesehatan kulit di dokter kecantikan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi apakah kamu memiliki alergi kulit atau ada tanda-tanda mencurigakan yang mengarah ke kanker kulit.

Biaya tes kesehatan kulit:

  • Biaya konsultasi: mulai dari Rp200 ribu
  • Biaya pemeriksaan: mulai dari Rp300 ribu keatas

Cover Biaya Kesehatanmu dengan Asuransi Kesehatan yang Tepat

Melakukan tes kesehatan sejak dini, lebih bagus agar kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat sejak awal jika hasilnya terdapat suatu penyakit. Melihat banyaknya rangkaian tes kesehatan yang harus dilakukan wanita, tentunya kamu harus mempersiapkan biaya yang tak sedikit.

Namun, kamu tak akan khawatir jika kamu sudah memiliki asuransi kesehatan. Dengan adanya asuransi kesehatan, kamu akan mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik untuk melakukan segela pemeriksaan kesehatan ataupun pada saat rawat inap.

Bukan hanya itu saja, asuransi kesehatan juga akan membuat kamu merasa lebih tenang karena dengan biaya premi perbulannya, perusahaan akan mengcover biaya pemeriksaan yang dibutuhkan meskipun kamu baru beberapa bulan gabung atau menjadi nasabah asuransi kesehatan.

Baca Juga: Asuransi Umum: Pengertian, Jenis dan Perusahaan Asuransi Terbaik