Pengertian Asuransi Komersial, Manfaat dan Jenisnya

Berbagai risiko kehidupan bisa menimpa kita kapan saja. Berbagai risiko ini mulai dari menderita suatu penyakit, kecelakaan yang menyebabkan luka parah sehingga harus dirawat, mobil rusak, tertimpa bencana alam, dan sebagainya.

Saat salah satu risiko tersebut datang menghampiri, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika tertimpa dua risiko sekaligus, maka kamu harus menyiapkan dana yang lebih besar lagi.

Melihat kondisi seperti ini, dana yang bersumber dari tabungan saja mungkin belum cukup mengcover berbagai risiko kehidupan. Untuk itu, betapa pentingnya menyiapkan perlindungan hidup berupa asuransi, sehingga keuangan kamu akan tetap aman karena risiko sudah tercover dari premi yang kamu bayarkan kepada pihak perusahaan asuransi.

Berdasarkan ragam produknya, asuransi ini dibagi menjadi dua, yaitu sosial dan komersial. Asuransi sosial ini sifatnya wajib karena program perlindungan yang diberikan oleh pemerintah, seperti BPJS Kesehatan, PT Taspen dan lainnya.

Lantas, apa itu asuransi komersial? Bagaimana dengan manfaat dan jenis pada asuransi komersial?

Untuk mengetahui dan memahami informasinya, simak ulasan lengkapnya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Pengertian Asuransi Komersial

loader
Asuransi Komersial

Asuransi komersial adalah perusahaan memberikan perlindungan finansial kepada nasabahnya sesuai dengan kebutuhan perlindungan masing-masing yang juga sekaligus menjalankan prinsip jual beli dan investasi. Dengan sistem ini, kedua pihak antara nasabah dan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan.

Keuntungan ini dibagikan kepada pemilik saham atau investor pada asuransi komersial untuk pengembangan perusahaan asuransi. Umumnya, produk-produk asuransi yang seperti ini disediakan selain pihak pemerintah, alias ditawarkan oleh perusahaan swasta.

Namun, semua keputusan dalam pembelian polis asuransi komersial ini diserahkan kepada nasabahnya. Jika nasabah ingin terlindungi dan bisa meminimalisir risiko hidup, maka tak ada salahnya beli polis asuransi dan begitu sebaliknya. Pihak asuransi tidak akan melakukan pemaksaan apapun.

Manfaat Asuransi Komersial

Asuransi komersial memiliki manfaat berbeda-beda yang disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat risiko penyakit, hingga fasilitas dan pelayanan yang dipilih pemegang polis. Misalnya saja, kamu ingin membeli asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan kedua orangtua.

Kamu memilih polis dengan manfaat yang standar. Sementara, orangtua memilih polis yang bisa mengcover penyakitnya dan sekaligus fasilitas rumah sakit yang dibutuhkan. Dengan polis yang berbeda ini tentunya membuat premi yang harus dibayarkan juga lebih mahal dibanding asuransi sosial.

Akan tetapi, dengan premi yang dibayarkan tersebut tentunya akan sebanding dengan manfaat yang akan kamu terima jika risiko menghampiri, seperti:

  • Pelayanan yang ekstra
  • Fasilitas rumah sakit sesuai kebutuhan
  • Memberikan ketenangan karena sudah terlindungi
  • Biaya dicover perusahaan asuransi, dll

Baca Juga: Asuransi Anak: Siapkan Asuransi Pendidikan dan Kesehatan Sejak Dini

Keunggulan Asuransi Komersial

Bagi nasabah asuransi komersial, tentunya harus membayar sejumlah premi mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah sesuai dengan pemilihan polis. Meski preminya mahal, akan tetapi ada beberapa keunggulan dari asuransi komersial, antara lain:

1. Pertanggungan Lebih Besar

Bagi yang telah menggunakan asuransi sosial atau dari pemerintah pastinya fasilitan yang diberikan terbatas. Misalnya saja, kelas rawat inap tidak bisa memilih, tidak bisa ditunggu anggota keluarga selama rawat inap, jenis obat yang didapat tak semuanya gratis, dan sebagainya.

Hal ini jelas berbeda dengan asuransi komersial yang memberikan pertanggungan lebih besar. Perusahaan asuransi memberikan fasilitas yang sesuai dengan polis yang dipilih nasabahnya, mulai dari mengcover kebutuhan rawat inap, rawat jalan, obat-obatan dan sebagainya.

2. Peserta di Luar Negeri Bisa Tertanggung

Bagi kamu yang saat ini sedang berada di luar negeri dan sudah memiliki asuransi komersial, tak perlu khawatir lagi jika terjadi risiko seperti jatuh sakit secara tiba-tiba. Sebab, asuransi komersial sudah melakukan kerja sama dengan banyak rumah sakit di luar negeri.

3. Produk Asuransi Komersial Lebih Banyak

Tak hanya satu saja, melainkan produk asuransi komersial lebih banyak. Mengingat perusahaan swasta melihat dan memanfaatkan peluang apa saja yang dibutuhkan masyarakat. Berikut beberapa produk asuransi komersial, antara lain:

  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi kendaraan (mobil dan motor)
  • Asuransi pendidikan
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi properti
  • Asuransi harta, dll

4. Klaim Mudah

Asuransi komersial memberikan perlindungan dengan banyak fasilitas dan pelayanan yang dibutuhkan pemegang polis. Meski banyak pertanggungannya, tapi ketika nasabah ingin menggunakan asuransinya maka kamu bisa klaim dengan mudah. Cara klaimnya, mulai dari menggesek kartu asuransi atau hanya menunjukkan kartu kepesertaan di rumah sakit, bengkel, dan sebagainya.

Baca Juga: 12 Asuransi Jiwa Terbaik, Pahami Jenis dan Tips Memilih Asuransi

Jenis Asuransi Komersial

loader
Asuransi Komersial

Berikut jenis asuransi komersial berdasarkan pengelolaannya beserta ragam produk asuransi terbaik yang ada di Indonesia.

1. Asuransi Konvensional

Asuransi konvensional adalah produk asuransi yang memiliki prinsip jual beli risiko. Atau seseorang membeli polis dan gabung menjadi nasabah asuransi untuk mendapatkan perlindungan, kemudian membayar premi.

Nantinya yang tertanggung dalam polis tersebut akan sepenuhnya ditanggung perusahaan asuransi sehingga meminimalisir risiko ekonomi.

Produk Asuransi Konvensional Terbaik

Berdasarkan Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA), berikut daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia pada tahun 2020, antara lain:

Asuransi Umum

Asuransi Jiwa/Kesehatan

·        PT Asuransi Sinar Mas

·        PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

·        PT Asuransi Astra Buana

·        PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk

·        PT Asuransi Central Asia

·        PT Asuransi Bangun Askrida

·        PT Asuransi Adira Dinamika, Tbk

·        PT Asuransi Wahana Tata

·        PT Sompo Insurance Indonesia

·        PT Asuransi Multi Arta Guna, Tbk

·        PT Asuransi Simas Insurtech

·        PT Asuransi MSIG Indonesia

·        PT BRI Asuransi Indonesia

·        PT Asuransi Tokio Marine Indonesia

·        PT Lippo General Insurance, Tbk

·        PT Prudential Life Assurance

·        PT Asuransi Simas Jiwa

·        PT Asuransi Allianz Life Indonesia

·        PT AIA Financial

·        PT Indolife Pensiontama

·        PT Capital Life Indonesia

·        PT AXA Mandiri Financial Services

·        PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

·        PT Asuransi BRI Life

·        PT BNI Life Insurance

·        PT Panin Dai–ichi Life

·        PT Asuransi Jiwa Sequis Life

·        PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia

·        PT Astra Aviva Life

·        PT Sun Life Financial Indonesia

2. Asuransi Syariah

Berdasarkan fatwa MUI Nomor 21/DSN-MUI/X/2001, asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di anatara sejumlah orang/pihak atau biasa disebut juga dengan pemegang polis melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.

Produk Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia

  1. Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASKY)
  2. Takaful Keluarga
  3. PRUSyariah
  4. Allianz Syariah
  5. Sinar Mas Syariah
  6. Astra Syariah
  7. Adira Syariah
  8. ACA Syariah
  9. AXA Mandiri Syariah
  10. CAR Syariah
  11. Manulife Berkah Safelink

Beli Asuransi Online Lebih Mudah

Kini zamannya sudah serba online. Berbagai pihak perusahaan pun memanfaatkan sistem online ini guna memudahkan masyarakat, termasuk dalam pembelian asuransi.

Bahkan, sekarang ini juga banyak website-website yang menawarkan produk asuransi dari berbagai penerbit, seperti halnya dengan Cermati.com. Kamu bisa menemukan berbagai asuransi terbaik dengan mudah di Cermati.com. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi datang ke perusahaan asuransi.

Namun, sebelum memilih asuransi yang tepat, sebaiknya kamu cari tahu informasi terlebih dahulu mengenai asuransi apa saja yang dibutuhkan, pelayanan apa saja yang bisa didapatkan, besaran premi dan sebagainya.

Tambah Perlindunganmu dan Keluarga dengan Asuransi 

Setiap warga negara Indonesia pastinya wajib memiliki asuransi sosial dari pemerintah. Akan tetapi produknya yang terbatas, tak ada salahnya berikan tambahan perlindungan kamu dan keluarga dengan asuransi komersial. Dari sekian banyak produk asuransi komersial, kamu bisa memilih produk asuransi sesuai yang kamu dan keluarga butuhkan. Selain itu, penting juga untuk membeli polis di perusahaan asuransi yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: Asuransi Umum: Pengertian, Jenis dan Perusahaan Asuransi Terbaik