3 Tips Menjaga Kesehatan Keuangan di Masa Pandemi

Pandemi belum juga berakhir dan kondisi ekonomi juga masih belum berjalan dengan stabil. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi banyak orang, terutama bagi yang sudah melek keuangan. 

Kamu mungkin memiliki kekhawatiran tersendiri tentang kondisi ekonomi yang masih belum menentu hingga saat ini. Banyak kebutuhan baru yang harus dipenuhi selama masa pandemi, sementara pemasukan sangat rentan berkurang atau bahkan hilang secara keseluruhan.

Hindari masalah di dalam keuangan dengan cara tepat sejak awal. Kamu perlu melakukan penyesuaian yang memungkinkan kamu memperketat pengeluaran di dalam keuangan. Meski tidak mengalami dampak keuangan yang besar saat ini, namun kamu tentu perlu mengamankan keuangan untuk masa yang akan datang. 

Hal ini penting, terutama jika ternyata kamu sudah memiliki tanggungan sendiri. Jangan sampai pandemi yang berkepanjangan ini membuat berbagai rencana keuangan menjadi berantakan.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan keuangan selama pandemi:  

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kurangi pengeluaran konsumtif

loader

Mengelola pengeluaran merupakan salah satu langkah paling penting yang wajib dilakukan di dalam keuangan. Berapapun penghasilan kamu per bulannya, sangat penting untuk kembali menata ulang pengeluaran bulanan tersebut. 

Meminimalisir pengeluaran akan memberi kesempatan untuk menyimpan lebih banyak uang yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan lainnya di dalam keuangan.

Cobalah untuk melihat kembali apa saja pengeluaran yang bisa dipangkas, misalnya: pembelian pakaian baru, rencana mengganti mobil baru, biaya liburan, dan yang lainnya. 

Pangkas semua pengeluaran yang tidak penting dan hanya bersifat konsumtif seperti ini. Jika terpaksa harus melakukan pembelian, pastikan kamu mempertimbangkan dan memperhitungkannya dengan matang terlebih dahulu.

Selain melakukan penundaan atau membatalkan rencana pembelian di atas, kamu juga bisa melakukan penghematan di dalam pengeluaran. Ada banyak kebutuhan baru yang mungkin harus dibeli secara rutin, seperti masker dan juga vitamin. 

Upayakan agar pengadaan kebutuhan baru ini bisa berjalan baik setiap bulannya, tanpa harus menambah beban pengeluaran kamu. Hal ini bisa terwujud, jika kamu melakukan penghematan pada pembelanjaan lainnya.

Baca Juga: Ingin Bisa Menabung Meski Memiliki Angsuran Kredit? Berikut Tipsnya!

2.  Alokasikan lebih banyak uang ke dalam tabungan

loader

Jika kamu melakukan poin di atas dengan benar, maka kamu akan mudah untuk melakukan poin yang satu ini. Pengelolaan pengeluaran yang semakin baik tentu akan membuat kamu memiliki kesempatan untuk berhemat. 

Kamu bisa mengalokasikan lebih banyak uang ke dalam pos tabungan setiap bulannya. Hal ini akan memungkinkan untuk memperkokoh keuangan, meskipun pandemi masih terus berjalan.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), selama pandemi sebagian besar masyarakat memang mengalokasikan lebih banyak penghasilan mereka ke dalam tabungan. Hal ini dianggap sebagai sebuah perubahan yang positif dan menjadi bukti kesadaran masyarakat akan kondisi ekonomi yang tidak stabil sudah semakin meningkat. 

Meningkatnya jumlah tabungan ini tentu disebabkan oleh menurunnya pembelanjaan yang dilakukan oleh masyarakat selama pandemi.

Baca Juga: 4 Cara Menghindari Terjadinya Skor Kredit Jelek

3. Lakukan investasi di dalam keuangan

loader

Meski pandemi masih berjalan, jangan sampai melupakan berbagai tujuan keuangan kamu ke depannya. Kamu perlu melakukan investasi di dalam keuangan, sebab ini juga akan membuat keuangan kamu menjadi lebih baik dan lebih kokoh lagi. 

Di masa pandemi yang serba sulit ditebak ini, kamu bisa menjadikan tabungan dan deposito sebagai pilihan investasi. Kedua instrumen ini terbilang aman, jika dibandingkan dengan yang lainnya.

 kamu bisa memilih tabungan dan deposito yang dijamin oleh pemerintah, sehingga resiko di dalam investasi yang kamu lakukan nanti minim. Meski bunganya tidak terlalu besar, namun ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi investor yang senang bermain aman. 

Selain itu, kamu juga bisa mengakses kedua instrumen investasi ini dengan lebih mudah, bahkan secara online saja.

Namun jika kamu termasuk investor yang agresif, maka berinvestasi dalam bentuk portofolio saham merupakan keputusan yang tepat. Instrumen ini bisa memberikan kamu potensi keuntungan yang besar, baik itu dari hasil dividen maupun dari selisih harga jualnya di masa depan. 

Tingkat keuntungan ini tentu akan sebanding dengan resiko yang harus kamu tanggung di dalam investasi ini.

Apapun pilihan investasinya, pastikan kamu mengenal dan memahaminya dengan baik sejak awal. Kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu, sehingga kamu bisa mengelolanya dengan tepat dan maksimal. Hal ini tentu akan memungkinkan kamu mendapatkan potensi keuntungan yang lebih besar.

Tetap Kelola Keuangan dengan Cara yang Tepat

Selama masa pandemi ini, berbagai perubahan dan juga masalah sangat mungkin terjadi di dalam keuangan. kamu harus menanggapi semua ini dengan cara yang tepat, sehingga keuangan tetap sehat dan berjalan lancar. 

Baca Juga: 8 Tips Atur Uang dengan Sisa Gaji saat Menganggur