4 Video Game yang Mengajarkan Ilmu Manajemen Keuangan

Bermain video games di konsol, PC, atau smartphone memang menyenangkan. Selain bisa mengisi waktu luang dan dilakukan sebagai cara refreshing, ternyata bermain game juga bisa memberikan kita ilmu lho! Tidak semua jenis game yang kamu mainkan itu hanya memberikan hiburan saja.

Tidak semua game yang beredar di pasaran hanya memberikan hiburan semata. Banyak dari mereka yang menawarkan jalan cerita yang bagus dan memberikan nilai-nilai positif. Namun selain itu, ada juga kok yang memberikan kita ilmu manajemen keuangan. 

Tidak percaya? Mungkin tanpa disadari berbagai game ini sudah pernah  dimainkan sebelumnya.

Berikut ini beberapa game yang bisa kamu coba atau pernah mainkan yang tanpa sadar mengajarkan kita cara mengelola keuangan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Monopoli

monopoli

Monopoli bisa dibilang merupakan permainan sejuta umat. Pasti kita semua pernah mendengar atau memainkan 1 atau 2 variasi dari game ini. Ya betul, permainan yang sudah hadir tahun 1900 ini mengajarkan kita untuk belajar mengelola keuangan.

Dimulai dari prinsip-prinsip dasar keuangan seperti membeli dan menjual petak properti, pertukaran uang di bank, sampai dengan membayar sewa atau denda. Permainan ini lebih realistis karena melibatkan penggunaan uang secara realtime dimana transaksi terjadi secara bergilir pada setiap pemain. 

Game ini mengajarkan bagaimana cara berinvestasi properti di tempat dan waktu yang tepat supaya bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Apabila kamu sudah menguasai setiap properti dalam 1 warna yang sama, maka kemudian bisa ditingkatkan menjadi rumah dan hotel. Setiap pemain yang menduduki rumah atau hotel ini tentu saja harus membayar uang sewa lebih mahal.

Baca Juga: Kekinian dan Menjanjikan, Ini 10 Tips Jadi Atlet E-Sport Profesional

2. Harvest Moon

Harvest Moon
Harvest Moon via AmigoNow-wordpress.com

Buat kamu yang lahir di era konsol Playstation 1, pasti sudah tidak asing lagi dengan game lawas ini. Ya, berperan sebagai seorang anak yang mendapatkan warisan rumah dan tanah serta diharuskan untuk mengelolanya dari awal sebagai petani.

Permainan yang satu ini mengajarkan kita bagaimana melakukan manajemen keuangan yang baik. Dimulai dari memenuhi kebutuhan hidup seperti makan dan mengelola kebun dengan uang yang terbatas. Pada fase awal permainan, kamu akan diberikan budget terbatas dan harus bertahan hidup sehingga kita harus memutar otak untuk mencari sumber penghasilan.  

Beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan nantinya cukup beragam seperti mengumpulkan mineral dari tambang untuk dijual, mengembangkan kebun yang hasilnya bisa dijual, sampai membuat peternakan ayam dan sapi. Kamu harus bisa dengan efektif mengatur keuangan supaya bisa bertahan hidup dan mengembangkan peternakan dan kebun.

Jika kamu mampu melakukan hal-hal tersebut dengan efektif, nantinya uang yang sudah terkumpul bisa digunakan untuk membangun rumah supaya lebih keren sebagai modal untuk menikah nantinya. Cukup realistis bukan?

3. The SIMS Series

the sims

Satu lagi game yang tidak asing adalah The SIMS Series. The SIMS merupakan bergenre life simulator dimana kamu bisa merasakan pengalaman hidup menjadi karakter yang dibuat sendiri tentunya. Simulasi kehidupan ini tentu saja lengkap dengan berbagai jenis kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh seorang manusia mulai dari makan, tidur, hiburan, interaksi sosial, sampai dengan buang hajat.

Layaknya kehidupan manusia di dunia asli, kamu juga harus menemukan cara untuk menghasilkan uang untuk bertahan hidup. Untuk mendapatkan simoleons atau uang dalam game ini kamu bisa membuat karaktermu melakukan berbagai jenis pekerjaan unik. Mulai dari astronot, detektif, dokter, game designer, dll. 

Seiring berjalannya waktu, karaktermu nantinya juga akan merasakan perjalanan karir mulai dari entry level sampai dengan menjadi profesional di bidangnya masing-masing. Selagi mendapatkan penghasilan yang kecil, kita juga harus mampu mengelola uang tersebut untuk makan, membayar tagihan, hingga memperbaiki benda-benda yang rusak di rumah. 

Ketika penghasilanmu sudah bertambah,  tentu nantinya juga bisa melakukan renovasi rumah, membeli rumah, sampai dengan menikah dengan pasangan pilihanmu. Dari sekian banyak permainan yang ada sekarang, seri The SIMS masih dicap sebagai permainan life simulator paling realistis yang menggambarkan kehidupan manusia di dalam dunia virtual.

4. Roller Coaster Tycoon

Roller Coaster Tycoon
Roller Coaster Tycoon via youtube.com

Mau coba jadi pengelola taman bermain sambil belajar manajemen keuangan? Kamu harus coba main Roller Coaster Tycoon. Ya game ini mengharuskan kamu berperan sebagai seorang pengelola  taman bermain roller coaster. Permainan ini mengajarkan kita bagaimana membangun bisnis taman bermain dari nol sampai dengan sukses.

Kamu harus pintar-pintar dan cakap dalam mengelola modal awal yang diberikan untuk membangun taman bermain dengan berbagai wahana menarik untuk menarik para pengunjung.

Membangun dan mengelola wahana bermain ini tentu saja juga tidak semudah kelihatannya lho. Perlu dipertimbangkan apa saja wahana yang harus dibangun dan berapa lama bisa bisa menghasilkan keuntungan setiap hari.

Belum lagi kamu harus memikirkan cara membayar petugas kebersihan dan perbaikan supaya wahana roller coaster buatanmu bisa terus beroperasi dan menghasilkan keuntungan. Selain itu, perlu dipikirkan juga strategi pemasaran yang tepat supaya pengunjung yang masuk tetap terhibur dan betah berlama-lama di dalamnya. 

Mulai dari memenuhi kebutuhan mereka dengan membangun restoran, WC, hingga tempat duduk juga harus dipertimbangkan ya!

Baca Juga: Bisa Seharga Satu Rumah Mewah, Ini Dia Deretan Video Games Paling Langka dan Termahal di Dunia

Belajar Manajemen Keuangan dari Banyak Game

Nah 4 game di atas mungkin bisa segera kamu coba apabila ingin belajar mengelola keuangan dengan efektif. Pada kenyataannya, ilmu yang diperoleh dari game-game tersebut tentu saja bisa diaplikasikan di kehidupan asli. Apabila kamu menemukan game lain yang bisa memberikanmu ilmu manajemen keuangan yang baik tentu baik bukan?

Baca Juga: Tak Selalu Negatif, Video Game juga Berikan 7 Dampak Positif untuk Anak