5 Cara Berhemat saat Buka Puasa Bersama

Memasuki bulan puasa, Anda mungkin akan cukup sulit untuk mengontrol pengeluaran. Meski sedang berpuasa, tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang pengeluaran justru membengkak selama bulan puasa ini, mengingat ada banyak kegiatan dan kebutuhan yang harus dipenuhi dengan baik. Sementara di lain sisi, Anda juga harus berhemat dan mempersiapkan semua kebutuhan lebaran yang akan segera tiba.

Berbuka bersama adalah salah satu tradisi bulan Ramadhan yang masih selalu dijalankan, baik itu dengan keluarga, kerabat, atau bahkan teman-teman. Hal ini akan membutuhkan dana ekstra, terutama jika Anda selalu mengadakan acara buka puasa di luar rumah (restoran / rumah makan). Jika tidak dikelola dengan baik, maka bisa saja budget yang disiapkan untuk selama bulan puasa justru habis di tengah jalan.

Buka puasa adalah momen istimewa yang perlu dilakukan bersama dengan orang-orang terdekat, namun hal ini juga harus dilakukan dengan menyesuaikan kondisi keuangan. Cobalah untuk buka puasa dengan cara yang hemat, agar pengeluaran selama bulan puasa bisa ditekan dan semua kebutuhan lainnya tetap terpenuhi dengan baik.

Simak 5 cara berhemat yang bisa dilakukan berikut ini saat buka puasa bersama orang-orang terdekat:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Belanja dan Masak Bersama

Memasak Bersama  
Memasak Bersama

Cara yang pertama ini sangat tepat untuk Anda lakukan di akhir pekan. Bukan hanya bersama kerabat saja, namun langkah ini juga bisa Anda lakukan bersama para sahabat dan teman kerja. Rencanakan bersama acara ini sehari sebelumnya dan pilihlah menu-menu buka puasa yang akan disiapkan bersama.

Kumpulkan dananya dan belilah semua bahan yang dibutuhkan, lalu Anda dan teman / keluarga bisa mulai menyiapkan berbagai menu buka puasa bersama sejak siang atau sore harinya. Acara buka bersama ini akan jauh lebih menyenangkan, sebab semua menu disiapkan bersama di rumah Anda atau teman lainnya.

Baca Juga: Tempat Makan Murah untuk Berbuka Puasa

2. Pilih Menu yang Bisa Dibayar Patungan

Memilih Menu yang Bisa Dibayar Patungan
Memilih Menu yang Bisa Dibayar Patungan 

Jika berbuka di luar menjadi pilihan bersama dengan teman atau sahabat, maka pilihlah restoran atau rumah makan yang menyediakan berbagai menu satuan yang bisa dimakan bersama dan porsinya cukup besar.

Anda dan teman bisa memilih beberapa menu yang dianggap tepat dan sesuai dengan selera bersama, sehingga bisa dimakan bersama dan dibayar secara patungan. Bukan hanya hemat, namun cara ini juga akan memungkinkan Anda dan teman-teman bisa mencicipi beberapa menu yang berbeda sekaligus.

3. Berbuka dengan Sistem Potluck

Menggunakan Sistem Potluck  
Menggunakan Sistem Potluck

Potluck merupakan cara makan bersama dengan teman atau keluarga, di mana masing-masing orang membawa makanan tertentu untuk dinikmati bersama-sama. Cara yang satu ini cocok untuk dilakukan bersama dengan teman atau bahkan keluarga besar sekalipun.

Acara berbuka bisa dilakukan di salah satu rumah yang dianggap paling tepat, dengan cara membawa masing-masing satu atau dua menu untuk berbuka. Tentukan terlebih dahulu menu-menu apa saja yang akan disiapkan masing-masing orang, agar semua menu yang dibutuhkan bisa tersedia dengan baik nantinya. Cara ini juga akan menghemat banyak uang Anda.

4. Pilih Menu Hemat

Pilih Menu Hemat
 Pilih Menu Paket Hemat

Bagi yang sibuk dan hanya memiliki waktu terbatas untuk berbuka puasa, maka bisa memilih restoran atau rumah makan yang memiliki menu set lengkap dan hemat. Hal ini akan jauh lebih hemat, daripada Anda dan teman-teman memilih menu terpisah (satuan) yang harganya justru bisa saja lebih mahal.

Jangan lupa untuk memesan tempat terlebih dahulu, terutama jika Anda dan teman-teman bekerja dan hanya memiliki waktu jeda yang sempit untuk berbuka setelah pulang kantor.

5. Manfaatkan Momen Promo

Manfaatkan Promo  
Manfaatkan Promo

Anda juga bisa memanfaatkan momen promo untuk menghemat budget buka puasa bersama. Ada banyak restoran dan rumah makan yang memiliki program penawaran khusus selama bulan puasa, bahkan untuk buka puasa bersama sekalipun. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa berhemat dengan memanfaatkan program penawaran khusus yang diberikan oleh kartu kredit.

Baca Juga: Mau Bukber Hemat tapi Tetap Asyik? Gunakan Kartu Kredit ini

Pilih yang Paling Hemat dan Simpel

Meski ada banyak rencana untuk buka bersama selama bulan puasa, namun Anda tetap harus pintar dalam mengatur keuangan. Jangan sampai berbagai acara ini justru menjadi sebuah masalah di dalam keuangan. Pilih cara dan juga waktu yang tepat untuk berbuka puasa, sehingga Anda bisa menghemat budget bulan puasa dengan ketat.

Baca Juga: Ini Dia yang Perlu Diperhatikan Agar Ibadah Puasa Lancar