Tips Hemat Pesan GoFood, Grab Food, ShopeeFood untuk Sahur dan Buka Puasa

Zaman now gak perlu pusing kalau mau makan praktis. Apalagi buat pekerja seperti kamu yang tidak memiliki waktu untuk memasak di rumah. Apalagi tidak sempat untuk masak makanan sahur dan buka puasa, pesan makanan secara online menjadi pilihan praktis. Namun di balik kebiasaan beli makanan jadi di luar, justru membuat pengeluaran boros. Budget makan sebulan bisa membengkak.

Saat dihitung, tahu-tahu gaji habis cuma buat anggaran makan saja. Terlebih di bulan Ramadan yang biasanya selalu bikin ‘lapar mata’ jika melihat aneka jajanan. Sebetulnya kalau jeli, pengeluaran makan kamu bisa lebih hemat dengan memanfaatkan aplikasi pesan makanan online, seperti GoFood, Grab Food, Shopee Food, dan lainnya.

Berikut tips pesan makanan online untuk beli takjil buka puasa dan sahur biar gak menguras isi dompet:

Baca Juga: Beli Takjil Online? Begini Cara Bayar Pesanan GoFood, Grab Food, ShopeeFood Pakai Kartu Kredit

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

  1. Lakukan Perbandingan Harga

    loader
    Beli menu sahur dan buka puasa bisa hemat dengan promo aplikasi pesan makanan online

    Aplikasi pesan makanan online bertebaran. Jumlahnya cukup banyak, tidak hanya tiga pemain besar, seperti GoFood, Grab Food, dan ShopeeFood saja. Tetapi ada juga Kulina, Lemonilo, Sayur Box, Yummy Box, sampai restoran cepat saji yang menawarkan layanan delivery melalui aplikasi khusus. Nah jika ingin hemat, jangan malas membandingkan harga makanan di beberapa aplikasi. 

    Terkadang harga makanan yang sama antara satu aplikasi dengan yang lainnya bisa berbeda khususnya di ongkos pengiriman. Tinggal butuh kejelian dari penggunanya. Siapa tahu bisa dapat makanan atau minuman yang kamu inginkan dengan harga jauh lebih murah. Lumayan banget jadi lebih irit, apalagi pas lagi tanggal tua.

  2. Beli Makanan yang Sedang Promo atau Diskon

    Setiap hari pasti ada saja makanan atau minuman yang promo atau didiskon. Jadi, kalau ingin hemat besar, beli makanan diskon. Gak usah malu atau gengsi, karena makanan atau minuman diskon gak buat kamu sakit kok.

    Terlebih di platform online, pemilik restoran atau rumah makan rajin ngasih promo demi mendongkrak penjualan seperti cashback. Pilihlah restoran yang menyediakan promo diskon atau cashback, perhatikan juga syarat dan ketentuannya. Setelah memilih makanan yang kamu mau, masukkan kode promo dan lihat perbandingannya.

    Baca Juga: Tetap Semangat dan Sehat Saat Puasa, Ini Dia Caranya

  3. Beri Tip Semampunya

    Sejatinya, setiap kurir makanan berbasis aplikasi mendapat komisi atau penghasilan dari jasa antar yang mereka selesaikan. Tetapi bila kamu ingin ngasih tip, berikan semampumu.

    Hitung-hitung sedekah atau amal di bulan puasa. Lagipula driver online sudah mengantar makananmu sampai ke rumah. Rela antre panjang kalau tempat makannya kebanjiran pembeli.

  4. Beli Secukupnya

    Mungkin kamu merasa makanan yang dibeli tidak cukup untuk berbuka hingga sahur sehingga membeli lebihan. Memang baik untuk berjaga-jaga, namun seimbangkan juga dengan kebutuhan sehari-hari. Kadang kala keinginan memesan makanan yang banyak membuat biaya yang keluar makin besar.

    Ingatlah pada dasarnya harga makanan yang ada di platform online sedikit lebih mahal dibanding beli langsung. Oleh karena itu belilah makanan secukupnya saja.

  5. Perhatikan Syarat Minimal Pemesanan

    Suatu promo pasti memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Kadang kala ada minimum harga pemesanan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan promo. Misalnya kamu ingin membeli makanan untuk keluarga dengan total Rp160 ribu, akan tetapi promonya baru bisa digunakan jika memesan minimal Rp250 ribu dengan diskon Rp50 ribu.

    Terkadang hal ini dapat menyebabkan overspending. Maksudnya adalah jika kamu menambah pesanan menjadi Rp250 ribu, harga akhir yang kamu dapatkan adala Rp200 ribu setelah diskon. Lebih mahal dari sebelumnya kan? Walaupun memang ada gratis Rp50 ribu untuk 1-3 item makanan. Akan tetapi hal ini bisa menjadi overspending yang membuat dompet menipis.

Makin Hemat Lagi Pakai Kartu Kredit

Pesan makanan online bisa lebih hemat pakai kartu kredit. Kamu dapat mengombinasikan promo atau diskon dari layanan pengiriman dan bank penerbit kartu kredit. 

Aplikasi GoFood, Grab Food, dan ShopeeFood kini dapat menerima pembayaran dengan kartu kredit. Jadi kalau lagi gak ada uang tunai, saldo ovo atau gopay kosong, pakai ‘kartu sakti’ saja.

Baca Juga: Kumpulan Resep Camilan Buka Puasa Sederhana yang Mudah Dibuat