5 Film Inspiratif yang Bisa Membuatmu Semangat Mendapatkan Pekerjaan

Setelah lulus kuliah, kamu pasti bertanya-tanya apa yang akan dilakukan selanjutnya, memilih untuk menjadi karyawan dan mencari pekerjaan atau memilih membuka bisnis sendiri. Namun permasalahan yang muncul yaitu ketika kamu tidak tahu passion-mu sendiri sehingga tidak tahu apa yang akan dilakukan kedepannya. 

Padahal sebenarnya penting untuk mengetahui passion dan apa yang kamu inginkan agar keputusan mengenai karier yang diambil tidak membuatmu menyesal nantinya. Pasalnya, salah menentukan jalur karier dapat membuatmu tidak nyaman selama bekerja. Dan pada akhirnya hasil kerjamu tidak seproduktif jika Kamu bekerja sesuai passion.

Ada beberapa film yang bisa dijadikan inspirasi untuk menentukan apa yang sebenarnya ingin kamu jalani setelah lulus kuliah. Dengan melihat film-film ini, kamu mungkin bisa menentukan jalur karier baik itu ingin menjadi karyawan ataupun pebinis. Langsung saja, berikut ini 5 film inspiratif tersebut:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Get A Job (2016)

loader
Get a Job via imdb.com

Get A Job merupakan film bergenre komedi yang dirilis pada tahun 2016. Film ini mengisahkan tentang sekumpulan anak muda yang baru lulus kuliah dan berusaha untuk mencari pekerjaan yang diinginkannya.

Salah satu tokoh utamanya yaitu Will harus merasakan kekecewaan karena posisi yang sudah didapatkannya mendadak dinyatakan tidak ada. Hal tersebut lantaran perusahaan sedang melakukan pemangkasan jumlah karyawan akibat kondisi ekonomi perusahaan yang memburuk.

Will kemudian berusaha mencari pekerjaan lain hingga harus berganti-ganti pekerjaan untuk mencukupi kebutuhannya. Hal yang terjadi pada Will tersebut bisa menggambarkan bahwa kehidupan setelah kuliah tidaklah mudah. Meskipun Kamu telah membuat rencana mengenai apa yang diinginkan setelah kuliah, namun bisa saja rencana tersebut berjalan tidak sesuai keinginan.

2. Jobs (2013)

loader
Jobs via imdb.com

Jobs merupakan film inspiratif selanjutnya yang bisa membuatmu semangat mendapatkan pekerjaan. Film yang dibintangi oleh Ashton Kutcher ini dirilis dan tayang pada Agustus 2013. Kisah yang diangkat dalam film Jobs yaitu mengenai perjuangan Steve Jobs (bos Apple) dalam mendirikan usahanya.

Film ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin mencoba membangun usaha atau bisnis. Pasalnya, ada banyak kisah inspiratif yang bisa dijadikan pelajaran, mulai dari awal kemunculan perusahaan Apple, kisah pertemanan dengan Steve Wozniak, masa-masa sulit perusahaan tersebut, hingga masa kejayaan perusahaan Apple.

Dari kisah Steve Jobs, Kamu akan tahu bahwa setiap bisnis tidak berdiri dan sukses dengan mudah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum sebuah perusahaan berdiri. Selain itu, setelah perusahaan berdiri juga akan banyak hambatan yang mungkin menjatuhkan perusahaanmu hingga akhirnya bisa jaya dan sukses.

Baca Juga:  7 Film Ini Punya Nilai-Nilai Kehidupan yang Tinggi, Cocok untuk Anak Muda!

 

3. Into The Wild (2007)

loader
Into The Wild via imdb.com

Meskipun bisa dibilang sebagai film yang cukup lawas karena rilis pada tahun 2007, namun film Into The Wild masih sangat layak untuk Kamu tonton. Bahkan banyak kritikus film yang memberikan review positif pada Into The Wild selama masa penayangannya.

Film ini sendiri merupakan kisah nyata dari Christopher Johnson McCandless yang lebih dulu diangkat ke dalam sebuah buku berjudul sama yaitu Into The Wild. Into The Wild menceritakan tentang tokoh bernama Alexander Supertramp yang memiliki ambisi untuk pergi ke Alaska. 

Karena ambisinya tersebut, dia meninggalkan semua tabungan serta harta miliknya dan mulai melakukan perjalanan. Pelajaran yang bisa diambil dari film ini adalah sikap teguh pada pendirian dan keberanian keluar dari zona nyaman yang sudah dimiliki.

4.  3 Idiots (2009)

loader
3 Idiots via imdb.com

Berbeda dari film sebelumnya yang berasal dari Amerika Serikat, 3 Idiots merupakan film yang digarap oleh negara Asia tepatnya India. Film dengan genre komedi ini dibintangi oleh artis bollywood papan atas seperti Kareena Kapoor dan Aamir Khan.

Aamir Khan yang berperan sebagai Rancho diceritakan sebagai pemuda dari kalangan ekonomi bawah. Meskipun begitu dia memiliki pemikiran yang unik mengenai kehidupan dan juga pendidikan. Meskipun tidak memiliki biaya untuk pendidikan, namun dia selalu memiliki ide untuk masuk ke kelas dan belajar di sana.

Baca Juga: Yuk, Belajar Cintai Diri Sendiri dengan Nonton 4 Film ini!

 

5. Pirates Of Silicon Valley (1999)

loader
Pirates Of Silicon Valley via amazon.com

Jika membicarakan tentang perusahaan raksasa dunia, Apple dan Microsoft pasti masuk di dalamnya. Ya, film ini menceritakan tentang perjuangan Bill Gates (pendiri Microsoft) dan Steve Jobs (pendiri Apple). Di dalam film ini Kamu bisa melihat bagaimana perubahan dan perkembangan pesat teknologi yang terjadi.

Beberapa pelajaran penting yang bisa Kamu ambil dengan menonton film Pirates Of Silicon Valley adalah optimisme dan kelihaian para tokohnya dalam membangun bisnis StartUp hingga menjadi raksasa teknologi dunia. Karena hal tersebut, film ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin membangun bisnis StratUp maupun bisnis lainnya. 

Jadikan Inspirasi untuk Menjadi Lebih Baik

Ada banyak hal di dunia ini yang bisa kamu jadikan inspirasi, salah satunya yaitu film. Jika Kamu mampu menerima pesan dari sebuah film yang ditonton, maka pelajaran berharga seputar dunia kerja bisa Kamu dapatkan. Semoga informasi mengenai 5 film inspiratif di atas  benar-benar mampu membuatmu semangat mendapatkan kerja.

Baca Juga: Generasi Millenial Wajib Tonton 5 Film yang Mengajarkan Finansial Agar Lebih Pintar Kelola Uang