5 Situasi Ini Membuat Kartu Kredit Bermanfaat

Merupakan resiko yang lumayan tinggi jika seseorang memiliki kartu kredit dan menggunakannya untuk keperluan belanja sehari-hari. Bukan tanpa sebab, pernyataan demikian didasarkan pada keluhan pengguna kartu kredit yang sulit mengontrol pengeluarannya semenjak menggunakan kartu kredit.

Tak heran, banyak dari orang lebih memilih tidak memiliki kartu kredit, daripada nanti harus rela membayar bunga yang akan didapat oleh pihak pemberi pinjaman (dalam hal ini ialah pihak bank). Dan secara mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, dimana dalam ajarannya transaksi yang ada sangkut pautnya dengan bunga telah diharamkan.

Terlepas dari ajaran agama, ternyata kartu kredit yang acapkali dinilai negatif oleh sebagian orang justru diperlukan dalam kondisi tertentu. Adanya klaim negatif terhadap kartu kredit oleh sebagian orang bisa jadi karena tidak paham bagaimana cara kerja kartu kredit yang baik.

Lalu, di sikon apa saja seseorang diharuskan menggunakan kartu kredit dan memanfaatkannya? Kamu bisa menyimak artikel kali ini tentang 5 situasi yang membuat kartu kredit menjadi bermanfaat. Berikut ini versi cermati.com:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tidak Membawa Uang Cash

tidak ada uang tunai

Situasi pertama yang menjadikan sebuah kartu kredit bermanfaat adalah ketika kamu misalnya, hendak berbelanja di mall atau supermarket yang lumayan ramai. Dimana saat itu orang sudah mengambil antrean menunggu di belakang kamu yang sedang melakukan transaksi di kasir.

Dalam kondisi seperti itu, kamu juga sedang tidak membawa cash, sehingga mengharuskan kamu menggunakan kartu debit atau kartu kredit yang kamu bawa. Secara kebetulan, mesin gesek untuk kartu debit mengalami error.

Di saat yang sama, ATM untuk tarik tunai jauh dari tempat perbelanjaan, jika kamu keluar dan mengambilnya terlebih dahulu, maka kamu harus mengantre lagi dari awal. Ternyata ada opsi pembayaran menggunakan kartu kredit.

Nah, pada saat genting seperti itulah kartu kredit bisa bermanfaat dan memberikan solusi yang cukup efisien kepada penggunanya. Selain hemat waktu, bisa menghemat tenaga daripada harus mengantre lagi dari awal. Bukan begitu?

2. Ada Promo Menarik

promo menarik

Tidak jarang ketika kamu pergi ke supermarket atau mall untuk berbelanja, banyak promo menarik yang menawarkan selisih harga yang cukup banyak dengan pembayaran melalui kartu kredit. Tidak hanya di supermarket saja, bahkan restoran dan merchant ternama seperti KFC, McD dan sebagainya, kadang menawarkan promo menarik kepada para pengguna kartu kredit.

Baca Juga: Belum Akhir Bulan Sudah Tongpes? Siasati Gaji dengan 4 Cara Ini

3. Transaksi yang Wajib Via Kartu Kredit

Netflix

Situasi berikutnya yang akan membuat kartu kredit bermanfaat adalah adanya sejumlah layanan online, seperti Netflix, Agoda, dan beberapa layanan luar negeri lainnya yang mengharuskan pelanggannya untuk melakukan transaksi melalui kartu kredit.

Dimana selain menggunakan opsi tersebut, pihak pemberi layanan tidak akan menerima dan transaksi pun gagal dan dibatalkan. Contoh lainnya misalkan, kamu hendak memesan tiket pesawat, booking kamar hotel dan lain sebagainya yang tetap harus menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayarannya.

Pada kondisi seperti inilah seseorang terpaksa harus menggunakan kartu kredit agar transaksi yang ia lakukan bisa berjalan. Pastinya kamu tidak ingin dan akan merepotkan jika harus bolak-balik meminjam kartu kredit milik teman, bukan? Dengan memiliki kartu kredit sendiri tentu akan lebih memudahkan.

4. Kredit Barang

kredit barang

Dari namanya saja sudah dapat disimpulkan bahwa kartu kredit itu digunakan untuk mencicil sebuah barang. Jadi sudah pasti salah satu kegunaan yang sangat penting dari kartu kredit itu sendiri adalah untuk membeli barang dengan cara dicicil atau kredit.

Situasi keempat yang dapat menjadikan sebuah kartu kredit bermanfaat di kala mendesak adalah ketika barang kamu, laptop misalnya, tiba-tiba rusak dan error, padahal di lain sisi tugas dari kantor, kampus, atau sekolah belum selesai.

Jika di-service akan memakan waktu lama dan biayanya selisih sedikit dengan kamu membeli laptop baru, disitulah salah satu peran dari kartu kredit. Yaitu memberikan kemudahan bagimu untuk membeli barang baru tanpa mengeluarkan uang dengan jumlah besar sekaligus.

Intinya adalah, jika terjadi kondisi seperti permisalan di atas, kamu dan siapa saja pengguna kartu kredit akan tidak merasa kesulitan mendapatkan barang baru dengan tidak mengeluarkan uang berjumlah besar di awal.

Baca Juga:  Mengenal Kartu Kredit Tambahan

5. Kondisi Darurat

kondisi darurat

Kondisi terakhir dimana kartu kredit terasa bermanfaat adalah ketika seseorang ada pada kondisi darurat. Yang mengharuskan dana tersedia dengan cepat. Pada saat yang sama,  transaksi yang dapat dilakukan hanya bisa melalui kartu kredit.

Lebih mudah dengan hanya menggesek kartu kredit daripada harus mencari alternatif lain yang sebenarnya dapat dilakukan, namun memerlukan waktu yang lama. Padahal sedang dalam kondisi darurat, misalkan sedang mengantar keluarga yang hendak dirawat di rumah sakit.

Kartu Kredit Tetap Ada Manfaatnya

Nah, sekarang sudah tahu kan kartu kredit bermanfaat pada waktu-waktu tertentu? Dapat kita ambil kesimpulan bahwa terlepas dari ajaran agama tertentu, kartu kredit sebagai opsi pembayaran yang ditawarkan oleh pihak bank kepada peminjam memiliki kelebihan yang jarang dimanfaatkan oleh sebagian orang.

Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa yang menjadikan sebagian orang enggan untuk memiliki sebuah kartu kredit adalah bunga yang harus dibayarkan saat pengembalian uang telah tiba terlampau banyak dan memberatkan. Tapi itu semua kembali kepada pilihan masing-masing. 

Baca Juga: 5 Produk Keuangan yang Bisa Kamu Manfaatkan Agar Masa Depan Bahagia